--> Skip to main content

Aplikasi Pengolah Nilai Rapor Kurikulum 2013

Aplikasi Pengolah Nilai Rapor Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 yang secara serentak diimplementasikan pada tahun ini ternyata mempunyai keistimewaan dalam segi penilaian. Kurikulum 2013 lebih tertuju pada penilaian proses, baik itu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan sehingga banyak membuat guru kesulitan dalam penilaian Kurikulum 2013.
Aplikasi Pengolah Nilai Rapor Kurikulum 2013

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SMP Terbaru - Bukan hanya nilai dari hasil Ulangan Harian (UH), Ujian Tengah Semester (UTS), dan juga Ujian Akhir Semester (UAS), tetapi juga guru juga harus membuat nilai sikap serta keterampilan yang kemudia akan dijabarkan pada rapor. Sehingga dengan adanya aplikasi pengolah nilai Kurikulum 2013 diharapkan bisa memberi sedikit keringanan proses pengolahan nilai oleh guru.

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD - Penyusunan buku Panduan Teknis Penilaian dan Pengisian Rapor Kurikulum 2013 juga telah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Diharapkan dengan adanya buku panduan tersebut dapat memfasilitasi guru dalam mengisi buku laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik.

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 - Jika sobat berminat untuk mendownload aplikasi pengolah nilai rapor kurikulum 2013 yang mana aplikasi ini dibuat oleh seorang guru yang bernama Purnawanto, S.Pd,. M.Si. yang kemudian dibagikan dengan tujuan untuk membantu guru dalam mendeskripsikan nilai yang dibuat oleh guru yang nantinya akan dijabarkan menjadi nilai rapor.

Aplikasi Pengolah Nilai Raport merupakan bagian dari kelengkapan administrasi Guru oleh karena itu sebelum bapak dan ibu Download Aplikasi Pengolah Nilai Raport Kurikulum 2013 maka terlebih dahulu admin akan memberikan sedikit ulasan tentang Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan sebagai berikut

Penjabaran Tentang Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Kemdikbud - Dalam pembahasan ruang lingkup Administrasi pendidikan perlu diketahui penjabarannya. Secara etimologi yang di jabarkan Prof.Dr.H. Asnawir dalam bukunya administrasi pendidikan , asal kata administrasi dari bahasa latin yaitu "ad " dan "ministrare". Kata "ad" memiliki arti yang sama dalam bahasa Inggris yaitu kata "to" berarti ke / kepada dan kat "ministrare" memiliki persamaan arti dengan serve yang artinya melayani,membantu dan mengarahkan.

Aplikasi Pengolah Nilai Rapor Kurikulum 2013


Aplikasi Raport Kurikulum 2013 Excel - Secara garis besar pengertian administrasi adalah upaya mencapai tujuan tertentu dengan pola kerjasama yang dilakukan secara efisien dan efektif. Jadi, istilah administrasi pendidikan adalah segala proses pengerahan danpengintegerasian baik personel, spiritual dan material yang dimanfaatkan secara efektif dan efisien yang perpautan dengan tercapaiannya tujuan pendidikan.

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SMP Terbaru 2019/2020 - Tujuan ini merupakan subsistem dari pendidikan nasional . Dalam ruang lingkup administrasi pendidikan terdapat unsur tujuan, proses , pemanfaatan serta fungsi. Anline ke empat Pembukaan Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 menyatakan tujuan pendidikan Negara kita ialah mencerdaskan kehidupan bangsa yang kemudian dijabarkan dalam Undang - Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan untuk berkembang potensi peserta didik agar menjadi manusia yang memiliki iman serta takwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia ,sehat , berilmu , cakap, kreatif ,mandiri dan bertanggung jawab.

Secara operasional ada 7 tujuan pada administrasi ini yaitu Pertama, memujudkan administrasi yang mudah dalam bidang pendidikan baik dalam hal proses maupun manfaat dari potensi sumber daya manusia dan materialnya.

Kedua, mewujudkan kejujuran , keikhlasan dalam bekerja, dan amanah guna menciptakan psikologis yang baik. Ketiga, dalam lembaga pendidikan adanya moral dan semangat kesetiakawanan. Keempat, media yang dapat meningkatkan produktivitas kerja ,perbaikan kualiatas metode.

Aplikasi Raport SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru - Kelima, mendorong peserta didik guna tercapainya tujuan yang direncanakan secara menyeluruh dengan perubahan pada penyesuaian dalam lingkungan masyarakat. Keenam , meningkatkan wawasan pengetahuan dan kerja serta pengetahuan dalam pekerjaan yang diemban. Ketujuh, proses pendidikan ,tujuan pembangunan dalam hubungan masyarakat serta mempererat pendidikan.

Ruang lingkup Administrasi pendidikan di fokuskan pada proses pengelolaan kegiatan pendidikan yang profesionalisme dilihat dari lembaga pemerintah selaku penanggung jawab pendidikan terhadap masyarakat ataupun satuan pendidikan / sekolah pada semua jenjang dan jenis selaku pemberi pelayanan kepada masyarakat. Ruang lingkup ini meliputi beberapa hal.

Pertama, Administrasi kurikulum yang terdiri dari 4 pokok kegiatan yaitu kegiatan yang berhubungan dengan kesiswaan,guru, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan ekstrakurikuler. Kedua, Administrasi Murid tentang hak dan kewajiban sebagai murid didukung dengan fasilitas yang lengkap.

Ketiga, Administrasi Personel, pemberian layanan penataan dalam memilih,mengangkat,menempatkan,membimbing serta mengawasi bahkan pemberhentian ,mutasi ataupun promosi staff guru maupun tata usaha sekolah.

Keempat Administrasi material,baik sarana dan prasarana. Hal ini untuk menjaga barang - barang yang ada serta menjaga sistem pengajaran yang profesionalisme. Kelima Administrasi keungan sekolah sebagai langkah pengelolaan dan tanggung jawab yang dilaksanakan secara sistematis dan obyektif.

Format Raport Kurikulum 2013 Terbaru - Selain pembagian ruang lingkup administrasi pendidikan diatas, ada beberapa hal lagi yang meliputi hal berikut : Pertama, Administasi yang meliputi tata laksana sekolah yang berisi pengelolaan organisasi dan struktur pegawai tata usaha, otorisasi anggaran belanja keuangan sekolah, kepegawaian dan kesejahteraan staff sekolah, perlengkapan dan pembekalan, keuangan serta pembukuan.

Kedua, administrasi guru dan kepegawaian sekolah membahas tentang pengangkatan dan penempatan guru serta organisasi guru, kesejahteraan serta upgrading dan inservice training. Ketiga, hubungan sekolah dengan masyarakat yang merupakan relasi kerjasama yang bersifat pedagogis,sosiologis, dan produktif yang mendatangkan keuntungan di kedua belah pihak.

Itulah sedikit ulasan tentang Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan, selanjutnya silahkan Download Aplikasi Pengolah Nilai Rapor Kurikulum 2013 melalui tautan yang telah disediakan.

Download Aplikasi Pengolah Nilai Rapor Kurikulum 2013

Silahkan bapak dan ibu Guru Download Aplikasi Pengolah Nilai Rapor Kurikulum 2013 melalui tautan di bawah
aplikasi olah raport k13
Bagi rekan guru yang ingin request perangkat pembelajaran atau soal lain untuk diterbitkan di web ini maka silahkan gunakan kolom komentar atau dapat menghubungi kontak dapodikdasmen info disini
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar