--> Skip to main content

Soal Bahasa Indonesia USBN SD MI 2018 dan Kunci Jawaban

Soal Bahasa Indonesia USBN SD MI 2018 dan Kunci Jawaban adalah Kumpulan Latihan Soal US dan USBN Bahasa Indonesia SD/MI Tahun 2018 yang merupakan Soal Ujian Sekolah USBN Bahasa Indonesia SD 2018 Sesuai Kisi Kisi dan juga dilengkapi dengan Kumpulan Soal Try Out Bahasa Indonesia USBN SD tahun 2018
Soal Bahasa Indonesia USBN SD MI 2018 dan Kunci Jawaban


Latihan Soal US dan USBN Bahasa Indonesia SD/MI Tahun 2018 - Kebijakan baru terkait Ujian Akhir di tingkat SD/MI dan atau sederajat telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kebijakan tersebut adalah pada jenjang SD/MI akan diterapkan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) untuk tahun pelajaran 2017/2018 dengan fokus mata pelajaran yang diujikan antara lain Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Soal Ujian Sekolah USBN Bahasa Indonesia SD 2018 Sesuai Kisi Kisi - Format ujian USBN berbeda dengan Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) dimana seperti yang kita ketahui bahwa pada US/M 25 persen soal ditentukan oleh pusat dan selebihnya sebanyak 75 persen soal di tentukan oleh guru yang terkoordinasi oleh Dinas Pendidikan.

Kumpulan Soal Try Out Bahasa Indonesia USBN SD tahun 2018 - Sedangkan pada USBN 2018 akan ada 20 - 25 persen soal Jangkar (anchor) atau dengan kata lain sebanyak 20 sampai 25 persen soal akan disiapkan oleh Pusat dan selebihnya lagi 75 sampai 80 persen soal akan disiapkan oleh Guru dalam kelompok KKG.

Soal USBN Bahasa Indonesia SD/MI Tahun 2018 dan Kunci Jawaban - Kisi Kisi USBN tahun 2018 memiliki format yang berbeda dimana format ini terdiri dari Level kognitif berupa pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Selain format baru dengan level kognitif tersebut juga terdiri dari Lingkup materi permata pelajaran.

Contoh Soal Bahasa Indonesia USBN SD/MI 2018


Soal Ujian Sekolah USBN Bahasa Indonesia SD 2018 Disertai Kunci Jawaban - Untuk Lingkup Materi Bahasa Indonesia terdiri dari membaca sastra, nonsastra, menulis, dan menyunting kata. Sedangkan pada Lingkup materi Matematika terdiri dari bilangan, geometri dan pengukuran, dan pengolahan data. Dan untuk lingkup materi IPA meliputi, mahkluk hidup dan lingkungannya, struktur dan fungsi makhluk hidup, benda dan sifatnya, bumi dan alam semesta.

Ujian Sekolah SD semakin dekat, untuk itu para guru dapat memandu siswanya agar dapat menggunakan siswa waktu seefisien mungkin dengan belajar menghadapi Soal USBN. Sebagai bahan belajar maka bapak dan ibu guru dapat menggunakan Contoh Soal Bahasa Indonesia USBN SD MI 2018 dan Kunci Jawaban yang telah disediakan di bawah.

Berikut sedikit gambaran mengenai SOAL USBN SD/MI Bahasa Indonesia seperti di bawah ini

9. Makna kata aktivitas dalam paragraf tersebut adalah . . . .

A. rutinitas yang dilakukan secara terus-menerus setiap waktu

B. mudah beraksi dan bereaksi

C. giat melaksanakan tugas

D. kegiatan yang dilakukan

10. Sinonim kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah . . . .

A. membiarkan

B. memberikan

C. mendiamkan

D. memanaskan

29. Tujuan kepala desa pergi ke Gunung Karang adalah untuk . . . .

A. mencari keris pusaka

B. menyembuhkan kelumpuhan

C. bertemu dengan pengemis yang diusirnya

D. berendam air panas untuk menyegarkan badan

KUNCI JAWABAN USBN SD BAHASA INDONESIA

9. D

10. C

29. B

Untuk versi yang lebih lengkap Soal latihan Bahasa Indonesia USBN SD/MI tahun pelajaran 2017/2018 yang disertai dengan kunci jawaban maka dapat bapak dan ibu guru download melalui tautan yang telah kami sediakan berikut ini.

Download Soal Bahasa Indonesia USBN SD/MI 2018 yang filenya terdiri dari :

SOAL TRY OUT 1 BAHASA INDONESIA USBN SD 2018

SOAL TRY OUT 2 BAHASA INDONESIA USBN SD 2018

SOAL TRY OUT 3 BAHASA INDONESIA USBN SD 2018

SOAL TRY OUT 4 BAHASA INDONESIA USBN SD 2018

Silahkan bapak dan ibu Guru Download Soal Bahasa Indonesia USBN SD MI 2018 dan Kunci Jawaban melalui tautan di bawah
soal usbn 1   soal usbn 2   soal usbn 3   soal usbn 4  
Bagi rekan guru yang ingin request perangkat pembelajaran atau soal lain untuk diterbitkan di web ini maka silahkan gunakan kolom komentar atau dapat menghubungi kontak dapodikdasmen info disini
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar