--> Skip to main content

Soal PAS / UAS SD Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013

Soal PAS / UAS SD Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 merupakan Kumpulan Latihan Soal Penilaian Akhir Semester Kelas 6 SD Kurikulum 2013 yang dapat rekan guru sekalian gunakan untuk dijadikan rujukan dalam merumuskan Soal Ulangan Akhir Semester bagi peserta didik.
Soal PAS Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013, soal tematik kelas 6 semester 1 kurikulum 2013, soal uas kelas 6 semester 1 kurikulum 2013, download soal tematik kelas 6 semester 1

Jika berdasar pada Kaldik ( Kalender Pendidikan ) yang telah disusun oleh Dinas Pendidikan tiap daerah maka dapat diketahui bahwa sebagian besar pada bulan Desember tiap sekolah akan menggelar Ulangan Akhir Semester ( UAS ) yang sekarang lebih terkenal dengan sebutan Penilaian akhir semester ( PAS ).

Pada jenjang Sekolah Dasar dengan penerapan Kurikulum 2013 pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan beberapa tema, dimana setiap tema terdiri dari 3 subtema yang mana tiap subtema tersebut terdiri dari 6 pembelajaran.

Soal Penilaian Akhir Semester diramu berdasarkan Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) tiap tema pada jenjang kelas peserta didik. Adapun Soal UAS Kurikulum 2013 Kelas 6 terdiri dari beberapa kompetensi dasar muatan mata pelajaran, antara lain: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

Contoh Soal PAS/UAS Kelas 6 


Berikut ini adalah Sedikit Contoh Soal Penilaian Akhir Semester Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013

Ani adalah putri dari Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob mengantongi Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, dan peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membekali makanan sehat untuk Ani di sekolah.

Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mengunjungi nasihat ayah dan ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar, dan memainkan tugas

sekolah tanpa perlu ingatkan. Aniudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Sebutkan kewajiban Ani dalam cerita tersebut!

…………………………………………..……………………………

2. Apakah Ani sudah menjalankan kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!

…………………………………………..……………………………

3. Apa saja manfaat hidup bagi masa depan Ani?
…………………………………………..……………………………

4. Apakah Anda bertanggung jawab atas kewajiban yang telah diperoleh? Jelaskan dan berikan contoh!

…………………………………………..……………………………

5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab atas kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!

Temukan jawaban dari masalah-masalah berikut!

1. Sebuah lingkaran tepat berada di dalam persegi. Lingkaran ini bergerak sebagian besar daerah persegi. Lingkaran diameter sama dengan sisi persegi, yaitu 20 cm. Hitunglah luas dan keliling daerah persegi yang tidak dipecahkan oleh lingkaran.

…………………………………………..……………………………

2. Di pusat kota ada taman panjang dengan panjang 30 m dan lebar 20 m. Di dalam taman tersebut dibangun kolam ikan bentuklingkaran. Kolam tersebut memiliki diameter 7 m. Taman akan ditanami rumput dengan biaya Rp35.000,00 / m2. Hitunglah seluruh biaya yang diperlukan untuk membeli rumput.

…………………………………………..……………………………

3. Halaman rumah Pak Budi berbentuk persegi panjang dengan panjang 3 m dan lebar 2 m. Pak Budi menerbitkan pot dari larangan bekas di tengah-tengah kebunnya. Ban bekas tersebut memiliki jari-jari 20 cm. Hitunglah halaman luas Pak Budi yang masih dapat ditanami tanaman lainnya?

…………………………………………..……………………………

4. Sisi membuat bunga dari kertas bekas. Bunga itu dari bentuk lingkaran. Satu bunga membutuhkan 5 lingkaran dengan ukuran diameter 10 cm. Kertas yang ada memiliki panjang 40 cm dan lebar 25 cm.

Download Soal Penilaian Akhir Semester Kelas 6


Perlu diingat bahwa Soal Penilaian Akhir Semester Kelas 6 berikut ini hanyalah sebagai Contoh Soal PAS Kelas 6 SD/MI saja sehingga untuk penggunaan lebih lanjut diharapkan dapat bapak dan ibu Guru ubah sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Soal PAS/UAS SD Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 1 di bawah ini terdiri dari :

Soal PAS/UAS Kelas 6 Semester Ganjil Tema 1 K13 Revisi Tahun 2018

Soal PAS/UAS Kelas 6 Semester Ganjil Tema 2 K13 Revisi Tahun 2018

Soal PAS/UAS Kelas 6 Semester Ganjil Tema 3 K13 Revisi Tahun 2018

Soal PAS/UAS Kelas 6 Semester Ganjil Tema 4 K13 Revisi Tahun 2018

Soal PAS/UAS Kelas 6 Semester Ganjil Tema 5 K13 Revisi Tahun 2018

Soal PAS/UAS Kelas 6 Semester Ganjil Tema 6 K13 Revisi Tahun 2018

Untuk versi yang lebih lengkap Soal-soal UAS atau PAS semester 1 kelas 6 SD Kurikulum 2013 Tema 1 sampai 6 dapat rekan Guru dapatkan melalui tautan di bawah ini:
tema1   tema2   tema3   tema4   tema5   tema6  
Dapatkan update Soal UAS/PAS jenjang SD/MI langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar