--> Skip to main content

Soal PAT UKK Bahasa Indonesia SMA MA Kelas 11 Kurikulum 2013 Tahun 2019

Soal PAT UKK Bahasa Indonesia SMA MA Kelas 11 Kurikulum 2013 Tahun 2019 merupakan kumpulan file yang berisi Latihan Soal PAT Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurtilas Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dapat digunakan oleh pendidik yang akan menyelenggarakan Penilaian akhir tahun.
Soal PAT UKK UAS Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Kurikulum 2013, Latihan Soal PAT Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Kurtilas, Soal UKK/PAT Bahasa Indonesia SMA Kelas 10 Kurikulum 2013, Soal dan Jawaban Latihan PAT ( UKK ) Bahasa Indonesia SMA Kelas XI, Soal UAS/PAT/UKK Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013

Saat ini Evaluasi akhir semester untuk peserta didik dari waktu ke waktu mengalami perubahan istilah, yang dulunya dikenal Ujian Kenaikan Kelas ( UKK ) kemudian dikenal menjadi Penilaian Akhir Semester ( PAS ), lalu saat ini lebih populer dengan isitilah baru yakni Penilaian Akhir Tahun ( PAT ).

Namun tentunya istilah tersebut bukanlah sebuah permasalahan, hal yang penting dilakukan oleh tenaga pendidik adalah mempersiapkan peserta didiknya menghadapi Penilaian Akhir Tahun ( PAT ) agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Soal UKK/PAT Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 menjadi sesuatu yang harus dipersiapkan oleh bapak dan ibu Guru dalam menyongsong penyelenggaraan PAT/UKK oleh instansi sekolah masing-masing sesuai dengan waktu kalender pendidikan daerah yang telah ditentukan.

Peran pendidik di era kurikulum 2013 menjadi semakin kompleks sehingga terkadang menyita banyak waktu demi menyelesaikan beberapa administrasi yang juga tidak kalah pentingnya guna meningkatkan profesionalisme kinerja sebagai pendidik, akibatnya terkadang pembuatan Soal PAT Bahasa Indonesia menjadi sedikit terlambat.

Guna mengatasi keterlambatan tersebut berikut kami sediakan Soal dan Jawaban Latihan PAT ( UKK ) Bahasa Indonesia SMA Kelas XI yang dapat bapak dan ibu guru gunakan sebagai referensi dalam membuat soal sehingga proses meramu soal akan sedikit lebih terbantu

Soal PAS/PAT/UKK Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 yang dapat bapak dan ibu Guru unduh gratis di bawah sudah dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga tinggal sobat guru kembangkan dan sesuaikan dengan pembelajaran di tempat tugas sobat guru sekalian.

Meski demikian Soal Penilaian Akhir Tahun SMA/MA mata pelajaran Bahasa Indonesia yang tersedia di bawah ini hanya sebagai Contoh Soal PAT Bahasa Indonesia SMA Kelas XI K-13 saja sehingga sangat disarankan untuk diedit bila ingin digunakan lebih lanjut.

Soal PAT Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas 11


Di bawah ini sedikit gambaran tentang Soal UKK/PAT SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia sebagai berikut :

1. Bacalah dengan saksama teks prosedur berikut!

1) Dengan mengenal dan menghargai diri sendiri, Anda tidak akan ingin menjadi seperti orang lain.

2) Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain, Anda akan terpacu menjadi lebih baik, bukannya merasa minder atau sedih.

3) Hal pertama yang perlu dilakukan agar tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah mengenali diri sendiri.

4) Gambarkan diri Anda dalam kata-kata seperti pintar, kuat, baik, tekun, visioner, dan lain-lain.

Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf padu adalah....

A. 2), 3), 1), dan 4)

B. 2), 3), 4), dan 1)

C. 3), 1), 2), dan 4)

D. 3), 2), 4), dan 1)

E. 4), 1), 2), dan 3)

2. Ciri kebahasaan teks prosedur adalah banyak menggunakan kalimat imperatif. Berikut ini yang merupakan contoh kalimat imperatif adalah....

A. Para ilmuwan itu telah berhasil menunjukkan keberhasilan penelitian mereka.

B. Proses terjadinya gempa tersebut mendapat perhatian serius dari ilmuwan di daerah ini.

C. Pembuatan KTP bisa dilakukan di Kantor Catatan Sipil daerah masing-masing.

D. Kenaikan harga BBM akan memengaruhi harga sembako di pasaran.

E. Tunjukkan bahwa Anda bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat di sekolah.

3. Perhatikan kalimat berikut!

Siasati dengan mendahului pekerjaan yang menjadi prioritas hari itu.

Kata yang perlu diperbaiki agar kalimat menjadi efektif adalah....

A. siasati

B. mendahului

C. pekerjaan

D. menjadi

E. prioritas

4. Perhatikan kutipan teks eksplanasi berikut!

Bioteknologi adalah istilah yang berasal dari bahasa Latin yang terdiri atas kata bio yang berarti “hidup”, teknos yang berarti “teknologi”, dan logos yang berarti “ilmu”. Selanjutnya bioteknologi diartikan sebagai kajian ilmu terapan yang konsen terhadap rangkaian proses biologis dalam rangka menghasilkan barang dan jasa yang menerapkan prinsip sains.

Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian....

A. Pernyataan umum

B. Urutan sebab-akibat

C. Proses kejadian

D. Interpretasi

E. Ulasan

Soal PAT UKK UAS Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Kurikulum 2013

5. Perhatikan kutipan teks eksplanasi berikut!

Gempa yang terjadi dalam perut bumi akan mengakibatkan munculnya tekanan ke arah vertikal sehingga dasar lautan akan naik dan turun dalam rentang waktu yang singkat. Hal ini kemudian akan memicu ketidakseimbangan pada air laut yang kemudian terdorong menjadi gelombang besar yang bergerak mencapai wilayah daratan.

Teks tersebut termasuk jenis teks eksplanasi yang menjelaskan proses terjadinya fenomena....

A. sosial

B. budaya

C. alam

D. ekonomi

E. masyarakat

6. Berikut komentar yang berbentuk sanggahan adalah....

A. Bagus sekali paparan yang dikemukakan di dalam teks yang kita baca tadi. Banyak hal baru yang sebelumnya tidak saya ketahui. Saya kira, pendapat-pendapat penulis di dalam teks itu perlu ditindaklanjuti.

B. Benarkan dengan banyaknya membaca novel populer akan mengganggu minat belajar siswa? Pendapat tersebut perlu dikonfirmasi lagi kebenarannya dengan cara mencari pendapat lainnya dari sumber yang berbeda.

C. Saya kira paparan yang disampaikan dalam teks itu perlu kita pertimbangkan dengan serius.

D. Saya kira pemateri sudah jelas dalam menyampaikan proses terjadinya interaksi sosial di kota-kota besar. Dikatakan bahwa pada umumnya, interaksi di kota-kota besar jarang terjadi dikarenakan orang kota bersifat individualis. Kalaupun ada interaksi, sifatnya adalah interaksi golongan, yaitu si kaya dengan si kaya, begitu pula sebaliknya, si miskin dengan si miskin.

E. Data yang diungkapkan pemateri belum begitu jelas. Saya masih meragukan kebenaran data-data tersebut. Dikatakan bahwa proses pemahaman isi sebuah buku dapat dilakukan dengan membacanya hanya sekali. Padahal, fakta yang terjadi tidak selalu demikian. Ada beberapa orang yang harus membaca berkali-kali untuk memahami isi sebuah buku, apalagi jika yang dibacanya bukanlah hal yang dia sukai.

7. Perhatikan kutipan ceramah berikut!

Pada kesempatan yang bahagia ini, kami menyambut kedatangan kembali saudara-saudara seusai bertanding. Kami selaku pengurus wilayah dan masyarakat di sini mengucapkan selamat datang dan selamat bertemu kembali.

Sungguh, kami merasa berbahagia dan berbangga hati untuk prestasi yang telah Saudara-Saudara perlihatkan saat bertanding di Surabaya sehingga Saudara-saudara dapat menjadi juara.sudah tentu kami semua merasa bersyukur.

Kami sepenuhnya menyadari bahwa semua juga berkat rahmat Tuhan. Tentu ini pun hasil kegigihan serta semangat Saudara-Saudara lakukan dengan tekun dan rajin sebelum atau menjelang pertandingan.

Saudara-saudara yang kami hormati.

Demikianlah ungkapan kebahagian kami. Semoga Tuhan memberi pertolongan kepada kita sehingga pada masa mendatang kita masih tetap menduduki posisi teratas. Amin.

Pokok informasi yang terdapat pada paragraf kedua adalah....

A. Kami bahagia dan bangga atas prestasi Saudara-Saudara.

B. Kemenangan itu selain berkat rahmat Tuhan, juga berkat kegigihan Saudara-saudara.

C. Harapan semoga tetap bisa menduduki posisi teratas pada masa mendatang.

D. Kemenangan itu adalah perjuangan Saudara-Saudara sendiri.

E. Kemenangan itu harus kita syukuri.

8. Berikut contoh penutup ceramah yang efektif adalah....

A. Demikian yang dapat saya sampaikan. Terima kasih banyak untuk perhatiannya.

B. Saya akhiri ceramah saya kali ini, apabila ada ucapan, sikap, maupun perbuatan saya yang kurang berkenan di hati Saudara, saya memohon maaf sebesar-besarnya.

C. Demikian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya.

D. Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

E. Sekian dari saya. Kurang lebihnya mohon maaf.

Latihan Soal PAT Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Kurtilas

9. Cermati kutipan ceramah berikut!

Selama ini, nama madrasah kita harum di masyarakat. Prestasi kita selalu unggul, baik bidang intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Saya merasa bangga dengan prestasi-prestasi itu. Tapi, sekarang kalian tentu sudah tahu bahwa banyak siswa terlambat datang ke madrasah. Bahkan, jumlahnya di atas dua puluh siswa. Banyak siswa tertangkap sedang merokok di madrasah, tidak masuk tanpa izin, serta meninggalkan jam pelajaran untuk pergi ke kantin. Apakah itu wajar?

Isi kutipan ceramah tersebut adalah....

A. Keterlambatan siswa hadir di madrasah

B. Penurunan prestasi siswa di madrasah

C. Kebanggaan guru terhadap prestasi siswa

D. Penghargaan terhadap prestasi siswa

E. Keharuman prestasi di masyarakat

10. Perhatikan kutipan cerita berikut!

Aku terus berkeliling menawarkan puding yang aku bawa. Orang yang kedua aku tawari menolak dengan alasan ia tidak suka makanan manis. Aku berpindah ke orang disebelahnya dan mulai saat itu aku sudah tidak memerhatikan baki yang aku bawa karena aku berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh rekan-rekan kerja ayahku.

Sudut pandang yang terdapat pada cerita tersebut adalah....

A. Orang kedua pelaku utama

B. Orang ketiga pelaku utama

C. Orang pertama pelaku utama

D. Orang pertama pelaku sampingan

E. Orang ketiga pelaku sampingan

11. Cermati penggalan cerpen “Robohnya Surau Kami” karya A.A Navis di bawah ini!



Kalau beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang bus, Tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkahkan kaki menyusuri jalan raya arah ke Barat, maka kira-kira sekilometer dari pasar akan sampailah Tuan di jalan kampungku. Pada simpang kecil ke kanan, simpang yang kelima membelok ke jalan sempit itu. Dan di ujung jalan itu nanti akan Tuan temui sebuah surau tua. Di depannya ada kolam ikan, yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi.



Unsur intrinsik yang menonjol pada penggalan cerita tersebut adalah.…

A. Latar

B. Alur

C. Tema

D. Penokohan

E. Sudut pandang

12. Cermati pendapat berikut!

Ada beberapa diksi yang asing didengar orang Indonesia yang tinggal di daerah lain. Susunan kalimat dan partikel yang kurang pas membuat pembaca kadang-kadang harus membaca ulang satu kalimat lengkap.

Aspek resensi yang berkaitan dengan pendapat tersebut adalah....

A. Judul buku

B. Penulis buku

C. Penerbit buku

D. Isi buku

E. Kebahasaan

Soal UKK/PAT Bahasa Indonesia SMA Kelas 10 Kurikulum 2013

13. Perhatikan kutipan teks berikut!

Bukan hal baru bahwa peningkatan kualitas layanan pendidikan sekolah didiskusikan secara intensif dalam beberapa forum nasional maupun internasional. Banyak juga masyarakat individu ataupun korporasi yang turut berpartisipasi dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui program-program seperti pemberian beasiswa, penelitian, pelatihan, pengembangan tenaga pendidik, dan kependidikan, sebagai bentuk tanggung jawab sosial mereka. Kualitas layanan pendidikan sangat ditentukan oleh strategi dan tindakan yang dilakukan. Sekolah yang terus belajar selalu melakukan evaluasi dan terus mengembangkan strategi dan tindakan belajar siswa.

Hal yang dibahas dalam kutipan teks tersebut adalah....

A. Diskusi dalam forum nasional dan internasional

B. Mutu pendidikan

C. Evaluasi belajar

D. Peningkatan kualitas layanan pendidikan

E. Program-program pemberian beasiswa, penelitian, pelatihan, pengembangan tenaga pendidik, dan kependidikan

14. Cermati penggalan proposal berikut ini.

Perkembangan media sosial di kalangan remaja tumbuh sangat pesat. Hampir tidak ada remaja yang tidak memiliki akun media sosial. Mereka aktif di media sosial untuk bercerita, curhat, mengungkapkan pendapat, atau hanya untuk ramai-ramai saja. Sayangnya, hanya sedikit kalangan remaja yang menggunakan media sosial untuk keperluan positif, seperti untuk pembelajaran ataupun untuk bisnis.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, tujuan proposal yang sesuai adalah ....

A. Mengadakan diskusi media sosial agar siswa mampu memanfaatkan media sosial untuk hal positif.

B. Mengadakan acara yang membahas media sosial dengan tujuan agar siswa terus aktif dan lupa aktivitas sehari-hari.

C. Memberi pengetahuan siswa tentang pentingnya media sosial untuk eksis di dunia maya.

D. Memberikan pelajaran penting bahwa pelajaran sekolah lebih baik dibandingkan menggunakan media sosial.

E. Memberikan pengetahuan untuk memiliki banyak akun media sosial.

15. Anggaran dana biasanya berisi tiga hal. Hal yang dimaksud secara berurutan adalah.…

A. pengeluaran-pemasukan-sisa dana

B. pengeluaran-sisa pengeluaran-pemasukan

C. pengeluaran-pemasukan-dana yang dibutuhkan

D. pemasukan-pengeluaran-dana yang dibutuhkan

E. dana yang dibutuhkan-pengeluaran-pemasukan

16. Sapir dan Whorf mengatakan bahwa kehidupan suatu masyarakat sebagian didirikan di atas tabiat dan sifat bahasa itu. Karena itulah, tidak ada sebuah bahasa yang benar-benar sama dengan bahasa lain. Lebih lanjut, kedua ahli bahasa ini beranggapan bahwa apa yang kita dengar, alami, dan kita perbuat sekarang berdasarkan sifat bahasa. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita mengajarkan bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada generasi muda agar mereka mengetahui karakter dan budaya bangsa.

Cuplikan di atas termasuk ke dalam proposal bagian….

A. Dasar pemikiran

B. Tema kegiatan

C. Tujuan kegiatan

D. Latar belakang kegiatan

E. Sasaran kegiatan

Soal dan Jawaban Latihan PAT ( UKK ) Bahasa Indonesia SMA Kelas XI

17. Menjadikan ajang lomba membaca puisi sebagai wadah pengenal sastra Indonesia kepada anak.

Bagian proposal yang sesuai dengan kalimat di atas adalah….

A. Pendahuluan

B. Latar belakang

C. Tujuan kegiatan

D. Sasaran kegiatan

E. Target kegiatan

18. Cermatilah proposal berikut!

Maksud kami mengadakan kegiatan ini adalah untuk:

1) Mempererat silaturahmi siswa MA;

2) Memacu kreativitas siswa dalam bidang seni;

3) Membentuk kegiatan siswa yang positif.

Proposal di atas terdapat pada bagian….

A. Latar belakang

B. Dasar pemikiran

C. Anggaran

D. Kepanitiaan

E. Tujuan

Soal UAS/PAT/UKK Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013

19. Untuk melaksanakan program kesiswaan, OSIS akan melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. Proposal kegiatan tersebut telah disusun untuk dibahas bersama sebelum diajukan kepada pembina kesiswaan dan kepala sekolah guna mendapatkan persetujuan dan bantuan. Dalam proposal memuat hal-hal:

1) latar belakang dan dasar penelitian

2) jenis kegiatan

3) pembiayaan

4) waktu dan tempat pelaksanaan, dan

5) susunan panitia

Bagian yang belum tercantum dalam proposal tersebut adalah ....

A. nama sekolah yang akan diajak kerja sama

B. maksud dan tujuan kegiatan

C. nama siswa yang menjadi bagian lapangan

D. pembagian tugas dalam permainan outdoor

E. bentuk kegiatan yang memacu kepemimpinan

20. Perhatikan bagian proposal di bawah ini!

.... Keadaan ini tentu sangat memprihatinkan para guru dan kepala sekolah. Oleh karena itu, pertandingan futsal akan diadakan. Pertandingan tersebut diadakan untuk mengatasi permasalahan berikut.

a. Bagaimana cara membina kerukunan antarsiswa MA yang tidak berada dalam satu lokasi?

b. Bagaimana cara mencari pemain futsal yang muda dan berbakat?

Bagian proposal yang tercantum dalam proposal tersebut adalah....

A. latar belakang

B. landasan teori

C. manfaat

D. rumusan masalah

E. tujuan

Versi word dan lebih lengkap dari Contoh Soal PAT Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas 11 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 di atas dapat anda download gratis pada link yang telah disediakan di bawah

Download Soal PAT Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas XI


Silahkan bapak dan ibu Guru Download Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun PAT SMA/MA Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Tahun 2019 pada tautan di bawah
soal pat bhs indo kelas xi   kunci pat indo kelas xi 
Jangan lupa bagikan informasi tentang Download Soal PAT UKK Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini ke rekan guru anda agar bermanfaat. Dapatkan update Soal PAT SMA langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar