--> Skip to main content

Soal PAT UKK Sosiologi SMA MA Kelas 10 Kurikulum 2013 Tahun 2019

Soal PAT UKK Sosiologi SMA MA Kelas 10 Kurikulum 2013 Tahun 2019 merupakan kumpulan file yang berisi Latihan Soal PAT Sosiologi SMA Kelas 10 Kurtilas Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dapat digunakan oleh pendidik yang akan menyelenggarakan Penilaian akhir tahun.
Soal PAT UKK UAS Sosiologi SMA Kelas 10 Kurikulum 2013, Latihan Soal PAT Sosiologi SMA Kelas 10 Kurtilas, Soal UKK/PAT Sosiologi SMA Kelas 10 Kurikulum 2013, Soal dan Jawaban Latihan PAT ( UKK ) Sosiologi SMA Kelas X, Soal UAS/PAT/UKK Sosiologi Kelas 10 Kurikulum 2013

Saat ini Evaluasi akhir semester untuk peserta didik dari waktu ke waktu mengalami perubahan istilah, yang dulunya dikenal Ujian Kenaikan Kelas ( UKK ) kemudian dikenal menjadi Penilaian Akhir Semester ( PAS ), lalu saat ini lebih populer dengan isitilah baru yakni Penilaian Akhir Tahun ( PAT ).

Namun tentunya istilah tersebut bukanlah sebuah permasalahan, hal yang penting dilakukan oleh tenaga pendidik adalah mempersiapkan peserta didiknya menghadapi Penilaian Akhir Tahun ( PAT ) agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Soal UKK/PAT Sosiologi SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 menjadi sesuatu yang harus dipersiapkan oleh bapak dan ibu Guru dalam menyongsong penyelenggaraan PAT/UKK oleh instansi sekolah masing-masing sesuai dengan waktu kalender pendidikan daerah yang telah ditentukan.

Peran pendidik di era kurikulum 2013 menjadi semakin kompleks sehingga terkadang menyita banyak waktu demi menyelesaikan beberapa administrasi yang juga tidak kalah pentingnya guna meningkatkan profesionalisme kinerja sebagai pendidik, akibatnya terkadang pembuatan Soal PAT Sosiologi menjadi sedikit terlambat.

Guna mengatasi keterlambatan tersebut berikut kami sediakan Soal dan Jawaban Latihan PAT ( UKK ) Sosiologi SMA Kelas X yang dapat bapak dan ibu guru gunakan sebagai referensi dalam membuat soal sehingga proses meramu soal akan sedikit lebih terbantu

Soal PAS/PAT/UKK Sosiologi Kelas 10 Kurikulum 2013 yang dapat bapak dan ibu Guru unduh gratis di bawah sudah dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga tinggal sobat guru kembangkan dan sesuaikan dengan pembelajaran di tempat tugas sobat guru sekalian.

Meski demikian Soal Penilaian Akhir Tahun SMA/MA mata pelajaran Sosiologi yang tersedia di bawah ini hanya sebagai Contoh Soal PAT Sosiologi SMA Kelas 10 K-13 saja sehingga sangat disarankan untuk diedit bila ingin digunakan lebih lanjut.

Soal PAT Sosiologi SMA/MA Kelas 10


Di bawah ini sedikit gambaran tentang Soal UKK/PAT SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sosiologi sebagai berikut :

1. Sosiologi merupakan salah satu ilmu sosial yang selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan dan abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan menjalankan hubungan sebab akibat sehingga menjadi suatu teori. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang bersifat …

A. empiris

B. komulatif

C. nonetis

D. teoritis

E. yuridis

2. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) media massa memberikan informasi berita dunia setiap hari

2) kandungan gizi ikan sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak

3) masyarakat Surabaya melakukan senam bersama di Car Free Day

4) bentrok antara seporter sepakbola dengan anggota perguruan silat

5) para siswa melakukan sholat berjama’ah di masjid sekolah

Dari contoh diatas yang termasuk obyek kajian sosiologi adalah….

A. 3,4, dan 5

B. 1,2, dan 4

C. 1,3, dan 5

D. 2,4, dan 5

E. 1,2, dan 3

3. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang berkembang di Eropa. Perkembangan sosiologi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah revolusi industri di Inggris.Pada perkembangannya revolusi industri menimbulkan masalah-masalah sosial tertentu yang ikut mempengaruhi perkembangan sosiologi di Eropa yaitu….

A. Pergolakan rakyat terhadap tuan tanah yang ada

B. Terjadinya perebutan kekuasaan pada masyarakat Inggris

C. Pendistribusian ekonomi dan kekuasaan di Inggris yang baik

D. Naiknya nilai emas yang mempengaruhi merkantilisme

E. Pengangguran besar-besaranyang mengakibatkan revolusi sosial

4. Pada sebuah penelitian sosiologi tentang fenomena tawuran diketahui bahwa sekitar 30 % remaja yang gemar mengikuti tawuran berasal dari keluarga pejabat. Walaupun kenyataan ini adalah sebuah aib, akan tetapi sosiologi akan tetap memaparkan realita sosial apa adanya. Hal ini sesuai dengan hakikat sosiologi yaitu….

A. ilmu sosial

B. disiplin kategoris

C. ilmu murni

D. empiris

E. normatif

5. Masyarakat sebagai obyek ilmu sosial dapat dilihat dari beberapa sudut, salah satunya dari segi ekonomi. Ilmu ekonomi pada hakikatnya mempelajari usaha manusia dalam masyarakat untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa yang terbatas jumlahnya. Salah satu peran ilmu sosiologi dalam hubungannya dengan ilmu ekonomi adalah …

A. sosiologi memberi gambaran tentang masalah perilaku penduduk dalam menggunakan barang dan jasa

B. sosiologi mempelajari usaha-usaha yang harus dilakukan guna menaikkan produksi sandang

C. sosiologi menentukan strategi yang harus ditempuh guna menaikkan produksi pangan

D. jumlah barang dan jasa yang tidak seimbang dengan masyarakat harus diatur dengan sosiologi

E. ilmu ekonomi bergantung pada sosiologi yang mempelajari unsur-unsur kemasyarakatan secara keseluruhan

6. Keberadaan warung kopi dipinggir-pinggir jalan seringkali disalahgunakan sebagai tempat transaksi prostitusi maupun obat-obatan terlarang. Beberapa ilmuwan sosiologi melakukan penelitian ingin mengetahui lebih jauh tentang keberadaan warung-warung tersebut sehingga dapat memberikan data yang akurat kepada pemerintah setempat untuk menanggulangi dampak sosial yang ditimbulkan. Dalam hal ini sosiologi berfungsi untuk….

A. menghentikan peredaran obat-obat terlarang

B. mengkaji aktivitas di warung-warung kopi

C. merencanakan kebijakan pemerintah

D. menilai aktivitas warung kopi

E. membantu memecahkan masalah sosial

7. Dikota-kota besar pada jam-jam tertentu terjadi penumpukan kendaraan, sehingga kemacetan terjadi dimana-mana. Kondisi ini tidak dapat dibiarkan terus menerus karena akan mengurangi kenyamanan pengendara. Secara sosiologis permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan cara….

A. mempengaruhi cara berfikir kelas menengah untuk beralih menggunakan transportasi massal

B. memberikan pengetahuan mengenai pola-pola interaksi sosial masyarakat dalam berkendaraan

C. mengkaji status dan peran kita sebagai anggota masyarakat untuk mengurangi kemacetan

D. mengembangkan sikap peka, kritis serta rasional menghadapi gejala-gejala sosial yang terjadi

E. memberikan kenyamanan pada kita sebagai anggota masyarakat yang memiliki hak dan kewajiban

8. Didi sangat gembira melihat Roy teman lamanya di loket karcis saat menonton pertandingan sepak bola, maka ia melambaikan tangannya kearah Rudi. Berdasarkan pernyataan tersebut menunjukkan terjadinya interaksi sosial karena telah berlangsung …

A. kontak sosial

B. komunikasi sosial

C. tindakan sosial

D. integrasi sosial

E. gejala sosial

9. Gerakan cinta lingkungan mendorong masyarakat membuat bank sampah dan mendapat dukungan dari berbagai elemen seperti karang taruna, PKK maupun dari tokoh masyarakat. mereka bersama-sama menjadi penggiat bank sampah. Faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial pada deskripsi tersebut adalah….

A. empati

B. imitasi

C. sugesti

D. simpati

E. motivasi

Latihan Soal PAT Sosiologi SMA Kelas 10 Kurtilas nomor 11-20

11. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1) siswa siswi Madrasah Aliyah se Jawa Timur mengikuti perlombaan Aksioma

2) terjadi tawuran antar pendukung fanatic seporter sepakbola secara anarkhis

3) para buruh melakukan demonstrasi dikarenakan gaji yang masih di bawah UMR

4) para pedagang dan pembeli melakukan tawar menawar barang di pasar tradisional

5) pak Guru menengahi perselisihan yang terjadi antara siswa program IPA dan Program IPS

Yang termasuk interaksi sosial disosiatif ditunjukkan pada nomor….

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 2, dan 4

C. 2, 3, dan 5

D. 2, 4, dan 5

E. 3, 4, dan 5

12. Menjelang pilkada untuk pemilihan walikota dibeberapa daerah di Indonesia, partai-partai politik melakukan kerjasama dengan tujuan memenangkan pilkada. Ditinjau dari bentuk interaksi sosialnya, tujuan kerjasama dalam memenangkan pilkada tersebut….

A. koalisi

B. joint venture

C. kooptasi

D. bersaing

E. koersi

13. Beberapa negara terlibat konflik mengenai batas teritorial. Untuk menyelesaikan kasus tersebut, mereka sepakat membawanya ke Mahkamah Internasional. Alasan memilih ajudikasi dalam proses akomodasi tersebut adalah karena….

A. pihak yang berkonflik dapat menolak pendapat pihak ketiga

B. pihak yang berkonflik sulit mengakui kesalahan masing-masing

C. salah satu pihak yang berkonflik memiliki kekuatan yang lebih kuat

D. dapat menyelesaiakn konflik secara adil dan berkekuatan hukum tetap

E. konflik dapat diselesaikan bila pihak yang bertikai berkekuatan seimbang

14. Setiap pagi sebelum proses belajar mengajar, siswa disalah satu SMA selalu berdoa menurut keyakinan masing-masing. Hal ini dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai religi dan meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Unsur terciptanya keteraturan sosial dalam contoh tersebut adalah….

A. pola

B. order

C. keajegan

D. nilai sosial

E. tertib sosial

15. Kehidupan masyarakat desa terlihat tenang, aman, dan tenteram, karena semua warganya bertindak sesuai dengan ketentuan yang mengatur status dan peran masing-masing. Keteraturan sosial tersebut terbentuk karena adanya….

A. tindakan, peran dan status sosial

B. individu, kelompok, komunitas dan masyarakat

C. nilai, norma, perilaku dan proses sosial

D. pola perilaku, keajegan dan orde sosial

E. aksi, reaksi, interaksi dan dinamika sosial

16. Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai etnik, suku bangsa, dan agama. Gejala sosial tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia bersifat …

A. terbuka

B. tertutup

C. homogen

D. heterogen

E. seimbang

19. Gejala sosial berupa multidimensi identitas berkembang di dunia maya. Kondisi tersebut ditandai dengan banyaknya orang yang membuat akun di media sosial. Dampak negatif gejala sosial tersebut adalah …

A. peningkatan aksi penipuan melalui media massa

B. pencarian identitas kerabat jauh menjadi mudah

C. peredaran informasi/berita terjadi secara cepat

D. peningkatan perdagangan secara online

E. perluasan jaringan pertemanan

20. Orang tua membiasakan anak-anaknya untuk bersedekah, gemar menolong, dan melakukan kebaikan-kebaikan dengan ikhlas tanpa mengharapkan balasan dari orang lain. Mereka meyakinkan anak-anakanya bahwa dengan melakukan hal tersebut maka hidup keluarganya akan berkah, bahagia, dan terhindar dari sikap sombong. Nilai sosial yang dianut oleh keluarga tersebut adalah nilai kerohanian, yaitu …

A. nilai yang didukung oleh sebagian besar masyarakat

B. kebiasaan saling berbagi dengan anggota keluarga

C. menyangkut ritual peribadatan sesuai agamanya

D. berhubungan dengan rasa spiritualitas dan keyakinan

E. mengedepankan hal yang bisa dilihat oleh orang lain

Soal UKK/PAT Sosiologi SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 nomor 21-25

21. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) mengucapkan terimakasih

2) membayar zakat dan sedekah

3) berperilaku tertib di jalan raya

4) menjalankan ibadah di bulan puasa

5) Menjalankan ajaran agamanya sesuai dengan keyakinanya

Dari pernyataan diatas yang merupakan contoh penerapan norma agama adalah….

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 2, dan 4

C. 2, 3, dan 5

D. 2, 4, dan 5

E. 3, 4, dan 5

22. Disekolah siswa tidak dibenarkan memakai pakaian yang tidak sesuai dengan peraturan karena dalam peraturan sekolah penggunaan pakaian seragam dianggap sudah memenuhi kaidah kesopanan, keindahan, dan identitas sekolah. ilustrasi tersebut menjelaskan fungsi norma sebagai….

A. pelindung dari kelompok sosial lain

B. penentu status sosial kelompok

C. alat ukur perilaku yang baik atau tidak

D. pemberi rasa takut pada siswa

E. pedoman siswa dalam berperilaku

23. Sosialisasi merupakan proses belajar mengenal kehidupan sosial serta proses belajar memahami kemudian menerapkan nilai dan norma dalam masyarakat, sehingga proses sosialisasi akan berpengaruh terhadap kepribadian anak. Hubungan antara sosialisasi dengan kepribadian adalah…

A. kepribadian menentukan proses sosialisasi

B. sosialisasi adalah satu-satunya pembentuk kepribadian

C. kepribadian adalah salah satu faktor sosialisasi

D. kepribadian berfungsi efektif dalam proses sosialisasi

E. kepribadian terbentuk karna adanya proses sosialisasi

24. Banyak anak kecil bermain menjadi polisi atau menjadi dokter. Ia belum memahami alasan polisi menangkap penjahat atau dokter memeriksa pasien. Tahap perkembangan diri anak pada ilustrasi tersebut digolongkan play stage karena …

A. anak mulai menempatkan dirinya pada posisi orang lain

B. anak dapat meniru perilaku dengan lebih sempurna

C. anak mulai menyadari peraturan yang berlaku

D. peran yang dilakukan anak mulai berkurang

E. anak mulai bersiap mengenal dirinya

25. Dilan dan Millea bersahabat sejak SMA. Rumah mereka berdekatan sehingga setiap berangkat sekolah selalu bersama. Setelah SMA keduanya melanjutkan kuliah di Universitas berbeda. Meskipun demikian, keduanya tetap berbagi cerita setiap ada waktu luang. Media sosialisasi berdasarkan uraian tersebut adalah …

A. sekolah

B. keluarga

C. teman sebaya

D. lingkungan kerja

E. media elektronik

Soal dan Jawaban Latihan PAT ( UKK ) Sosiologi SMA Kelas X nomor 26-30

26. Sosialisasi satu arah biasanya menuntut kepatuhan anak kepada orang tua. Hal ini terjadi pada pola sosialisasi …

A. partisipatif

B. represif

C. edukatif

D. komunikatif

E. persuasif

27. Beni berasal dari keluarga broken home. Iasering mengonsumsi minuman keras dan melakukan tindakan yang melanggar peraturan. Faktor utama penyebab perilaku menyimpang yang dilakukan Beni adalah …

A. kurangnya pengawasan dari masyarakat

B. lingkungan sosial budaya yang berbeda

C. tidak adanya sanksi hukum yang tegas

D. sosialisasi sub-budaya menyimpang

E. proses sosialisasi tidak sempurna

28. Perhatikan contoh-contoh berikut!

1) mengendarai motor tanpa membawa surat izin berkendara

2) minum-minuman keras hingga mabuk berulang kali

3) mendengarkan musik dengan volume tinggi

4) mengendarai motor melebihi kecepatan normal

5) memalak teman-teman di sekolah

Contoh yang memperlihatkan penyimpangan primer ditunjukkan oleh nomor …

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 2, dan 5

C. 1, 4, dan 5

D. 2, 3, dan 4

E. 3, 4, dan 5

30. Cyber crime semakin merajalela dalam masyarakat. Banyak kasus cyber crime menimpa masyarakat seperti kasus kehilangan uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Upaya tepat untuk mencegah gejala sosial akibat penyimpangan sosial tersebut adalah …

A. memaksimalkan penggunaan ATM

B. memasang alat pengaman di kartu ATM

C. menambah tabungan di ATM setiap bulan

D. menggunakan ATM setiap bertransaksi

E. menggunakan kartu ATM ditempat yang minim pengawasan

Soal UAS/PAT/UKK Sosiologi Kelas 10 Kurikulum 2013 nomor 31-35

31. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) mengutamakan kekuatan fisik

2) memberikan tekanan pada pelaku penyimpangan

3) dilakukan dengan kekerasan

4) agar tidak mengulangi penyimpangan kembali

Pernyataan-pernyataan tersebut menunjukkan cara pengendalian sosial dengan cara …

A. persuasif

B. preventif

C. represif

D. koersif

E. laten

32. Dalam ceramah-ceramah keagamaan, pemuka agama mengajak masyarakat untuk menjauhi perbuatan jahat/perbuatan yang merugikan orang lain. Hal tersebut merupakan contoh dari pengendalian …

A. koersif

B. persuasif

C. manifes

D. represif

E. preventif

33. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) salah satu dari sifat pengendalian sosial

2) dilakukan sebelum terjadi pelanggaran

3) mencegah terjadinya pelanggaran sosial

4) dilakukan salah satunya melalui proses sosialisasi

Pernyataan-pernyataan tersebut menunjukkan pengendalian sosial yang bersifat …

A. koersif

B. persuasif

C. manifes

D. represif

E. preventif

34. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) KPK menangkap pelaku suap pejabat publik

2) pencopet yang tertangkap basah dihakimi massa

3) pemuka agama menyampaikan ajaran untuk mengembangkan toleransi

4) gerobak milik pedagang kaki lima di trotoar diangkut paksa oleh petugas

5) beberapa polwan menyosialisasikan upaya mencegah pelecehan seksual

Pengendalian sosial secara koersif ditunjukkan oleh angka …

A. 1, 2 dan 3

B. 1, 2 dan 4

C. 1, 3 dan 5

D. 2, 4 dan 5

E. 3, 4 dan 5

35. Starla mengenakan pakaian seperti artis idolanya. Pakaian yang digunakan Starla dianggap oleh masyarakat tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial. Akibatnya, masyarakat menggunjing Starla. Berdasarkan ilustrasi tersebut, fungsi masyarakat dalam pengendalian sosial adalah …

A. menjaga nilai dan norma sosial agar tidak luntur

B. mempertebal keyakinan terhadap nilai dan norma sosial

C. menanamkan rasa malu terhadap pelaku penyimpangan

D. menciptakan sistem hukum untuk mengatur perilaku masyarakat

E. memberi sanksi kepada pelaku penyimpangan sosial

Soal PAT-UKK-UAS Sosiologi SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 nomor 37-40

37. Globalisasi mengaburkan batas dan jarak antarnegara. Globalisasi dapat berdampak positif dan negatif bagi masyarakat. Salah satu dampak positif globalisasi adalah …

A. meningkatkan kejahatan transnasional

B. meningkatkan solidaritas sosial

C. meningkatknya individualisme

D. memudarnya nasionalisme

E. masuknya budaya Barat

38. Berbagai diskon di mal/pusat perbelanjaan ternyata efektif mendorong masyarakat berbelanja di luar batas kemampuannya. Gejala sosial tersebut sejalan dengan salah satu ciri perilaku konsumtif yaitu …

A. memiliki pandangan hidup instan

B. membeli barang karena fungsinya

C. membelanjakan uang secara boros

D. mengikuti tren di Negara-negara Barat

E. membelanjakan uang sesuai kebutuhan

39. Masyarakat transmigran membutuhkan waktu untuk dapat berbaur dan berinteraksi dengan warga masyarakat lokal. Keadaan tersebut menunjukkan masyarakat transmigran mengalami …

A. cultural lag

B. cultural shock

C. modernisasi

D. westernisasi

E. globalisasi

40. Saat ini setiap orang cenderung sibuk dengan gadget yang dimilki dan mengabaikan lingkungan sosial disekitarnya. Akibatnya, budaya tegur sapa yang menunjukkan keramahan masyarakat Indonesia mulai luntur. Pernyataan tersebut menunjukkan adanya gejala sosial berupa …

A. cultural lag

B. cultural shock

C. modernisasi

D. westernisasi

E. globalisasi

Versi word dan lebih lengkap dari Contoh Soal PAT Sosiologi SMA/MA Kelas 10 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 di atas dapat anda download gratis pada link yang telah disediakan di bawah

Download Soal PAT Sosiologi SMA/MA Kelas 10


Silahkan bapak dan ibu Guru Download Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun PAT SMA/MA Mata Sosiologi Kurikulum 2013 Tahun 2019 pada tautan di bawah
soal pat sosiologi10   kunci pat sosiologi10 
Silahkan bagikan informasi tentang Download Soal PAT/UKK Sosiologi SMA-MA Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini ke rekan Guru anda agar bermanfaat. Dapatkan update Soal PAT SMA/MA langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar