Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019 ( Juknis Juklak Festival Lomba Seni Siswa Nasional SMA 2019 )

Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019 ( Juknis Juklak Festival Lomba Seni Siswa Nasional SMA 2019 )

Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019 ( Juknis Juklak Festival Lomba Seni Siswa Nasional SMA 2019 ) merupakan sebuah Buku Pedoman FLS2N Tahun 2019 untuk jenjang SMA yang diterbitkan oleh Direktorat Badan Pembinaan Sekolah Menengah Atas sebagai salah sau media dalam memberi Petunjuk Pelaksanaan FLS2N tingkat SMA.
Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019 ( Juknis Juklak Festival Lomba Seni Siswa Nasional SMA 2019 ), Buku Pedoman FLS2N Tahun 2019 untuk jenjang SMA, Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaa FLS2N SMA Tahun 2019, Juknis ( Petunjuk Tekhnis ) FLS2N SMA Tahun 2019, Juklak ( Petunjuk Pelaksanaan ) FLS2N SMA Tahun 2019

Alhamdulilah, akhirnya penyusunan Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaa FLS2N SMA Tahun 2019 ini telah selesai. Buku ini dapat tersusun berkat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah bekerja keras di tengah-tengah kesibukannya.

Terima kasih juga disampaikan kepada para pembina/juri FLS2N yang telah menyumbang gagasan sehingga buku ini terwujud. Penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) pada tahun 2019 ini adalah yang ke-16. Artinya, FLS2N sudah 16 tahun diadakan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2019 ini Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas kembali menyelenggarakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Telah diputuskan bahwa FLS2N tahun 2019 akan diadakan di Provinsi Lampung.

FLS2N diselenggarakan selain untuk memfasilitasi peserta didik agar berprestasi di bidang seni, juga untuk membentuk kepribadian dan karakter yang baik sesuai dengan kebijakan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang senantiasa memperhatikan bakat dan minat peserta didik. Adapun bidang seni yang dilombakan dalam FLS2N tahun 2019 adalah seni pertunjukan dan seni penciptaan.

Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019


Bidang seni pertunjukan mencakup seni baca puisi, gitar solo, tari kreasi, teater monolog, dan vokal solo sedangkan bidang seni penciptaan mencakup seni cipta puisi, desain poster, film pendek, dan kriya. Tema besar FLS2N tahun 2019 adalah “Bersama dalam seni.” Dengan tema tersebut, diharapkan terbentuk karakter siswa SMA yang jujur, optimis, dan memiliki semangat kebersamaan yang tinggi dalam mewujudkan bangsa dan negara yang kuat serta berdaulat. Dengan kata lain, melalui berbagai lomba seni, kita satukan dan kukuhkan semangat kebersamaan dalam membangun bangsa dan negara.

Berdasarkan isi Juknis ( Petunjuk Tekhnis ) FLS2N SMA Tahun 2019 maka Visi Misi dan Tema FLS2N Tingkat SMA yakni : Visi FLS2N adalah terwujudnya siswa SMA yang kreatif, cerdas, dan berkarakter melalui penghayatan dan penguasaan seni budaya bangsa sehingga memiliki eksistensi di tingkat dunia.

Misi FLS2N adalah

a. meningkatkan kualitas siswa SMA yang mampu mengembangkan potensi dan karakter melalui penghayatan dan penguasaan seni budaya;

b. memberikan kesempatan yang sama bagi siswa SMA untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian berkesenian melalui kompetisi seni pertunjukan dan seni penciptaan yang berakar pada kearifan lokal dalam konteks kompetisi global; dan

c. memberikan pengalaman bagi siswa SMA untuk memahami makna keberagaman dan perbedaan, khususnya dalam hal seni budaya sebagai kekayaan dan kekuatan bangsa. Untuk mewujudkan visi misi tersebut, tema FLS2N tingkat SMA tahun 2019 adalah “BERSAMA DALAM SENI”

Dalam Juklak ( Petunjuk Pelaksanaan ) FLS2N SMA Tahun 2019 menjelaskan Tujuan FLS2N SMA antara lain ; (1) memberikan pengalaman berkompetisi dengan menjunjung tinggi nilai kebersamaan dalam keberagaman untuk memberi inspirasi keteladanan dalam mencapai prestasi tertinggi di bidangnya;

2. membina dan meningkatkan kreativitas dan apresiasi siswa terhadap bidang seni yang berakar pada budaya bangsa;

3. mempererat persahabatan, persatuan, dan kesatuan bangsa sesama siswa Indonesia yang berasal dari berbagai daerah dengan karakter, tingkat keterampilan, dan budaya yang berbeda; dan 4. memberi kontribusi terhadap pengembangan sumber daya manusia untuk mendukung tumbuh kembangnya ekonomi kreatif

Selain itu pada Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019 ( Juknis Juklak Festival Lomba Seni Siswa Nasional SMA 2019 ) juga menguraikan Hasil yang Diharapkan dengan didelenggarakannya lomba tersebut diantaranya : (1) terciptanya pengalaman berkompetisi yang sehat dengan menjunjung tinggi nilai kebersamaan dalam keberagaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya;

2. terbinanya dan meningkatnya kreativitas dan apresiasi siswa terhadap bidang seni yang berakar pada budaya;

3. terciptanya persahabatan, persatuan, dan kesatuan bangsa sesama siswa Indonesia yang berasal dari berbagai daerah dengan karakter, tingkat keterampilan, dan budaya yang berbeda; serta

4. adanya kontribusi terhadap pengembangan sumber daya manusia dalam rangka mendukung tumbuh kembangnya ekonomi kreatif.

Jika berdasar pada Buku Pedoman FLS2N Tahun 2019 untuk jenjang SMA maka Syarat Peserta sebagai berikut : (1) Warga Negara Indonesia yang bersekolah di Indonesia. (2) Peserta adalah siswa SMA negeri maupun swasta kelas X atau XI pada tahun pelajaran 2019/2020.

3. Peserta belum pernah mengikuti kompetisi FLS2N tingkat nasional jenjang SMA di bidang yang sama.
4. Peserta hanya boleh mengikuti satu bidang lomba.

5. Peserta adalah juara tingkat provinsi yang dibuktikan dengan Surat Keputusan dari Dinas Pendidikan Provinsi masingmasing dan sertifikat pemenang seleksi tingkat Provinsi yang ditunjukkan pada saat registrasi.

6. Peserta sehat jasmani dan rohani.

7. Peserta bebas dari narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah.

8. Peserta bidang seni penciptaan (cipta puisi, desain poster, kriya, dan film pendek) harus menandatangani surat pernyataan keaslian karya (format terlampir) di atas materai Rp 6000. Persyaratan ini juga berlaku untuk bidang seni tari kreasi.

Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaa FLS2N SMA Tahun 2019 juga menjelaskan tentang Sistem Seleksi Peserta yakni seperti berikut : Seleksi tingkat provinsi adalah cara untuk menjaring juara FLS2N di tingkat provinsi dan seleksi tingkat provinsi untuk menjadi peserta FLS2N tingkat nasional. Seleksi tingkat provinsi WAJIB dilakukan secara langsung dan/atau secara daring (online).

Seleksi tiap bidang hanya bisa dilakukan melalui satu sistem saja: seleksi secara langsung atau seleksi secara daring (online). Dinas Pendidikan Provinsi WAJIB menentukan jenis seleksi masing-masing bidang (seleksi langsung/seleksi daring) dan melaporkan secara resmi melalui surat kepada Direktorat Pembinaan SMA.

Contoh : Provinsi Lampung menyelenggarakan seleksi secara langsung bidang tari kreasi. Provinsi tersebut tidak menyelenggarakan secara daring (online) untuk bidang tari kreasi. Terkait dengan itu, laman pendaftaran lomba secara daring (online) untuk bidang tersebut (tari kreasi) otomatis terkunci.

Sebaliknya, bila provinsi Lampung memutuskan untuk menyelenggarakan seleksi bidang tari kreasi secara daring (online), penyelenggaraan seleksi secara langsung untuk bidang tersebut tidak perlu dilakukan.

Bagi Provinsi yang melaksanakan seleksi secara daring (online), juri di tingkat Provinsi yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi akan diberikan kode akses oleh Direktorat PSMA. Kode tersebut digunakan untuk mengakses laman seleksi daring (online) FLS2N dan menilai masing-masing bidang seni yang sudah didaftarkan secara daring (online).

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai sistem seleksi peserta yang terdiri dari:

1. Seleksi secara langsung

Seleksi secara langsung adalah penyelenggaraan kegiatan penjurian oleh tim juri provinsi untuk tingkat provinsi dengan cara menghadirkan langsung para peserta juara masing-masing bidang lomba tingkat kabupaten/kota.

Tim juri terdiri dari atas 1 orang juri ketua dan 2 orang juri anggota yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi. Dinas Pendidikan Provinsi melaporkan hasil seleksi langsung melalui Surat Keputusan kepada Direktorat PSMA sesuai jadwal yang ditetapkan (lihat halaman 14).

2. Seleksi secara daring (online)

Berdasarkan hasil evaluasi, tidak semua provinsi dapat melaksanakan seleksi secara langsung, baik untuk seluruh maupun sebagian bidang lomba, karena terkendala oleh kondisi geografis, pendanaan, dan keterbatasan sumber daya.

Oleh karena itu, guna membuka kesempatan yang sama bagi siswa SMA di seluruh Indonesia, dibuka seleksi secara daring (online) dengan penjelasan sebagai berikut.

a. Seleksi secara daring (online) dimaksudkan sebagai alternatif jika seleksi secara langsung tidak mungkin dilaksanakan.

b. Seleksi dilakukan melalui laman Direktorat Pembinaan SMA, yakni http://olimpiade.psma.kemdikbud.go.id/ olimpiade/fls2n dengan cara siswa mendaftar dan mengunggah (upload) karya serta melampirkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah ke laman tersebut, dengan ketentuan tiap sekolah mengirimkan perwakilan sesuai dengan ketentuan per bidang lomba (lihat poin Bab II A halaman 9)

c. Teknis pendaftaran peserta secara daring (online) dapat dilihat pada laman http://olimpiade.psma.kemdikbud. go.id/olimpiade/fls2n.

d. Penjurian dilakukan oleh minimum 3 orang juri Provinsi untuk masing-masing bidang seni dan ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi melalui Surat Keputusan. Jika jumlah karya yang dinilai lebih dari 50, jumlah juri dapat ditambah dengan catatan jumlahnya harus ganjil (5, 7, 9, dan seterusnya).

e. Format karya disesuaikan dengan ketentuan bidang seni masing-masing.

f. Pengunggahan karya untuk seleksi tingkat provinsi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan (lihat halaman 16).

g. Karya yang sudah terkirim/terunggah akan diseleksi oleh tim juri provinsi yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi.

h. Penilaian karya di tingkat provinsi dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

i. Dinas Pendidikan Provinsi melaporkan hasil seleksi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan kepada Direktorat Pembinaan SMA.

J. Hasil seleksi FLS2N tingkat provinsi menjadi tanggung jawab penuh Dinas Pendidikan Provinsi.

Download Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019


Untuk lebih jelas dan lengkapnya tentang penjelasan di atas maka silahkan bapak ibu Guru dan adik pelajar download Juknis ( Petunjuk Tekhnis ) FLS2N SMA Tahun 2019 pada tautan yang telah disediakan di bawah ini
pedoman fls2n   update juknis 
Jangan lupa share informasi tentang Download Pedoman FLS2N SMA Tahun 2019 ( Juknis Juklak Festival Lomba Seni Siswa Nasional SMA 2019 ) ini ke  rekan guru atau teman anda agar bermanfaat. Dapatkan update lomba langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
Loading...

Baca juga:

Loading...
Buka Komentar