--> Skip to main content

Soal PAT UKK Kelas 6 Semester 2 Tahun 2019 Tema 6, 7, 8, 9

Soal PAT UKK Kelas 6 Semester 2 Tahun 2019 Tema 6, 7, 8, 9 merupakan Kumpulan Soal Tematik Kelas 6 Tema 6 7 8 9 Semester 2 Tahun 2019 yang dapat digunakan oleh rekan pendidik yang akan menyelenggarakan Penilaian akhir tahun.
Soal UKK Kelas 6 Tema 6 7 8 9 Semester 2, Kumpulan Soal Tematik Kelas 6 Tema 6 7 8 9 Semester 2 Tahun 2019, Kumpulan Soal Latihan UKK PKK PAT Kelas 6 SD/MI, Latihan Soal PAT Kelas 6 SD Tema 6 7 8 9 Kurikulum 2013

Saat ini Evaluasi akhir semester untuk peserta didik dari waktu ke waktu mengalami perubahan istilah, yang dulunya dikenal Ujian Kenaikan Kelas ( UKK ) kemudian dikenal menjadi Penilaian Akhir Semester ( PAS ), lalu saat ini lebih populer dengan isitilah baru yakni Penilaian Akhir Tahun ( PAT ).

Namun tentunya istilah tersebut bukanlah sebuah permasalahan, hal yang penting dilakukan oleh tenaga pendidik adalah mempersiapkan peserta didiknya menghadapi Penilaian Akhir Tahun ( PAT ) agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Soal UKK Kelas 6 Tema 6 7 8 9 Semester 2 menjadi sesuatu yang harus dipersiapkan oleh bapak dan ibu Guru dalam menyongsong penyelenggaraan PAT/UKK oleh instansi sekolah masing-masing sesuai dengan waktu kalender pendidikan daerah yang telah ditentukan.

Peran pendidik di era kurikulum 2013 menjadi semakin kompleks sehingga terkadang menyita banyak waktu demi menyelesaikan beberapa administrasi yang juga tidak kalah pentingnya guna meningkatkan profesionalisme kinerja sebagai pendidik, akibatnya terkadang pembuatan Soal Ulangan Kenaikan Kelas 6 Semester Genap K13 menjadi sedikit terlambat.

Guna mengatasi keterlambatan tersebut berikut kami sediakan Kumpulan Soal Latihan UKK PKK PAT Kelas 6 SD/MI yang dapat bapak dan ibu guru gunakan sebagai referensi dalam membuat soal sehingga proses meramu soal akan sedikit lebih terbantu

Latihan Soal PAT Kelas 6 SD Tema 6 7 8 9 Kurikulum 2013 yang dapat bapak dan ibu Guru unduh gratis di bawah sudah dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga tinggal sobat guru kembangkan dan sesuaikan dengan pembelajaran di tempat tugas sobat guru sekalian.

Meski demikian Soal Penilaian Akhir Tahun untuk Kelas 6 SD/MI yang tersedia di bawah ini hanya sebagai Contoh Soal Tematik Kelas 6 Tema 6 7 8 9 Subtema 1 2 3 4 saja sehingga sangat disarankan untuk diedit bila ingin digunakan lebih lanjut.

Soal PAT/UKK Kelas 6 Tema 6, 7, 8, 9


Di bawah ini sedikit gambaran tentang Soal UAS SD/MI Kelas 6 Semester 2 Kurtilas sebagai berikut :

1. Sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab disebut ….

a. tanggung jawab c. kewajiban

b. hak d. tuntutan

2. Contoh kewajiban menjaga lingkungan sekitar yaitu, kecuali ….

a. Melakukan daur ulang sampah plastik

b. Membuang sampah di aliran sungai

c. Melakukan gotong royong

d. Membuat bank sampah sebagai wujud kepedulian lingkungan

3. Kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja disebut…..

a. tanggung jawab c. kewajiban

b. hak d. tuntutan

11. Suatu peristiwa yang terjadi dimana kedudukan matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus disebut …

a. Gerhana bulan c. rotasi bumi

b. Revolusi bumi d. gerhana matahari

12. Peristiwa pasang surut air laut terjadi karena ….

a. Gravitasi bumi c. gravitasi bulan

b. Gerhana bulan d. gerhana matahari

Soal UKK Kelas 6 Tema 6 7 8 9 Semester 2

13. Negara-negara yang menjadi angota ASEAN yaitu, kecuali ….

a. Indonesia c. Malaysia

b. Singapura d. Hongkong

14. Ibu kota negara Vietnam adalah ….

a. Hanoi c. Jakarta

b. Singapura d. Kuala Lumpur

15. Keadaaan alam negara Laos adalah, kecuali …

a. WilayahLaosbergunung-gunung

b. DaerahpertanianterpentingterletakdilembahSungaiMekong

c. Laosdiselimutihutanlebat

d. Wilayah laos berbatasan dengan laut

16. Mata pencaharian utama masyarakat Filipina adalah ….

a. Peternakan c. Perkebunan

b. Pertanian d. Perhutanan

17. Jarak antara dua buah nada dikenal sebagai ….

a. Suara c. interval

b. Not d. bunyi

Kumpulan Soal Tematik Kelas 6 Tema 6 7 8 9 Semester 2 Tahun 2019

18. Jika dua buah nada dimainkan secara bersama-sama, kita mengenalnya dengan istilah interval …

a. Harmonis c. melodis

b. Melayu d. merdu

19. Jika dua buah nada dimainkan satu nada kemudian disusul dengan nada yang lain secara berurutan, kita mengenalnya dengan istilah interval ….

a. Harmonis c. melodis

b. Melayu d. merdu

20. Tari yang di lakukan secara berkelompok yaitu, kecuali …..

a. Tari serimpi c. tari bedhaya ketawang

b. Tai jaipong d. tari pakarena

Kebakaran Hutan yang Terjadi di Indonesia

Indonesia adalah salah satu Negara yang di dalamnya memiliki iklim tropis. Negara ini terdiri dari banyak pulau di setiap wilayahnya. Meskipun harus diakui bahwa di Indonesia sendiri, dataran yang ada tentu tidak seluas lautan yang membentang luas.

Namun demikian, Indonesia memiliki kawasan hutan yang cukup banyak mulai dari Sabang yang terletak di provinsi Aceh sampai Merauke yang terletak di kawasan Papua. Namun, di beberapa tahun terakhir, Indonesia sering mengalami kebakaran hutan lantaran beberapa faktor yang ada, mulai dari faktor buatan atau dari manusianya sendiri hingga faktor alam.

Faktor alam yang menyebabkan kebakaran hutan memang tidak bisa dihindarkan dan tidak ada yang bisa disalahkan dalam hal ini. Akan tetapi, untuk faktor dari tindakan manusia perlu untuk ditindak dan dievaluasi.

Kumpulan Soal Latihan UKK PKK PAT Kelas 6 SD/MI

Memang sebuah keresahan tersendiri dimana manusia banyak yang kini kehilangan kesadarannya sampai-sampai melakukan suatu perbuatan yang bisa merugikan banyak orang termasuk dirinya sendiri, khususnya merugikan lingkungan hidup. Sedangkan hutan sendiri adalah sejenis habitat yang di dalamnya banyak spesies bergantung.

Oleh karena itu, aksi dari manusia dalam menyebabkan kebakaran hutan harus diadili. Terlebih jika itu dengan tujuan untuk kepentingan diri mereka sendiri. Ada banyak alasan yang dimiliki oleh oknum saat melakukan aksi pembakaran hutan, di antaranya adalah untuk pembukaan lahan yang baru atau pembangunan gedung-gedung yang baru dan lain-lain. Akan tetapi, mereka sama sekali tidak memikirkan bagaimana nasib dari flora dan juga fauna yang ada di dalam hutan tersebut.

Flora serta fauna yang terdapat di dalam hutan tentu akan melarikan diri. Namun, tentu ada juga yang hangus terbakar api lantaran ulah dari manusia itu sendiri. Mereka tentu akan kehilangan tempat tinggal aslinya. Bahkan akan menjadi keresahan tersendiri jika mereka masuk ke wilayah pemukiman penduduk karena perasaan tidak memiliki rumah untuk tinggal.

Maka tidak mengherankan jika akhir-akhir ini ada banyak kasus penemuan hewan liar seperti singa dan macan yang masuk ke pemukiman warga. Berbeda lagi dengan faktor alam misalnya karena kemarau panjang atau adanya sambaran petir kala hujan datang.

Latihan Soal PAT Kelas 6 SD Tema 6 7 8 9 Kurikulum 2013

Musim tentu tidak bisa diperkirakan oleh manusia, sehingga saat kemarau datang dengan masa yang amat panjang adalah hal yang sangat wajar. Akan tetapi, hal tersebut sangat berpengaruh kepada kondisi hutan yang setiap hari terkena sengat matahari menyebabkan munculnya percikan api. Juga karena adanya petir yang menyambar sehingga memunculkan percikan api.

23. Apakah penyebab kebakaran hutan sesuai informasi yang kamu dapat dari bacaan diatas?

24. Apakah akibat dari kebakaran hutan sesuai informasi yang kamu dapat dari bacaan diatas?

25. Jelaskan secara singkat proses terjadinya gerhana bulan total!

26. Jelaskan secara singkat proses terjadinya gerhana matahari!

27. Sebutkan anggota negara-negara ASEAN!

28. Sebutkandan jelaskan bentuk kerjasama ASEAN di bidang politik!

Versi word dan lebih lengkap dari Contoh Soal PAT/UKK Kelas 6 Tema 6, 7, 8, 9 Subtema 1, 2, 3, 4 Semester 2 Kurikulum 2013 di atas dapat anda download gratis pada link yang telah disediakan sesuai dengan kode unduh dalam kurung dengan perincian seperti di bawah

Soal PAT/UKK Kelas 6 Tema 6 ( tema6 )

Soal PAT UKK Kelas 6 Tema 7 ( tema7 )

Soal PAT UKK Kelas 6 Tema 8 ( tema8 )

Soal PAT UKK Kelas 6 Tema 9 ( tema9 )

Download Soal PAT/UKK Kelas 6 Tema 6, 7, 8, 9


Silahkan bapak dan ibu Guru Download Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun PAT SD/MI Kelas 6 Tema 6 7 8 9 Subtema 1 2 3 4 Semester Genap Kurikulum 2013 Tahun 2019 berdasarkan kode unduh dalam kurung di atas pada tautan di bawah ini
tema6   tema7   tema8   tema9 
Jangan lupa bagikan informasi tentang Download Soal UAS/PAT/UKK Kelas 6 Semester 2 Tahun 2019 Tema 6, 7, 8, 9 ini ke rekan Guru anda agar bermanfaat. Dapatkan update Soal UAS/UKK SD/MI langsung ke ponsel cerdas anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar