--> Skip to main content

Soal UKK PAT IPA Kelas 8 SMP MTs

Soal UKK PAT IPA Kelas 8 SMP MTs merupakan Kumpulan Soal UKK/PAT IPA Kurikulum 2013 Kelas 8 Semester 2 yang dapat digunakan oleh rekan pendidik yang akan menyelenggarakan Ujian Kenaikan Kelas atau Penilaian Akhir Tahun
Soal UKK PAT IPA Kelas 8 SMP MTs Tahun 2019, Soal UKK/PAT IPA Kurikulum 2013 Kelas 8, Soal dan Kunci Jawaban UKK/UAS IPA Kelas 8 Kurtilas, Contoh Soal PAT (UKK) IPA SMP/MTs Kelas 8 K13, Soal UKK/UAS IPA SMP/MTs Lengkap dengan Kunci Jawaban

Saat ini Evaluasi akhir semester untuk peserta didik dari waktu ke waktu mengalami perubahan istilah, yang dulunya dikenal Ujian Kenaikan Kelas ( UKK ) kemudian dikenal menjadi Penilaian Akhir Semester ( PAS ), lalu saat ini lebih populer dengan isitilah baru yakni Penilaian Akhir Tahun ( PAT ).

Namun tentunya istilah tersebut bukanlah sebuah permasalahan, hal yang penting dilakukan oleh tenaga pendidik adalah mempersiapkan peserta didiknya menghadapi Penilaian Akhir Tahun ( PAT ) agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Soal dan Kunci Jawaban UKK/UAS IPA Kelas 8 Kurtilas menjadi sesuatu yang harus dipersiapkan oleh bapak dan ibu Guru dalam menyongsong penyelenggaraan PAT/UKK oleh instansi sekolah masing-masing sesuai dengan waktu kalender pendidikan daerah yang telah ditentukan.

Peran pendidik di era kurikulum 2013 menjadi semakin kompleks sehingga terkadang menyita banyak waktu demi menyelesaikan beberapa administrasi yang juga tidak kalah pentingnya guna meningkatkan profesionalisme kinerja sebagai pendidik, akibatnya terkadang pembuatan Soal Ulangan Kenaikan Kelas IPA Kelas 8 Semester Genap K13 menjadi sedikit terlambat.

Guna mengatasi keterlambatan tersebut berikut kami sediakan Contoh Soal PAT (UKK) IPA SMP/MTs Kelas 8 K13 yang dapat bapak dan ibu guru gunakan sebagai referensi dalam membuat soal sehingga proses meramu soal akan sedikit lebih terbantu

Latihan Soal UKK/PAT IPA SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 yang dapat bapak dan ibu Guru unduh gratis di bawah sudah dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga tinggal sobat guru kembangkan dan sesuaikan dengan pembelajaran di tempat tugas sobat guru sekalian.

Meski demikian Soal UKK/UAS IPA SMP/MTs Lengkap dengan Kunci Jawaban yang tersedia di bawah ini hanya sebagai Contoh Soal UKK/UAS Kelas VIII IPA Kurikulum 2013 saja sehingga sangat disarankan untuk diedit bila ingin digunakan lebih lanjut.

Soal UKK/PAT IPA Kelas 8


Di bawah ini sedikit gambaran tentang Latihan Soal UKK/PAT IPA SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 sebagai berikut :

1. Berikut ini adalah perubahan yang dibentuk oleh gaya . . .

1) Perubahan massa

2) Perubahan posisi

3) Perubahan warna

4) Perubahan arah

Pernyataan yang benar adalah . . .

A. 1dan 2

B. 2dan 4

C. 1 dan 4

D. 2dan 3

3. Cara memperbesar gaya gesek adalah dengan . . .

A. menambah gaya tarik

B. memperkecil gaya tarik

C. memperhalus permukaan yang bergesekan

D. memperkasar permukaan yang bergesekan

4. Salah satu contoh gaya gesek yang menguntungkan adalah . . .

A. gesekan antara kanvas rem dan piringannya

B. gesekan antara kapals elam dan air

C. gesekan antara pesawat terbang dengan udara

D. gesekan antara mesin kendaraan dengan torak mesin dan silindernya

5. Salah satu contoh gaya sentuh adalah ... . . .

A. gaya gravitasi bumi

B. gaya listrik

C. gaya gesek

D. gaya magnet

Soal UKK/PAT IPA Kurikulum 2013 Kelas 8

6. Besarnya percepatan suatu benda sebanding dengan resultangayanya. Penjelasan ini merupakan isi dari .

A. Hukum I Newton

B. Hukum II Newton

C. Hukum III Newton

D. Hukum IV Newton

7. Apabila seseorang naik sebuah bus, kemudian bus tiba-tiba di rem, maka orang tersebut akan terdorong kedepan. Hal ini merupakan fenomena dari . . .

A. Hukum I Newton

B. Hukum II Newton

C. Hukum III Newton

D. Hukum IV Newton

14. Menurut hukum kekekalan energi, apabila terjadi perubahan bentuk energi dari bentuk yang satu ke bentuk energi yang lain, maka jumlah energinya akan . . .

A. tetap

B. berkurang

C. bertambah

D. berubah-ubah

15. Pengguna pesawat sederhana bertujuan untuk . . .

A. mengurangi usaha

B. memperbesar usaha

C. mempermudah usaha

D. menghilangkan usaha

Soal dan Kunci Jawaban UKK/UAS IPA Kelas 8 Kurtilas

16. Berikut ini yang bukan merupakan pesawat sederhana adalah . . .

A. bidang miring

B. katrol

C. sepeda

D. tuas

Contoh Soal PAT (UKK) IPA SMP/MTs Kelas 8 K13

17. Salah satu contoh jenis tuas berikut yang memiliki titik tumpu diantara titik kuasa dan titik beban adalah . . .(KECUALI):

A. gerobak

B. linggis

C. gunting

D. tang

18. Alat yang tidak termasuk contoh tuas adalah. . .

A. gunting

B. linggis

C. papan miring

D. pinset


Versi word dan lebih lengkap dari Contoh Soal dan Kunci Jawab UKK/PAT Semester 2 IPA Kelas 8 di atas dapat anda download gratis pada link yang telah tercantum pada akhir artikel ini.

Download Soal UKK/PAT IPA Kelas 8


Silahkan bapak dan ibu Guru Download Contoh Soal Ujian Kenaikan Kelas atau Penilaian Akhir Tahun IPA Kelas 8 SMP/MTs pada tautan di bawah ini
soal ukk ipa viii   soal pat ipa viii   kunci ukk ipa viii 
Demikian informasi tentang Download Soal UKK/PAT IPA Kelas 8 SMP/MTs ini dan semoga bermanfaat. Dapatkan update Soal Penilaian Akhir Tahun SMP/MTs langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar