Jadwal Imsakiyah Ramadhan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam 1440 H (2019 M) Versi Kemenag merupakan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 M (1440 H) Khusus Wilayah Provinsi Nangreo Aceh Darussalam yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia agar dijadikan rujukan oleh umat muslim dan muslimah saat menjalankan ibadah puasa di bulan Suci Ramadan.
Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1440 H (2019 M) Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Jadwal Imsakiyah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam Ramadhan 2019 M (1440 H), Jadwal Imsakiyah DEPAG Provinsi Nangroe Aceh Darussalam Hari Ini Ramadhan 1440 H / 2019, Jadwal Imsak Puasa Ramadhan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam 2019/1440H Hari ini

Jadwal Imsakiyah DEPAG Provinsi Nangroe Aceh Darussalam Hari Ini Ramadhan 1440 H / 2019 berikut ini sudah lengkap dengan semua wilayah Provinsi yang ada di Indonesia beserta kabupatennya masing-masing, jadi tinggal anda cari jadwal sesuai dengan lokasi tempat tinggal daerah anda.

Jadwal Imsak Puasa Ramadhan 2019/1440H Provinsi Nangroe Aceh Darussalam Hari ini yang dapat anda unduh gratis di akhir artikel sudah disediakan dalam format pdf sehingga tinggal anda download berdasarkan lokasi provinsi dan kabupaten dimana anda berada.

Jika berdasarkan dengan bahasa Arab yang berasal dari amsaka yumsiku maka imsak memiliki arti menahan, sehingga dari pengartian tersebut bisa kita artikan bahwa waktu imsak itu ialah waktu untuk menahan apa saja yang bisa membatalkan puasa, bisa dibilang waktu tersebut adalah sudah masuk waktu puasa.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam


Sedangkan waktu puasa itu sendiri dimulai dari masuknya waktu shubuh sebagaimana firman Allah Swt di dalam Al-Quran

وَكُلُواْ وَاشْرَبُواْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّواْ الصِّيَامَ إِلَى الَّليْلِ وَلاَ تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ تِلْكَ حُدُودُ اللّهِ فَلاَ تَقْرَبُوهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri`tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.” (QS Al-Baqarah: 187)

Dari firman Allah di atas kita dapat mengetahui bahwa waktu puasa itu dimulai waktu fajar atau dengan kata lain pada saat masuk waktu shalat subuh. Namun yang terkadang terjadi adalah adanya keterlambatan bangun oleh sebagian saudara muslim kita saat hendak melakukan sahur sehingga tidak sedikit dari mereka yang melakukan kekeliruan dalam pemahaman maupun pelaksanaannya.

Untuk menghindari kekeliruan yang sering terjadi maka simaklah hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Sayyidina Anas: Sayyidina Zaid bin Tsabit r.a. berkata, “Kami telah makan sahur bersama-sama Junjungan Nabi Saw., kemudian baginda bangun mengerjakan salat. Sayyidina Anas bertanya kepada Sayyidina Zaid, ‘Berapa lamanya antara azan (Subuh) dengan waktu makan sahur itu?’ Dia menjawab, ‘Sepadan dengan waktu yang dibutuhkan untuk membaca 50 ayat.’”

Dari Hadist tersebut memperlihatkan bahwa jarak sahur Rasulullah dan Adzan Shubuh sama bila membaca kurang lebih 50 ayat yang jika dikonversi kedalam hitungan menit menurut para ulama sebayak 10-15 menit. Artinya waktu 15 menit itu adalah waktu untuk berhati-hati (waktu tenggat) karena waktu shubuh (waktu imsak/berpuasa) akan segera masuk.

Download Jadwal Imsakiyah Ramadan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam


Jadwal Imsakiyah Ramadhan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam 2019 M (1440 H) berikut berdasarkan kabupaten yang ada di provinsi aceh dengan linkup lokasi seperti berikut : Banda Aceh (Kota Banda Aceh, Kajhu, Darussalam, Keutapang, Mata ie, Lamteumen, Lambaro, Cot Iri, Peukan Biluy, Lubuk, Sibreh, Samahani, Montasik, Indrapuri, Lamrabo, Lam Ateuek, Blangbintang, Lambaro Angan, Peukan Bada, Keudee Bing, Lam Lhom, Lhoknga, Pulo Aceh, Jantho, Seulimum, Lamteuba, Lamtamot, Saree, Krueng Raya, Lhoong dan sekitarnya).

Biereuen (Matang Geulumpang Dua, Jangka, Blang Bladeh, Peudada, Peulimbang, Jeunib, Pandrah, Simpang Mamplam, Samalanga, Batee Iliek, Kuta Blang, Ulee Glee Leubu, Geurugok),

Takengon (Kebayakan, Bebesen, Bies, Kute Panang, Pegasing, Jagong, Atu Lintang dan Isaq, Ketol, Semelit Mutiara, Celala, Silih Nara, Genting Gerbang, Angkop dan Pameue, Bintang, Peunaren, Owak, Jamat, Pantan Pertik, dan Ise-Ise)

Simpang Tiga Radelong (Blang Rakal, Timang Gajah, Lampahan, Teuritet, Pondok Baru, Jamur Lukup, Kanis, Tembolon dan Rusip, Samarkilang)

Lhokseumawe (Buket Rata, Alue Liem, Puenteuet, Batuphat, Geudong, Meurah Mulia, Jungka Gajah, Bayu, Sp. Keuramat, Buloh Blang Ara, Nisam dan Krueng Geukuh, Buket Rata, Alue Liem, Puenteuet, Batuphat, Geudong, Meurah Mulia, Jungka Gajah, Bayu, Sp. Keuramat, Buloh Blang Ara, Nisam dan Krueng Geukuh)

Lhoksukon (Tanah Pasir, Tanah Luas, Cot Girek, Sampoiniet Sp. Mulieng, Lapang, Mtg Kuli, Paya Bakong, Pirak Timu, Aron, Blang Jruen, dan Nibong, Geudong, Meurah Mulia, Jungka Gajah, Bayu, Sp. Keuramat, Buloh Blg Ara, Nisam dan Krueng Geukuh, Banda Baru, Nisam Antara, Sawang, dan Krueng Mane, Alue ie Puteh, Seuneudnon, Langkahan dan Panton Labu)

Idi (Peudawa, Keudee Dua, Darul Aman, Peunaron dan Lokop, Lhoknibong, Simpang Ulim, Kuta Binjei, Madat, Bagok, dan Alue ie Mirah, Peureulak, Sungai Raya, Birem Bayeuen, Alue Lhok, dan Ranto Panyang)

Langsa (Kota Langsa, Kuala Langsa)

Kualasimpang (Rantau, Sungai Liput, Karang Baru dan Tualang Cut, Pulau Tiga, Sungai Iyu, Suruwei dan Sungai Liput)

Kutacane (Bambel, Lawe Sigala-gala, Ngkeran, Lawe Pakam, Rumah Bundar, Tanah Merah dan Pulonasi)

Blang Keujeuren (Uring, Akul, Kuta Panjang, Kenyeuren dan Rikit Gaib, Rerebe, Perlak, Padang, Pasir, Kalawang dan Teurangon, Pinding, Agusen dan Kungkee)

Subulussalam (Penanggalan, Untuk Lokib, Rundeng dan Jambi)

Sigli (Beureuneun, Kota Bakti, Jabal Ghafur, Titeu, Tangse, Glumpang Minyeuk, Simpang Tiga, Kembang Tanjung, Caleue, Garot, Grong-grong, Batee, Tiro, Lhok Keutapang dan Bengga, Padang Tiji, Simpang Beutong dan Laweung, Padang Tiji, Simpang Beutong dan Laweung)

Jantho (Lampakuk, Seulimuem, Lamtamot, Lamteuba, Saree, Krueng Raya, dan Lhoong, Lam Panah Leungah, Indrapuri, Sibreh, Samahani, Lambaro Angan, Peukan Ateuk, Blang Bintang, Montasik, Lambaro, Peukan Biluy, Lampeuneurut, Keutapang Dua, Peukan Bada, Lhoknga, dan Leupueng, Pulo Aceh)

Sabang

Calang (Lageuen, Krueng Tho, Krueng Sabee dan Patek, Lamno, Kuala Unga, Babah Nipah dan Lhok Kruet, Panga dan Teunom)

Meulaboh (remeu, Keude Tanjong, Layung, Meudulang, Suak Timah dan Kuala Bhee, Suak Seumaseh, Arongan Lambalek, Tutut dan Pante Ceureumen)

Sukamakmue (Jeuram, Keude Seumot, Kuala Tuha, Kuala Baro dan Simpang Peut, Jeuram, Keude Seumot, Kuala Tuha, Kuala Baro dan Simpang Peut)

Blang Pidie (Guhang, Susoh, Kota Bahagia, Kuala Batee dan Babahrot, Guhang, Susoh, Kota Bahagia, Kuala Batee dan Babahrot, Guhang, Susoh, Kota Bahagia, Kuala Batee dan Babahrot, Guhang, Susoh, Kota Bahagia, Kuala Batee dan Babahrot)

Tapaktuan (Sama Dua, Sawang, Terbangan, dan Kuta Fajar, Kuta Baro, Kuta Buloh, Labuhan Haji dan Panton Pauh, Manggamat, Kandang, Leumbang, dan Bakongan, Trumon, Ladang Rimba, Bulu Seuma Kuala, Kepeng, Krueng Luas dan Jambo Papeun)

Singkil (Lipat Kajang, Rimo, Gosong Telaga, Kuala Baru, Kota Baru dan Kota Baharu, Danau Paris, Biskang, Sikohar, Simpang Kanan dan Singkohor, Pulau Banyak)

Sinabang (Simeulue Timur dan Teupah Selatan, Simeulu Tengah, Simeulu Barat dan Salang)

Meureudu (Trieng Gadeng, Pante Raja, Ulim, Ulee Glee, Jangka Buya, Meurah Dua, Paru dan Lueng Putu)

Jika daerah anda adalah salah satu dari lokasi yang dirincikan di atas maka silahkan Download Jadwal Imsakiyah DEPAG Provinsi Nangroe Aceh Darussalam Hari Ini Ramadhan 1440 H / 2019 melalui tautan di bawah ini
jadwal imsak aceh dan sekitarnya   biereuen dst 
Jangan lupa bagikan informasi tentang Unduh Jadwal Imsakiyah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam Ramadan 1440 H (2019 M) ini ke rekan dan sanak saudara anda. Dapatkan update Jadwal Imsak langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
Loading...

Baca juga:

Loading...
Buka Komentar