Jadwal Imsakiyah Ramadhan Provinsi Kalimantan Barat

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Provinsi Kalimantan Barat

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Provinsi Kalimantan Barat 1440 H (2019 M) Versi Kemenag merupakan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 M (1440 H) Khusus Wilayah Provinsi Kalimantan Barat yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia agar dijadikan rujukan oleh umat muslim dan muslimah saat menjalankan ibadah puasa di bulan Suci Ramadan.
Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1440 H (2019 M) Provinsi Kalimantan Barat, Jadwal Imsakiyah Provinsi Kalimantan Barat Ramadhan 2019 M (1440 H), Jadwal Imsakiyah DEPAG Provinsi Kalimantan Barat Hari Ini Ramadhan 1440 H / 2019, Jadwal Imsak Puasa Ramadhan Provinsi Kalimantan Barat 2019/1440H Hari ini

Jadwal Imsakiyah DEPAG Provinsi Kalimantan Barat Hari Ini Ramadhan 1440 H / 2019 berikut ini sudah lengkap dengan semua wilayah Provinsi yang ada di Indonesia beserta kabupatennya masing-masing, jadi tinggal anda cari jadwal sesuai dengan lokasi tempat tinggal daerah anda.

Jadwal Imsak Puasa Ramadhan 2019/1440H Provinsi Kalimantan Barat Hari ini yang dapat anda unduh gratis di akhir artikel sudah disediakan dalam format pdf sehingga tinggal anda download berdasarkan lokasi provinsi dan kabupaten dimana anda berada.

Jika berdasarkan dengan bahasa Arab yang berasal dari amsaka yumsiku maka imsak memiliki arti menahan, sehingga dari pengartian tersebut bisa kita artikan bahwa waktu imsak itu ialah waktu untuk menahan apa saja yang bisa membatalkan puasa, bisa dibilang waktu tersebut adalah sudah masuk waktu puasa.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Provinsi Kalimantan Barat


Sedangkan waktu puasa itu sendiri dimulai dari masuknya waktu shubuh sebagaimana firman Allah Swt di dalam Al-Quran

وَكُلُواْ وَاشْرَبُواْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّواْ الصِّيَامَ إِلَى الَّليْلِ وَلاَ تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ تِلْكَ حُدُودُ اللّهِ فَلاَ تَقْرَبُوهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri`tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.” (QS Al-Baqarah: 187)

Dari firman Allah di atas kita dapat mengetahui bahwa waktu puasa itu dimulai waktu fajar atau dengan kata lain pada saat masuk waktu shalat subuh. Namun yang terkadang terjadi adalah adanya keterlambatan bangun oleh sebagian saudara muslim kita saat hendak melakukan sahur sehingga tidak sedikit dari mereka yang melakukan kekeliruan dalam pemahaman maupun pelaksanaannya.

Untuk menghindari kekeliruan yang sering terjadi maka simaklah hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Sayyidina Anas: Sayyidina Zaid bin Tsabit r.a. berkata, “Kami telah makan sahur bersama-sama Junjungan Nabi Saw., kemudian baginda bangun mengerjakan salat. Sayyidina Anas bertanya kepada Sayyidina Zaid, ‘Berapa lamanya antara azan (Subuh) dengan waktu makan sahur itu?’ Dia menjawab, ‘Sepadan dengan waktu yang dibutuhkan untuk membaca 50 ayat.’”

Dari Hadist tersebut memperlihatkan bahwa jarak sahur Rasulullah dan Adzan Shubuh sama bila membaca kurang lebih 50 ayat yang jika dikonversi kedalam hitungan menit menurut para ulama sebayak 10-15 menit. Artinya waktu 15 menit itu adalah waktu untuk berhati-hati (waktu tenggat) karena waktu shubuh (waktu imsak/berpuasa) akan segera masuk.

Download Jadwal Imsakiyah Ramadan Provinsi Kalimantan Barat


Jadwal Imsakiyah Ramadhan Provinsi Kalimantan Barat 2019 M (1440 H) berikut berdasarkan kabupaten yang ada di provinsi KalBar dengan linkup lokasi seperti berikut : Pontianak, Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Ketapang, Kubu Raya, Landak, Melawi, Mempawah, Sambas, Sanggau, Sekadau, Sintang, Singkawang

Jika daerah anda adalah salah satu dari lokasi yang dirincikan di atas maka silahkan Download Jadwal Imsakiyah DEPAG Provinsi Kalimantan Barat Hari Ini Ramadhan 1440 H / 2019 melalui tautan di bawah ini
jadwal imsak pontianak dan sekitarnya 
Jangan lupa bagikan informasi tentang Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan Provinsi Kalimantan Barat Versi Depag Kemenag ini ke keluarga anda yang lain agar bermanfaat. Dapatkan update jadwal imsak langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
Loading...

Baca juga:

Loading...
Buka Komentar