Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran Akidah Akhlak merupakan Modul PPG Akidah Akhlak dalam rangka Sertifikasi Guru (Sergur) Kemenag yang diterbitkan sebagai Modul PPG Khusus Guru Madrasah Kemenag Mata Pelajaran Akidah Akhlak dan diharapakan dapat menjadi salah satu media belajar dalam bentuk Modul Persiapan PPG Kemenag Mapel Akidah Akhlak
Materi PPG Kemenag Mata Pejaran Akidah Akhlak, Modul PPG Akidah Akhlak Sertifikasi Guru (Sergur) Kemenag, Modul PPG Khusus Guru Madrasah Kemenag Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Modul Persiapan PPG Kemenag Mapel Akidah Akhlak

Dalam Modul PPG Kemenag Akidah Akhlak ini Anda kami ajak untuk mempelajari tentang Akidah, yang dimaksud Akidah disini adalah Akidah Islam sebagai dasar dari agama Islam yang didalamnya membahas tentang Konsep dasar Akidah Islam serta Keimanan yang meliputi rukun Iman yang enam.

Modul PPG Khusus Guru Madrasah Kemenag Mata Pelajaran Akidah Akhlak ini bertujuan agar Anda memiliki kompetensi yang berkaitan dengan Akidah Islam dan Rukun Imam serta segala sesuatu yang terkait dengannya. Secara rinci setelah mempelajari materi dalam modul ini, diharapkan Anda dapat:

1. Memahami konsep dasar akidah Islam

2. Memahami, menghayati dan memperkuat rasa keimanan kepada Allah swt., Malaikat malaikat Allah, Rasul-rasul Allah, kitab-kitab Allah, hari Akhir dan Qada’ dan Qadar. Memahami hikmah dari rukun iman yang enam..

Berikut ini sedikit gambaran materi yang ada di dalam Modul PPG KEMENAG Pelajaran Akidah Akhlak : Dalam kajian Akidah Akhlak, mempelajari Akidah merupakan perkara yang sangat penting, karena ini berkaitan dengan Usul atau dasar dari agama islam. Kajian Akidah bertujuan untuk memberikan bagaimana agama islam itu dibangun berdasarkan konsep keyakinan yang benar dan sejalan dengan fitrah manusia, Akidah sebagai dasar dan substansi ajaran islam menjadi dasar sekaligus menjadi ruanglingkup aktifitas seorang muslim baik dalam aktifitas ibadah maupun sosialnya.

Kajian tentang Akidah Islam ini didasarkan pada dalil-dalil Naqli yang bersumberkan pada Al-Qur’an dan Hadis serta didukung dengan dalil Aqli yang bersumberkan pada rasionalistas akal manusia. Kedua sumber ini penting agar kajian Akidah Islam tidak hanya terjebak pada kajian normatif tanpa dibuktikan dengan bukti-bukti rasional.

Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Modul PPG Akidah Akhlak Sertifikasi Guru (Sergur) Kemenag, Modul PPG Khusus Guru Madrasah Kemenag Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Modul Persiapan PPG Kemenag Mapel Akidah Akhlak dapat anda Download pada tautan di bawah

Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran Akidah Akhlak


Agar Anda dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan kompetensi yang diharapkan, Anda dapat mengikuti petunjuk berikut.

1. Bacalah secara cermat tujuan belajar yang hendak dicapai.

2. Pelajari contoh yang tersedia.

3. Cermati materi sifat-sifat wajib bagi Allah, dengan beri tanda-tanda khusus pada bagian yang menurut Anda sangat penting

4. Kerjakan latihan dengan baik, untuk memperlancar pemahaman Anda.

5. Setelah Anda mempersiapkan segala peralatan yang diperlukan, mulailah membaca modul ini secara teliti dan berurutan

KEGIATAN BELAJAR 1: HAKIKAT AKIDAH ISLAM DAN IMAN KEPADA ALLAH

Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan Menguasai, Memahami dan menghayati makna Akidah Islam dan iman kepada Allah dan berbagai aspeknya, serta mengidentifikasi ruang lingkup akidah Islam

Subcapaian Pembelajaran Mata Kegiatan 1. Memahami hakikat Akidah Islam dan Posisi Akidah dalam Ajaran Islam. 2. Memahami dan meyakini tentang Allah dan Kemaha-Esaan Allah. 3. Memahami tauhid dan berbagai aspeknya

Pokok-Pokok Materi

1. Hakikat Akidah Islam 2. Ruang lingkup Akidah Islam 3. Hakikat Iman kepada Allah 4. Dalil Iman Kepada Allah 5. Hakikat Tauhid

Uraian Materi A. AKIDAH ISLAM 1. Definisi Akidah

Dalam satu riwayat diceritakan bahwa Malaikat Jibril pernah dating kepada Rasulullah dengan menyerupai manusia dan bertanya tentang tiga hal yaitu Iman, Islam dan Ihsan.

Tiga hal yang merupakan dimensi ajaran (syariat) islam, Keimanan merupakan konsepsi akidah islam yang menjadi Usul (Dasar) dari agama Islam, sedangkan Islam dalam penjelasan hadits tersebut menjelaskan domain Syariah dan atau Ibadah Amaliyah yang didasarkan pada akidah, kemudian dari akidah dan ibadah tersebut bila dilakukan dengan benar akan melahirkan Ihsan dan akhlak mulia yang merupakan misi besar Rasulullah “ Innama Bu’itstu liutammima makarimal akhlak”.

Tiga hal tersebut bila dianalogikan maka ibarat pohon akidah (Iman) sebagai akarnya, Islam (fiqih dan Ibadah) sebagaai batangnya dan ihsan sebagai bunga dan buahnya.

Berdasarkan riwayat diatas Syariah dapat dibagi menjadi dua yaitu: I’tiqodiyah dan ‘amaliyah.

I’tiqodiyah adalah sesuatu yang menjadi dasar bagaimana perbuatan manusia, atau kepadanya didasarkan bagaimana perbuatan manusia, seperti keyakinan akan Keesaan Allah dan kewajiban menyembah allah

Sedangkan ‘amaliyah adalah: sesuatu yang berhubungan dengan bagaimana perbuatan manusia seperti shalat, zakat, puasa dan haji.

Maka dari itu keimanan dalam pembahasan ini merupakan dimensi akidah. Akidah secara Bahasa Akidah diambil dari kata al ‘aqdu yang merupakan bentuk infinitive (masdar) darai kata ‘aqoda ya’qidu yang berarti mengikat sesuatu. Akidah merupakan “amalun qolbiyun” atau keyakinan dalam hati tentang sesuatu dan dia membenarkan hal tersebut.

Akidah mengikat hati seseorang dengan yang diyakininya sebagai Tuhan yang Maha Esa yang ada yang wajib disembah yang merupakan pencipta dan pengatur alam semesta beserta isinya. Ikatan yang kuat tanpa ada keraguan sedikitpun.

Sedangkan secara istilah aqidah adalah sesuatu yang pertama kali harus diimani dengan yakin oleh seorang mukmin dengan keyakinan yang pasti, ridho dan menerima sepenuh hati serta merasa tenang dengan keyakinannya tersebut. Atau secara sederhana aqidah islam adalah iman kepada Allah, malaikat Allah, Kitab-kitab Allah, Rasul-rasul Allah, Hari akhir serta qada’ dan qadar, yang kemudian dikenal dengan rukun Iman.

Untuk mendownload Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Modul PPG Akidah Akhlak Sertifikasi Guru (Sergur) Kemenag, Modul PPG Khusus Guru Madrasah Kemenag Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Modul Persiapan PPG Kemenag Mapel Akidah Akhlak ini maka terus ke bawah menuju akhir artikel

Akidah sebagai hal pertama yang harus diyakini seorang muslim ini menjadikannya sebagai dasar atas praktek beragama seorang muslim juga menjadi dasar dari sahnya amal seorang muslim, dalam kata lain benar atau sahnya suatu amal didasarkan juga pada benarnya akidah

Menurut Yusuf Qardawi Akidah adalah suatu kepercayaan yang meresap ke dalam hati dengan penuh keyakinan, tidak bercampur syak dan keraguan serta menjadi alat kontrol bagi tingkah laku dan perbuatan sehari-hari. Jika kata Akidah diikuti dengan kata Islam, maka berarti ikatan keyakinan yang berdasarkan ajaran Islam.

Hal tersebut sama dengan kata iman (keyakinan) yang terpatri kuat dalam hati seseorang muslim. Akidah Islam mengandung arti ketertundukan hati yang melahirkan dan merefleksikan, kepatuhan, kerelaan dan keikhlasan dalam menjalankan perintah Allah swt.

Oleh sebab itu seseorang yang ber- akidah Islamiyah yang benar adalah seseorang yang keterkaitan antara hati, ucapan dan perbuatannya secara kuat dan padu terhadap ajaran islam sehingga melahirkan akhlak yang terpuji baik terhadap Allah atau terhadap sesama makhluk.

Adapun prestasi seseorang yang belajar ber akidah atau beriman kepada ajaran islam bertingkat-tingkat sesuai dingan kesucian hatinya dari perbuatan dosanya,apabila ketaatannya kepada Allah telah mampu melenyapkan sifat-sifat buruk yang bersarang dihatinya seperti diantaranya sifat iri, dengki,ria angkuh, sombong,bakhil,malas dll maka ia berhak menyandang gelar mukmin, tapi apabila ia masih suka berbuat maksiat atau dosa, ia bergelar fasiq,mukmin fasiq atau mukmin “ashi”dan belum pantas menyandang mukmin hal ini sesuai dengan Firman Allah s. Al .arof ayat 43 dan al hijr ayat 47.

Mukmin fasiq,ashi atau fasiq keimanannya naik turun,keimanan syaethon atau manusia berwatak syethon turun terus, keimanan malaikat tidak naik dan tidak turun,sementara itu keimanan orang makmin seperti orang yang sholeh dan sholeha, para wali selalu naik keatas mencari kenikmatan spiritual dan meninggalkan selera kenikmatan material.

Adapun ruang lingkup akidah menurut pendapat yang populerseperti ulama mesir Abdullah bin Abi Shalah’(wafat 1830) Adalah iman kepada Allah, para MalaikatNya, Kitab-kitabNya, para RasulNya, Hari Akhir dan Qadar baik maupun buruk. Ini juga dikenal dengan rukun iman menurut keimanan pada zaman Rasulullah keimanan para shabat itu meliputi, mereka mempercayai dan menganmalkan seluruh perintah Allah dan Rasulullah dan meninggalkan seluruh laranganNya pasti akan mendatangkan kebahagiaan di Dunia dan di Akhirat baik untuk dirinya atau untuk umat islam lainnya seperti percaya terhadap pentingnya mengamalkan “ rukun iman”persatuan dan persaudaraan umat islam dan bahayanya perpecahan dan permusuhan anatar umat islam.

Untuk materi yang lebih rinci dan lengkap dari kutipan materi di atas maka silahkan rekan Guru untuk Download Modul Persiapan PPG Kemenag Mapel Akidah Akhlak pada tautan yang telah tersedia di akhir artikel. 

Download Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran Akidah Akhlak 


Silahkan bapak dan ibu Guru Download Modul PPG Akidah Akhlak Sertifikasi Guru (Sergur) Kemenag pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
materi ppg kemenag akidah 
Jangan lupa bagikan informasi tentang Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran Akidah Akhlak ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update materi PPG langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow

Baca juga:

Buka Komentar