Dibuka Rekrutmen Program Guru Bina Kawasan KEMENAG Tahun 2019

Dibuka Rekrutmen Program Guru Bina Kawasan KEMENAG Tahun 2019

Rekrutmen Program Guru Bina Kawasan KEMENAG Tahun 2019 merupakan salah satu program Rekrutmen Guru Bina Kawasan Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2019 yang cocok untuk lulusan pendidikan agama yang mau mengabdi di daerah terpencil, terluar dan tertinggal.
Rekrutmen Program Guru Bina Kawasan KEMENAG Tahun 2019, Rekrutmen Guru Bina Kawasan Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2019, Juknis Program Guru Bina Kawasan Kementerian Agama (Kemenag)

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam kembali membuka rekrutmen calon guru pendidikan agama Islam (PAI) yang akan dikirim ke daerah perbatasan. Program Bantuan insentif pembinaan agama dan keagamaan Islam di wilayah perbatasan (Bina Kawasan) ini menjadi salah satu program unggulan Kemenag dalam rangka memenuhi kebutuhan guru PAI di daerah dengan mengirimkan guru-guru fresh graduate.

Pendaftaran bina kawasan dibuka mulai 13 Mei hingga 10 Juni 2019. Sebanyak 50 peserta calon guru PAI akan dipilih untuk ditempatkan di 24 provinsi sasaran di seluruh Indonesia, yaitu: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa Timur, Banten, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Problematika pendidikan di Indonesia masih terus bertambah, terlebih pada mutu pendidikan di wilayah perbatasan dan daerah tertinggal yang menjadi pusat perhatian pemerintah saat ini. Program Nawa Cita merupakan upaya pemerintah dalam pemerataan pembangunan, kemandirian ekonomi daerah, serta kualitas pendidikan di semua sektor. Pemerintah sedang gencar-gencarnya membangun desa-desa dan wilayah tertinggal untuk mewujudkan cita-cita bangsa dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tertera didalam undang-undang.

Program BINA KAWASAN adalah program pengiriman pendidik dalam bidang keagamaan di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) seluruh Indonesia. Program ini dibiayai oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama Republik Indonesia kepada para pendidik muda yang siap mengabdi di daerah 3T. Pengiriman guru PAI memiliki peranan penting dalam mewujudkan tujuan nasional pendidikan yaitu, untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Rekrutmen Guru Bina Kawasan KEMENAG


Kawasan daerah perbatasan dan tertinggal masih minim dalam bidang pendidikan terutama jumlah pendidik yang masih terbatas. Keberadaan guru PAI yang memenuhi kualifikasi akan dapat membantu dan memBINA KAWASAN perbatasan dan tertinggal dalam pengajaran pengetahuan agama yang rahmatan lil’alamin. Dalam konteks ini pendidikan agama Islam merupakan bagian dari sebuah dakwah yang harus disampaikan oleh ahli agama, sarjana agama atau orang yang memiliki disiplin ilmu agama. Tidak sepatutnya orang yang tidak memiliki disiplin ilmu agama mengajarkan pendidikan keagamaan.

Kebutuhan tenaga pengajar yang memiliki kapasitas pengetahuan keagamaan yang mumpuni dapat memberikan pemahaman keislaman sebagai upaya penanganan penyebaran paham radikalisme dan terorisme di daerah-daerah terpencil khususnya di lembaga pendidikan. Maraknya gerakan Islam extrimis memberikan tuntutan bagi guru PAI untuk berjuang dalam menyampaikan pemahaman keislaman bagi masyarakat dan anak didik. Dalam hal ini, Program BINA KAWASAN bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM serta jiwa kepemimpinan bagi guru PAI di daerah 3T.

Peraturan Menteri Agama RI No 16 Tahun 2010, pasal 13 dinyatakan bahwa Guru Pendidikan Agama minimal memiliki kualifikasi akademik Strata 1/Diploma IV, dari program studi pendidikan Agama dan/atau program studi agama dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi dan memiliki sertifikat profesi guru pendidikan agama. Selanjutnya, disebutkan bawa Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) harus memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, spiritual dan kepemimpinan.

Pemerintah mendukung sepenuhnya bagi para pendidik muda untuk berkontribusi sebagai guru PAI dikawasan perbatasan dan daerah tertinggal. Dalam peningkatan mutu PAI di beberapa wilayah yang tidak merata, terutama di beberapa wilayah perbatasan dan daerah tertinggal, maka dapat dikembangkan, jika dilakukan upaya yang strategis dalam membangun komitmen dan kerjasama peningkatan mutu PAI di beberapa wilayah. Sasaran pendaftar program BINA KAWASAN adalah sarjana pendidikan agama Islam yang memiliki latar belakang pendidikan pesantren, memiliki kualifikasi akademik, memenuhi standar kompetensi serta dapat melanjutkan pada tahap sertifikasi.

Atas dasar latar belakang pemikiran diatas, maka perlu dilakukan program BINA KAWASAN sebagai upaya peningkatan kuantitas guru PAI di daerah. Dalam rangka terciptanya persebaran guru PAI secara merata dan penanganan gerakan radikalisme dan terorisme, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam akan melaksanakan Program BINA KAWASAN sebagaimana yang akan dijelaskan dalam petunk tekinis ini berikut.

Nama Program ini adalah Program Bantuan Insentif Pembinaan Agama dan Keagamaan Islam di Wilayah Perbatasan yang selanjutnya disingkat dengan nama BINA KAWASAN. Program ini diwujudkan dengan pengiriman guru Pendidikan Agama Islam yang terseleksi selama 12 bulan ke daerah sasaran di wilayah perbatasan dan tertinggal.

C. Fungsi dan Tujuan Rekrutmen Program Guru Bina Kawasan KEMENAG Tahun 2019

1. Fungsi BINA KAWASAN sebagai:

a. Mitra lembaga pendidikan di daerah dan kementerian untuk memberi kemudahan dalam mengakses informasi tentang PAI.

b. Forum komunikasi yang membahas tentang problematika PAI di daerah melalui lembaga pendidikan terkait.

c. Pusat Informasi tentang berbagai kebijakan yang berkaitan dengan usaha pengembangan dan peningkatan mutu PAI.

2. Tujuan Rekrutmen Guru Bina Kawasan Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2019 yakni :

a. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam di sekolah pada daerah 3 T.

b. Meningkatkan akses, kualitas dan kuantitas pendidik PAI melalui pengiriman guru PAI di daerah 3T.

c. Meratakan persebaran guru PAI di seluruh Indonesia. d. Menanggulangi penyebaran paham radikalisme dan terorisme di lembaga pendidikan daerah. e. Menerbitkan produk naskah tulisan para pendidik selama pengabdian di daerah sasaran. f. Melaksanakan pendampingan masyarakat dalam bidang keagamaan di daerah 3T. g. Membina guru PAI sebagai tenaga pendidik yang handal.

D. Sasaran/Target Rekrutmen Program Guru Bina Kawasan KEMENAG Tahun 2019

Sasaran petunjuk teknis BINA KAWASAN ini adalah Guru PAI yang siap dikirim ke daerah perbatasan dan tertinggal, dengan ketentuan yang akan dijelaskan dalam bab selanjutnya.

Peserta Program BINA KAWASAN ini ada 3 (tiga) kategori:

1. Sarjana Pendidikan Agama Islam berlatarbelakang pendidikan pesantren.

2. Sarjana Pendidikan Agama Islam yang telah memiliki pengalaman mengajar.

3. Peserta Program BINA KAWASAN tahun 2017-2018.

E. Indikator Keberhasilan

1. Tersedianya jumlah guru PAI yang memiliki kualifikasi akademik, standar kompetensi dan sertifikasi.

2. Terciptanya masyarakat mandiri di setiap daerah 3T dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

3. Tersebarnya nilai-nilai Islam Rahmatan lil’alamin kepada peserta didik melalui pengamalan sikap toleran, moderat, budaya damai dan saling menghargai satu sama lain.

4. Terkumpulnya naskah tulisan dari tiap-tiap peserta yang menceritakan kisah hidupnya selama mengabdi di daerah.

Untuk itu gunakan kesempatan besar ini dan segera Lakukan Pendaftaran Secara Online Guru Bina Kawasan KEMENAG.

Jika anda ingin tau Cara Registrasi Online Guru Bina Kawasan KEMENAG maka silahkan baca tutorialnya disini >> Cara Daftar Online Guru Bina Kawasan KEMENAG

Bila anda mencari Formulir Pendaftaran Guru Bina Kawasan maka silahkan Download disini >> Formulir Pendaftaran Peserta Guru Bina Kawasan KEMENAG

Jangan lupa bagikan informasi tentang Rekrutmen Program Guru Bina Kawasan KEMENAG Tahun 2019 ini ke teman anda agar mereka juga berkesempatan. Dapatkan update Rekrutmen Guru lainnya dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar