--> Skip to main content

RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020

RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 merupakan RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia yang nantinya RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 ini diharapkan dapat membantu rekan Guru yang sedang mencari referensi dalam membuat RPP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Revisi.
RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia, RPP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Revisi

Tahun ajaran baru telah dimulai yang berarti bahwa RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi harus segera dibuat oleh rekan pendidik sekolah menengah pertama yang mengampu kelas 9 sebagai kelengkapan administrasi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

Oleh karena itu agar memudahkan bapak dan ibu Guru berikut kami sediakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 sebagai bahan referensi dalam membuat RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 yang berformat word sehingga mudah untuk anda edit sesuai keperluan.

Berikut ini adalah beberapa gambaran mengenai isi dari RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 yang antara lain sebagai berikut, Kompetensi Inti berupa Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI lainnya yang ada dalam RPP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Revisi yaitu Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia, RPP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Revisi dapat bapak dan ibu Guru download pada tautan yang ada di bagian bawah

RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru


RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 mempunyai Kompetensi Dasar yakni Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll). Menyimpulkan tujuan, bahan atau alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca.

Indikator Pencapaian Kompetensi yang ada di dalam RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia Semester 2 antara lain Memahami fungsi laporan percobaan, Memahami pengertian laporan percobaan, Memahami ciri-ciri teks laporan, Memahami model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperimen), Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 meliputi beberapa Tujuan Pembelajaran yang dimulai dengan Pertemuan I: Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat: Memahami fungsi laporan percobaan, Memahami pengertian laporan percobaan, Memahami ciri-ciri teks laporan percobaan. Pertemuan II: Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi,diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat: Memahami model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperimen).

Pertemuan III pada RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi Semester Genap mempunyai tujuan pembelajaran yakni Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat: Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca dari buku. Pertemuan IV; Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat: Menyimpulkan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca dari buku internet, majalah.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 memuat Materi Pembelajaran yang terdiri dari Materi Pembelajaran Reguler ; Fungsi teks laporan, Pengertian teks Laporan, Memahami ciri-ciri teks laporan percobaan, Model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperimen), Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca.

Untuk bisa Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020, RPP Bahasa Indonesia K13 SMP Kelas 9 Semester 2, RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020, RPP Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Word, RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 K13 TaPel 2019-2020 Semester 2, RPP K13 SMP Bahasa Indonesia silahkan terus scrool ke bawah hingga akhir artikel.

Materi Pembelajaran Pengayaan yang ada di dalam RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 9 SMP Tahun Pelajaran 2019-2020 terdiri dari Fungsi teks laporan, Memahami ciri-ciri teks laporan percobaan, Materi Pembelajaran Remedial, Model teks laporan (pengamatan, percobaan/eksperimen), Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca.

RPP K13 SMP Bahasa Indonesia Semester 2 Kelas 9 memuat Langkah Pembelajaran yang dimulai dengan kegiatan Pendahuluan dimana Peserta Didik melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a), Guru mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, Peserta Didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.

Kegiatan selanjutnya pada RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 K13 TaPel 2019-2020 Semester 2 yang mana Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran,metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan, Guru bertanya mencari informasi tentang laporan percobaan, Guru mengaitkan laporan percobaan yang diajarkan dengan kehidupan nyata.

Kegiatan Inti pada RPP Bahasa Indonesia Semester 2 SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Word diawali dengan Langkah 1. Klarifikasi Masalah, Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang, Peserta didik dalam memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan teks laporan percobaan, Peserta didik dalam kelompok mengamati tayangan audiovisual misalkan tentang masalah-masalah yang melibatkan fungsi teks laporan, pengertian, ciri-ciri teks laporan percobaan(pengamatan, percobaan/eksperimen).

Selanjutnya pada RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 diterangkan bahwa Guru membagikan LK dan peserta didik membaca petunjuk, mengamati LK (LK berisi tentangpermasalahan yang berhubungan dengan laporan hasil sebuah pengamatan, Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK serta guru mempersilahkan peserta didik dalam kelompok lain untuk memberikan tanggapan, bila diperlukan guru memberikan bantuan komentar secara klasikal.

Langkah 2 di dalam RPP Bahasa Indonesia K13 SMP Kelas 9 Semester 2 yakni kegiatan Brainstorming diaman Peserta didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan langkah-langkah pemecahan serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk bekerja sama untuk menyelesaikan masalah berkaitan dengan fungsi teks laporan, pengertian, ciri-ciri teks laporan percobaan.

Untuk lebih jelasnya tentang penjelasan RPP SMP/MTs yang ada di atas maka silahkan bapak atau ibu Guru Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 Semester 2 pada tautan yang telah kami sediakan di akhir artikel.

Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020


Perlu sobat guru ketahui bahwa RPP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 9 Semester 2 Revisi yang kami bagikan berikut ini hanyalah sebagai contoh saja sehingga jika akan digunakan lebih lanjut harap diedit terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan perangkat pembelajaran yang berlaku di sekolah bapak dan ibu guru. Silahkan Download RPP Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia Semester Genap pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
rpp bhs indo kelas 8 semester2   semester1 
Jangan lupa bagikan informasi tentang RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP MTs Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update RPP SMP/MTs langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar