RPP Kimia Kelas 10 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020

RPP Kimia Kelas 10 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020

RPP Kimia Kelas 10 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 merupakan RPP Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Mapel Kimia yang nantinya RPP Kimia K13 Kelas 10 SMA Tahun Pelajaran 2019-2020 ini diharapkan dapat membantu rekan Guru yang sedang mencari referensi dalam membuat RPP Kimia SMA/MA Kelas 10 Semester 2 Revisi.
RPP Kimia Kelas 10 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP Kimia K13 Kelas 10 SMA Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Mapel Kimia, RPP Kimia SMA/MA Kelas 10 Semester 2 Revisi

Tahun ajaran baru telah dimulai yang berarti bahwa RPP Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi Revisi harus segera dibuat oleh rekan pendidik sekolah menengah atas yang mengampu Kelas 10 sebagai kelengkapan administrasi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

Oleh karena itu agar memudahkan bapak dan ibu Guru berikut kami sediakan RPP Kimia Kelas 10 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 sebagai bahan referensi dalam membuat RPP Kimia K13 Kelas 10 SMA Tahun Pelajaran 2019-2020 yang berformat word sehingga mudah untuk anda edit sesuai keperluan.

Berikut ini adalah beberapa gambaran mengenai isi dari RPP Kimia Kelas 10 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 yang antara lain sebagai berikut, dengan Kompetensi Inti (KI) terdiri dari KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

Selain itu KI lainnya yang juga terdapat dalam RPP K13 SMA Kimia Semester 2 Kelas 10 ialah KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

RPP Kimia Kelas 10 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP Kimia K13 Kelas 10 SMA Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Mapel Kimia, RPP Kimia SMA/MA Kelas 10 Semester 2 Revisi dapat ibu dan bapak guru download pada tautan yang ada di bagian bawah

RPP Kimia Kelas 10 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru


KI4 berupa Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan juga ikut tercantum dalam RPP Kimia Kelas 10 K13 TaPel 2019-2020 Semester 2

RPP Kimia Kelas 10 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 memuat beberapa Kompetensi Dasar (KD) diantaranya KD 3.8 Menganalisis sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya, 3.9 Mengidentifikasi reaksi reduksi dan oksidasi menggunakan konsep bilangan oksidasi unsur , 3.10 Menerapkan hukum-hukum dasar kimia, konsep massa molekul relatif, persamaan kimia, konsep mol, dan kadar zat untuk menyelesaikan perhitungan kimia.

KD lanjutan yang tertulis dalam RPP Kimia SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 format Word adalah KD 4.8 Membedakan daya hantar listrik berbagai larutan melalui perancangan dan pelaksanaan percobaan. 4.9 Menganalisis beberapa reaksi berdasarkan perubahan bilangan oksidasi yang diperoleh dari data hasil percobaan dan/ atau melalui percobaan. 4.10 Menganalisis data hasil percobaan menggunakan hukum-hukum dasar kimia kuantitatif.

RPP Kimia Kelas 10 Semester 2 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020 terdiri dari beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang diantaranya Menjelaskan kejadian tentang binatang yang tersengat aliran listrik ketika banjir. Menganalisis sifat elektrolit beberapa larutan yang ada di lingkungan dan larutan yang ada di laboratorium. Mengelompokkan larutan ke dalam elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.

RPP Kimia Kelas 10 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 juga memaparkan IPK lainnya yaitu Menganalisis jenis ikatan kimia dan sifat elektrolit suatu zat serta menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion atau senyawa kovalen polar. Menyimpulkan fungsi larutan elektrolit dalam tubuh manusia serta cara mengatasi kekurangan elektrolit dalam tubuh

Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat elektrolit beberapa larutan yang ada di lingkungan dan larutan yang ada di laboratorium serta melaporkan hasil percobaan. Membedakan daya hantar listrik berbagai larutan melalui perancangan dan pelaksanaan percobaan.

IPK lanjutan yang juga diuraikan di dalam RPP Kimia K13 SMA Kelas 10 Semester 2 yaitu Memahami reaksi oksidasi melalui perubahan warna pada irisan buah (apel, kentang, pisang) dan karat besi. Memahami penentuan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion. Menjelaskan perbedaan reaksi reduksi dan reaksi oksidasi.

Mengidentifikasi reaksi reduksi dan reaksi oksidasi. Mereaksikan logam magnesium dengan larutan asam klorida encer di dalam tabung reaksi yang ditutup dengan balon. Mereaksikan padatan natrium hidroksida dengan larutan asam klorida encer di dalam tabung reaksi yang ditutup dengan balon.

Sesuai dengan yang tertulis pada RPP Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 maka indikator lainnya adalah Membandingkan dan menyimpulkan kedua reaksi tersebut. Menjelaskan penerapan aturan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana menurut aturan IUPAC. Menentukan nama beberapa senyawa sesuai aturan IUPAC. Menganalisis beberapa reaksi berdasarkan perubahan bilangan oksidasi yang diperoleh dari data hasil percobaan dan/ atau melalui percobaan.

Memahami reaksi larutan kalium iodida dan larutan timbal(II) nitrat yang ditimbang massanya sebelum dan sesudah reaksi. Memahami hukum-hukum dasar Kimia (hukum Lavoisier, hukum Proust , hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro). Menganalisis data untuk menyimpulkan hukum Lavoisier, hukum Proust , hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro.

Bila rekan Guru ingin Download RPP Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020, RPP Kimia K13 SMA Kelas 10 Semester 2, RPP Kimia Kelas 10 Semester 2 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020, RPP Kimia SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 Word, RPP Kimia Kelas 10 K13 TaPel 2019-2020 Semester 2, RPP K13 SMA Kimia silahkan scroll ke bawah hingga akhir artikel.

IPK berupa Menentukan massa atom relatif dan massa molekul relatif. Menentukan hubungan antara mol,jumlah partikel, massa molar,dan volume molar gas. Menghitung banyaknya zat dalam campuran (persen massa, persen volume, bagian per juta, kemolaran, kemolalan, dan fraksi mol). Menghubungkan rumus empiris dengan rumus molekul juga merupakan bagian dari indikator yang ada di RPP Kimia SMA/MA Kelas 10 Semester 2 Revisi

Menyetarakan persamaan kimia. Menentukan jumlah mol,massa molar, volume molar gas dan jumlah partikel yang terlibat dalam persamaan kimia. Menentukan pereaksi pembatas pada sebuah reaksi kimia. Menghitung banyaknya molekul air dalam senyawa hidrat. Memahami penggunaan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia. Melakukan percobaan pemanasan senyawa hidrat dan menentukan jumlah molekul air dalam sebuah senyawa hidrat. Menganalisis data hasil percobaan menggunakan hukum-hukum dasar kimia kuantitatif.

RPP Kimia Kelas 10 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 terdiri dari beberapa Tujuan Pembelajaran yakni Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat: Menjelaskan kejadian tentang binatang yang tersengat aliran listrik ketika banjir. Menganalisis sifat elektrolit beberapa larutan yang ada di lingkungan dan larutan yang ada di laboratorium.

Mengelompokkan larutan ke dalam elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya. Menganalisis jenis ikatan kimia dan sifat elektrolit suatu zat serta menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion atau senyawa kovalen polar.

RPP Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Mapel Kimia juga mengulas tujuan PBM selanjutnya yakni Menyimpulkan fungsi larutan elektrolit dalam tubuh manusia serta cara mengatasi kekurangan elektrolit dalam tubuh. Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat elektrolit beberapa larutan yang ada di lingkungan dan larutan yang ada di laboratorium serta melaporkan hasil percobaan. Membedakan daya hantar listrik berbagai larutan melalui perancangan dan pelaksanaan percobaan.

Memahami reaksi oksidasi melalui perubahan warna pada irisan buah (apel, kentang, pisang) dan karat besi. Memahami penentuan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion. Menjelaskan perbedaan reaksi reduksi dan reaksi oksidasi.

Disamping itu pada RPP Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi Semester 2 juga dipaparkan tujuan PBM dimana setelah mengikuti proses belajar peserta didik akan mampu Mengidentifikasi reaksi reduksi dan reaksi oksidasi. Mereaksikan logam magnesium dengan larutan asam klorida encer di dalam tabung reaksi yang ditutup dengan balon. Mereaksikan padatan natrium hidroksida dengan larutan asam klorida encer di dalam tabung reaksi yang ditutup dengan balon. Membandingkan dan menyimpulkan kedua reaksi tersebut.

Menjelaskan penerapan aturan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana menurut aturan IUPAC. Menentukan nama beberapa senyawa sesuai aturan IUPAC. Menganalisis beberapa reaksi berdasarkan perubahan bilangan oksidasi yang diperoleh dari data hasil percobaan dan/ atau melalui percobaan.

Tak lupa juga tertulis dalam RPP Kimia K13 Kelas 10 SMA Tahun Pelajaran 2019-2020 yakni setelah peserta didik mengikuti PBM maka mereka akan bisa Memahami reaksi larutan kalium iodida dan larutan timbal(II) nitrat yang ditimbang massanya sebelum dan sesudah reaksi. Memahami hukum-hukum dasar Kimia (hukum Lavoisier, hukum Proust , hukum Dalton, hukum Lussac dan hukum Avogadro). Menganalisis data untuk menyimpulkan hukum Lavoisier, hukum Proust , hukum Dalton, hukum Lussac dan hukum Avogadro.

Menentukan massa atom relatif dan massa molekul relatif. Menentukan hubungan antara mol,jumlah partikel, massa molar,dan volume molar gas. Menghitung banyaknya zat dalam campuran (persen massa, persen volume, bagian per juta, kemolaran, kemolalan, dan fraksi mol). Menghubungkan rumus empiris dengan rumus molekul.

Lalu Menyetarakan persamaan kimia. Menentukan jumlah mol,massa molar, volume molar gas dan jumlah partikel yang terlibat dalam persamaan kimia. Menentukan pereaksi pembatas pada sebuah reaksi kimia. Menghitung banyaknya molekul air dalam senyawa hidrat. Memahami penggunaan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia. Melakukan percobaan pemanasan senyawa hidrat dan menentukan jumlah molekul air dalam sebuah senyawa hidrat. Menganalisis data hasil percobaan menggunakan hukum-hukum dasar kimia kuantitatif juga merupakan output dari tujuan pembelajaran RPP K13 SMA Kimia Semester 2 Kelas 10

Untuk lebih jelasnya tentang penjelasan RPP SMA/MA yang ada di atas maka silahkan bapak atau ibu Guru Download RPP Kimia SMA/MA Kelas 10 Semester 2 Revisi pada tautan yang telah kami sediakan di akhir artikel.

Download RPP Kimia Kelas 10 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020


Perlu sobat guru ketahui bahwa RPP Kelas 10 SMA/MA Kurikulum 2013 Mapel Kimia Semester 2 yang kami bagikan berikut ini hanyalah sebagai contoh saja sehingga jika akan digunakan lebih lanjut harap diedit terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan perangkat pembelajaran yang berlaku di sekolah bapak dan ibu guru. Silahkan Download RPP Kimia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
rpp kelas10 kimia semester2   semester1 
Jangan lupa bagikan informasi tentang RPP Kimia Kelas 10 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru 2019-2020 ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update RPP SMA/MA langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
Loading...

Baca juga:

Loading...
Buka Komentar