--> Skip to main content

RPP Kimia Kelas 11 SMA MA Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020

RPP Kimia Kelas 11 SMA MA Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 merupakan RPP Kelas 11 SMA/MA Kurikulum 2013 Mapel Kimia yang nantinya RPP Kimia K13 Kelas 11 SMA Tahun Pelajaran 2019-2020 ini diharapkan dapat membantu rekan Guru yang sedang mencari referensi dalam membuat RPP Kimia SMA/MA Kelas 11 Semester 1 Revisi.
RPP Kimia Kelas 11 SMA MA Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP Kimia K13 Kelas 11 SMA Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP Kimia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 11 SMA/MA Kurikulum 2013 Mapel Kimia, RPP Kimia SMA/MA Kelas 11 Semester 1 Revisi

Tahun ajaran baru telah dimulai yang berarti bahwa RPP Kimia Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi Revisi harus segera dibuat oleh rekan pendidik sekolah menengah atas yang mengampu Kelas 11 sebagai kelengkapan administrasi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

Oleh karena itu agar memudahkan bapak dan ibu Guru berikut kami sediakan RPP Kimia Kelas 11 SMA MA Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 sebagai bahan referensi dalam membuat RPP Kimia K13 Kelas 11 SMA Tahun Pelajaran 2019-2020 yang berformat word sehingga mudah untuk anda edit sesuai keperluan.

Berikut ini adalah beberapa gambaran mengenai isi dari RPP Kimia Kelas 11 SMA MA Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 yang antara lain sebagai berikut, Kompetensi Inti terdiri dari KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

KI 3 juga terdapat di dalam RPP Kimia K13 Kelas 11 SMA Tahun Pelajaran 2019-2020 berupa Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4: tentang Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan juga merupakan bagian kompetensi inti dari RPP Kimia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi

RPP Kimia Kelas 11 SMA MA Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP Kimia K13 Kelas 11 SMA Tahun Pelajaran 2019-2020, RPP Kimia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 11 SMA/MA Kurikulum 2013 Mapel Kimia, RPP Kimia SMA/MA Kelas 11 Semester 1 Revisi dapat bapak dan ibu Guru download pada tautan yang ada di bagian bawah


RPP Kimia Kelas 11 SMA MA Semester 1 Revisi Terbaru


RPP Kimia Kelas 11 SMA MA Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 mempunyai Kompetensi Dasar (KD) berupa KD 3.1 Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan kekhasan atom karbon dan golongan senyawanya, 4.1 Membuat model visual berbagai struktur molekul hidrokarbon yang memiliki rumus molekul yang sama. 3.2 Menjelaskan proses pembentukan fraksi-fraksi minyak bumi, teknik pemisahan serta kegunaannya, 3.3 Mengidentifikasi reaksi pembakaran hidrokarbon yang sempurna dan tidak sempurna serta sifat zat hasil pembakaran (CO2, CO, partikulat karbon),

Indikator Pencapaian Kompetensi yang dimuat di dalam RPP Kelas 11 SMA/MA Kurikulum 2013 Mapel Kimia diantaranya Mengidentifikasi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari, misalnya plastik, lilin, dan tabung gas yang berisi elpiji serta nyala api pada kompor gas. Memahami kekhasan atom karbon yang menyebabkan banyaknya senyawa karbon. Menganalisis jenis atom C berdasar¬kan jumlah atom C yang terikat pada rantai atom karbon (atom C primer, sekunder, tersier, dan kuarterner) dengan menggunakan molimod, bahan alam, atau perangkat lunak kimia(ChemSketch, Chemdraw, atau lainnya).

RPP Kimia Kelas 11 SMA MA Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 juga memuat IPK lainnya yakni Memahami rumus umum alkana, alkena dan alkuna berdasarkan analisis rumus struktur dan rumus molekul. Menghubungkan rumus struktur dan rumus molekul dengan rumus umum senyawa hidrokarbon. Memahami cara memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna sesuai dengan aturan IUPAC. Menganalisis keteraturan sifat fisik (titik didih dan titik leleh) senyawa alkana, alkena dan alkuna.

Selain itu indikator lainnya yang juga ada dalam RPP Kimia SMA/MA Kelas 11 Semester 1 Revisi adalah Menentukan isomer senyawa hidrokarbon. Memprediksi jenis isomer (isomer rangka, posisi, fungsi, geometri) dari senyawa hidrokarbon. Membedakan jenis reaksi alkana, alkena dan alkuna. Membuat model visual berbagai struktur molekul hidrokarbon yang memiliki rumus molekul yang sama.

RPP Kimia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 juga mengandung indikator tentang Mengidentifikasi jenis bahan bakar minyak (BBM) yang dijual di SPBU. Memahami proses pembentukan minyak bumi dan cara mengeksplorasinya. Memahami proses penyulingan minyak bumi secara distilasi bertingkat. Menganalisis proses penyulingan bertingkat untuk menghasilkan minyak bumi menjadi fraksi-fraksinya.

Disamping itu IPK lainnya dalam RPP Kimia K13 SMA Kelas 11 Semester 1 berupa Menganalisis pembakaran hidrokarbon yang sempurna dan tidak sempurna serta dampaknya terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya. Membandingkan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya (Premium, Pertamax, dan sebagainya). Menjelaskan penggunaan bahan bakar alternatif selain minyak bumi dan gas alam.

Jika rekan Guru ingin Download RPP Kimia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020, RPP Kimia K13 SMA Kelas 11 Semester 1, RPP Kimia Kelas 11 Semester 1 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020, RPP Kimia SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 Word, RPP Kimia Kelas 11 K13 TaPel 2019-2020 Semester 1, RPP K13 SMA Kimia silahkan menuju ke akhir artikel.

Menganalisis bahan bakar alternatif selain minyak bumi dan gas alam. Menyimpulkan dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya. Menyusun gagasan cara mengatasi dampak pembakaran senyawa karbon terhadap lingkungan dan kesehatan. Mempresentasikan hasil kerja kelompok tentangminyak bumi , bahan bakar alternatif pengganti minyak bumi dan gas alam serta masalah lingkungan yang disebabkan oleh penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar juga merupakan bagian dari indikator RPP Kimia Kelas 11 Semester 1 kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020

RPP Kimia Kelas 11 SMA MA Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 terdiri dari beberapa Tujuan Pembelajaran yaitu Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat: Mengidentifikasi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari, misalnya plastik, lilin, dan tabung gas yang berisi elpiji serta nyala api pada kompor gas. Memahami kekhasan atom karbon yang menyebabkan banyaknya senyawa karbon.

Tujuan PBM selanjutnya pada RPP Kimia SMA Kelas 11 Kurikulum 2013 format Word ialah Menganalisis jenis atom C berdasarkan jumlah atom C yang terikat pada rantai atom karbon (atom C primer, sekunder, tersier, dan kuarterner) dengan menggunakan molimod, bahan alam, atau perangkat lunak kimia(ChemSketch, Chemdraw, atau lainnya). Memahami rumus umum alkana, alkena dan alkuna berdasarkan analisis rumus struktur dan rumus molekul.

RPP Kimia Kelas 11 K13 TaPel 2019-2020 Semester 1 juga membahas tujuan berupa Menghubungkan rumus struktur dan rumus molekul dengan rumus umum senyawa hidrokarbon. Memahami cara memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna sesuai dengan aturan IUPAC. Menganalisis keteraturan sifat fisik (titik didih dan titik leleh) senyawa alkana, alkena dan alkuna. Menentukan isomer senyawa hidrokarbon.

Lalu dalam RPP K13 SMA Kimia Semester 1 Kelas 11 juga disematkan tujuan PBM bahwa peserta didik akan mampu Memprediksi jenis isomer (isomer rangka, posisi, fungsi, geometri) dari senyawa hidrokarbon. Membedakan jenis reaksi alkana, alkena dan alkuna. Membuat model visual berbagai struktur molekul hidrokarbon yang memiliki rumus molekul yang sama.

RPP Kimia K13 Kelas 11 SMA Tahun Pelajaran 2019-2020 juga menegaskan bahwa siswa dan siswi akan bisa Memahami proses pembentukan minyak bumi dan cara mengeksplorasinya. Memahami proses penyulingan minyak bumi secara distilasi bertingkat. Menganalisis proses penyulingan bertingkat untuk menghasilkan minyak bumi menjadi fraksi-fraksinya. Menyajikan karya tentang proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya.

Menganalisis pembakaran hidrokarbon yang sempurna dan tidak sempurna serta dampaknya terhadap lingkungan, kesehatan dan upaya untuk mengatasinya. Membandingkan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya (Premium, Pertamax, dan sebagainya). Menjelaskan penggunaan bahan bakar alternatif selain minyak bumi dan gas alam juga menjadi salah satu tujuan PBM dari RPP Kimia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1

RPP Kelas 11 SMA/MA Kurikulum 2013 Mapel Kimia menguraikan dengan detail bahwa setelah proses PBM siswa dan siswi akan mampu untuk Menganalisis bahan bakar alternatif selain minyak bumi dan gas alam. Menyimpulkan dampak pembakaran hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya. Menyusun gagasan cara mengatasi dampak pembakaran senyawa karbon terhadap lingkungan dan kesehatan. Mempresentasikan hasil kerja kelompok tentang minyak bumi , bahan bakar alternatif pengganti minyak bumi dan gas alam serta masalah lingkungan yang disebabkan oleh penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar.

Untuk lebih jelasnya tentang penjelasan RPP SMA/MA yang ada di atas maka silahkan bapak atau ibu Guru Download RPP Kimia SMA/MA Kelas 11 Semester 1 Revisi pada tautan yang telah kami sediakan di akhir artikel.

Download RPP Kimia Kelas 11 SMA MA Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020


Perlu sobat guru ketahui bahwa RPP Kimia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 yang kami bagikan berikut ini hanyalah sebagai contoh saja sehingga jika akan digunakan lebih lanjut harap diedit terlebih dahulu sesuai dengan kebijakan perangkat pembelajaran yang berlaku di sekolah bapak dan ibu guru. Silahkan Download RPP Kimia K13 SMA Kelas 11 Semester 1 pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
rpp kelas11 kimia semester1   semester2 
Jangan lupa bagikan informasi tentang RPP Kimia Kelas 11 SMA MA Semester 1 Revisi Terbaru 2019-2020 ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update RPP SMA/MA langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar