Skip to main content

Contoh RPP 1 Lembar SD SMP SMA Berdasarkan Edaran Mendikbud (SE No 14 Tahun 2019)

Contoh RPP 1 Lembar SD SMP SMA Berdasarkan Edaran Mendikbud (SE No 14 Tahun 2019) kali ini merupakan Contoh Format RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) 1 Halaman (1 Lembar) Sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP yang merupakan salah satu pokok dalam kebijakan Merdeka Belajar yang diprakarsai oleh Mendikbud.
Contoh Format RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) 1 Halaman (1 Lembar) Sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 14 Tahun 2019

Euforia terkait pembahasan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran masih terus berlanjut pasca Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengeluarkan kebijakan terbarunya yang diberi nama Merdeka Belajar. Kebijakan tersebut mengandung 4 pokok cakupan yang salah satunya tentang pembuatan RPP yang selama ini banyak menjadi perdebatan di kalangan Guru.

Seperti yang kita ketahui selama ini memang pembuatan RPP yang terdiri dari pululuhan lembar per pertemuan sangat menyita waktu guru dalam proses pembuatannya, kendati terdiri dari banyak lembaran namun berkas tersebut tak jarang hanya menjadi tumpukan administrasi semata, belum lagi kelengkapan administrasi lain yang harus dipersiapkan sehingga proses pembelajaran tak jarang menjadi sedikit terganggu karena hal tersebut.

Dari banyaknya perdebatan dan masukan dari para Guru mengenai administrasi Guru yang luar biasa melelahkan namun tak efektif maka lewat salah satu pokok kebijakan dalam Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyebutkan bahwa penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sangat perlu dilakukan mengingat selama ini pembuatannya menyita banyak waktu.

Menurut Mendikbud RPP adalah berkas yang berisi uraian rencana kegiatan belajar mengajar seorang guru yang terdiri dari tiga komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian sehingga sebaiknya tiga komponen tersebut dimuat dalam satu halaman saja, tidak perlu seperti yang selama ini dibuat oleh rekan Guru yang jumlah halamannya mencapai puluhan dimana menyita banyak waktu dalam pembuatannya.

Contoh RPP 1 Lembar SD SMP SMA Berdasarkan Edaran Mendikbud (SE No 14 Tahun 2019)


Dalam kebijakan Merdeka Belajar ditegaskan bahwa Mendikbud akan menyederhanakan RPP dengan memangkas beberapa komponen sehingga nantinya guru akan lebih bebas dalam memilih, membuat dan menggunakan serta mengembangkan format RPP nya. Dengan cara penyusunan RPP yang efektif dan efisien tersebut diharapkan para guru akan lebih banyak memiliki waktu dalam mempersiapkan pembelajarannya dan mengevaluasi hasil pembelajarannya.

Tentu saja kebijakan Mendikbud untuk menyederhanakan RPP sangat disambut baik oleh banyak kalangan Guru dan secara otomatis banyak guru yang mereferensikan Contoh RPP 1 Halaman sesuai Suat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 berdasarkan mata pelajaran masing-masing.

Jika anda juga adalah salah satu dari yang sedang mencari Contoh Format RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) 1 Halaman (1 Lembar) Sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 14 Tahun 2019 maka berikut ini akan kami paparkan sampelnya yang dapat dilihat seperti ini :

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Menganalisis struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan teks negosiasi.

2. Memproduksi teks negosiasi dengan memerhatikan struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

a) Orientasi: Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin, menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

b) Apersepsi: Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya, mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

c) Motivasi: Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi teks negosiasi dalam kehidupan sehari- hari, apabila materi/ tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi teks negosiasi, menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung, dan mengajukan pertanyaan stimulus secara interaktif.

d) Pemberian Acuan: Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan yang sedang berlangsung, memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung, pembagian kelompok belajar, menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

2. Kegiatan Inti

a) Literasi: Peserta didik diberi stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada materi teks negosiasi melalui pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasikan mengolah informasi, mengomunikasikan)

b) Critical Thinking (Berpikir Kritis): Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran.

c) Collaboration (Kerja Sama): Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai teks negosiasi.

d) Communication (Komunikasi): Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan dan menyampaikan hasil diskusi tentang teks negosiasi, mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang teks negosiasi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan, bertanya atas presentasi tentang teks negosiasi yang dilakukan, dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

e)Creativity (Kreativitas): Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami atau guru menyampaikan beberapa pertanyaan pemicu kepada siswa berkaitan dengan teks negosiasi yang akan selesai dipelajari.

3. Kegiatan Penutup

a) Peserta didik: Membuat ringkasan dengan bimbingan guru tentang hal-hal penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran teks negosiasi yang baru dilakukan, mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi teks negosiasi yang baru diselesaikan, mengagendakan materi atau tugas yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau di rumah.

b) Guru: memeriksa pekerjaan peserta didik yang selesai dan diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, memberikan penghargaan pada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik dalam kegiatan pembelajaran.

C. PENILAIAN PEMBELAJARAN

1. Tes Tertulis: Menganalisis struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan teks negosiasi.

2. Tes Praktik: Membuat teks negosiasi dengan memerhatikan struktur, kaidah penulisan, dan ciri kebahasaan.

Download Contoh RPP 1 Lembar SD SMP SMA Berdasarkan Edaran Mendikbud (SE No 14 Tahun 2019)


Contoh RPP 1 Lembar SD SMP SMA Berdasarkan Edaran Mendikbud (SE No 14 Tahun 2019) berikut ini hanya merupakan contoh atau referensi saja, untuk pengembangan lebih lanjut tentu masih membutuhkan tambahan saran dan pengeditan.

Contoh Format RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) 1 Halaman (1 Lembar) Sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 14 Tahun 2019 yang kami sajikan berikut ini terdiri dari beberapa file pdf yang dapat di unduh berdasarkan kode download yang ada di dalam kurung dengan perincian sebagai berikut :

Contoh RPP 1 Lembar SD/MI sesuai SE No 14 Tahun 2019 (unduh sd)

Contoh RPP 1 Lembar SMP/MTs sesuai SE No 14 Tahun 2019 (unduh smp)

Contoh RPP 1 Lembar SMA/MA sesuai SE No 14 Tahun 2019 (unduh sma)

Silahkan sobat guru sekalian Download Contoh RPP 1 Lembar SD SMP SMA Berdasarkan Edaran Mendikbud (SE No 14 Tahun 2019) sesuai kode downoad dalam kurung di atas pada tautan yang telah disediakan di bawah ini
unduh sd   unduh smp   unduh sma  
Demikian informasi tentang Contoh RPP 1 Lembar SD SMP SMA Berdasarkan Edaran Mendikbud (SE No 14 Tahun 2019), meskipun banyak yang menyambut baik kebijakan ini tapi tak sedikit juga yang tidak, bagaimana dengan sobat dapodikdasmen info? Apakah setuju atau tidak? Tulis di kolom komentar ya sobat guru. Jangan lupa ikuti kami disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar