--> Skip to main content

Kisi-Kisi UN UNBK SMPLB dan SMALB Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019/2020) Semua Mata Pelajaran

Kisi-Kisi UN UNBK SMPLB dan SMALB Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019/2020) Semua Mata Pelajaran merupakan kisi-kisi Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa yang terdiri dari Kisi-Kisi UN UNBK SMPLB Tahun 2020 Semua Mata Pelajaran dan Kisi-Kisi UN SMALB Tahun 2020 Semua Mata Pelajaran
Kisi-Kisi UN UNBK SMPLB dan SMALB Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019/2020) Semua Mata Pelajaran, Kisi-Kisi UN UNBK SMPLB Tahun 2020 Semua Mata Pelajaran dan Kisi-Kisi UN SMALB Tahun 2020 Semua Mata Pelajaran

Kisi-Kisi UN UNBK SMPLB dan SMALB Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019/2020) Semua Mata Pelajaran disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku. 2. Kisi-kisi UN memuat ranah kognitif dan lingkup materi. Perangkat dan Kerahasiaan Soal dibagi menjadi ; 1. Perangkat UN berupa master dan naskah soal, compact disk (CD) listening comprehension (LC), merupakan dokumen negara yang bersifat rahasia.

2. Semua pihak wajib menjamin dan menjaga kerahasiaan naskah soal UN dan LJUN yang telah diisi. 3. Dalam hal Perangkat UN sebagaimana dimaksud pada angka 1 terdapat kekeliruan dan/atau berpotensi menimbulkan masalah, Panitia UN Tingkat Pusat dapat melakukan perbaikan setelah berkoordinasi dengan BSNP.

Penyiapan Bahan Ujian Nasional dibag menjadi beberapa tahap yang dimulai dengan ; 1. Panitia UN Tingkat Pusat membuat master copy naskah soal UN dan CD LC dengan langkah-langkah yang ditetapkan dalam petunjuk teknis penyiapan bahan UN yang diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kisi-Kisi UN UNBK SMPLB dan SMALB Tahun 2020


2. Naskah soal UN ditetapkan berdasarkan mekanisme yang diatur oleh BSNP. Khusus untuk mata pelajaran Matematika jenjang SMA/MA, SMK/MAK, dan Program Paket C/Ulya, butir soal yang diujikan terdiri atas pilihan ganda dan isian singkat. 3. Jumlah butir soal dan alokasi waktu UN sebagai berikut:

a. Jumlah butir soal adalah 40 (empat puluh) sampai dengan 50 (lima puluh); b. Alokasi waktu untuk setiap mata ujian adalah 120 (seratus dua puluh) menit; c. Rincian jumlah butir soal dan alokasi waktu untuk masingmasing jenjang dan mata ujian adalah sebagaimana terlampir. Ujian nasional dilaksanakan berbasis komputer.

Penerapan UNBK dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, kredibilitas, kejujuran, dan integritas ujian. Satuan pendidikan yang tidak dapat melaksanakan UNBK dapat mengusulkan pelaksanaan ujian nasional berbasis kertas kepada dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama sesuai kewenangannya.

Di dalam Kisi-Kisi UN SMPLB dan SMALB Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019/2020) Semua Mata Pelajaran menegaskan bahwa Penyiapan Sistem UNBK dimulai dari tahap ; 1. Panitia UN Tingkat Pusat mengembangkan sistem yang mencakup desain, program aplikasi, dan infrastruktur untuk mendukung pelaksanaan UNBK. 2. Panitia UN Tingkat Pusat berkoordinasi dengan lembaga lain yang terkait untuk melakukan evaluasi program aplikasi dan sistem UNBK.

3. Panitia UN Tingkat Pusat menyusun petunjuk teknis penggunaan (user manual) dan bahan pelatihan bagi tim teknis provinsi, tim teknis kabupaten/kota, Proktor, Teknisi, dan peserta UNBK. 4. Panitia UN Tingkat Pusat, Panitia UN Tingkat Provinsi, dan Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN), penyedia layanan koneksi internet, dan berbagai lembaga terkait lainnya untuk mencegah gangguan menjelang dan selama pelaksanaan UNBK.

Penetapan Tim Teknis UNBK dibagi menjadi ; 1. Panitia UN Tingkat Pusat membentuk Tim Teknis UNBK Pusat, terdiri dari unsur Pusat Penilaian Pendidikan, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Pendidikan Kesetaraan, Direktorat Pembinaan SMA, dan Direktorat Pembinaan SMK/MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama dan Perguruan Tinggi Negeri.

2. Panitia UN Tingkat Provinsi membentuk Tim Teknis UNBK Provinsi, dan menyampaikan ke Panitia UN Tingkat Pusat. 3. Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota membentuk Tim Teknis UNBK Kabupaten/Kota dan menyampaikan ke Tim Teknis UNBK Provinsi, dan ke Tim Teknis UNBK Pusat di dalam Panitia UN Tingkat Pusat melalui Provinsi.

4. Tim Teknis UNBK Pusat memasukkan data Tim Teknis UNBK Provinsi dan Kabupaten/Kota ke situs web UNBK, dan menyampaikan username dan kata sandi (password) ke Tim Teknis UNBK Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Tata Tertib Peserta UNBK Peserta ujian: a. memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 15 (lima belas) menit sebelum ujian dimulai; b. memasuki ruang ujian sesuai dengan sesi dan menempati tempat duduk yang telah ditentukan; c. yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti ujian setelah mendapatkan izin dari Ketua Panitia UN Tingkat Sekolah/Madrasah, tanpa diberikan perpanjangan waktu;

Download Kisi-Kisi UN UNBK SMPLB dan SMALB Tahun 2020


Bagian terkahir, d. dilarang membawa catatan dan/atau menggunakan perangkat komunikasi elektronik dan optik, kamera, kalkulator, dan sejenisnya ke dalam ruang ujian; e. mengumpulkan tas dan buku di bagian depan di dalam ruang kelas. Kisi-Kisi UN UNBK SMPLB dan SMALB Tahun 2020 berikut ini terdiri dari 2 file yang bisa bapak dan ibu Guru unduh berdasarkan kode dalam kurung yang perinciannya sebagai berikut

Kisi-Kisi UN UNBK SMPLB Tahun 2020 Semua Mata Pelajaran (download1)

Kisi-Kisi UN SMALB Tahun 2020 Semua Mata Pelajaran (download2)

Silahkan bapak dan ibu Guru Download Kisi-Kisi UN UNBK SMPLB dan SMALB Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019/2020) Semua Mata Pelajaran yang terdiri dari Kisi-Kisi UN UNBK SMPLB Tahun 2020 Semua Mata Pelajaran dan Kisi-Kisi UN SMALB Tahun 2020 Semua Mata Pelajaran sesuai dengan kode download dalam kurung yang dijelaskan di atas pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
smplb download1   smalb download2 
Jangan lupa bagikan informasi tentang Kisi-Kisi UN UNBK SMPLB dan SMALB Tahun 2020 (Tahun Pelajaran 2019/2020) Semua Mata Pelajaran ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update Kisi-Kisi UNBK langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar