RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru - Dapodikdasmen Info

Rabu, 29 Januari 2020

RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru

RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru merupakan RPP 1 Halaman K13 SMA/MA Kelas 12 Bahasa Indonesia Semester 2 dimana sobat guru dapat menDownload RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 SMA Kelas 12 dengan cara menyimak informasi tentang RPP Silabus 1 Lembar Kelas 12 ini hingga akhir artikel.
RPP 1 Halaman K13 SMA/MA Kelas 12 Bahasa Indonesia Semester 2, Download RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 SMA Kelas 12 Revisi 1 Lembar, RPP Silabus 1 Lembar Kelas 12

Dalam RPP K13 SMA Bahasa Indonesia Semester 2 Kelas 12 ini Setiap perencanaan yang dibuat selalu berkenaan dengan perkiraan atau proyeksi mengenai apa saja yang diperlukan dan apa saja yang akan dilakukan selanjutnya.

Demikian juga dalam perencanaan pembelajaran tetap selalu mempertimbangkan atau selalu memproyeksikan mengenai sebuah tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiataan pembelajaran. Apabila perencanaan sudah disusun secara matang maka hasil tidak jauh berbeda.

Dengan adanya RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 K13 Semester 2 yang bisa sobat guru unduh di bagian akhir artikel ini, maka kami harapkan dokumen tersebut bisa dijadikan sebagai referensi dalam pembuatan perangkat rencana pelaksanaan pembelajaran dan juga memberikan landasan pokok bagi para guru dalam mencapai kompetensi dasar dan juga indicator.

RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru, RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 12 SMA, RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Kelas 12 SMA/MA Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia, RPP Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas 12 Semester 2 Revisi dapat bapak dan ibu guru download pada tautan yang ada di bagian bawah

RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru


RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 kurikulum 2013 yang bisa di unduh ini juga kami harapkan mampu memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek Karena disusun dengan menggunakan sebuah pendekatan yang sistem sehingga dapat memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa.

Terkait dengan RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru seperti diketahui bersama bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru Bapak Nadiem Makarim telah mengeluarkan sebuah kebijakan yang disebut merdeka belajar yang salah satu kebijakannya mengatur tentang penyusunan RPP.

Selama ini memang penyusunan RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 12 SMA selalu saja menjadi perdebatan di kalangan pendidik dikarenakan penyusunannya membutuhkan waktu dan tenaga sehingga terkadang proses pembelajaran tak jarang menjadi sedikt terganggu.

Belum lagi poin-poin dalam penyusunan RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru yang lumayan banyak sehingga menghasilkan lembaran yang sangat tidak sedikit dimana isinya entah betul terlaksana pada saat pembelajaran dengan baik atau tidak.

Dari polemik semacam itulah yang mendasari Bapak Mendikbud mengeluarkan kebijakan terbarunya yang salah satunya terkait dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi) dengan harapan agar masalah yang ada bisa segera teratasi yang pada gilirannya juga akan berimbas baik kepada lancarnya pembelajaran sehingga peserta didik akan mendapat haknya dalam mendapatkan pengajaran tepat waktu.

Dalam kebijakannya tersebut yang ditandai dengan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bapak Mendikbud menginstruksikan agar penyusunan RPP Kelas 12 SMA/MA Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia disederhanakan sehingga nantinya poin utama dalam sebuah penyusunan RPP haruslah mengandung prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Efisien maksudnya ialah RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru haruslah disusun secara tepat berdasarkan poin inti yang seharusnya sehingga tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga apalagi biaya dalam proses pembuatannya. Sedangkan efektif mengandung maksud bahwa penyusunan RPP harulah benar-benar terarah untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Dan berorientasi pada peserta didik mengandung arti bahwa penyusunan RPP Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas 12 Semester 2 Revisi yang uraiannya fokus pada tujuan pembelajaran wajib mempertimbangakn kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik di dalam kelas.

Seperti yang para sobat Guru ketahui bahwa ada sebanyak 13 (tiga belas) komponen RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah yang mana semua komponen tersebut harus ada dalam penyusunan RPP.

Namun dengan adanya kebijakan terbaru Bapak Kemendikbud maka penyusunan RPP haruslah disederhanakan dimana guru akan bebas untuk membuat dan memilih serta mengembangkan RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru nya tapi tentunya pembuatannya harus tetap berprinsip pada jalur efisien dan efektif serta berorientasi pada peserta didik.

Dalam SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 disiratkan bahwa dalam penyusunan RPP Bahasa Indonesia K13 SMA Kelas 12 Semester 2 yang sebelumnya harus menghadirkan tiga belas komponen pasca dikeluarkannya kebijakan penyederhanaan kini menjadi tiga komponen saja yang wajib untuk dituliskan.

Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi, RPP Bahasa Indonesia K13 SMA Kelas 12 Semester 2, RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 kurikulum 2013, RPP Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 Kurikulum 2013 versi Word, RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 K13 Semester 2, RPP K13 SMA Bahasa Indonesia Semester 2 Kelas 12 pada tautan yang telah disediakan di akhir artikel

Ketiga komponen inti yang tersebut tadi diantaranya ; tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment). Sedangkan untuk komponen lainnya dalam penyusunan RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2 kurikulum 2013 hanyalah bersifat sebagai pelengkap saja.

1. Tujuan Pembelajaran

Penjabaran tujuan pembelajaran dalam RPP Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 Kurikulum 2013 versi Word merupakan hasil rujukan dari kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar pada peserta didik. Rujukan tersebut tentunya harus berlatar belakang pada Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) serta Indikator yang termuat dalam silabus agar nantinya gambaran proses dan output (hasil belajar) terlihat jelas dan mampu tercapai.

2. Langkah-langkah (kegiatan) Pembelajaran

Dalam penyusunan RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 K13 Semester 2 yang sederhana kegiatan pembelajaran mesti ditulis secara efektif dimana kegiatan yang dimaksud pada proses pembelajaran bisa mengarah langsung kepada apa yang ingin dicapai pada kompetensi dasar (KD).

Langkah-langkah pembelajaran yang efektif tersebut juga harus tetap mengedepankan kegiatan pembelajaran yang inovatif, interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang serta memotivasi para peserta didik.

Sehingga nantinya para peserta didik dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya akan mampu mengasah kreativitas dan kemandirian serta perkembangan psikologi para peserta didik.

3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)

Tata cara penilaian pada RPP K13 SMA Bahasa Indonesia Semester 2 Kelas 12 yang disederhanakan juga mengalami penyederhanaan bentuk namun tetap mengacu pada IPK (indikator Pencapaian Kompetensi) dan standar penilaian Kurikulum 2013 secara garis besar.

Hadirnya kebijakan Mendikbud yang menyederhanakan RPP Bahasa Indonesia K13 Kelas 12 SMA diharapkan mampu memperlancar proses belajar mengajar karena sekarang guru tidak perlu lagi berlama-lama dalam menyusun Perangkat mengajarnya utamanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Dengan disederhanakannya penyusunan RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi dengan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik serta berfokus pada tiga komponen inti saja yakni ; tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment) maka memang memungkinkan RPP disusun menjadi 1 halaman saja namun tentu ini juga tidak wajib 1 halaman karena Mendikbud tidak mengatakan ketentuan yang seperti itu.

Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru


Terkait dengan ulasan RPP 1 Lembar di atas maka kami menyediakan RPP 1 Halaman Kelas 12 SMA/MA Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Indonesia yang bisa rekan guru gunakan sebagai contoh dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, tapi perlu diingat bahwa Contoh RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas 12 Semester 2 Revisi ini masih harus anda edit dan kembangkan sesuai dengan ketermapilan bapak dan ibu guru sekalian.

Bila sobat guru tertarik dengan RPP 1 Halaman Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi untuk dijadikan sebagai bahan referensi maka silahkan sobat Download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia K13 SMA Kelas 12 Semester 2 berikut ini pada tautan yang telah disediakan di bawah ini
rpp bhs indonesia kelas 12 smstr 2 disini 
RPP Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA MA Semester 2 Revisi Terbaru yang dibagikan ini disusun dengan memperhatikan perbedaan individu peserta didik seperti perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan atau lingkungan peserta didik , kesemuanya itu harus di perhatikan. Dapatkan update RPP SMA/MA Kelas 10-12 langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda