--> Skip to main content

Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2020-2021

Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2020-2021 merupakan File yang berisi Kaldik Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021 yang bisa diDownload dalam bentuk format PDF pada akhir ulasan informasi ini.
Anda Mencari Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2020-2021? Kaldik Kalteng Tapel 2020/2021 bisa didownload dengan mudah disini

Penyusunan Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah dan Jumlah Jam Belajar Efektif di Sekolah dimaksudkan sebagai pedoman penyusunan Kalender Pendidikan di Sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran bagi sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Pedoman ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Tengah tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Belajar Efektif di Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Penyusunan Pedoman ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 51 tahun 2018 tentang Standar Isi dan mengacu dari berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku, disamping itu pedoman ini disusun berdasarkan hasil kesepakatan bersama melalui Rapat Koordinasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Tengah dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Provinsi Kalimantan Tengah serta seluruh KKKS SD, MKKS SMP, SMA, dan SMK Kabupaten/Kota Se Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 2 Maret 2020

Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah


Dalam rangka pelayanan pembelajaran yang bermutu, unggul dan berdaya saing di sekolah, maka setiap sekolah diwajibkan menyusun kalender akademik yang lebih terinci dan operasional dalam bentuk kegiatan mingguan, bulanan, semester/tengah tahunan dan tahunan. Oleh karena itu pedoman ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai acuan dalam rangka penyusunan kalender akademik di sekolah.

Disamping itu dalam setiap penyusunan rencana program kegiatan di sekolah, Kalender Pendidikan ini dapat digunakan secara konsekuen dengan tujuan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dapat berjalan secara optimal.

Kapan Sekolah di Provinsi Kalimantan Tengah Melaksanakan Awal Tahun Pelajaran Baru?


Berdasarkan Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah maka Awal tahun pelajaran 2020/2021 dimulai tanggal 13 Juli 2020. Sedangkan akhir tahun pelajaran 2020/2021 adalah sehari sebelum waktu awal tahun pelajaran 2021/2022.

Sejak hari pertama masuk sekolah yaitu pada tanggal 13 Juli 2020 kegiatan belajar di ruang kelas sudah berjalan secara efektif. Kegiatan belajar mengajar dapat menggunakan jadwal pembelajaran khusus (sementara). Agar kegiatan belajar berjalan secara efektif, maka kegiatan masa orientasi/masa pengenalan sekolah bagi peserta didik baru dilaksanakan awal tahun pelajaran 2020/2021.

Bagaimana Mekanisme Hari Pertama Pembelajaran Sekolah di Provinsi Kalimantan Tengah?


Sesuai dengan yang dijelaskan dalam Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah bahwa Hari Pertama Pembelajaran sekolah dimulai secara serentak baik untuk TK, SD/SDLB dan SMP/SMPLB, dan SMA/SMK/ SMALB pada hari Senin tanggal 13 Juli 2020.

Jumlah hari belajar sekolah efektif dalam 1 (satu) tahun sekurang-kurangnya 200 (dua ratus) hari dan sebanyak-banyaknya 245 (dua ratus empat puluh lima) hari belajar yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Pada awal tahun pelajaran, kepala sekolah berkewajiban membuat program yang mencakup : KTSP, Program Kerja Sekolah dan; Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) serta melaksanakan dengan menggunakan dapodik.

Pada permulaan semester, guru-guru berkewajiban membuat program yang mencakup: Program persiapan mengajar dan administrasi pembelajaran lainnya, Program kegiatan ektrakurikuler, khusus bagi guru yang diberi tugas sebagai pembina kegiatan ekstrakurikuler, Program semester.

Sekolah dapat menyelenggarakan kegiatan pendidikan 5 (lima) atau 6 (enam) hari belajar perminggu yang setara dengan 200 hari sampai dengan 245 hari belajar efektif per tahun sepanjang tidak mengurangi jumlah jam belajar efektif yang telah ditetapkan.

Kapan Sekolah di Provinsi Kalimantan Tengah Melaksanakan Penyerahan Raport?


Jika berdasar pada Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah bisa diperkirakan bahwa Penyerahan buku raport hasil penilaian Perkembangan Anak didik TK, buku Pribadi dan Buku Penilaian Hasil Belajar SD, SDLB, SMP, SMPLB dan SMA, SMALB/ SMK dilaksanakan pada:

Semester Ganjil dilaksanakan pada hari kerja sehari sebelum libur semester ganjil, yaitu pada jum’at, tanggal 18 Juni 2021 sedangkan Semester Genap dilaksanakan pada hari kerja sehari sebelum libur semester genap, yaitu pada saptu, tanggal 19 Juni 2021.

Kapan Waktu Pelaksanaan Ujian Sekolah di Provinsi Kalimantan Tengah?


Pada Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah dijelaskan bahwa Waktu pelaksanaan Ujian Sekolah dengan perkiraan waktu sebagai berikut: (1) Ujian Sekolah SD/SDLB diselenggarakan minggu keempat April 2021; (2) Ujian Sekolah SMP/SMPLB/MTs diselenggarakan minggu kedua April 2021. (3) Ujian Sekolah SMK bulan April 2021 dan (4) Ujian Sekolah SMA/SMLB diselenggarakan bulan Maret 2021;

Kapankah Libur Semester bagi Sekolah yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah?


Bila berpedoman pada Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah maka diketahui bahwa Libur semester I dan semester II masing-masing berlangsung selama 12 (dua belas) hari dan 18 (delapan belas) hari serta menyesuaikan dengan hari kalender, yakni : Semester ganjil mulai tanggal 21 Desember 2020 s.d. 1 Januari 2021; serta untuk Semester genap dimulai tanggal 21 Juni 2021 s.d. 11 Juli 2021.

Download Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah


Untuk melihat Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah dan supaya informasi yang bapak dan ibu guru dapatkan lebih lengkap maka silahkan Download Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah pada tautan yang telah kami siapkan di bawah ini
Kaldik Provinsi Kalimantan tengah disini 
Jangan lupa bagikan informasi tentang Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2020-2021 ini ke teman guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update Kaldik Resmi lainnya langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini 👉 Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar