--> Skip to main content

Silabus Matematika Kelas 6 SD MI Semester 2

Silabus Matematika Kelas 6 SD MI Semester 2 merupakan salah satu bagian dari Perangkat Pembelajaran yang wajib dipersiapkan oleh seorang Guru ketika tahun ajaran baru sudah dimulai. Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2 ini mesti dipersiapkan sebelum guru melaksanakan pembelajaran di dalam kelas.
Silabus SD MI Matematika Kelas 6 Semester 2
Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2 ini telah disusun sesuai dengan aturan terbaru dengan sistematis dan terpadu sehingga berbagai komponen isi yang ada dalam Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2 ini telah saling terkait satu sama lain dalam rangka tercapainya kompetensi dasar sebagai tujuannya.

Pengembangan Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2 ini berpedoman pada standar kompetensi lulusan (SKL) dan standar isi pada satuan pendidikan dasar dan menengah yang mana mengacu pada aturan pola pembelajaran dengan ketentuan yang baru pada komponen-komponen Kurikulum 2013.

Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2


Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2 yang kami bagikan ini telah dikembangkan dengan berpedoman pada beberapa manfaat, diantaranya :

1. Sebagai pengaturan kegiatan pembelajaran dan mengembangkan sistem penilaian.

2. Sumber utama dalam penyusunan rencana pembelajaran berkaitan dengan standar kompetensi maupun satu kompetensi dasar.

3. Sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran lebih lanjut, yaitu dalam penyusunan RPP, pengelolaan kegiatan pembelajaran, penyediaan sumber belajar, dan pengembangan sistem penilaian.

4. Sebagai ukuran dalam melakukan penelitian keberhasilan suatu program pembelajaran.

5. Dokumentasi tertulis (written document) sebagai akuntabilitas suatu program pembelajaran.

Selain itu Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2 yang akan kami bagikan berikut ini dikembangkan sesuai dengan fungsi yang kompatibel dengan standar terbaru komponen Kurikulum 2013 yang diantaranya meliputi ;

1. Memberikan informasi tentang Rencana pelaksanaan pembelajaran dan penilaian secara sistematis, sehingga memudahkan guru dalam pelaksanaan pembelajaran.

2. Guru dapat melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi proses pembelajaran, sehingga menjadi sebuah kerangka kerja yang terencana.

3. Suatu pedoman dalam pengembangan pembelajaran, sehingga menjadi dasar pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran.

4. Sebagai sumber pokok dalam upaya penyusunan rencana pembelajaran, sehingga rencana pembelajaran dapat tersusun sesuai prosedur.

5. Alat aktualisasi kurikulum secara operasional pada satuan tingkat pendidikan tertentu, sehingga dapat memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran.

Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2 yang bisa rekanGuru dapatkan secara gratis ini dibuat dengan cakupan Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), indikator, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.

Selain cakupan kompetensi dan indikator tersebut, Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2 yang kami bagikan ini disusun dengan komponen-komponen berikut ini ;

1. Identitas mata pelajaran, memuat nama mata pelajaran yang diampu guru.

2. Identitas sekolah, meliputi nama satuan pendidikan dan kelas yang diampu guru.

3. Kompetensi Inti (KI), yaitu pencapaian standar kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

4. Kompetensi Dasar (KD), berisi kemampuan spesifik dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

5. Indikator Pencapaian Kompetensi, yaitu pengukuran yang menunjukkan pencapaian kompetensi dasar tertentu dalam penilaian mata pelajaran.

6. Materi Pokok, berisi fakta, konsep, prinsip, prosedur, yang relevan dengan kondisi kelas dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

7. Kegiatan Pembelajaran, yaitu proses kegiatan di dalam kelas untuk penentuan pencapaian kompetensi yang diharapkan.

8. Penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar. Alat penilaian dapat berupa tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan.

9. Alokasi waktu, yaitu penentuan alokasi waktu setiap kompetensi dasar dibuat sesuai jumlah jam minggu efektif pelajaran untuk setiap satu semester.

10. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2 yang bisa ibu/bapak Guru Download berikut ini telah didesain melalui beberapa penerapan langkah penyusunan, antara lain ;

1. Mengkaji Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)

2. Mengidentifikasi materi pokok pembelajaran

3. Mengembangkan kegiatan

4. Merumuskan indikator pencapaian Kompetensi Dasar

5. Menentukan jenis penilaian

6. Menentukan alokasi waktu

7. Menentukan sumber belajar

Download Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2


Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2 yang kami bagikan ini hanyalah sebagai referensi saja sehingga dalam penggunaannya diperlukan perbaikan dan penyesuaian kembali sesuai dengan kebijakan sekolah tempat bertugas bapak dan ibu Guru sekalian.

Besar harapan kami bahwa dengan adanya Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2 ini dapat membantu bapak dan ibu Guru dalam melengkapi Perangkat Pembelajarannya. Silahkan Download Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2 pada tautan yang telah kami sediakan di bawah ini
Silabus Matematika Kelas 6 Semester 2 disini
Jangan lupa bagikan informasi tentang Silabus Matematika Kelas 6 SD/MI Semester 2 ini ke rekan Guru anda yang lainnya agar bermanfaat. Dapatkan Gratis Perangkat pembelajaran SD/MI lainnya langsung ke smarthpone anda dengan bergabung bersama guru lainnya dari berbagai daerah disini 👉 Bergabung Grup Dapodik
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar