--> Skip to main content

Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2

Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 guru biasanya hanya memuat informasi yang menguntungkan guru semata, karena Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2nya hanya memuat informasi tentang kemajuan belajar mengajar guru. Isi Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 yang dimiliki guru umumnya berbentuk tabel yang komponennya terdiri dari nomor, hari dan tanggal, kemajuan atau capain materi ajar, dan tandatangan guru.Komponen ini tentu hanya guru yang tahu dan mengambil manfaatnya.
Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2
Guru dapat mengembangkan makna Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 yang lebih luas sehingga tidak saja guru yang mengambil manfaat dari kegiatan melakukan Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2, akan tetapi siswapun dapat mengambil manfaat dari Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2.

Salah satu manfaat Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 bagi guru adalah hasil Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 sebagai reflektif pembelajaran guru.Biasanya guru apabila ditanya tentang masalah siswa hanya menjawab motivasi belajar.Tetapi dengan mengembangkan Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 nantinya guru akan memiliki permasalahan belajar siswa yang banyak dan variatif.

Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti jurnal adalah buku catatan harian,(2) buku yang dipakai untuk mencatat transaksi berdasarkan uruta waktu,sedanngkan arti pembelajaran adalah proses,perbuatan menjadikan orang atau makhluq hidup belajar.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20 “Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”.

Adapun pengertian Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 disini adalah Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 (learning journal) adalah sebuah dokumen yang secara terus-menerus bertambah dan berkembang, biasanya ditulis oleh seorang pembelajar untuk mencatat setiap kemajuan belajarnya atau dapat pula disebut jurnal reflektif. Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 bukanlah:

(a) berisi ringkasan materi pelajaran, tetapi lebih fokus pada reaksi terhadap apa yang sedang dan telah dipelajari atau dibaca (b) katalog belajar yang berisi peristiwa belajar yang dialami si pembelajar, tetapi merupakan catatan refleksi dan pemikiran atas apa apa yang sedang dan telah dipelajari

Siapa yang membuat Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2?

Tentu saja jawabnya adalah pembelajar itu sendiri! Yang dimaksud pembelajar di sini adalah siapa pun yang merasa dirinya ingin terus meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya, bisa siswa, mahasiswa, guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, karyawan dan yang lainnya.

Bentuk Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2

Bentuk Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 dapat berupa tulisan tangan atau dengan menggunakan komputer, bergantung pada kesiapan dan kondisi yang tersedia. Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 dapat berbentuk :

1.Lembaran kertas kecil, semacam buku saku yang memungkinkan setiap waktu dapat mencatat apa yang terpikirkan dari apa yang sedang dipelajari. Dalam bentuk yang lebih modern bisa memanfaatkan Handphone atau alat komunikasi lainnya.

2.Selanjutnya, tulis ulang ke dalam buku jurnal khusus atau ditransfer dalam komputer yang dapat tersimpan lama dan menjadi sebuah referensi permanen tentang kemajuan belajar (Jika disimpan dalam hardisk, jangan lupa membuat back-up data dan membuat print out-nya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya terkena virus atau terjadi kerusakan komputer yang dapat menyebabkan kehilangan data).

Saat ini telah tersedia blog atau website, yang gratisan atau pun berbayar yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2. Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 dalam bentuk blog atau website akan jauh lebih efektif, karena lebih memungkinkan untuk terjadinya interaksi dengan orang lain sehingga akan dapat semakin memperkaya isi Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2, yang pada gilirannya dapat semakin memotivasi dan memperkokoh proses belajar dari si pembuat jurnal itu sendiri.

Dalam Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 dimungkinkan pula untuk memasukkan pemiikiran pribadi atau opini, baik untuk dipublikasikan maupun hanya sekedar ekspresi diri saja sebagai dokumen pribadi yang tidak perlu diketahui pihak lain.

Bagi para pemula, aktivitas menulis memang menjadi sesuatu yang dianggap sulit sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi seiring dengan terus menerus berusaha menulis niscaya pada akhirnya akan menjadi terbiasa dan tidak lagi menjadi hal yang sulit, dan waktu yang dibutuhkan pun relatif sedikit.

Perkiraan kasar untuk dapat menulis sebuah tulisan jurnal cukup menghabiskan 1 jam satu jam dalam setiap minggunya. Untuk sementara waktu bagi para pemula, tulisan yang dibuat pun tidak perlu panjang-panjang, cukup hal-hal yang dianggap penting saja. Jika Anda menulis Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 dalam bentuk blog atau website, panjang halaman hanya dengan ukuran 1 kali tarikan scroll saja sudah bisa dianggap cukup.

3. Bentuk Tabel. Dalam bentuk tabel sudah kita kelompokkan pokok pikiran yang terkait dengan tema yang dibahas. Berikut ini adalah tabel yang bisa digunakan. Tabel ini adalah pilihan ,bukan sesuatu yang wajib digunakan dalam Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2

Download Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2


Semoga dengan hadirnya Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 ini dapat membantu dan memperlancar persiapan ibu bapak guru dalam memasuki semester baru. Silahkan Download Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 pada tautan yang telah kami sediakan di bawah ini
Jurnal Harian Kelas 6 disini
Jangan lupa bagikan informasi tentang Jurnal Harian Kelas 6 Semester 1 dan 2 ini ke rekan guru anda yang lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update Info tentang Perangkat Pembelajaran SD/MI lainnya langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini 👉 Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar