--> Skip to main content

Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK

Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK - Pada postingan kali ini admin akan membagikan Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK yang didasarkan pada Kualitas Terbaru Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK yang up to date haruslah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK
(a) Kevalidan, suatu Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK dikatakan valid apabila “The component of the material should be based on state-of-the-art knowledge (content validity) and all components should be consistenly linked to each other (construct validity)”.

Maknanya yaitu komponen pada materi sesuai dengan pengetahuan stateof-the-art (validitas isi) dan semua komponen harus saling terhubung antara satu dengan yang lainnya secara konsisten (validitas konstruk).

Validasi terhadap Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK dilakukan dengan cara seseorang atau beberapa ahli pembelajaran memberikan penilaian terhadap perangkat tersebut melalui instrumen validasi ahli untuk menilai kesesuaian perangkat yang dimaksud dengan teorinya dan memberi masukan untuk perbaikan perangkat tersebut.

Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK yang akan admin bagikan berikut ini berdasarkan validasi konstruk terhadap suatu perangkat dengan menggunakan instrumen validasi oleh dosen ahli. Hasil validasi akan menentukan tingkat kevalidan Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK.

Kevalidan salah satu perangkat, misalnya RPP dinilai dari tujuh komponen RPP yaitu identitas, perumusan indikator dan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.

Sedangkan kevalidan LKS dinilai dari empat komponen evaluasi LKS yaitu komponen kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen sajian, dan komponen kegrafikan. Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK dikatakan praktis apabila “… teacher and other experts consider the materials to be usable and that is easy for teachers and students to use the materials …” (Nieveen, 1999: 127).

Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK


Maknanya Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK dikatakan praktis apabila guru dan ahli yang lain beranggapan bahwa materi bermanfaat dan terasa mudah untuk guru dan siswa menggunakan materi tersebut. Berdasarkan penjelasan tersebut aspek kepraktisan merujuk pada dua hal yaitu kebermanfaatan dan kemudahan Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK.

Setelah menggunakan Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK tentunya pengguna mengetahui dan merasakan tingkat kepraktisan Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK. Pengguna akan mengetahui kehebatan dan kekurangan Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK dari sisi kecukupan alokasi waktu, ketepatan langkah pembelajaran yang disajikan pada RPP, kesesuaian materi/bahan ajar yang digunakan, kemenarikan media pembelajaran, keterbantuan mencapai tujuan pembelajaran, keandalan instrumen penilaian dan lainnya yang kemudian digunakan untuk masukan perbaikan Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK.

Pengguna dari Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK adalah siswa dan guru, oleh karena itu Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK yng akan admin bagikan berikut ini telah disusun berdasarkan penilaian terhadap kepraktisan Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK menggunakan tiga instumen yaitu angket penilaian siswa, angket penilaian guru, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran.

Angket penilaian siswa untuk mengukur kepraktisan LKS dengan aspek kemudahan, kebermanfaatan, keterbantuan, kemenarikan, pendekatan open-ended, dan komunikasi matematis. Angket penilaian guru untuk mengukur kepraktisan RPP dan LKS dengan aspek penyajian materi, penyajian RPP, dan penyajian LKS.

Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK dari aspek alokasi waktu dan keterlaksanaan langkahlangkah pembelajaran sesuai dengan RPP yang dikembangkan.

Untuk mengetahui keefektifan Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK dalam mencapai tujuan pembelajaran adalah dengan cara melakukan uji kompetensi bagi siswa untuk kemudian dianalisis hasilnya. Uji kompetensi dapat berupa tes maupun non-tes dengan cara uji yang disesuaikan dengan kompetensi yang akan diketahui.

Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK yng akan admin bagikan berikut ini menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis untuk mengukur keefektifan Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK. Tingkat keefektifan dilihat dari rata-rata skor ketercapaian aspek komunikasi matematis dan ketuntasan klasikal tes kemampuan komunikasi matematis.

Download Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK


Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK yang admin bagikan di bawah ini sudah dilengkapi dengan berbagai kelengkapan yang diharapkan dapat memudahkan sobat guru dalam mempersiapkan administrasi pembelajaran dalam menyonsong semester baru. Untuk itu silahkan Download Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK di bawah ini sesuai kebutuhan ibu dan bapak Guru.

KKM Kelas 2 PJOK

Jurnal Kelas 2 PJOK

Pemetaan Kelas 2 PJOK

Promes Kelas 2 PJOK

Prota Kelas 2 PJOK

Silabus Kelas 2 PJOK

RPP Kelas 2 PJOK Semester 1

RPP Kelas 2 PJOK Semester 2

Jangan lupa bagikan informasi tentang Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK ini ke rekan guru anda yang lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update Info tentang Perangkat Pembelajaran Kelas 2 PJOK SD/MI lainnya langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini 👉 Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar