--> Skip to main content

Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2

Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2 - Pada tahun ajaran baru biasanya para Guru akan disibukkan dengan penyusunan Perangkat Pembelajaran, salah satunya ialah Program Tahunan (Prota). Berhasil atau tidaknya kegiatan dan hasil pembelajaran akan dipengaruhi oleh kemampuan seorang tenaga pengajar dalam hal ini Guru didalam menyusun Prota, misalnya Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2.
Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2
Sehingga guru diharuskan memiliki kemampuan yang handal didalam meramu dan menyusun perangkat Pembelajarannya. Pada umumnya Prota, misalnya Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2 hanya bisa dibuat saat tahun ajaran baru dimulai dan ketika seorang guru telah mengetahui jumlah total jam pelajaran yang diembannya.

Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2 ini dibuat dari kumpulan alokasi waktu selama dua semester (1 tahun pelajaran) yang penyusunannya berfokus pada bagaimana siswa mencapai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran tersebut.

Dengan penetapan alokasi waktu yang tepat pada Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2 maka seorang guru akan mampu mengetahui apakah peserta didiknya memiliki pencapaian dan penguasaan materi pada kompetensi dasar yang baik atau tidak.

Namun yang wajib diperhatikan sobat guru sekalian dalam menyusun Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2 adalah didalam menentukan alokasi waktu sebaiknya menyesuaikan jumlah jam pelajaran dengan struktur kurikulum yang berlaku diinstansinya.

Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2


Unsur lain yang perlu diperhatikan oleh tenaga pengajar saat menentukan alokasi waktu dalam penyusunan Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2 adalah menyesuaikan keluasan materi dengan jam pelajaran serta struktur kurikulum yang ada.

Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2 dideksripsikan sebagai program umum bagi tiap-tiap mata pelajaran yang isinya mencakup poin-poin khusus yang akan dicapai oleh peserta didik dalam rentang waktu satu tahun.

Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2 yang akan kami bagikan bagikan ini telah disusun dengan memperhatikan fungsi berikut ini :

1. Sebagai acuan dalam mengatur proses belajar mengajar supaya berlangsung dengan baik dan sesuai ketentuan.

2. Dijadikan rujukan dalam menyusun Perangkat Pembelajaran selanjutnya yakni Promes.

3. Sebagai salah satu pedoman didalam menyusun kalender pendidikan.

4. Menjadi pedoman dalam pengoptimalan penggunaan waktu efektif pembelajaran yang tersedia.

Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2 yang akan kami bagikan ini telah disusun dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Menganalisis kalender pendidikan dan menyesuaikan kebutuhan berdasarkan ciri/karakter unit satuan pendidikan.

2. Memberikan tanda untuk hari libur, yang terdapat pada permulaan tahun ajaran baru, selanjutnya dapat mengetahui pekan/minggu efektif belajar. Oleh karena itu, dalam penentuan jam efektif belajar setiap minggu harus sesuai dengan kalender pendidikan yang telah ditentukan,berikut contoh untuk hari libur.

- Akhir tahun ajaran.

- Hari Besar Keagamaan.

- Hari Nesar Nasional.

3. Memperhatikan minggu efektif untuk menyusun alokasi waktu di setiap kompetensi dasar.

4. Menetapkan alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran, kompetensi dasar, dan pokok bahasannya di pekan efektif. Alokasi waktu yang disediakan harus sesuai dengan ruang lingkup materi, tingkat kesulitan, pentingnya materi, dan waktu untuk melakukan review pada materi tersebut.

Download Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2


Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2 yang kami bagikan ini hanyalah sebagai referensi saja sehingga dalam penggunaannya diperlukan perbaikan dan penyesuaian kembali sesuai dengan kebijakan sekolah tempat bertugas bapak dan ibu Guru sekalian.

Besar harapan kami bahwa dengan adanya Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2 ini dapat membantu bapak dan ibu Guru dalam melengkapi perangkat Pembelajarannya. Silahkan Download Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2 pada tautan yang telah kami sediakan di bawah ini
Prota Kelas 2 disini
Jangan lupa bagikan informasi tentang Prota Kelas 2 Semester 1 dan 2 ini ke rekan guru anda yang lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update Info tentang Perangkat Pembelajaran SD/MI lainnya langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini 👉 Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar