--> Skip to main content

RPP PJOK Kelas 4 Semester 1 Terbaru

RPP PJOK Kelas 4 Semester 1 Terbaru merupakan Contoh RPP 1 Lembar PJOK SD/MI Kelas 4 Semester 1 dimana anda bisa Download RPP 1 Halaman PJOK Kelas 4 Kurikulum 2013 SD/MI Semester 1 Revisi Terbaru dengan menyimak informasi tentang RPP Silabus PJOK 1 Halaman Semester 1 Kelas 4 hingga akhir halaman
RPP 1 Lembar PJOK SD/MI Kelas 4 Semester 1, Download RPP 1 Halaman PJOK Kelas 4 Kurikulum 2013 SD/MI Semester 1 Revisi Terbaru, RPP Silabus PJOK 1 Halaman Semester 1 Kelas 4

Kegiatan pembelajaran dalam RPP 1 Halaman PJOK SD/MI Kelas 4 Semester 1 K13 ini diharapakan dapat mendorong partisipasi aktif para peserta didik. Dimana dalam proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian dan juga semangat belajar tentunya.

RPP PJOK 1 Lembar Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 1 ini juga disusun dengan memperhatikan aspek pengembagan budaya membaca dan menulis. Dimana proses pembelajarnya khusus dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, memahami beragam bacaan sehingga dapat menuangkan atau berekspresi dalam bentuk tulisan serta mampu memberikan umpan balik dan sebuah tindak lanjut dimana pada manfaat RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan dan juga remedy.

Terakhir RPP 1 Lembar PJOK SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 1 yang bisa di download ini telah disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian dan juga sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP sendiri disusun dengan mengkomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar dan keragaman budaya serta mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

RPP PJOK Kelas 4 Semester 1 Terbaru


Terkait dengan RPP 1 Halaman SD/MI K13 Kelas 4 PJOK Semester 1 seperti diketahui bersama bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru Bapak Nadiem Makarim telah mengeluarkan sebuah kebijakan yang disebut merdeka belajar yang salah satu kebijakannya mengatur tentang penyusunan RPP.

Selama ini memang penyusunan RPP 1 Lembar PJOK SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 1 selalu saja menjadi perdebatan di kalangan pendidik dikarenakan penyusunannya membutuhkan waktu dan tenaga sehingga terkadang proses pembelajaran tak jarang menjadi sedikt terganggu.

Belum lagi poin-poin dalam penyusunan RPP PJOK 1 Lembar Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 1 yang lumayan banyak sehingga menghasilkan lembaran yang sangat tidak sedikit dimana isinya entah betul terlaksana pada saat pembelajaran dengan baik atau tidak.

Dari polemik semacam itulah yang mendasari Bapak Mendikbud mengeluarkan kebijakan terbarunya yang salah satunya terkait dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP 1 Halaman PJOK SD/MI Kelas 4 Semester 1 K13) dengan harapan agar masalah yang ada bisa segera teratasi yang pada gilirannya juga akan berimbas baik kepada lancarnya pembelajaran sehingga peserta didik akan mendapat haknya dalam mendapatkan pengajaran tepat waktu.

Dalam kebijakannya tersebut yang ditandai dengan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP 1 Lembar PJOK K13 SD Kelas 4 Semester 1) bapak Mendikbud menginstruksikan agar penyusunan RPP disederhanakan sehingga nantinya poin utama dalam sebuah penyusunan RPP haruslah mengandung prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Efisien maksudnya ialah RPP PJOK Kelas 4 Semester 1 Terbaru haruslah disusun secara tepat berdasarkan poin inti yang seharusnya sehingga tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga apalagi biaya dalam proses pembuatannya. Sedangkan efektif mengandung maksud bahwa penyusunan RPP harulah benar-benar terarah untuk mencaPJOK tujuan pembelajaran.

Dan berorientasi pada peserta didik mengandung arti bahwa penyusunan RPP PJOK 1 Halaman Kelas 4 SD Semester 1 kurikulum 2013 yang uraiannya fokus pada tujuan pembelajaran wajib mempertimbangakn kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar peserta didik di dalam kelas.

Seperti yang para sobat Guru ketahui bahwa ada sebanyak 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah yang mana semua komponen tersebut harus ada dalam penyusunan RPP.

Namun dengan adanya kebijakan terbaru Bapak Kemendikbud maka penyusunan RPP 1 Lembar SD/MI Kelas 4 PJOK Kurikulum 2013 Word haruslah disederhanakan dimana guru akan bebas untuk membuat dan memilih serta mengembangkan RPP nya tapi tentunya pembuatannya harus tetap berprinsip pada jalur efisien dan efektif serta berorientasi pada peserta didik.

Dalam SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 disiratkan bahwa dalam penyusunan RPP yang sebelumnya harus menghadirkan tiga belas komponen pasca dikeluarkannya kebijakan penyederhanaan kini menjadi tiga komponen saja yang wajib untuk dituliskan.

Ketiga komponen inti yang tersebut tadi diantaranya ; tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment). Sedangkan untuk komponen lainnya dalam penyusunan RPP hanyalah bersifat sebagai pelengkap saja.

1. Tujuan Pembelajaran

Penjabaran tujuan pembelajaran dalam RPP PJOK Kelas 4 Semester 1 Terbaru merupakan hasil rujukan dari kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar pada peserta didik. Rujukan tersebut tentunya harus berlatar belakang pada Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) serta Indikator yang termuat dalam silabus agar nantinya gambaran proses dan output (hasil belajar) terlihat jelas dan mampu tercaPJOK.

2. Langkah-langkah (kegiatan) Pembelajaran

Dalam penyusunan RPP 1 Halaman PJOK Kelas 4 SD/MI Revisi Terbaru Semester 1 yang sederhana kegiatan pembelajaran mesti ditulis secara efektif dimana kegiatan yang dimaksud pada proses pembelajaran bisa mengarah langsung kepada apa yang ingin dicaPJOK pada kompetensi dasar (KD).

Langkah-langkah pembelajaran yang efektif tersebut juga harus tetap mengedepankan kegiatan pembelajaran yang inovatif, interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang serta memotivasi para peserta didik.

Sehingga nantinya para peserta didik dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya akan mampu mengasah kreativitas dan kemandirian serta perkembangan psikologi para peserta didik.

3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)

Tata cara penilaian pada RPP PJOK Kelas 4 Semester 1 Terbaru yang disederhanakan juga mengalami penyederhanaan bentuk namun tetap mengacu pada IPK (indikator PencaPJOKan Kompetensi) dan standar penilaian Kurikulum 2013 secara garis besar.

Hadirnya kebijakan Mendikbud yang menyederhanakan RPP diharapkan mampu memperlancar proses belajar mengajar karena sekarang guru tidak perlu lagi berlama-lama dalam menyusun Perangkat mengajarnya utamanya RPP 1 Lembar K13 SD/MI PJOK Kelas 4 Semester 1.

Dengan disederhanakannya penyusunan RPP dengan prinsip efektif, efisien, dan berorientasi pada peserta didik serta berfokus pada tiga komponen inti saja yakni ; tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment) maka memang memungkinkan RPP disusun menjadi 1 halaman saja namun tentu ini juga tidak wajib 1 halaman karena Mendikbud tidak mengatakan ketentuan yang seperti itu.

Download RPP PJOK Kelas 4 Semester 1 Terbaru


Terkait dengan ulasan RPP 1 Lembar di atas maka kami menyediakan RPP 1 Halaman SD/MI K13 Kelas 4 PJOK Semester 1 yang bisa rekan guru gunakan sebagai contoh dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, tapi perlu diingat bahwa Contoh RPP 1 Lembar PJOK SD/MI Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 1 ini masih harus anda edit dan kembangkan sesuai dengan ketermapilan bapak dan ibu guru sekalian.

Bila sobat guru tertarik dengan RPP PJOK 1 Lembar Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 1 untuk dijadikan sebagai bahan referensi maka silahkan sobat Download RPP 1 Halaman PJOK SD/MI Kelas 4 Semester 1 K13 berikut ini pada tautan yang telah disediakan di bawah ini
RPP PJOK SD/MI Kelas 4 disini 
RPP PJOK yang dulunya disusun dengan mencantumkan identitas, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan juga penilaian dan dari kesemuannya mempunyai arah pengembangan masing-masing.

Namun semua nya itu merupakan suatu kesatuan yang masih dapat diterapkan pada format RPP PJOK Kelas 4 Semester 1 Terbaru yang disederhanakan, tinggal bagaimana kreatifitas seorang guru dalam menerapkannya. Dapatkan Gratis Perangkat pembelajaran SD/MI lainnya langsung ke smarthpone anda dengan bergabung bersama guru lainnya dari berbagai daerah disini 👉 Bergabung Grup Dapodik
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar