--> Skip to main content

KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2

KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 - KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) selalu tertera di dalam rapor peserta didik dimana nilai itu selalu terkait dengan perolehan nilai peserta didik itu sendiri. Seperti diketahui bersama bahwa KKM merupakan salah atu aspek penting dalam penerapan kurikulum berbasis kompetensi yang telah digagas Kemendikbud beberapa tahun yang lalu.
KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2
Kendati demikian bukan lagi rahasia umum bahwa KKM ini belum tersosialisasi dengan baik, baik di kalangan pendidik maupun untuk kalangan orang tua peserta didik itu sendiri, padahal pengetahuan dasar tentang KKM ini sangat penting diketahui oleh kedua belah pihak tadi.

Pada awal semester gasal atau lebih tepatnya di awal tahun ajaran baru seorang guru harus menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), misalnya KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 karena nantinya itu akan dipakai sebagai acuan dalam melakukan penilaian terhadap hasil belajar peserta didiknya.

KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 yang telah ditentukan tadi akan menjadi prinsip penilaian bagi seorang guru dimana dalam penentuan KKM tadi terdapat beberapa rumusan yang digunakan guna menghasilkan kriteria paling rendag dari hasil belajar seorang peserta didik.

Biasanya KKM suatu mata pelajaran, misalnya dalam hal ini adalah KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 penetapannya di awal tahun pelajaran oleh pemangku kebijakan yakni forum MGMP sekolah. Kenapa harus MGMP sekolah? Karena dalam merumuskan KKM tidak boleh asal-asaln melainkan ada beberapa macam konsep yang harus diterapkan.

KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2


Dalam meramu KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2, terdapat beberapa aspek yang menjadi tolak ukur yang nantinya akan menjadi acuan dalam menentukan ketuntasan nilai seorang peserta didik. Aspek yang dimaksud diantaranya kompleksitas materi, daya dukung pembelajaran, serta intake (kemampuan) siswa.

Kesemua aspek tersebut akan dirumuskan sesuai dengan tingkat indikator, kompetensi dasar, standar kompetensi yang digunakan dalam kurikulum mata pelajaran sehingga menghasilakn nilai KKM.

KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 ditetapkan dengan tujuan untuk mengetahui tercapai atau tidak kemampuan siswa berdasarkan angka ketuntasan yang telah ditetapkan yang mana juga sebagai salah satu aspek evaluasi dalam menentukan tercapainya kompetensi dasar dalam suatu muatan.

KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 yang merupakan salah satu tolak ukur dalam penentuan tercapai atau tidaknya kompetensi dalam muatan pelajaran akan memberikan hasil akhir kepada guru berupa pengetahuan terhadap kemampuan peserta didiknya.

Kemudian setelah guru mengetahui kemampuan peserta didiknya maka seorang guru wajib memberikan feedback, baik itu dengan pemberian penghargaan maupun dengan remedial atau pengayaan.

KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 berikut ini berfungsi sebagai semacam perjanjian pedagogik antara guru dengan siswanya sehingga memungkinkan berbagai pihak dapat ikut berpartisipasi dalam mencapai KKM yang telah ditentukan.

Berbagai eleman yang dimaksud tadi adalah guru, peserta didik dan orang tua peserta didik. Dengan adanya kerjasama antara ketiga elemen tersebut maka akan memungkinkan persentase tercapainya KKM akan semakin tinggi.

Peran guru dalam mendukung pencapaian KKM peserta didiknya dengan aktif dalam memberikan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang tercantum dalam silabus dan RPP serta memberikan umpan balik ketika hasil akhir KKM peserta didiknya telah tercapai.

Sedangkan peran peserta didik itu sendiri dalam mendukung tercapainya KKM adalah dengan mengikuti semua pembelajaran dan bimbingan dari guru di sekolah. Kemudian bagi orang tua peserta didik, perannya dalam mendukung tercapainya KKM yakni dengan memberikan semangat dan perhatian serta pengawasan terhadap anaknya ketika berada di rumah dalam mempelajari ulang materi yang tekah didapatkan di sekolahnya.

Dari uraian di atas bisa disimpulkan bahwa KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 adalah salah satu elemen yang sangat krusial yang harus segera disusun oleh seorang guru ketika tahun ajaran baru telah tiba. Namun tentu diketahui bahawa seorang guru tidak hanya mengurusi sekolah saja, melainkan banyak kesibukan lainnya yang juga menyita banyak waktunya.

Maka dari itu admin bermaksud untuk membantu dan memudahkan rekan guru dalam menyusun KKM nya yakni dengan menyediakan KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 sebagai bahan rujukan yang bisa didownload gratis di akhir artikel.

KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 yang kami bagikan ini telah disusun dengan memperhatikan panduan berikut ini, diantaranya : KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran, KKM ditetapkan oleh forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) sekolah, Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100

KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 kami juga ditentukan berdasarkan Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah 100, Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal, Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBS (Laporan Hasil Belajar Siswa)

KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 yang bisa sobat guru unduh ini telah ditetapkan dengan memperhatikan 3 prinsip, yaitu : daya serap siswa, daya dukung (baik itu tenaga pendidik dan kependidikan temasuk sarana prasarana belajar) dan kompleksitas (tingkat kesulitan materi pelajaran).

Kompleksitas adalah (Kesulitan & Kerumitan) setiap IP/KD yang harus dicapai oleh peserta didik. Jika kompleksitas tinggi berarti peserta didik dituntut agar memahami dengan baik Kompetensi yang harus dicapainya serta harus kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran.

Tingkat Daya dukung adalah ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan, seperti: BOP, manajemen sekolah, kepedulian stakeholders sekolah, dan lain sebagainya. Sedangkan Intake adalah tingkat kemampuan rata-rata siswa.

Download KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2


KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 yang kami sediakan berikut ini ditetapkan berdasarkan (1) pemberian point pada setiap kriteria yang ditetapkan (2) penggunaan rentang nilai pada setiap kriteria (3) pertimbangan professional judgment pada setiap kriteria untuk menetapkan nilai.

KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 ini sudah lengkap karena sudah terdiri dari semua kelas, Silahkan bapak ibu Guru Download KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 pada tautan yang telah kami sediakan di bawah ini
KKM PJOK Kelas 7 disini
Jangan lupa bagikan informasi tentang KKM PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 ini ke rekan guru anda yang lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update Info tentang Perangkat Pembelajaran SMP/MTs lainnya langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini 👉 Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar