--> Skip to main content

RPP dan Silabus Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013 adalah Perangkat Mengajar Guru SMP yang terdiri dari RPP dan Silabus SMP Kelas VII, VIII, IX Kurikulum 2013. Perangkat pembelajaran SMP ini merupakan RPP dan Silabus Kurikulum 2013 SMP yang sudah lengkap dengan berbagai mata pelajaran.
RPP dan Silabus Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus untuk Guru SMP berikut ini merupakan perangkat pembelajaran SMP Lengkap yang sudah terdiri dari RPP dan Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013. Perangkat SMP ini dihadirkan untuk memudahkan bapak dan ibu Guru dalam menyusun sebuah RPP dan Silabus

RPP Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013 ini juga telah dilengkapi dengan berbagai kelengkapan perangkat mengajar lainnya seperti RPP, Silabus, Prota, Promes SMP Kurikulum 2013 Lengkap untuk semester 1 dan 2.

Selain itu Perangkat Mengajar SMP ini juga sudah dilengkapi dengan RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru sehingga dengan kelengkapan perangkat mengajar SMP yang sudah komplit ini dapat membantu dan juga memudahkan bapak dan ibu Guru dalam menyelesaikan perangkatnya.

Namun perlu bapak dan ibu Guru ketahui bahwa RPP dan Silabus Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia SMP Kelas 7, 8. 9 Lengkap ini hanya sebagai Contoh RPP dan Silabus Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013 saja yang artinya setelah bapak ibu Guru mendownload RPP dan Silabus SMP ini maka sebaiknya silahkan di edit sesuai kebutuhan.

Sebelum bapak dan ibu Guru mendownload Contoh RPP dan Silabus Kurikulum 2013 SMP Kelas 7, 8. 9 maka terlebih dahulu admin akan memberikan sedikit gambaran tentang RPP Kurikulum 2013 dengan maksud agar penyusunan menjadi semakin mudah karena telah mengetahui sebelumnya tentang apa itu RPP dan Silabus Kurikulum 2013

RPP Kurikulum 2013 

RPP kurikulum 2013 yaitu kurikulum yang berlaku dalam sistem pendidikan Indonesia dimana kurikulum ini adalah kurikulum yang tetap diterapkan oleh pihak pemerintah untuk mengantikan kurikulum 2006 yang kerap kali di sebut sebagi kurikulum tingkat satuan pendidikan yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun.

RPP dan Silabus Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013


Kurikulum 2013 sendiri masih masuk masa percobaan pada tahun 2013 silam dengan menjadikan beberapa sekolah sebagai sekolah rintisan. Kurikulum 2013 dapat diimplementasikan secara terbatas pada sekolah perintis yakni pada kelas 1 dan 4 untuk tingkat sekolah dasar, kelas VII untuk tingkat SMP dan kelas X untuk jenjang SMA atau SMK.

Sedangkan pada tahun 2014 kurikulum 2013 sudah ditetapkan di kelas 1, 2, 3, 5, dan 5 sedangkan untuk SMP kelas VII dan VIII dan SMA kelas X dan XI dengan banyaknya jumlah sekolah yang menjadi sekolah perintis sebanyak 6.326 sekolah yang tersebar di seluruh penjuru yang ada di wilayah Indonesia di beberapa Provinsi.

RPP kurikulum 2013 memiliki empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap dan juga aspek perilaku. Di dalam kurikulum 2013 ini terutama dalam hal materi pembelajarannya terdapat materi yang di rampingkan dan materi yang di tambahkan, materi yang di rampingkan terlihat pada materi Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, dan sebagainya, sedangkan materi yang ditambahkan adalah materi matematika, namun masih membuthkan sebuah rujukan.

Materi pembelajaran tersebut terutama dalam hal ini IPA dan matematika disesuaikan dengan materi pembelajaran standar Internasional sehingga pemerintah berharap dapat menyeimbangkan pendidikan di dalam negeri dengan pendidikan yang berada di luar negeri. Berdasarkan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan pelaksanaan kurikulum 2013 dihentikan dan sekolah-sekolah untuk sementara ini kembali merujuk atau menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kecuali bagi satuan pendidikan dasar atau tingkat SD dan menengah yang sudah melaksanakannya selama 3 (tiga) semester, satuan pendidikan usia dini dan satuan pendidikan yang khusus penghentian tersebut bersifat sementara paling lama sampai tahun 2019/2020.

RPP kurikulum 2013 ini hanya diterapkan pada kelas 1 dan kelas 4 saja pada tingkat Sekolah dasar pada sekolah terpilih saja seperti telah di jelaskan diatas. Berbeda dengan tahun ajaran 2014/ 2015 yang menerapkan pada kelas 1, 2, 3, 4, dan 5 SD di seluruh wilayah di Indonesia.

Pada kurikulum 2013 beberapa perangkat pembelajaran disediakan oleh pemerintah pusat, seperti silabus, buku ajar dan juga siswa tidak perlu membeli lembar kerja siswa atau disingkay dengan LKS karena buku siswa kurikulum 2013 telah dilengkapi dengan LKS. Kurikulum 2013 untuk jenjang SD menggunakan pendekatan pembelajaran tematik.

Tema menjadi sebuah pengingat beberapa materi pelajaran yang harus dismpaikan oleh para guru. Dalam kurikulum 2013 ini setiap kelasnya disediakan beberapa tema yang memiliki subtema dan tentunya setiap subtema terdiri dari beberapa pembelajaran. Untuk mengetahui rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP tematik kurikulum 2013 SD dapat anda unduh secara online disitus-situs web yang tersedia.

RPP kurikulum 2013 dalam sebuah penyusunanya masih menajdi kewajiban seorang guru mengingat RPP adalah rencana kegiatan atau kerja yang digunakan untuk menggambarkan pengorganisasian, prosedur, kegiatan pembelajaran guna mencapai satu kemampuan dasar yang telah direncanakan dan juga yang telah dijabarkan dalam sebuah silabus, anda juga dapat mengubah RPP di atas sesuai kondisi sekolah tentunya berdasarkan tau dengan kreatifitas anda sendiri.

Setelah bapak dan ibu Guru membaca ulasan tentang apa itu kurikulum 2013 maka silahkan download RPP dan Silabus SMP Kurilukum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada link yang telah tersedia pada bagian bawah artikel

Download RPP dan Silabus Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013

Pencarian terkait RPP dan Silabus SMP Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut : download rpp kurikulum 2013 smp, rpp kurikulum 2013 sma, rpp kurikulum 2013 smp pdf, rpp kurikulum 2013 smp kelas 8, rpp kurikulum 2013 smp kelas 7, rpp k13 smp lengkap, rpp matematika smp kurikulum 2013 pdf, rpp ipa smp kelas 7 kurikulum 2013 revisi

Silahkan Download RPP dan Silabus SMP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 melalui tautan di bawah ini

Silabus Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013

RPP Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013

KKM Bahasa Indonesia SMP/MTs [ Dowload ]
Silabus Bahasa Indonesia SMP/MTs [ Dowload ]
Promes Bahasa Indoensia Kelas VII Smtr 1 [ Dowload ]
Promes Bahasa Indoensia Kelas VII Smtr 2 [ Dowload ]
Promes Bahasa Indoensia Kelas VIII Smtr 1 [ Dowload ]
Promes Bahasa Indoensia Kelas VIII Smtr 2 [ Dowload ]
Promes Bahasa Indoensia Kelas IX Smtr 1 [ Dowload ]
Promes Bahasa Indoensia Kelas IX Smtr 2 [ Dowload ]
RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Smtr 1 [ Dowload ]
RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Smtr 2 [ Dowload ]
RPP Bahasa Indoensia Kelas VIII [ Dowload ]
RPP Bahasa Indoensia Kelas IX [ Dowload ]
BAGIKAN KE
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar