--> Skip to main content

RPP dan Silabus Matematika SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus Matematika SMP Kurikulum 2013 adalah perangkat mengajar yang berisi Contoh silabus dan RPP SMP Kurikulum 2013 Matematika Terbaru Revisi 2016. Perangkat Pembelajaran Matematika ini dapat dipakai sebagai referensi dalam melengkapi kelengkapan perangkat mengajar bapak dan ibu guru sekalian.
RPP dan Silabus Matematika SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus Matematika SMP merupakan perangkat mengajar yang diperuntukkan untuk Guru SMP dengan mata pelajaran Matematika. Kelengkapannya berisi Silabus Matematika SMP Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013.

Silabus RPP Kurikulum 2013 SMP/MTs ialah salah satu kelengkapan perangkat mengajar yang harus diselesaikan dan dilengkapi oleh seorang guru ketika awal semester telah tiba. Karena RPP dan Silabus SMP Kurikulum 2013 Revisi terbaru ini akan menjadi pedoman seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas.

Berikut ini Silabus SMP-MTS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Revisi 2016 yang dapat bapak dan ibu Guru jadikan sebagai referensi dalam menyusun perangkat mengajar matematika. Selain Silabus SMP Kelas 7, 8, 9 file ini juga dilengkapi dengan RPP SMP/MTS Kurikulum 2013 sehingga sudah lengkap untuk dijadikan sebagai contoh RPP dan silabus Matematika SMP.

Contoh RPP dan Silabus SMP Kurikulum 2013


Sebelum bapak dan ibu Guru Download RPP dan Silabus Matematika SMP maka terlebih dahulu admin akan memberikan sedikit ulasan tentang Cara membut RPP dan Silabus Kurikulum 2013 agar nantinya penyusunan akan semakin mudah.

Cara Membuat RPP Dan Silabus Kurikulum 2013 Yang Benar

Kini, kurikulum 2013 sudah mulai diterapkan. Yang sering dipertanyakan adalah apakah sama RPP & silabus antara kurikulum 2006 dan kurikulum 2013? Jika berbeda, lalu bagaimanakah cara membuat RPP dan silabus kurikulum 2013 yang benar? Berikut akan kami bahas.

RPP dan silabus, keduanya merupakan rencana kegiatan pembelajaran yang dibuat oleh guru. Namun perbedaannya adalah jika RPP merencanakan untuk di setiap pertemuan, silabus merencanakan untuk 1 semester. Perbedaan antara kurikulum 2013 dan sebelumnya terlihat pada Silabus dan RPPnya.

Dalam Kurikuum 2016, penyusunan Silabus dilimpahkan pada satuan pendidikan yang bersangkutan.
Berbeda dengan KTSP, penyusunan Silabus saat ini merupakan kewenangan pemerintah. Terkecuali untuk mapel tertentu tetap dikembangkan oleh Satuan Pendidikan yang bersangkutan.

Dengan perpindahan kewenangan tersebut, tentu hal ini meringankan pekerjaan guru. Namun guru tetap harus menelaah kandungan dari isi Silabus oleh sesama guru ataupun dalam forum MGMP. Berikut cara membuat RPP dan silabus kurikulum 2013 yang benar:

1. Memetakan SK dan KD
2. Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KD dengan mengacu pada sumber
3. Merancang kegiatan pembelajaransemenarik mungkin dan dapat memotivasi peserta didik.
4. Menentukan indikator pencapaian
5. Menyusun penilaian beserta teknik yang digunakan, bentuk instrumen, dan berikan contoh soal.
6. Mengalokasikan waktu kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan materi.
7. Memasukkan sumber pembelajaran
8. Menentukan nilai karakter yang harus ditanamkan melalui materi yang. Hal ini penting karena pada kurikulum 2013 sikap dan perilaku merupakan salah satu sistem penilaian yang paling ditekankan.

Baik RPP maupun silabus mempunyai 3 langkah besar dalam penyusunanya, yaitu langkah pendahuluan, langkah inti, dan langkah penutup.

1. Langkah pendahuluan
Langkah yang pertama ini dibagi dalam 2 poin, yaitu motivasi dan pemberian acuan. Mengenai motivasi, guru hendaknya memberikan gambaran manfaat kepada siswa mengena materi yang akan diajarkan. Agar siswa sendiri mengetahui dan bersemangat ketika dari awal mengikuti kegiatan pembelajaran.

Sedangkan pemberian acuan berkaitan dengan dengan kajian ilmu yang akan nantinya dipelajari. Materi pokok ataupun uraian materi secara garis besarnya dapat dijelaskan dalam sesi ini. Mekanisme kegiatan pelajaran juga dapat dijelaskan sesua dengan rencana langkah belajar yang telah dibuat.

2. Kegiatan Inti
Kegiatan ini sudah langsung fokus pada proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar yang telah ada. Kegiatan pembelajaran haruslah dilakukan secara interaktif, menyenangkan serta dapat memotivasi siswa agar semakin baik.

Pembelajaran yang seperti ini sangat diperlukan agar siswa mempunyai minat yang lebih tinggi terhadap apa yang dipelajarinya. Sedangkan untuk metode yang digunakan, tentunya disesuaikan dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran yang akan dikaji.

3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan ini, peserata didik diminta untuk membuat kesimpulan tentang materi apa yang telah didapatkannya. Kegiatan di luar kelas juga diadakan seperti tindak lanjut dari pembelajaran yang telah didapatkan di kelas. Contohnya seperti les, remidi, dan sebagainya.

Demikian cara membuat RPP dan silabus kurikulum 2013 yang benar. Semoga bermanfaat dan dapat memudahkan anda dalam menyusun RPP dan silabus. Silahkan bapak dan ibu guru Download RPP dan Silabus Matematika SMP Kurikulum 2013 melalui link yang telah disediakan di bawah

Download RPP dan Silabus Matematika SMP Kurikulum 2013

Pencarian bapak dan ibu guru yang tekait dengan Contoh RPP dan Silabus Matematika SMP Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut : silabus matematika smp kurikulum 2013 pdf, silabus matematika smp kurikulum 2013 terbaru, silabus matematika smp kelas 7 kurikulum 2013 edisi revisi, silabus matematika smp kelas 7 kurikulum 2013 doc, silabus matematika smp kelas 8 kurikulum 2013 pdf, silabus matematika smp kurikulum 2013 revisi 2016, silabus matematika smp kurikulum 2013 doc, rpp matematika smp kurikulum 2013 revisi 2016

Silahkan bapak dan ibu Guru Download Contoh RPP dan Silabus SMP Kurikulum 2013 melalui tautan di bawah ini :
rpp matematika smp       silabus matematika smp 
Bagi rekan guru yang ingin request perangkat pembelajaran atau soal lain untuk diterbitkan di web ini maka silahkan gunakan kolom komentar atau dapat menghubungi kontak dapodikdasmen info disini
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar