--> Skip to main content

RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 merupakan perangkat yang terdiri dari RPP Silabus Bahasa Inggris SMP Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013. RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 berikut ini dapat anda jadikan sebagai referensi dalam membuat perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris.
RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013

RPP Silabus SMP/MTS Bahasa Inggris Kurikulum 2013 Lengkap adalah salah satu perangkat untuk Guru bahasa Inggris yang akan admin bagikan untuk para rekan guru SMP sekalian terkhusus untuk Guru mapel Bahasa Inggris.

RPP dan Silabus Bahasa Inggris Kelas VII, VIII,IX SMP merupakan salah satu kelengkapan perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh Guru Mapel bahasa Inggris di awal semester berjalan. RPP dan Silabus SMP Kelas VII,VIII, IX Kurikulum 2013 Edisi Revisi ini akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran.

Jika Bapak dan ibu Guru sedang mencari RPP dan Silabus untuk dijadikan sebagai bahan referensi dalam membuat RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Kurilkulum 2013 maka anda dapat mendownload melalui tautan yang telah disediakan di bagian bawah

Hal yang harus bapak dan ibu guru perhatikan adalah bahwa RPP dan Silabus SMP Bahasa Inggris ini hanya sebagai Contoh RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 yang nantinya dapat bapak dan ibu guru edit dan sesuaikan dengan kebutuhan serta kebijkan sekolah para rekan Guru sekalian.

Sebelum men Download RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 maka terlebih dahulu admin akan memberikan sedikit ulasan tentang Ciri Ciri RPP dan Silabus yang baik dan benar agar nantinya penyusunan RPP menjadi semakin mudah setelah membaca sedikit uraian berikut

Contoh RPP dan Silabus SMP Kelas VII, VIII, IX Kurikulum 2013


Inilah Ciri-ciri RPP dan Silabus yang Baik dan Benar

Pada dasarnya, adanya RPP dan Silabus adalah untuk merencanakan kegiatan belajar siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Namun, banyak kita temui RPP dan silabus hanya dibuat sebagai penggugur kewajiban saja. Beberapa RPP maupun silabus yang dibuat masih jauh dari kategori sempurna. Karena itu, penulis akan memaparkan ciri-ciri RPP dan silabus yang baik dan benar :

1. Di dalamnya terdapat proses belajar mengajar yang akan dilakukan oleh guru kepada siswanya. Jadi sangat tidak dibenarkan apabila RPP maupun silabus dibuat dari mencontoh hasil orang lain. Karena yang mengetahui keadaan kelas dan siswa sendiri adalah guru yang mengampu mereka, bukan guru yang lain.

Karenanya, Sangatlah penting kita berpandangan bawah RPP maupun silabus merupakan sesuatu yang diperlukan substansinya. Tidak hanya digunakan sebagai formailitas semata.

2. Dalam penyusunan RPP maupun silabus dilakukan secara sistematis. Karena RPP maupun silabus berisi perencanaan yang memuat langkah-langkah pembelajaran. Hal ini penting agar perencanaan pembelajaran yang disusun dalam RPP dan Silabus dapat diimplimentasikan secara tertib dan keseluruhan.

RPP & silabus yang sistematis terdiri dari berbagai hal berikut ini:
a. Identitas RPP / Silabus
b. Tujuan Pembelajaran
c. Materi Pembelajaran
d. Metode Pembelajaran
e. Langkah-langkah Pembelajaran
f. Sumber Belajar
g. Penilaian.

3. RPP dan Silabus disusun secara rinci dan spesifik. Perincian satu ini termasuk ciri-ciri RPP dan silabus yang baik dan benar kerena bahan ini tidak selalu dipakai oleh satu guru. Seringkali RPP & Silabus dipakai oleh guru lain karena posisinya sebagai guru ganti. Maka dari itu, penyusunannya haruslah rinci dan dapat dimengerti oleh orang lain dalam penerapannya.

Karena RPP dan silabus berbeda, maka perinciannya pun berbeda. RPP merinci mengenai kegiatan keseharian belajar mengajar. Sedangkan silabus hanya dibuat untuk masa enjang 1 semester Buku yang menjadi pegangan oleh siswa bukanlah merupakan hasil dari guru pengampu mereka sendiri.

Sehingga seringkali apa yang dipaparkan oleh buku pegangan tidaklah sesuai dengan pembelajaran oleh guru di kelas. Gunanya RPP dan Silabus akan menimbulkan dorongan dari guru untuk senantiasa menyiapkan fasilitas pembelajaran yang sesuai dengan keadaan murid mereka.

RPP maupun Silabus yang baik dan benar pastilah sesuai dengan keadaan siswa di kelas. Karenanya, adanya RPP maupun silabus akan menimbulkan peningkatan efektifitas pembelajaran jikalau tidak dibuat karena formalitas semata.

Di atas telah kami paparkan tentang ciri-ciri RPP dan Silabus yang baik dan benar. Maka bagi anda yang ingin menyusunnya, maka buatlah yang sesuai dengan ciri-ciri yang telah penulis sebutkan di atas. Susun RPP dan silabus dengan tujuan menciptakan pembelajaran yang baik dan benar, bukan hanya sebagai formalitas.

Selanjutnya silahkan download RPP dan Silabus SMP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 melalui tatan yang telah tersedia di bagian bawah

Download RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013

Pencarian bapak dan ibu Guru yang terkait dengan Contoh RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut : rpp bahasa inggris smp kurikulum 2013, silabus bahasa inggris smp kelas 7 semester 1 kurikulum 2013, silabus bahasa inggris smp kelas 8 kurikulum 2013 doc, silabus bahasa inggris smp kelas 9, silabus bahasa inggris smp kelas 7 kurikulum 2013 pdf, rpp bahasa inggris smp kelas 8 kurikulum 2013, kurikulum 2013 bahasa inggris sma, silabus bahasa inggris smp kurikulum 2013 revisi 2019/2020

Silahkan Download Contoh RPP dan Silabus Bahasa Inggris SMP Kurikulum 2013 melalui tautan yang ada di bawah
silabus bhs inggris smp      rpp bhs inggris smp 
Bagi rekan guru yang ingin request perangkat pembelajaran atau soal lain untuk diterbitkan di web ini maka silahkan gunakan kolom komentar atau dapat menghubungi kontak dapodikdasmen info disini
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar