--> Skip to main content

RPP dan Silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013 adalah RPP dan Silabus SMP Kelas VII,VIII, IX Kurikulum 2013 yang berisi RPP dan Silabus Seni Budaya Kurikulum 2013 SMP/MTS. RPP dan Silabus Seni Budaya SMP Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 dapat dijadikan sebagai referensi bagi rekan guru yang hendak membuat perangkat pembelajaran.
RPP dan Silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus SMP Kelas VII, VIII, IX Mapel Seni Budaya merupakan salah satu kelengkapan perangkat mengajar yang dikhususkan untuk rekan Guru yang membawahi mata pelajaran Seni Budaya di tingkat Sekolah Menengah Pertama ( SMP).

RPP dan Silabus Seni Budaya MTS/SMP Kurikulum 2013 yang nantinya telah dilengkapi oleh bapak dan ibu Guru akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Dengan dilengkapinya Perangkat Pembelajaran SMP Kurikulum 2013 akan menjadikan proses pembelajaran lebih terarah dan lancar.

RPP dan Silabus Seni Budaya SMP berikut dapat bapak dan ibu Guru jadikan sebagai Referensi dalam pembuatan RPP dan Silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013, namun tetap disarankan untuk mengembangkan dan mengeditnya sesuai dengan kebutuhan di instasi sekolah masing masing.

Sebelum para rekan Guru Download RPP dan Silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013 pada tautan yang tersedia di bagian bawah maka terlebih dahulu admin memberikan sedikit ulasan tentang Definisi perangkat pembelajaran sebagai berikut :

Contoh RPP dan Silabus SMP Kelas VII, VIII, IX Kurikulum 2013


Definisi Perangkat Pembelajaran

Dalam proses belajar mengajar, keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didiknya sangatlah diharapkan. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan persiapan yang matang. Suparno (2002) mengatakan bahwa sebelum seorang guru mengajar, diharapkan mempersiapkan bahan yang akan diajarkan dan alat peraga / parktikum yang akan digunakan.

Mempersiapkan juga pertanyaan dan arahan untuk memancing siswa aktif belajar, mempelajari keadaan siswa, mengetahui kelemahan dan kelebihan siswa, serta mempelajari pengetahuan awal siswa Semuanya akan terurai di dalam perangkat pembelajaran.

Dilihat dari susunan katanya, ‘Perangkat pembelajaran’ terdiri dari dua kata yakni perangkat dan pembelajaran. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah cara atau proses yang menjadikan orang belajar.

Suhadi (2007: 24) menambahkan bahwa perangkat pembelajaran adalah seperangkat bahan, media, alat, petunjuk dan pedoman yang digunakan dalam proses pembelajaran. Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa definisi perangkat pembelajaran adalah sekumpulan saran yang digunakan guru dan murid dalam proses pembelajaran di kelas.

Berikut beberapa perangkat pembelajaran yang akan mengiringi penjabaran definisi perangkat pembelajaran :

a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP merupakan panduan bagi guru dalam proses pembelajaran sekaligus uraian tentang kegiatan siswa yang berhubungan dengan kegiatan guru tersebut. RPP yang dirancang juga harus memuat materi pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan daftar pustaka serta penilaian. O’Meara (2000) menyarankan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran agar dapat digunakan secara praktis oleh guru sehingga dapat dengan mudah diobservasi.

b. Buku

Buku adalah sebuah perangkat pembelajaran yang berupa bahan tertulis berisi suatu ilmu pengetahuan hasil analisis terhadap kurikulum. Buku akan dikatakan baik apabila buku ditulis dengan menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti, disajikan secara menarik dengan dilengkapi dengan gambar dan keterangan-keterangannya. Selain itu isi buku juga sebisa mungkin menggambarkan sesuatu yang sesuai dengan ide penulisnya.

c. Lembar Kegiatan Siswa

Untuk mencapai kompetensi dasar siswa, buku harus didampingi oleh lembar kegiatan siswa (LKS). Lembar tersebut diperlukan untuk mengarahkan proses belajar siswa. Dengan adanya lembar kegiatan siswa ini diharapkan peserta didik akan ikut aktif dalam pembelajaran. Sehingga mereka memiliki kesempatan yang luas dalam proses konstruksi pengetahuan dalam diri.

d. Tes Hasil Belajar

Dalam definisi perangkat pembelajaran yang kita ulas ini, tes hasil belajar atau THB menjadi pembahasan perangkat selanjutnya. Menurut Trianto (2007 : 76), tes hasil belajar adalah tes yang digunakan untuk mengetahui hasil dari proses belajar siswa selama belajar mengajar. Tes dibuat dengan mengacu pada kompetensi dasar yang ingin dicapai, dijabarkan ke dalam indikator pencapaian hasil belajar dan di susun berdasarkan kisi-kisi penulisan butir-butir soal. Lengkap dengan kunci jawaban dan lembar observasi penilaian psikomotor kinerja siswa.

Demikianlah ulasan kami tentang definisi perangkat pembelajaran. Semoga dapat memberikan manfaat bagi anda. Selanjutnya silahkan Download Contoh RPP dan Silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013 melalui tautan yang telah disediakan pada area bawah

Download RPP dan Silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013


Pencarian bapak dan ibu Guru yang terkait dengan Contoh RPP dan Silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut : rpp kurikulum 2013 smp pdf, rpp k13 smp lengkap, rpp kurikulum 2013 smp kelas 8, rpp seni budaya smp kurikulum 2013 revisi, rpp kurikulum 2013 smp kelas 9, rpp ipa smp kurikulum 2013 doc, rpp kurikulum 2013 smp kelas 7, rpp matematika smp kelas 8 kurikulum 2013 lengkap

Silahkan bapak dan ibu Guru Download Contoh RPP dan Silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013 melalui tautan di bawah
silabus seni budaya smp     rpp seni budaya smp 
Bagi rekan guru yang ingin request perangkat pembelajaran atau soal lain untuk diterbitkan di web ini maka silahkan gunakan kolom komentar atau dapat menghubungi kontak dapodikdasmen info disini
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar