--> Skip to main content

RPP dan Silabus IPA SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus IPA SMP Kurikulum 2013 adalah RPP SMP Kurikulum 2013 yang berisi RPP dan Silabus IPA SMP Kelas 7, 8, 9. RPP dan Silabus SMP Kelas VII, VIII, IX Kurikulum 2013 sudah dilengkapi dengan Silabus dan RPP SMP/MTS Kurikulum 2013 Terbaru Terlengkap sehingga sangat tepat untuk dijadikan sebagai referensi pembuatan perangkat.
RPP dan Silabus IPA SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus SMP/MTS Kurikulum 2013 adalah salah satu kelengkapan perangkat mengajar seorang Guru yang harus segera dilengkapi saat awal semester tiba. Seperti diketahui bahwa RPP, Silabus, Prosem, Prota, KI dan KD SMP Kurikulum 2013 adalah rangkian perangkat mengajar seorang guru yang wajib untuk dilengkapi.

RPP dan Silabus Kurikulum 2013 SMP Kelas 7, 8, 9 merupakan acuan yang akan dijadikan guru dalam mengelola proses belajar mengajar yang akan terjadi di dalam kelas. Kemana arah pembelajaran yang akan terjadi semuanya terjabarkan dalam RPP dan Silabus SMP Kelas VII, VIII, IX Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru.

Untuk itu admin telah menyiapkan RPP Silabus SMP/MTS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru untuk dijadikan sebagai bahan rujukan dalam pembuatan perangkat mengajar bapak dan ibu guru sekalian utamanya untuk pembuatan RPP dan Silabus IPA SMP Kurikulum 2013.

Namun perlu rekan Guru ketahui bahwa RPP dan Silabus SMP Kurikulum 2013 berikut hanya sebagai Contoh RPP dan Silabus IPA SMP Kurikulum 2013 saja. Sehingga untuk penggunaan lebih lanjut maka disarankan untuk mengeditnya sesuai dengan kebutuhan masing masing.

Sebelum bapak dan ibu Guru Download RPP dan Silabus IPA SMP Kurikulum 2013 pada tautan yang telah disediakan di bawah maka terlebih dahulu admin akan memberikan sedikit uraian tentang Hasil Revisi Final Kurikulum 2013 agar penyusunan Perangkat Mengajar Kurikulum 2013 dapat lebih baik.

Contoh RPP dan Silabus SMP Kurikulum 2013


Hasil Revisi Final Kurikulum 2013

Diberlakukannya Kurikulum 2013 pada Jenjang Pendidikan Dasar (Dikdas) tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama atau Jenjang Pendidikan Menengah, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah mengalami beberapa revisi.

Hasil Revisi Final Kurikulum 2013 mengalami perubahan seperti pada sistem satuan (1-4) menjadi puluhan (0-100). Ranah yang dinilai meliputi Ketuntasan Belajar, Mekanisme dan Prosedur, Pengolahan dan Laporan Hasil Belajar.

Terdapat 6 poin penting dari Hasil Revisi Final Kurikulum 2013 yaitu :

1. Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif.

Guru atau pengajar berperan menjadi fasilitator dalam pembelajaran dengan membuat siswa menyenangi kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian maka akan tercipta suatu pembelajaran yang kreatif, aktif, inovatif, dan menyenangkan.

2. Meningkatkan Hubungan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)

Guru sebgai fasilitator harus mampu meningkatkan hubungan Kompetensi inti dan kompetensi dasar itu sendiri.

3. Penyederhanaan aspek penilaian siswa oleh guru.

Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) dan guru pendidikan agama_budi pekerti bertugas untuk memberikan penilaian sosial dan keagamaan kepada siswa.

4. Proses berpikir siswa tidak dibatasi,

Sekarang anak SD/MI boleh berpikir sampai tahap penciptaan, sesuai kemampuannya. Tidak seperti dulu yang hanya diperuntukkan siswa jenjang SMA/sederajat,

5. Teori 5M ( Lima M )

Penerapan teori 5M ini meliputi mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan menciptakan
Selain 6 poin Hasil Revisi Final Kurikulum 2013 diatas, ada beberapa hasil revisi yang lain. Diantaranya yaitu :

1. Tujuan penilaiannya yaitu diagnostic (melihat perkembangan peserta didik dan feedback-koreksi pembelajaran), Formatif ( membentuk karakter dan perilaku, dimana menjadikan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat), dan mengukur achievement/capaian agar dapat dilakukan evaluasi hasil pembelajaran.

2. Dalam proses penilaian dilakukan dengan lebih sederhana, terjangkau untuk dilakukan, dan tidak membebani baik guru atau siswa, dengan tetap mengutamakan prinsip dan kaidah penilaian.
3. Penilaian yang dilakukan bukan hanya penilaian mengenai pembelajaran (assessment of learning), tetapi juga penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning) dan penilaian untuk pembelajaran (assessmet for learning).

4. Prinsip-prinsip Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dilakukan terhadap penguasaan tingkat kompetensi sebagai pencapaian pembelajaran. Jadi Penilaian bukan dalam bentuk angka tetepai dalam bentuk deskripsi dengan klasisfikasi: tidak/atau kurang kompeten, cukup kompeten, kompeten, sangat kompeten.

5. Penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan observasi yang dituangkan dalam catatan guru mata pelajaran, wali kelas dan guru bimbingan konseling (BK) yang berupa catatan kejadian tertentu (incidental record), catatan anekdot (anecdotal record), dan informasi lain yang valid dan relevan.

Demikian informasi mengenai Hasil Revisi Final Kurikulum 2013. Didalam hasil revisi tersebut lebih menekankan bagi anak atau siswa tidak hanya sekedar pintar namun juga berkarakter yang bagus. Selanjutnya silahkan download RPP dan Silabus IPA SMP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru melalui tautan di bawah

Download RPP dan Silabus IPA SMP Kurikulum 2013


Pencarian bapak dan ibu guru yang terkait dengan RPP dan Silabus IPA SMP Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut : download rpp kurikulum 2013 smp, rpp kurikulum 2013 smp pdf, rpp k13 smp lengkap, rpp kurikulum 2013 smp kelas 8, rpp kurikulum 2013 smp kelas 7, rpp kurikulum 2013 smp kelas 9, rpp ipa smp kurikulum 2013 doc, rpp matematika smp kelas 7 kurikulum 2013 lengkap

Silahkan Download Contoh RPP dan Silabus IPA SMP Kurikulum 2013 melalui tautan di bawah ini
silabus ipa smp     rpp ipa smp 
Bagi rekan guru yang ingin request perangkat pembelajaran atau soal lain untuk diterbitkan di web ini maka silahkan gunakan kolom komentar atau dapat menghubungi kontak dapodikdasmen info disini
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar