--> Skip to main content

RPP dan Silabus IPS SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus IPS SMP Kurikulum 2013 adalah perangkat mengajar yang berisi RPP dan Silabus Kurikulum 2013 IPS Kelas VII, VIII, IX SMP/MTS. Perangkat Pembelajaran SMP/MTS ini terdiri dari Silabus dan RPP SMP/MTs Kurikulum 2013 Terbaru Terlengkap sehingga sudah layak untuk dijadikan referensi dalam pembuatan RPP dan Silabus.
RPP dan Silabus IPS SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus IPS SMP merupakan salah satu kelengkapan perangkat mengajar bagi Guru SMP IPS. Perangkat Pembelajaran IPS SMP Kurikulum 2013 ini biasanya harus segera dilengkapi seorang guru ketika awal semester tiba.

RPP dan Silabus Kurikulum 2013 SMP Kelas 7 8 9 berikut ini sudah dilengkapi dengan Silabus RPP SMP/MTS Kurikulum 2013 sehingga sangat cocok untuk bagi bapak dan ibu guru yang sedang mencari sumber rujukan untuk pembuatan RPP dan Silabus nya.

Selain itu Perangkat mengajar IPS SMP berikut ini merupakan RPP dan Silabus IPS SMP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Namun tetap saja RPP dan Silabus SMP ini hanya bersifat sebagai Contoh RPP dan Silabus IPS SMP Kurikulum 2013 saja.

Karena RPP dan Silabus SMP IPS Kurikulum 2013 ini hanya sebagai contoh maka untuk penggunaan lebih lanjut disarankan kepada para rekan Guru sekalian untuk dapat mengedit dan mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan serta kreatifitas masing masing.

Sebelum bapak dan ibu Guru Download RPP dan Silabus IPS SMP Kurikulum 2013 melalui tautan yang disediakan di bawah maka admin akan memberikan sedikit ulasan tentang Komponen - Komponen RPP dan Silabus sebagai berikut

Contoh RPP dan Silabus SMP Kelas VII, VIII, IX


Komponen-Komponen RPP Dan Silabus

Bagi anda yang ingin membuat RPP dan silabus tetapi belum begitu paham tentang keduanya, Disini kami akan memberikan sedikit informasi kepada anda tentang komponen RPP dan Silabus. Karena memang keduanya sangat penting bagi berlangsungnya proses belajar mengajar.

Selanjutnya kita akan langsung membahas tentang komponen-komponen RPP dan silabus.

1. Komponen-komonen RPP
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur serta pengorganisasian pembelajaran guna mencapai satu kompetensi dasar yang sudah ditetapkan dalam Standar Isi dan juga dijabarkan dalam silabus.

Adapun lingkup Rencana Pembelajaran paling luas yaitu mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri dari satu indicator atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.

Komponen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sudah diatur permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses terdiri dari :

Identitas mata pelajaran
Identitas mata pelajaran, terdiri dari : satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian. Selain itu juga harus ada mata pelajaran atau tema pelajaran, dan jumlah pertemuan.

Standar kompetensi
Standar kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang akan menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan bisa dicapai pada setiap kelas dan/ atau semester pada suatu mata pelajaran.

Kompetensi dasar
Kompetensi dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam mata pelajaran.

Indikator pencapaian kompetensi
Indikator kompetensi merupakan perilaku yang dapat diukur atau diobservasi untuk menunjukan tercepainya kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.

Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran adalah untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

Materi ajar
Materi ajar terdiri prinsip, fakta, konsep, serta prosedur yang relevan, kemudian ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai rumusan indikator pencapaian kompetensi.

Alokasi waktu
Alokasi waktu ini ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD serta beban belajar.

2. Komponen-Komponen Silabus

Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi serta kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam membahas komponen RPP dan silabus ini , standar silabus yang kita gunakan berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Silabus dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

a. Standar Kompetensi Mata Pelajaran
Standar kompetensi mata pelajaran merupakan batas dan arah kemampuan yang harus dimiliki serta dapat dilakukan oleh peserta didik setelah melewati proses pembelajaran dalam suatu mata pelajaran tertentu.

b. Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar merupakan kemampuan minimal pada tiap mata pelajaran yang harus dicapai peserta didik.

c. Hasil Belajar
Hasil belajar yaitu kemampuan siswa dalam memenuhi tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam suatu kompetensi dasar untuk dijadikan petunjuk tentang perubahan perilaku yang dicapi oleh siswa.

d. Indikator Hasil Belajar
Indikator hasil belajar merupakan ciri tercapainya kompetensi dasar. Indikator ini berfungsi sebagai tanda-tanda yang menunjukkan terjadinya perubahan perilaku pda diri siswa.

e. Materi Pokok
Materi pokok yaitu pokok-pokok materi yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan nantinya dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasarkan indikator pencapaian belajar.

f. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran merupakan bentuk atau pola umum kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan yang merupakan kegiatan tatap muka dan non tatap muka.

g. Alokasi Waktu
Alokasi waktu disini adalah waktu yang diperlukan untuk menguasai masing-masing kompetensi dasar.

h. Adanya Penilaian
Penilaian merupakan jenis, bentuk, dan instrumen yang digunakan sebagai alat untuk mengetahui atau mengukur keberhasilan belajar siswa.

i. Sarana dan Sumber Belajar
Sarana dan sumber belajar yaitu sarana dan sumber belajar yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

Beberapa informasi diatas adalah komponen RPP dan silabus yang dapat kami berikan. Semoga sedikit informasi diatas dapat membantu pembaca dalam menyusun RPP dan silabus. Selanjutnya silahkan Download RPP dan Silabus IPS SMP Kurikulum 2013 melaui tautan yang telah disediakan di bawah

Download RPP dan Silabus IPS SMP Kurikulum 2013


Pencarian bapak dan ibu Guru yang terkait dengan Download Contoh RPP dan Silabus IPS SMP Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut : rpp ips kelas 9 kurikulum 2013, rpp ips smp kelas 8 kurikulum 2013 pdf, download rpp kurikulum 2013 smp, rpp ips kelas 7 kurikulum 2013 semester 2, rpp kurikulum 2013 smp pdf, rpp k13 smp lengkap, rpp kurikulum 2013 smp kelas 8, rpp kurikulum 2013 smp kelas 9

Silahkan Download RPP dan Silabus IPS SMP Kurikulum 2013 melalui tautan di bawah ini
silabus ips smp     rpp ips smp 
Bagi rekan guru yang ingin request perangkat pembelajaran atau soal lain untuk diterbitkan di web ini maka silahkan gunakan kolom komentar atau dapat menghubungi kontak dapodikdasmen info disini
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar