--> Skip to main content

Kumpulan Soal UKK Agama Islam PAI Kelas 1 2 3 4 5 SD

Kumpulan Soal UKK Agama Islam PAI Kelas 1 2 3 4 5 SD adalah Bank Soal PAI yang berisi Soal UKK Agama Islam Kelas 1 - 5 SD. Kumpulan Soal Ujian Kenaikan Kelas (UKK) PAI ini dipersiapkan sebagai referensi dalam pembuatan Soal UKK Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Kumpulan Soal UKK Agama Islam PAI Kelas 1 2 3 4 5 SD

Kumpulan Soal UKK PAI adalah salah satu kesiapan file soal yang harus dimiliki oleh seorang guru pendidikan Agama Islam ketika akhir semester sudah menjelang. Agar pembuatan Soal PAI dpaat berjalan dengan lancar maka sebaiknya mempersiapkan Bank Soal PAI SD sedini mungkin.

Bank Soal PAI SD kelas 1 2 3 4 5 sangat diperlukan demi lancarnya persiapan dan pembuatan soal UKK PAI. Untuk itu kegurua.com akan membagikan Contoh Soal UKK Agama Islam SD Kelas 1 2 3 4 5 lengkap dengan kunci Jawaban.

Soal Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 1 2 3 4 5 SD berikut ini hanya sebagai Contoh Kumpulan Soal UKK Agama Islam PAI Kelas 1 2 3 4 5 SD saja. Untuk penggunaan lebih lanjut disarankan agar dapat mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan para rekan Guru sekalian.

Sebelum Download Kumpulan Soal UKK Agama Islam PAI Kelas 1 2 3 4 5 SD yang telah disediakn di bawah maka terlebih dahulu admin akan memberikan sedikit ulasan tentang Konsep dan Prosedur Pengembangan Bank Soal sebagai berikut

Konsep dan Prosedur Pengembangan Bank Soal 

Dalam menempuh ujian, tentunya disediakan soal untuk kita jawab. Soal-soal tersebut pasti terlebih dahulu di kelola oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab. Pemerintah misalnya, pemerintah yang menyediakan soal sekaligus sebagai bank soal pertama saat Ujian Nasional atau UN berlangsung.

Kalau kita menilik kata ‘Bank Soal’, berasal dari kata bank dan soal. Kebanyakan dari kita pasti berpersepsi bahwa sebuah bank pastilah tempat penyimpanan, yang mana berarti bank soal adalah tempat penyimpanan soal. Tetapi apakah sudah benar persepsi kita tersebut.

Contoh Soal UKK Agama Islam Kelas 1-5 SD


Untuk mengetahui benar dan tidaknya persepsi tersebut, marilah kita ulas pengertian maupun konsep dan prosedur pengembangan bank soal.

A. Pengertian Bank Soal
Menurut Millman dan Arter(1984:315), bank soal bukan hanya tempat pengumpulan soal yang seperti kita duga tadi. Tetapi menurut Wright dan Bell (1984: 331) bank soal adalah bank yang menyediakan butir-butir soal yang terkalibrasi dan di susun secara sistematis agar mudah jika digunakan kembali untuk dimanfaatkan soalnya.

Sedangkan menurut Ward dan Ward (2004) adalah "a item bank is a collection of test items that may be easily accessed for use in preparing examinations". Artinya adalah Bank soal merupakan koleksi butir soal yang telah dipergunakan untuk menyiapkan sebuah penilaian.

Jadi dari beberapa pendapat tersebut dapat kita simpulkan bahwa bank soal adalah kumpulan soal yang telah terkalibrasi secara sistematis untuk tujuan penilaian.

B. Konsep dan Prosedur Pengembangan Bank Soal
Dalam pengembangan bank soal yang berperan adalah sekolah. Bagaimana sekolah akan mengonsep bank soal tersebut. Sebuah konsep adalah sebuah rancangan yang akan dilakukan terhadap sesuatu.

Seperti konsep pada bank soal ini, konsep yang digunakan adalah untuk menyusun beberapa paket paralel soal berdasarkan pada unit – unit pengajaran. Seperti ulangan harian, ulangan semester, ataupun ujian nasional.

Sebelum sekolah mengonsep pengembangan bank soal, pertimbangan guru sangatlah penting. Guru harus terlebih dahulu merancang atau memperkirakan soal yang akan dibuat atau dibagikan dengan pembelajaran yang selama ini berjalan.

Salah satu caranya adalah dengan para guru memilih soal-soal untuk penilain kelas. Sehingga akan menghemat waktu bagi para guru tersebut dalam mengoreksi. Model ujian yang akan kita bahas dibawah ini diharapkan akan memiliki mutu yang lebih baik.

Mengingat kurikulum Indonesia adalah standart, konsep ini kiranya sangat sesuai. Untuk itulah konsep dan prosedur penegembangan bank soal perlu diperhatikan oleh tiap instansi sekolah.

Selanjutnya, dalam pengembangan bank soal, butir-butir soal harus di proses sesuai prosedur. Prosedur yang biasanya dipakai dalam pengembangan soal adalah:
1. Menyusun kisi-kisi
2. Penulisan butir soal
3. Validasi butir
4. Perakitan tes
5. Uji coba tes
6. Memaksukkan data
7. Menganalisis butir soal secara klasik dan IRT
8. menyeleksi butir soal pada bank soal yang terkalibrasi.

Kemudian setiap butir soal akan dimasukkan sesuai dengan tingkat sekolah, tipe sekolah, standart kompetensi dan kompetensi dasar, jurusan, tujuan pembelajaran, perilaku yang diukur, format soal, tingkat kesulitan soal dan kemampuan siswa, semester, serta tahun.

Selain itu, dalam pengembangan butir-butir soal dalam bank soal, diperlukan perangkat lunak. Berikut perangkat lunak yang dinggap tepat dan memiliki kelebihan yaitu:

1. Kemudahan pada saat penyimpanan dan pencarian kembali
2. Kesanggupan untuk memunculkan lagi grafik butir-butir soal secara tepat
3. kelengkapan data butir soal.

Demikianlah sedikit uraian tentang konsep dan prosedur pengembangan bank soal yang dapat kami bagi. Semoga bermanfaat.Selanjutnya silahkan Download Kumpulan Soal UKK Agama Islam PAI Kelas 1 2 3 4 5 SD melalui tautan yang tersedia di bagian bawah

Download Kumpulan Soal UKK Agama Islam PAI Kelas 1 2 3 4 5 SD


Pencarian bapak dan ibu guru yang terkait dengan Contoh Kumpulan Soal UKK Agama Islam PAI Kelas 1 2 3 4 5 SD adalah sebagai berikut : soal agama islam kelas 1 sd semester 2 dan kunci jawaban, soal agama islam kelas 1 sd semester 1, soal agama islam kelas 1 sd semester 2 kurikulum 2013, soal agama islam kelas 1 sd kurikulum 2013, soal agama islam kelas 2 sd semester 2 dan kunci jawaban, soal uts pai sd kurikulum 2013, kumpulan soal pai sd kurikulum 2013, bank soal pai sd

Silahkan Download Contoh Kumpulan Soal UKK Agama Islam PAI Kelas 1 2 3 4 5 SD melalui tautan di bawah
soal ukk pai sd lengkap semua kelas
Bagi rekan guru yang ingin request perangkat pembelajaran atau soal lain untuk diterbitkan di web ini maka silahkan gunakan kolom komentar atau dapat menghubungi kontak dapodikdasmen info disini
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar