--> Skip to main content

RPP dan Silabus Penjasorkes SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus Penjasorkes SMP Kurikulum 2013 adalah rangkaian Silabus RPP Penjas SMP Kurikulum 2013 Terbaru. RPP dan Silabus Penjaskes Kurikulum 2013 SMP/MTs ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan dalam pembuatan Perangkat mengajar para rekan guru sekalian.
RPP dan Silabus Penjasorkes SMP Kurikulum 2013

RPP dan Silabus Kurikulum 2013 Penjas Kelas VII,VIII dan IX SMP merupakan salah satu kelengkapan perangkat mengajar yang diperuntukkan untuk Guru SMP yang membidangi mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

Silabus dan RPP Penjaskes MTs/SMP Kurikulum 2013 yang nantinya akan dibuat oleh guru akan menjadi pedoman dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, oleh karena itu tersedianya RPP Penjasorkes/PJOK SMP-MTS Kurikulum 2013 sangat penting untuk segera diselesaikan.

RPP dan Silabus Penjaskes SMP Kelas VII, VIII,IX Lengkap berikut ini dapat bapak dan ibu Guru jadikan sebagai bahan referensi dalam pembuatan perangkat mengajar penjaskes. Namun meski sebagai Contoh RPP dan Silabus Penjasorkes SMP Kurikulum 2013 tetap harus di edit sesuai dengan kebutuhan sekolah masing masing.

Sebelum Download Silabus RPP Kurikulum 2013 SMP Penjaskes Kelas 7 8 9 Lengkap revisi Terbaru maka terlebih dahulu admin akan memberikan sedikit ulasan tentang Langkah langkah Dalam Menyusun RPP dan Silabus Lengkap sebagai berikut

Langkah-langkah Dalam Menyusun RPP dan Silabus Lengkap

RPP dan silabus merupakan perencanaan pembelajaran yang mempunyai sistematika tertentu dalam penyusunannya. Penyusunan RPP dan silabus akan menentukan kegiatan pembelajaran apabila tidak hanyak dijadikan sebagai formalitas semata.

Contoh RPP dan Silabus Kurikulum 2013 Penjas


Karena itu, di sini penulis akan menguraikan langkah-langkah dalam menyusun RPP dan silabus :

1. Sebelum memulai menulis RPP & Silabus, hendaklah guru mengumpulkan sumber-sumber pelajaran yang berkaitan dengan pembelajaran. Contohnya seperti daftar isi, standar kompetensi, dan buku cetak lainnya yang terkait tema pembelajaran.

2. Tidak hanya melalui buku, guru sebaiknya mengambil sumber pembelajaran dari beberapa hal di sekitarnya. Seperti sumber belajar yang dia dapat dari rumah, masyarakat, maupun lingkungan.

3. Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran tersebut dipetakan. Pemetaan ini berisi mengenai urutan-urutan kegiatan dan pembelajaran kompetensi beserta alokasi waktunya.

4. Memperhatikan pembagian waktu dalam pemetaan juga merupakan langkah-langkah dalam menyusun RPP dan silabus.

5. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru berpusat pada siswa. Siswa diberikan kesempatan untuk menunjukkan mengenai apa yang telah mereka ketahui. Sehingga nantinya, melalui kegiatan ini guru dapat menyusun RPP dan Silabus.

6. Bervariasi dalam melakukan pembelajaran yang banyak melibatkan siswa sendiri.

7. Dalam silabus memuat kegiatan belajar dengan memakai waktu siswa sendiri. Karena guru dalam mengajar tidak selalu ada di dalam kelas. Biasanya guru juga melakukan pembelajaran dalam kelas untuk lebih menunjang pengetahuan peserta didik.

8. Guru memastikan materi melalui jumlah mayoritas siswa. Dalam memastikan konsep dan penyampaiannya janganlah terlalu mudah juga jangan terlalu sulit.

9. Materi yang disusun dan diurutkan haruslah masuk akal serta tergantung pada karakteristik pembelajaran yang diampu.

10. Harus jelas dalam menyampaikan indicator belajar seperti bukti bahwa siswa telah menguasai suatu kompetensi dasar. Indicator akan diukur setelah menyelesakan kegiatan pembelajaran tersebut.

11. Antara kegiatan pembelajaran, materi, dan indikator hendaklah guru memperjelas perbedaan antar kolom yang berbeda. Urutan tersebut seperti berikut ini:

a. Kegiatan pembelajaran : menggambarkan sesuatu yang seharusnya terjadi dalam kelas.
b. Materi : topik yang terdapat dalam pembelajaran
c. Indikator: sesuatu yang akan dicapai.

12. Guru menyediakan pengukuran penilaian yang bervariasi.

13. Dalam RPP dan Silabus, pengukuran penilaian dalam kegiatan belajar mengajar tidak terlalu banyak yang direncanakan.

14. Menggunakan sumber lokal dalam melakukan pembelajaran secara realistis sesuai dengan keadaan yang ada.

Sebenarnya antara silabus dan RPP adalah merupakan perencanaam yang hampir sama namun berbeda. Waktu pelaksanaan antar keduanya pun berbeda, RPP dilakukan dalam kegiatan keseharian. Sedangkan silabus digunakan dalam kegiatan dalam 1 semester.

Demikian lah yang dapat kami paparkan mengenai langkah-langkah dalam menyusun RPP dan sosial, semoga bermanfaat bagi anda semua. Se;anjutnya silahkan download RPP dan Silabus Penjasorkes SMP Kurikulum 2013 melalui tautan yang telah disediakan di bawah

Download RPP dan Silabus Penjasorkes SMP Kurikulum 2013


Pencarian bapak dan ibu Guru yang terkait dengan Contoh RPP dan Silabus Penjasorkes SMP Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut : rpp penjas smp kurikulum 2013 lengkap, rpp penjas smp kurikulum 2013 doc, rpp penjasorkes kurikulum 2013, rpp penjas smp kurikulum 2013 semester 2, rpp pjok smp kurikulum 2013 revisi 2016, rpp penjaskes smp kelas 7 8 9, rpp penjas smp kurikulum 2013 kelas 9, download rpp smp kurikulum 2013 lengkap

Silahkan Download Contoh RPP dan Silabus Penjasorkes SMP Kurikulum 2013 melalui tautan di bawah
silabus penjas smp     rpp penjas smp 
Bagi rekan guru yang ingin request perangkat pembelajaran atau soal lain untuk diterbitkan di web ini maka silahkan gunakan kolom komentar atau dapat menghubungi kontak dapodikdasmen info disini
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar