--> Skip to main content

Materi Lengkap Pelatihan Kurikulum 2013 Tingkat SD Terbaru

Materi Lengkap Pelatihan Kurikulum 2013 Tingkat SD Terbaru merupakan kumpulan materi yang berisi metode-metode apa saja yang dilakukan selama pelaksanaan kurilukum 2013 yang rencananya akan diberlakukan serentak atau secara nasional pada tahun ajaran baru tahun ini.
Materi Lengkap Pelatihan Kurikulum 2013 Tingkat SD Terbaru

Materi Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun 2017 pdf - Pada tahun ajaran mendatang Tahun 2016/2017 yang tepatnya pada pertengahan juli tahun ini pemerintah memberlakukan Kurikulum 2013 untuk semua sekolah serentak atau secara nasional. Untuk itu para instansi pendidikan beserta para tenaga pendidik yang ada di dalamnya diharapkan dapat mempersiapkan diri.

Materi Kurikulum 2013 SMP - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 secara nasional dan serentak untuk sekolah di seluruh Indonesia, namun yang perlu digaris bawahi adalah pengimplementasian ini dilakukan secara bertahap.

Materi Diklat Kurikulum 2013 Tahun 2017 - Kemendikbud menegaskan pengimplementasian Kurikulum 2013 di setiap sekolah untuk tahun ini semakin bertambah dan akan terus dilakukan penambahan dari tahun ke tahun sehingga pada akhirnya nanti diharapkan semua sekolah sudah menerapkan Kurikulum 2013 secara menyeluruh.

Materi Pelatihan Kurikulum 2013 SD - Untuk mengimbangi pengimplementasian Kurikulum 2013 yang di berlakukan tahun ajaran baru ini maka Pelatihan Kurikulum 2013 telah mulai dilaksanakan diberbagai Instansi sekolah. Begitu juga dengan Pelatihan Kurikulum 2013 Tingkat SD yang tengah berlangsung di tiap daerah.

Materi Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMP - Sebelum bapak dan ibu Guru Download Contoh Materi Lengkap Pelatihan Kurikulum 2013 Tingkat SD Terbaru maka terlebih dahulu admin akan memberikan sedikit ulasan tentang Komponen Komponen Perangkat Pembelajaran sebagai berikut

Contoh Materi Lengkap Pelatihan Kurikulum 2013 Tingkat SD


Komponen Komponen Perangkat Pembelajaran Yang Perlu Disiapkan Oleh Guru

Materi Kurikulum 2013 SD Kelas 1 - Pembelajaran adalah sebuah istilah yang diambil dari terjemahan kata “instruction”. Seringkali kita mendengar orang membedakan antara kata pemebelajaran dengan pengajaran, padahal pada intinya kedua arti kata tersebut sama saja.

Materi Kurikulum 2013 SMA - Menurut Arief. S Sadiman yang telah merilis banyak buku pendidikan beranggapan bahwa kata pengajaran dan kata pembelajaran dapat dibedakan dari pengertiannya. Jika kata pengajaran hanya ada di kelas-kelas yang formal seperti sekolah sedangkan kata pembelajaran tidak hanya berada di dalam konteks ruang kelas, akan tetapi juga meliputi proses belajar mengajar yang tidak mengharuskan adanya kontak fisik antara guru dan murid, yang perlu diketahu mengenai kata “pembelajaran” yaitu kegiatan yang dilakukan untuk bisa memanipulasi sumber belajar untuk menciptakan proses belajar yang efektif.

Materi Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun 2017 SMA - Di satu sisi ada juga yang berpendapat baik kata pembelajaran maupun pengajaran adalah sama saja, yaitu proses interaksi anatara guru dan siswa dalam mencapai tujuan untuk menigkatkan kualitas pendidikan. Dalam melakukan proses pendidikan pun diperlukan adanya pendukung untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Komponen komponen perangkat pembelajaran adalah serangkaian saran yang digunakan dan harus dipersiapkan oeh guru dan siswa untuk mencapai tujuan bersama dalam proses pembelajaran. Adapun Komponen komponen perangkat pembelajaran yang perlu disiapkan oleh guru adalah :

1. Program Semester

Rencana penyusunan program semester merupakan penjabaran program tahunan. Program tahunan yang disusun untuk menentukan jumlah jam untuk mencapai kompetensi dasar, sedangkan untuk program semester akan diarahkan untuk menyelesaikan beberapa minggu pembelajaran yang telah dilaksanankan di sekolah.

Program semester merupakan salah satu bagian dari Komponen komponen perangkat pembelajaran yang sangat penting untuk diperhatikan oleh guru-guru di sekolah.

2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Menurut Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, bahwa dalam tahap awal pembelajaran harus dimulai dengan perencanaan pembelajaran yang diwujudkan melalui penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Sehingga, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran begitu penting bukan hanya bagi guru namun juga murid sebagai penerimanya. Komponen komponen perangkat pembelajaran tidak kalah pentingnya dibandingkan yang lain adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mencakup beberapa hal diantaranya data sekolah, mata pelajaran, dan materi pokok. Satu hal yang penting menegnai adanya perangkat pembelajaran adalah guru akan mempunyai pegangan semacam buku panduan dalam membagi proses belajar mengajar siswa di dalam sekolah sehingga sangat mudah untuk memetakan bagaimana kualitas para siwa dalam memahami sebuah pelajaran.

Sehingga, setiap proses pembelajaran yang dilakukan akan berbeda tergantung pada materi pelajaran, tujuan, serta karakteristik siswa-siswi sebagai objek ajaran. Oleh sebab itu, guru pun harus merencanakan pembelajaran yang matang sebagai bagian tugas profesionalisme.

3. Silabus

Komponen komponen perangkat pembelajaran selanjutnya adalah silabus. Silabus merupakan rencana pembelajaran yang mencakup standar kompetensi dasar, pokok pembelajaran, alokasi waktu dan penilaian. Silabusa berguna untuk menyebutkan suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lanjut dari sebuah standar kemampuan dasae yang akan dicapai oleh peserta didik dan guru di sekolah.

Pada umumnya silabus mencakup unsur sasaran mata pelajaran, topik yang akan diajarkan, dan teknik evaluasi yang digunakan. Materi pokok yang memuat fakta, prinsip prosedur yang relevan yang ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.

Itulah sedikit ulasan tentang Komponen Komponen Perangkat Pembelajaran, selanjutnya silahkan Download Materi Lengkap Pelatihan Kurikulum 2013 Tingkat SD Terbaru melalui tautan yang telah disediakan.

Download Materi Lengkap Pelatihan Kurikulum 2013 Tingkat SD


Dalam Pelatihan Kurikulum 2013 akan dibahas dan disosialisasikan banyak sekali materi terkait dengan K13 tersebut, untuk itu sebagai bahan acuan maka jika teman guru berminat dengan Materi Pelatihan Kurikulum 2013 untuk Tingkat SD maka silahkan mendapatkannya melalui tautan dibawah
materi pelatihan k13 sd
Bagi rekan guru yang ingin request perangkat pembelajaran atau soal lain untuk diterbitkan di web ini maka silahkan gunakan kolom komentar atau dapat menghubungi kontak dapodikdasmen info disini
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar