--> Skip to main content

Materi Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK

Materi Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK, Contoh Materi Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK, Download Kegiatan Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK, Metode Pengembangan Motorik Anak TK.
Materi Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK, Contoh Materi Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK, Download Kegiatan Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK, Metode Pengembangan Motorik Anak TK

Contoh Permainan Motorik Kasar Anak PAUD - Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik Anak di PAUD atau di TK dapat dilakukan dengan olah tangan menggunakan alat/media kreatif, contohnya kuas, pensil, kertas, gunting, tanah liat, plastisin, busa dan lain sebagainya. Dengan menggunakan media kreatif itu anak mampu melakukan kegiatan yang bisa menstimulus otot-otot tangan serta koordinasi antara syaraf mata, pikiran dengan tangannya.

Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun - Upaya Peningkatan Perkembangan Fisik Motorik Halus pada Anak bertujuan agar anak memiliki tingkat dalam merespon atau reaksi yang baik, misalnya kecepatan bereaksi, kesanggupan kerjasama, disiplin, jujur, dan lain sebagainya, yang tentunya sesuai dengan kemampuan anak didik.

Pengembangan Fsik Motorik Anak Usia Dini - Bermain sambil Melatih Fisik Motorik Keseimbangan Anak TK sangat diperlukan demi perkembangan mereka sehingga nantinya akan benar benar siap sebelum masuk sekolah dasar. Untuk itu admin menyediakan Materi Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK yang dapat anda download. Materi ini telah disesuaikan dengan indikator di kanak-kanak (TK) baik kelompok A maupun kelompok B.


Contoh Permainan Motorik Kasar dan Halus - Sebelum bapak dan ibu Guru Download Materi Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK maka terlebih dahulu admin akan memberikan sedikit ulasan tentang Macam-Macam Perangkat Pembelajaran sebagai berikut

Macam-Macam Perangkat Pembelajaran Yang Perlu Disiapkan Oleh Guru

Contoh Kegiatan Motorik Halus Anak Usia Dini - Pendidikan akan berjalan dengan efektif bila adanya perangkat yang mendukung proses pembelajaran. Dengan adanya perangkat proses pembelajaraan, guru dan murid pun akan semakin mudah untuk meningkatkan kualitas dan kurikulum yang akan dicapai.

Makalah Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini - Ada macam-macam perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh guru untuk mendukung kemampuan para siswa mereka di sekolah diantaranya seperti Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Intrument Penilaian, Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku, dan lain sebagainya.

Pengertian Fisik Motorik Menurut Para Ahli - Dalam Peraturan Kementiran Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 Tahun 2013 mengenai Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah diungkapkan bahwa dalam penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari proses perencanaan pembelajaran.

Contoh Motorik Halus Pada Anak Usia Dini - Perencanaan pembelajaran akan dirancang dalam bentuk silabus maupun Rencana Pelaksanaan Pendidikan yang mengacu pada standar isi. Dalam perencanaan pembelajaran pun akan dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian dan hal lain yang tentu akan mendukung proses pembelajaran peserta didik.

Contoh Materi Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK


Berikut ini adalah macam-macam perangkat pembelajaran yang perlu disiapkan oleh guru, diantaranya :

1. Silabus

Silabus digunakan untuk Silabus digunakan untuk acuan pengembangan rencana pelaksana pembelajaran. Sedangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran digunakan sebagai panduan yang akan dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran yang disusun dalam beberapa bentuk skenario kegiatan.

Manfaat perangkat pembelajaran tidak hanya ditujukan terhadap penggunaan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) namun juga terhadapa perangkat pembelajaran lainnya. Hal berikut yang menjadi unsur pembuatan silabus adalah pembelajaran yang merupakan kegiatan oleh pendidik dan peserta didik dalam mencapai kompetensi yang diharapkan untuk meningkatkan kemampuan siswa.

Materi pokok yang memuat fakta, prinsip prosedur yang relevan yang ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.

2. Buku

Macam-macam perangkat pembelajaran yang digunakan di sekolah adalah buku. Dalam pengertiannya, buku merupakan bentuk bahan tertulis yang menyajikan ilmu pengetahuan buah pikiran dari pengarang. Buku yang baik adalah buku yang ditulis menggunakan bahasa dan mudah dimengerti dan disajikan secara menarik.

Isi dari buku pun akan menggambarkan bentuk ide dari penulisnya. Buku sebagai rangkaian dari perangkat pembelajaran tentunya harus memberikan manfaat baik untuk guru maupun peserta didik. Buku sebagai salah satu bahan ajar adalah jenis buku yang substansinya berupa pengetahuan, yang akan disusun berdasarkan analisis kurikulum yang diapakai.

Buku disusun untuk memudahkan guru dalam melakukan proses belajar mengajar dan siswa akan mencapau kompetensi yang ditetapkan sesuai kurikulum. Buku yang akan memudahkan belajar siswa disebut dengan buku siswa, dan buku yang memudahkan guru untuk melaksanakan pembelajaran biasa disebut dengan buku panduan guru.

3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Macam-macam perangkat pembelajaran yang tidak kalah pentingnya diabndingkan yang lain adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mencakup beberapa hal diantaranya data sekolah, mata pelajaran, dan materi pokok. Satu hal yang penting mengenai adanya perangkat pembelajaran adalah guru akan mempunyai pegangan semacam buku panduan dalam membagi proses belajar mengajar siswa di dalam sekolah sehingga sangat mudah untuk memetakan bagaimana kualitas para siwa dalam memahami sebuah pelajaran.

Menurut Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, bahwa dalam tahap awal pembelajaran harus dimulai dengan perencanaan pembelajaran yang diwujudkan melalui penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Sehingga, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran begitu penting bukan hanya bagi guru namun juga murid sebagai penerimanya. Itulah sedikit ulasan tentang Macam-Macam Perangkat Pembelajaran, selanjutnya silahkan Download Materi Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK melalui tautan yang telah disediakan.

Download Contoh Materi Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK


Silahkan bapak dan ibu guru Download Contoh Materi Pembelajaran Pengembangan Fisik Motorik di TK melalui tautan di bawah

Kelompok A

Indikator :

Bermain dengan simpai

Merobek bebas

Menggunting bebas

Memegang pensil (belum sempurna)

Melambungkan dan menangkap kantong biji


Kelompok B

Indikator :

Meniru melipat kertas sederhana (7 lipatan)

Mencocok bentuk

Menjahit bervariasi (jelujur dan silang) 15 lubang dengan tali rafia, benang woll

Memantulkan bola besar, bola sedang, dan bola kecil (diam di tempat)

Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan

Berdiri dengan tumit, berdiri di atas satu kaki dengan seimbang

Naik otopet, sepeda roda dua

Meniru membuat garis tegak, datar,miring, lengkung dan lingkaran

Berjalan mundur ,berjalan kesamping pada garis lurus sejauh 2- 3 meter sambil membawa beban

Menangkap, melempar bola besar, bola sedang dan bola kecil (Tenis) dengan memutar badan, mengayunkan lengan dan melangkah

Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh

Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi

Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban

Senam fantasi bentuk meniru

Meloncat dari ketinggian 30-50 cm

Memanjat, bergelantung dan berayun

Menendang bola ke depan dan ke belakang

Menyusun menara kubus minimal 12 kubus

Membuat lingkaran dan bujursangkar dengan rapi

Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough, dan pasir 
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar