--> Skip to main content

Panduan Ekstrakurikuler Kurikulum 2013 Sekolah Dasar

Panduan Ekstrakurikuler Kurikulum 2013 Sekolah Dasar adalah Panduan yang berisi tentang Juknis Ekstrakurikuler Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Dasar. Panduan Pelaksanaan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar Kurikulum 2013 ini dapat membantu anda dalam memahami bagaimana mengatur pelaksaan Ekskul K-13 di sekolah.
Panduan Ekstrakurikuler Kurikulum 2013 Sekolah Dasar

Ekstrakurikuler merupakan suatu kegiatan pada lingkup pendidikan yang dilaksanakan oleh peserta didik di luar proses belajar kelas kurikulum standar berupa penambahan materi dari kegiatan kurikulum dan dilaksanakan di bawah bimbingan sekolah.

Ekstrakurikuler memiliki tujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat dan minat serta kemampuan peserta didik yang lebih luas dibanding pengembangan yang ada pada kurikulum dengan arah yang kental dengan penguatan pendidikan karakater (PPK).

Pada dasanya Ekstrakurikuler terdiri dari Ekskul Wajib dan Eksul Pilihan yang mana uraiannya sebagai berikut :

Ekstrakurikuler wajib yakni suatu program ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh peserta didik, namun program ini dikecualikan bagi peserta didik yang memiliki batasan tertentu pada kondisi fisik, psiki, maupun mentalnya.

Sedangkan Ekstrakurikuler pilihan yaitu suatu program ekstrakurikuler yang bisa diikuti berdasarkan atas bakat dan kemampuan para peserta didik yang ada pada sekolah tersebut.

Kurikulum 2013 yang pelaksanaannya sedang di upayakan pada jenjang terus mengalami perbaikan, dan tentu perbaikan pengimplementasian Kurikulum 2013 ini memerlukan Pendampingan agar penerapan yang ada sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemerintah.

Contoh Panduan Ekstrakurikuler Kurikulum 2013


Kesuksesan pendampingan tentu juga tidak terlepas dari keberadaan panduan teknis kurikulum 2013. Adapun panduan teknis yang ada untuk mendukung keberhasilan penerapan kurikulum 2013 secara nasional antara lain :

1. Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar
2. Panduan Teknis Memahami Buku Guru dan Buku Siswa Sekolah Dasar
3. Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar.
4. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar.
5. Panduan Teknis Penilaian dan Pengisian Rapor di Sekolah Dasar.
6. Panduan Teknis Pembelajaran Remedial dan Pengayaan di Sekolah Dasar
7. Panduan Praktis Orang Tua dalam Mendampingi Peserta Didik.
8. Panduan Teknis Pengembangan Muatan Lokal di Sekolah Dasar.
9. Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar
10. Panduan Teknis Transisi KTSP ke Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar

Download Panduan Ekstrakurikuler Kurikulum 2013 Sekolah Dasar 

Silahkan bapak dan ibu Guru download Panduan Ekstrakurikuler Kurikulum 2013 Sekolah Dasar melalui tautan di bawah
panduan ekskul k13 sd
Bagi rekan guru yang ingin request perangkat pembelajaran atau soal lain untuk diterbitkan di web ini maka silahkan gunakan kolom komentar atau dapat menghubungi kontak dapodikdasmen info disini
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar