--> Skip to main content

RPP Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

RPP Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru adalah Perangkat Mengajar Guru SD yang terdiri dari RPP Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 Revisi 2019/2020. Perangkat pembelajaran SD ini merupakan RPP Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 2 Versi Terbaru yang sudah dilengkapi dengan berbagai mata pelajaran.
RPP Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

RPP dan Silabus untuk Guru SD berikut ini merupakan perangkat pembelajaran SD Lengkap yang sudah terdiri dari RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 SD/MI Semua Tema. Perangkat SD ini dihadirkan untuk memudahkan bapak dan ibu Guru dalam menyusun sebuah RPP dan Silabus

Selain itu Perangkat Mengajar SD ini juga sudah dilengkapi dengan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas 2 SD/MI sehingga dengan kelengkapan perangkat mengajar SD yang sudah lumayan lengkap ini dapat membantu dan juga memudahkan bapak dan ibu Guru dalam menyelesaikan perangkatnya.

Namun perlu bapak dan ibu Guru ketahui bahwa RPP Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru ini hanya sebagai Contoh RPP Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 Revisi 2017/2018 saja yang artinya setelah bapak ibu Guru mendownload RPP Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 2 Versi Terbaru ini maka sebaiknya silahkan di edit sesuai kebutuhan.

Sebelum bapak dan ibu Guru mendownload Contoh Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas 2 SD/MI maka terlebih dahulu admin akan memberikan sedikit gambaran tentang Cara Membuat Silabus kurikulum 2013 dengan maksud agar penyusunan menjadi semakin mudah karena telah mengetahui sebelumnya tentang bagaimana Cara Membuat RPP dan Silabus Kurikulum 2013.

Contoh RPP Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru


Cara Membuat Silabus Kurikulum 2013

Banyak orang yang kebingungan untuk membuat silabus kurikulum 2013. Ini karena kurikulum 2013 ini adalah kurikulum yang baru sehingga perlu banyak hal yang harus disesuaikan. Sedangkan silabus sendiri adalah sesuatu yang sangat penting yang harus dimiliki oleh seorang guru.

Untuk itulah para guru berusaha agar bisa membuat silabus ini yang sesuai dengan kurikulum 2013. Tapi anda tidak perlu hawatir. Disini akan dijelaskan bagaimana caranya untuk membuat silabus yang sesuai dengan kurikulum 2013. Dengan membaca tulisan ini maka anda akan lebih mudah ketika diminta untuk membuatkan silabus yang sesuai dengan kurikulum 2013.

Inilah langkah-langkah untuk membuat silabus kurikulum 2013 :

Menentukan standar kompetensi atau sk dan kompetensi dasar atau kd: ini adalah langkah awal yang harus anda lakukan sebelum menbuat silabus. Anda harus tahu lebih dulu apa standar kompetensinya dan apa kompetensi dasarnya. Kedua hal di atas sangat penting karena untuk membuat silabus maka seseorang harus tahu lebih dulu tentang standar kompetensinya dan kompetensi dasarnya.

Menentukan materi yang akan diajarkan: setelah anda menentukan standar kompetensinya dan kompetensi dasarnya, maka langkah yang kedua adalah membuat materi pelajaran. Tapi anda harus ingat bahwa materi pelajaran itu harus sesuai dengan standar kompetensi dan juga kompetensi dasar yang sudah anda buat tadi. Dengan begitu antara standar kompetensi, kompetensi dasar, dan juga materi akan sesuai.

Membuat rancangan kegiatan belajar di kelas: anda harus tahu apa saja yang akan anda lakukan saat mengajar di kelas. Semua kegiatan belajar yang akan dilakukan harus ditulis, mulai dari berdoa, menyampaikan materi, sampai menutup kegiatan belajar. Semuanya harus anda tulis.

Dalam membuat rancangan kegiatan belajar, yang harus anda perhatikan adalah ketika membuat waktu atau alokasi waktu. Anda harus membuatnya yang sesuai dengan kebutuhan agar jangan sampai waktu yang sudah anda buat melebihi waktu jam pelajaran yang anda miliki.

Membuat penilaian: ini adalah hal berikutnya yang penting untuk anda lakukan. Anda harus menentukan hal-hal apa saja yang ingin anda nilai dalam kegiatan belajar tersebut. Misalnya, anda ingin menilai kedisiplinan murid, keaktifan murid di kelas, kerja sama antar murid, toleransi, dan lain sebagainya.

Semuanya harus anda tulis agar mudah saat melakukan penilaian. Selain menentukan poin apa saja yang akan dinilai, anda juga sebaiknya membuat soal dan juga jawabannya. Dengan memiliki pertanyaan dan juga jawabannya maka anda tidak perlu repot-repot mencari-cari soal dari buku atau lks.

Sumber belajar: sebaiknya anda menuliskan sumber materi yang sudah anda tulis itu, bahkan lebih baik lagi jika sumber belajar itu anda bawa. Dengan begitu maka anda tidak akan kebingungan lagi ketika akan menjelaskan materi kepada para murid anda.

Perlu anda tahu bahwa kadang para murid mengajukan pertanyaan yang tidak ada dalam materi pelajaran yang sudah ditulis. Tapi jika anda saat itu membawa semua sumber belajar maka semua pertannyaan yang disampaikan oleh para murid akan bisa dijawab dengan baik.

Menentukan nilai karakter: ini adalah perbedaan yang paling terlihat antara silabus kurikulum 2013 dengan silabus yang lainnya. jadi anda harus menentukan karakter apa yang ingin dicapai oleh para murid. Misalnya keberanian, toleransi, kerja sama, dan lain sebagainya.

Bagaimana? Mudah bukan untuk membuat silabus kurikulum 2013? Demikianlah Pembahasan tentang cara membuat silabus kurikulum 2013.

Setelah bapak dan ibu Guru sedikit membaca penjelasan tentang bagaimana cara membuat silabus Kurikulum 2013 maka silahkan Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 SD/MI Semua Tema pada link yang telah disediakan

Download RPP Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru


Silahkan bapak dan ibu Guru Download RPP Kelas 2 SD MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Lenkap Semua Tema melalui tautan di bawah

RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Hidup Rukun [ disini

RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Bermain di Lingkungan [ disini

RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Tugas Sehari-hari [ disini

RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Aku dan Sekolahku [ disini

RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2 Hidup Sehat dan Bersih [ disini

RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2 Air Bumi dan Matahari [ disini

RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2 Merawat Hewan dan Tumbuhan [ disini

RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan [ disini ]
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar