Installer Aplikasi Dapodik Versi 2019 Dapodikdasmen

Installer Aplikasi Dapodik Versi 2019 Dapodikdasmen

Installer Aplikasi Dapodik Versi 2019 Dapodikdasmen adalah Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 Resmi Dari Situs Kemendikbud. Aplikasi Dapodikdasemen Untuk SD SMP SMA SMK versi baru ini untuk digunakan pada Tahun Ajaran 2019/2019 sesuai dengan jadwal.
Installer Aplikasi Dapodik Versi 2019 Dapodikdasmen, Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 Resmi Dari Situs Kemendikbud, Cara Instal Aplikasi Dapodikdasemen Untuk SD SMP SMA SMK versi 2019

Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 SD SMP SMA SMK merupakan aplikasi dapodik baru besutan Tim Dapodikdasmen yang dibuat sebagai tindak lanjut dari perbaikan berbagai kekurangan pada versi sebelumnya. Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 terbaru ini memiliki perubahan yang bisa dibilang cukup signifikan.

Perubahan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 Untuk Jenjang SD SMP SMA SMK ini meliputi perubahan penggunaan database dengan versi yang lebih mutakhir, pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa bug versi sebelumnya.

Adanya berbagai perbaikan dan Pembenahan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 tersebut tidak lepas dari upaya agar mampu meningkatkan kualitas data Dapodik dan dalam rangka sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku.

Selain itu Perbaikan sistem pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 SD SMP SMA ini diharapkan dapat memberikan keselarasan pada prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik dalam berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 sudah menggunakan database versi baru yang jauh lebih mutakhir, sehingga Aplikasi Dapodikdasmen versi sebelumnya, misalnya Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.b Patch 2 tidak dapat langsung di upgrade ke Dapodikdasmen versi 2019

Dengan kata lain untuk menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 ini maka versi sebelumnya harus diuninstal terlebih dahulu kemudian men- Download Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 untuk install ulang kembali.

Kenapa Aplikasi Dapodik versi lawas harus diuninstal? hal ini dikarenakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER. Dengan kata lain Aplikasi Dapodik baru 2019 ini tidak memiliki versi UPDATER.

Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019


Berikut Pernyataan yang dikutip dari http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ sesuai penjelasan di atas

Telah menjadi agenda rutin bahwa setiap pergantian tahun ajaran di sekolah juga akan diikuti dengan pergantian versi Aplikasi Dapodikdasmen versi baru. Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen yang dilakukan secara terus-menerus merupakan upaya untuk selalu meningkatkan kualitas data Dapodik dan juga upaya untuk mengakomodasikan regulasi yang berlaku, di antaranya aturan yang baru terbit pada tahun 2018 seperti Permendikbud No 14 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, atau Bentuk Lain yang Sederajat dan Permendikbud No 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Pembaruan juga dilakukan untuk menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Puji syukur Alhamdulillah, Tim Dapodikdasmen telah menyelesaikan proses pengujian aplikasi Dapodikdasemen versi baru untuk digunakan pada Tahun Ajaran 2018/2019 sesuai dengan jadwal. Maka pada kesempatan ini bertepatan dengan peringatan Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia telah dirilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 dimana terdapat perubahan yang cukup signifikan dengan penggunaan database versi baru, pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa bug versi sebelumnya. Sejak dirilisnya Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 ini, maka Aplikasi Dapodikdasmen versi sebelumnya (2018, 2018.b patch 1 dan patch 2) dinyatakan tidak berlaku dan tidak dapat digunakan lagi.

Secara teknis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 telah menggunakan database yang baru, oleh karenanya Aplikasi Dapodikdasmen versi sebelumnya (2018, 2017b patch 1 dan patch 2) tidak dapat langsung di upgrade ke Dapodikdasmen versi 2019, akan tetapi harus melakukan install ulang dan registrasi ulang. Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER dan tidak ada versi UPDATER.

Download Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019


Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019:

[Pembaruan] Penambahan referensi Kurikulum 2013 Revisi

[Pembaruan] Penamaan siswa dengan huruf kapital di awal kata

[Pembaruan] Penambahan referensi Kurikulum Sekolah Perjanjian Kerjasama (SPK)

[Pembaruan] Penambahan referensi Kepanitiaan Sekolah

[Pembaruan] Penambahan referensi tugas tambahan Bendahara BOS

[Pembaruan] Migrasi hasil integrasi PPDB ke dalam database Dapodikdasmen

[Pembaruan] Proses kelulusan bersama untuk siswa tingkat akhir

[Pembaruan] Penambahan peringatan dini saat penghapusan data yang berkaitan dengan tunjangan profesi guru

[Pembaruan] Penambahan dan mengkadaluarsakan (meng-expired-kan) referensi tugas tambahan guru

[Pembaruan] Penambahan referensi prasarana: lapangan, kantin dan lapangan parkir

[Pembaruan] Penyatuan Database Dikdas dan Database Dikmen

[Pembaruan] Mewajibkan sekolah memilih Kurikulum 2013 untuk rombongan belajar dengan tingkat 1, 7 dan 10 di semua jenjang

[Pembaruan] Panambahan tabulasi pada Menu Validasi Lokal untuk mengecek referensi yang terikat dengan data sekolah, GTK, Peserta Didik, Sarpras dan Rombel

[Pembaruan] Penambahan validasi dengan status warning untuk mengecek jumlah rombel berdasarkan rasio jumlah peserta didik

[Pembaruan] Penambahan validasi dengan status warning untuk peserta didik SD yang berumur di bawah 5 tahun 6 bulan terhitung dari tanggal 01 Juli 2018

[Pembaruan] Penambahan validasi dengan status invalid untuk semua TMT pada rincian GTK jika selisih tanggal lahir < 15 tahun dari TMT tersebut

[Pembaruan] Penambahan fitur web service untuk digunakan oleh aplikasi selain Dapodikdasmen guna kepentingan sekolah

[Perbaikan] Perubahan alur pengisian untuk KIP dan PIP pada peserta didik

[Perbaikan] Penonaktifan tambah Peserta Didik Baru untuk jenjang SMP, SMA dan SMK Reguler (kecuali daerah khusus)

[Perbaikan] Isian secara otomatis untuk sarana yang berada dalam prasarana sesuai standar prasarana

[Perbaikan] Perbaikan pada security aplikasi

[Perbaikan] Penyesuaian aplikasi dengan strukur database terbaru (versi 2.80)

Proses tarik dan tambah data peserta didik dapat dilakukan pada laman yang baru, yaitu laman Kelola Data Sekolah. Laman Kelola Data Sekolah dapat diakses pada alamat berikut (Disini). Panduan penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen dan Laman Kelola Data Sekolah telah dideskripsikan pada Buku Panduan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 (terlampir).

Untuk itu kepada seluruh Bapak/Ibu Operator Dapodik untuk segera melakukan upgrade ke Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 dan melakukan pemutakhiran data Tahun Ajaran 2018/2019.

Silahkan Download Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 melalui tautan di bawah ini
installer aplikasi dapodikdasmen   prefill dapodikdasmen   buku panduan  
Bagi rekan guru yang ingin request perangkat pembelajaran atau soal lain untuk diterbitkan di web ini maka silahkan gunakan kolom komentar atau dapat menghubungi kontak dapodikdasmen info disini

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar