Contoh Soal Tes PPPK Lengkap Semua Formasi

Contoh Soal Tes PPPK Lengkap Semua Formasi

Contoh Soal Tes PPPK Lengkap Semua Formasi merupakan kumpulan latihan soal untuk tes pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang rencananya akan segera diselenggarakan oleh pemerintah pada bulan januari mendatang. Download Soal dan Pembahasan TES PPPK Semua Jurusan diharapkan dapat membantu anda untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tes nantinya.
Contoh Soal Tes PPPK Lengkap Semua Formasi, Download Soal TES PPPK 2019 Disertai Jawaban, Unduh Soal dan Pembahasan TES PPPK 2019 Semua Jurusan

Bagi anda yang belum beruntung pada penerimaan calon pegawai negeri sipil beberapa waku lalu tidak perlu berkecil hati, pasalnya pemerintah dalam waktu dekat tepatnya pada januari tahun depan akan menyelenggarakan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Bapak Syafruddin selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB)  telah memastikan akan menerima Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau setara PNS.

"Nanti bulan Januari 2019 akan dibuka penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)," kata Pak Syafruddin di Celebes Convention Center (CCC) Jalan Metro Tanjung Bunga, Tamalate, Makassar, seperti yang dikutip dari detik(dot)com tanggal 20 Desember 2018 lalu.

Syarat Mengikuti Pendaftaran PPPK


Sesuai dengan yang tertera pada Pasal 16 PP Nomor 49 Tahun 2018 yang telah ditandatangani Presiden beberapa waktu lalu maka syarat PPPK antara lain :

1. Usia paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan paling tinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;

6. Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan;

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;

8. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

Jika anda ingin membaca lebih lanjut tentang Peraturan pemerintah tentang PPPK maka dapat anda baca disini PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang PPPK

Selanjutnya pelamar yang sudah memenuhi persyaratan di atas akan melalui tahapan Penerimaan PPPK

Tahapan Penerimaan PPPK


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Bapak Syafruddin menjelaskan bahwa nantinya PPPK ini akan diselenggarakan sebanyak dua gelombang. Gelombang pertama yakni formasi guru honorer, tenaga kesehatan, penyuluh pertanian hingga infrastruktur.

"Formasinya gelombang pertama itu guru honorer, tenaga kesehatan, kemudian penyuluh pertanian itu dulu terus infrastruktur dan lain-lainnya," jelas Pak Syafruddin

"Nanti gelombang kedua formasi lain jadi kita pecah dua biar cepat selesai," tambah beliau

Dari pernyataan MenPAN-RB di atas dapat diketahui bahwa tahapan penyelenggaraan penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja terdiri dari 2 gelombang dimana gelombang pertama dieruntukkan untuk guru honorer, tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian serta infrastruktur. Adapun formasi gelombang kedua akan ditentukan kemudian.

Pelamar gelombang pertama akan melalui dua tahapan sesuai dengan Pasal 19 PP Nomor 49 Tahun 2018 bahwa Seleksi pengadaan PPPK terdiri atas 2 (dua) tahap yakni :

1. Seleksi Administrasi; yaitu proses untuk mencocokkan persyaratan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen pelamarandan

2. Seleksi Kompetensi; ialah proses untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan. dimana salah satu kompetensi dalam seleksi ini yakni seleksi kompetensi teknis terdiri atas: a) Seleksi kompetensi untuk jabatan yang mensyaratkan sertifikasi profesi; dan b) Seleksi kompetensi untuk jabatan yang belum mensyaratkan sertifikasi profesi. Hal ini sesuai dengan yang termuat dalam Pasal 22 PP Nomor 49 Tahun 2018. 

Untuk itu persiapkan diri anda untuk menghadapi Tes PPPK yang tidak lama lagi akan segera dubuka oleh pemerintah. Salah satu acaranya adalah dengan mempelajari Soal dan Pembahasan TES PPPK Semua Jurusan yang telah kami sediakan di bawah.

Kisi-kisi Soal Tes PPPK


Berdasarkan penjelasan di atas maka Seleksi PPPK untuk formasi Guru diperkirakan akan kurang lebih sama bentuk soal tesnya dengan soal UKG atau bisa juga dibilang mirip dengan soal Tes SKB CPNS Guru.

Sehingga ini tentu akan menjadi hal yang sedikit melegakan karena bagi rekan Guru yang sudah pernah mengikuti UKG, Pretes PPG, SKB dan lainnya maka seleksi yang seperti ini tidak asing lagi karena Kisi-kisi Soal Tes PPPK akan kurang lebih sama dengan yang pernah didapatkan saat UKG, Pretest PPG bahkan Tes SKB dan juga apalagi kelulusan PPPK tidak ditentukan berdasarkan passing grade namun berdasarkan peringkat nilai yang nantinya akan disesuaikan dengan kuota. 

Untuk itu anda tidak perlu khawatir untuk bersaing dengan pelamar muda pada tes PPPK nantinya karena pengalaman anda dengan bentuk soal yang akan dihadirkan pada tes PPPK akan lebih anda kenal dibanding kompetitor anda yang belum pernah melihat bentuk soal seperti yang telah dijelaskan di atas.

Namun tentunya tetap dibutuhkan kerja keras berupa belajar dan berlatih agar mampu memperoleh hasil yang dicita-citakan. Perbanyaklah latihan soal dan dibawah ini kami telah sediakan Contoh Soal Tes PPPK Lengkap Semua Jurusan yang dapat anda jadikan sebagai salah satu media pelatihan.

Download Contoh Soal Tes PPPK


Berikut Contoh Soal Tes PPPK Lengkap Semua Formasi yang dapat anda download berdasarkan kode file dalam kurung dengan perincian sebagai berikut :

Contoh Soal Tes Kompetensi PPPK Formasi Guru ( pppk guru ) 

Contoh Soal Tes Kompetensi PPPK Formasi Tenaga Kesehatan ( pppk sehat )

Contoh Soal Tes Kompetensi PPPK Lengkap Semua Jurusan ( pppk lengkap )

Silahkan anda Download Contoh Soal dan pembahasan Tes PPPK Lengkap Semua Jurusan sesuai dengan kode dalam kurung di atas pada tautan di bawah ini
pppk guru   pppk sehat   pppk lengkap 
Demikian informasi mengenai Contoh Soal Tes PPPK Lengkap Semua Formasi di atas, jangan lupa bagikan ke teman, kerabat dan keluarga anda. Bila anda ingin udpate Soal Tes PPPK langsung ke akun google anda silahkan ikuti web kami disini >> Follow

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar