Pedoman FLS SMK Tahun 2019 ( Juknis Juklak Festival Literasi Sekolah SMK 2019 )

Pedoman FLS SMK Tahun 2019 ( Juknis Juklak Festival Literasi Sekolah SMK 2019 )

Pedoman FLS SMK Tahun 2019 ( Juknis Juklak Festival Literasi Sekolah SMK 2019 ) merupakan sebuah Buku Pedoman FLS Tahun 2019 untuk jenjang SMK yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Kejuruan dalam rangka persiapan peserta didik untuk mengikuti lomba Festival Literasi Sekolah Tahun 2019 tingkat SMK.
Pedoman FLS SMK Tahun 2019 ( Juknis Juklak FLS SMK 2019 ), Buku Pedoman FLS Tahun 2019 untuk jenjang SMK, Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaa FLS SMK Tahun 2019, Juknis ( Petunjuk Tekhnis ) FLS SMK Tahun 2019, Juklak ( Petunjuk Pelaksanaan ) FLS SMK Tahun 2019

Dengan telah berjalannya Gerakan Literasi Sekolah di seluruh Provinsi, maka diperlukan suatu kegiatan yang dapat memotivasi, menyemangati dan memetakan kualitas pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019.

Pada Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaa FLS SMK Tahun 2019 dijelaskan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Peraturan nomor 23 tahun 2015 telah mencanangkan sebuah gerakan literasi sekolah untuk mendorong siswa dalam menumbuhkan budaya membaca dan menulis dilingkungan sekolah.

Gerakan Literasi Sekolah pada dasarnya merupakan kegiatan yang memusatkan pada kemampuan membaca dan menulis siswa dan literasi dasar lainnya seperti literasi sains, literasi digital dan literasi finansial, dengan melibatkan semua warga sekolah (kepala sekolah, guru, siswa, orang tua/wali murid) dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan.

Sehubungan dengan hal tersebut, untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan literasi, Direktorat Pembinaan SMK akan menyelenggarakan kegiatan Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 yang selanjutnya detail persyaratan ada pada Juknis ( Petunjuk Tekhnis ) FLS SMK Tahun 2019
 
Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam pengembangan pendidikan vokasi, membentuk karakter dan memacu kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan kreatif.

Pedoman FLS SMK


Agar Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 dapat berlangsung dengan lancar dan sukses serta memberikan nilai pembinaan terhadap peserta didik di SMK, maka desain pelaksanaan yang strategis, implementatif dan bersinergi dengan berbagai stakeholder pendidikan menjadi pertimbangan yang utama.

Pedoman Penyelenggaraan Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan pelaksanaan kegiatan Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 di Provinsi.

Dukungan dari para pemangku kepentingan dan institusi terkait diharapkan dapat memperlancar dan mensukseskan penyelenggaraan Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019. Semoga Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 bermanfaat bagi kemajuan Literasi peserta didik SMK di seluruh provinsi di Indonesia.

Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK adalah wadah untuk menggali dan mengeksplorasi potensi vokasi peserta didik SMK serta mengasah kemampuan berfikir kreatif dan inovatif agar siap menghadapi tuntutan di dunia kerja. Selain itu Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK adalah ajang kompetisi vokasi karya kreatif dan analitis peserta didik yang mencakup 3 bidang vokasi dengan kriteria penilaian yang mencakup originalitas, inovasi, validitas referensi, kreatifitas penyampaian dan komunikasi yang artikulatif.

Dalam Juklak ( Petunjuk Pelaksanaan ) FLS SMK Tahun 2019 terdapat penjelasan tentang tujuan dari kegiatan FLS tersebut yang antara lain sebagai berikut :

1. Memotivasi siswa SMK untuk meningkatkan keterampilan literasi dalam kerangka pengembangan pendidikan Vokasi;

2. Membentuk karakter dan mengasah kemampuan peserta didik dalam berpikir inovatif, kritis, evaluatif, imajinatif dan kreatif sebagai bekal dalam menghadapi persaingan dan tuntutan dunia kerja;

3. Meningkatkan kecintaan peserta didik dalam menambah pengetahuan melalui media cetak maupun media digital;

4. Mempromosikan potensi kearifan vokasi nusantara serta keterampilan siswa SMK sekaligus menumbuhkan rasa cinta akan khazanah budaya bangsa sendiri;

5. Meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan dan potensi peserta didik SMK;

6. Memupuk persahabatan, persaudaraan, dan persatuan secara nasional dalam meningkatkan kecakapan literasi siswa SMK.

Sesuai dengan Pedoman FLS SMK Tahun 2019 ( Juknis Juklak FLS SMK 2019 ) dijelaskan bahwa Pelaksanaan kegiatan Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019, terdiri dari 3 bidang lomba :

1. Bidang Lomba Cipta Buku Elektronik Tokoh Vokasi Diikuti oleh 2 orang peserta dimana bidang lomba ini menceritakan tokoh yang menginspirasi dalam bidang vokasi yang dapat dirasakan kebermanfaatannya dimana peserta mengeksplorasi literasi dengan format digital, dengan membuat buku elektronik yang interaktif berupa text, gambar, suara, peta, video, dengan konten yang menginspirasi.

2. Bidang Lomba Sudut Baca Vokasi Diikuti 2 orang peserta yang dimaksud sebuah ruang hadir, ruang interaksi yang nyaman dengan ketersediaan referensi bacaan yang lengkap. Sebuah ruang yang didesain multifungsi, membuat pengunjungnya betah dan mudah mengakses bacaan.

Kreatif memanfaatkan ruang-ruang yang ada, rak-rak buku yang didesain sedemikian rupa dari bahan-bahan daur ulang. Penataan buku-buku yang kreatif yang memudahkan pengunjung. Prinsip utamanya, bagaimana Sudut Baca ini menjadi ruang interaksi yang memudahkan siswa dan masyarakat mengakses bacaan.

3. Bidang Lomba Vokasi Moda Literasi Bergerak Diikuti oleh 2 orang peserta memberikan kesempatan kepada para inovator dari peserta didik SMK untuk menghasilkan karya Vokasi Moda Literasi Bergerak (mendekatkan bahan bacaan, literatur, dan sumber informasi kepada masyarakat) berdasarkan tiga kawasan/wilayah disesuaikan dengan wilayah sekolah masing-masing, Pedalaman/ Pegunungan/Pedesaan, Urban perkotaan, dan Pesisir pantai (Maritim).

1. Persyaratan peserta lomba berdasarkan penjelasan yang ada pada Buku Pedoman FLS Tahun 2019 untuk jenjang SMK antara lain :

Alur pelaksanaan kegiatan Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 adalah sebagai berikut:

a. Peserta lomba adalah Siswa SMK yang masih aktif pada tahun pelajaran 2019/2020;

b. Setiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari satu bidang lomba

c. Peserta yang masuk 10 besar Festival Literasi Sekolah (FLS) tahun 2018 tidak diperkenankan untuk mengikuti kembali FLS 2019;

d. Karya yang dikirimkan belum pernah dilombakan pada lomba setara dengan tingkat nasional lainnya;

e. e. Karya yang dibuat adalah murni hasil karya peserta sendiri;

f. Jika dikemudian hari ditemukan bahwa karya tersebut bukan hasil buah karya peserta sendiri, maka peserta bersedia untuk digugurkan.

2. Sifat Kepesertaan Lomba adalah TIM (2 orang)

3. Detail Waktu dan Tempat Pelaksanaan berdasarkan Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaa FLS SMK Tahun 2019 yakni :

Pelaksanaan penjurian final dan pameran Festival Literasi Sekolah Jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 25 s.d 29 Juli 2019 dI Jakarta.

4. Pembiayaan

Bagi peserta & pendamping yang masuk 3 besar, biaya perjalanan ke Jakarta pulang-pergi ditanggung oleh masing-masing peserta & pendamping, sedangkan akomodasi dan konsumsi ditanggung Direktorat Pembinaan SMK.

Pada Juknis ( Petunjuk Tekhnis ) FLS SMK Tahun 2019 juga menjelaskan tentang Alur Lomba yang rinciannya seperti di bawah

1. Tahap I (Seleksi Administrasi dan Abstraksi Karya)

Setiap sekolah melakukan pengiriman dokumen kelengkapan administrasi dan abstraksi karya secara online (daring) dilaman: http://bit.ly/pendaftaran-festival-literasi-2019 dan sudah harus dientry dari tanggal 25 Maret s.d 5 Mei 2019 pkl. 00.00 WIB. Dokumen Kelengkapan Administrasi yang dikirim sebagai berikut:

a. Fotocopy/scan rapor terakhir yang menandakan masih aktifsebagai siswa SMK;

b. Surat Keterangan Peserta Lomba dari Kepala Sekolah yang diketahui oleh Dinas Pendidikan Provinsi atau UPTD setempat;

c. Formulir Biodata digital;

d. Abstraksi Gagasan Karya yang akan diikutkan Lomba.

2. Tahap II (Pembuatan Karya)

Tahap II merupakan tahapan untuk mencari 10 besar, peserta mengirimkan Karya Lomba dan Video Penjelasan Konten Karya serta Proses Pembuatan Karya. Pengiriman karya dapat dikirimkan ke laman: http://bit.ly/pendaftaran-festival-literasi-2019, dan sudah harus dientry dari tanggal 22 Mei s.d 15 Juni 2019 pkl. 00.00 WIB.

3. Tahap III (Presentasi Karya Video Conference)

Tahap seleksi Presentasi Karya Peserta melalui Video Conference. Tahap ini akan menyeleksi Peserta menjadi 3 Besar. Karya 10 Besar Peserta akan diunggah ke laman: http://bit.ly/pendaftaran-festival-literasi-2019, untuk dilakukan Penilaian oleh Juri.

4. Tahap IV (Presentasi dan Display Karya)

Tahap Presentasi dan Display Karya untuk menentukan pemenang 1, 2, 3. Bagi peserta yang Lolos 3 besar akan melakukan presentasi dan display karya di acara Festival Literasi Sekolah (FLS) jenjang SMK Tingkat Nasional Tahun 2019, tanggal 25 s.d 29 Juli 2019 di Jakarta .

Download Pedoman FLS SMK


Selengkapnya tentang Juklak ( Petunjuk Pelaksanaan ) FLS2N SMK Tahun 2019 versi pdf di atas dapat bapak ibu guru maupun adik-adik pelajar download pada tautan di bawah ini
pedoman fls smk   update pedoman 
Jangan lupa bagikan informasi tentang Download Pedoman FLS SMK Tahun 2019 ( Juknis Juklak Festival Literasi Sekolah SMK 2019 ) ini ke rekan guru dan pelajar anda agar bermanfaat. Dapatkan update FLS SMK langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow

Baca juga:

Buka Komentar