Soal USBN SMP MTs Bahasa Indonesia Tahun 2019 Disertai Kunci Jawaban

Soal USBN SMP MTs Bahasa Indonesia Tahun 2019 Disertai Kunci Jawaban

Soal USBN SMP MTs Bahasa Indonesia Tahun 2019 merupakan Kumpulan Soal Ujian Sekolah Berbasis Nasional yang dapat dijadikan sebagai salah satu referensi belajar bagi peserta didik tingkat SMP/MTs yang akan menghadapi ujian ataupun bagi pendidik yang hendak mempersiapkan peserta didiknya sebagai bekal ilmu dalam menghadapi ujian sekolah skala nasional.
Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMP MTs Tahun 2019, Soal dan Kunci Jawab Latihan USBN SMP/MTs Tahun 2019, Soal dan Jawaban Latihan USBN SMP-MTS Tahun 2019, Soal USBN Tahun 2019 SMP MTs Dilengkapi Pembahasan

Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMP MTs Tahun 2019 adalah salah satu dari sekian banyak media pembelajaran yang harus dipersiapkan oleh siswa tingkat akhir mengingat USBN SMP/MTs tidak akan lama lagi diselenggarakan.

Soal dan Kunci Jawab Latihan USBN SMP/MTs Bahasa Indonesia Tahun 2019 akan membuat peserta didik akan lebih terbiasa dengan bentuk soal yang pada akhirnya mampu membuat peserta didik lebih siap dalam menghadapi ujian sekolah berbasis nasional.

Ujian Sekolah telah menjadi sebuah kekhawatiran bagi sebagian peserta didik, hampir seluruh pelajar mulai dari SD/MI hingga SMA sederajat pastinya sudah pernah mengalami perasaan tersebut saat menjelang ujian sekolah. Untuk itu perlu membiasakan diri dengan belajar menjawab Soal dan Jawaban Latihan USBN Bahasa Indonesia SMP-MTS Tahun 2019

Soal USBN SMP MTs Bahasa Indonesia


Pada dasarnya diselenggarakannya Ujian Sekolah memiliki tujuan sebagai berikut :

1. Sebagai dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya. Jika USBN telah terlaksana dengan baik dimana semua prinsip ujian telah terpenuhi sperti objektif (validitas, reliabelitas dan value), akuntabel dan transparan maka seleksi penerimaan peserta didik baru akan menjadi efektif dan efisien

2. Sebagai pemetaan mutu program atau satuan pendidikan. Meskipun Ujian Sekolah hanya mengukur pencapaian satu standar mutu pendidikan saja, namun standar mutu lainnya (isi, proses, tenaga kependidikan dan pendidik, sarana dan prasarana, pengelolaan, penilaian pendidikan, dan pembiayaan pendidikan) secara langsung tidak menjadi parameter indikator dalam instrument USBN.

3. Bagi siswa, Ujian Sekolah Basis Nasional sebagai pemetaan mutu program pendidikan pada satuan pendidikan, sebagai pertimbangan seleksi masuk pada jenjang pendidikan berikutnya. Selain itu, USBNsebagai dasar pembinaan dan pemberian bantuan untuk satuan pendidikan dalam rangka pemerataan serta peningkatan pendidikan.

2. Bagi pemerintah daerah yaitu bisa memanfaatkan hasil USBN untuk melakukan pemetaan pencapaian standar siswa dan satuan pendidikan maupun wilayah. Tujuan dari pemetaan ini yaitu untuk menyusun program pembinaan untuk satuan pendidikan dan wilayah.

3. Bagi pemetaan. tindak lanjutnya adalah hasil USBN akan diserahkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota maupun provinsi. Hal tersebut dilakukan agar hasil USBN dapat dimanfaatkan untuk memetakan mutu pendidikan daerah dan sebagai dasar untuk pengembangan program di daerahnya yang berguna untuk peningkatan mutu pendidikan.

Untuk itu persiapan yang matang tidak hanya bagi peserta didik saja melainkan juga bagi pendidik dengan mempersiakan siswanya agar lebih matang dan lebih terbiasa dengan bentuk soal ujian sekolah berbasis nasional. Salah satu contohnya adalah dengan menyajikan berbagai Soal USBN Bahasa Indonesia Tahun 2019 SMP MTs Dilengkapi Pembahasan

Latihan Soal USBN SMP/MTs 2019 Bahasa Indonesia berikut ini dapat adik-adik atau bapak ibu Guru download gratis agar nantinya dapat dijadikan sebagai media pengayaan materi siswa SMP/MTs yang akan menempuh Ujian Sekolah.

Sedikit review dari Contoh Soal USBN SMP-MTS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang bisa anda download gratis pada tautan di akhir artikel ini akan tampak seperti di bawah

1.Berdasarkan hasil penelitian, satu pohon jika dikonversi ke rupiah bisa menghasilkan oksigen senilai Rp 1.174.000,00 per hari. Tentu pohon-pohon yang ditebang secara asal- asalan akan mempengaruhi ekosistem yang ada. Jika keseimbangan alam terganggu, dampaknya akan sangat dirasakan oleh manusia. Padahal fungsi pohon itu sendiri untuk menyerap air dan menyediakan oksigen secara gratis. Bayangkan saja apabila kila harus membeli oksigen untuk bernafas, berapa biaya yang kita keluarkan?

Arti istilah dikonversi dalam paragraf tersebut adalah ….

A. Dibentuk

B. Ditukar

C. Digunakan

D. Dihasilkan

2.Cermati kutipan teks tanggapan kritis berikut!

Mungkin ada sebagian atau bahkan kebanyakan orang tua dan juga siswa SMP seringkali dibingungkan denganpilihan ini.Terutama bagi siswa kelas 9 yang sebentar lagi akan lulus dan harussegera menentukan pilihannya.Kita harus mempertimbangkan Kekurangan dan kelebihan dari masing-masinsebelum kita memilihnya.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah….

A.Siswa SMP kelas 9 bingung Menentukan pilihan masuk SMAatau SMK setelah lulus. B.Pilian yang Menentukan bagi siswa SMP kelas 9 untuk melanjutkan SMA atau SMK setelah lulus.

C.orang tua siswa SMP yang harus Menentukan pilihan SMA atau SMK bagi anaknya setelah lulus.

D.Siswa SMP kelas 9 harus dapat Menentukan pilihan masuk SMA atau SMK setelah Lulus

3. Bacalah kutipan teks berikut!

Menyikapi permasalhan tersebut bukan hanya guru yang bertanggung jawab atas ketidakberlangsungan pembelajaran sastra di sekolah.Namun perlu ditelaah lebih lanjut mengenai kurikulum dari pemerintah yang hanya menempelkan pembelajaran sastra pada pembelajaran Bahasa Indonesia.Tidak dapat dipungkiri juga minat siswa terhadap sastra sangat rendah. Kutipan paragraf di atas merupakan salah satu struktur teks tanggapan kritis yaitu…. A.evaluasi

B.deskripsi teks

C.penegasan ulang

D.ringkasan

4. Simak kutipan berikut!

Mungkin tidak banyak orang menyadari bahwa sebenarnya sarapan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kesehatan .Tidak peduli seberapa sibuknya Anda,penting untuk mengisi bahan bakar untuk tubuh Anda sehingga energi Anda terpenuhi sepanjang hari.Selain memberi energi pada tubuh,sarapan juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah pentingnya. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah…. A.Apa yang dimaksud dengan sarapan?

B.Di mana tempat sarapan yang paling tepat?

C.Mengapa sarapan itu penting?

D.Bagaimanakah sarapan yang tepat itu?

5. Bacalah teks berikut

Bahan makanan yang pertama yang sangat baik untuk kesehatan tubuh ialah sayuran dengan kandungan serat yang berlimpah. Kandungan serat sangatlah baik bagi sistem pencernaan. Hampir semua jenis sayuran mengandung serat dan dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh. Metabolisme yang lancarakan menjauhkan tubuh dari beragam penyakit dan yang utama dapat menjauhkan tubuh dari obesitas atau kelebihan berat badan

Makna kata metabolisme dalam paragraf tersebut adalah ….

A. Proses peredaran darah dalam tubuh tanpa proses kimia dan fisika.

B. Pertukaran zat pada organisme yang meliputi proses kimia dan fisika

C. Proses pengolahan makanan dalam tubuh tanpa proses kimia dan fiika D.Hasil proses pengolahan makanan dalam tubuh melalui proses kimia

6.Bacalah teks berikut

Di bangunan Taman Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. Bangunan ini terletak di samping gedung Museum Serangga. Di sini pengunjung dapat melihat secara langsung berbagai jenis kupu-kupu. Bahkan, di sini juga ada penangkaran, tempat berlangsungnya metamorfosis kupu-kupu.

Ide pokok paragraf tersebut adalah .…

A. Panorama kupu-kupu

B. Bangunan Taman Kupu

C. Berbagai jenis kupu-kupu

D. Penangkaran kupu-kupu

7.Bacalah teks berikut

Banyak di antara kita bertanya, “Apakah melihat matahari secara langsung saat gerhana matahari dapat menyebabkan buta?” Untuk menanggapi fenomena ini kita lebih mengetahuinya melalui ilmu sains. Dalam sains yang dimaksud gerhana matahari adalah sebuah fenomena posisi bumi, matahari, dan bulan sejajar berada dalam satu garis lurus. Pada saat itu bulan akan melintas di antara bumi dan matahari sehingga cahaya matahari ke bumi akan terhalang oleh bayangan bulan ketika fase total terjadi, bulan menutupi matahari karena matahari akan terlihat seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi bulan. Dalam keadaan itu melihat matahari tidak membuat mata menjadi buta. Ini sesuai dengan pernyataan Thomas Djamaludin bahwa melihat gerhana matahari total secara langsung menyebabkan kebutaan merupakan mitos modern.

Simpulan isi teks tersebut adalah ...

A.Melihat matahari saat gerhana matahari bisa menyebabkan kebutaan.

B.Gerhana matahari merupakan fenomena alam tentang sejajarnya bumi, matahari, dan bulan.

C.Ketika fase total gerhana, kemana matahari terlihat menjulur pada bagian tertentu.

D.Melihat langsung matahari saat gerhana matahari tidak menyebabkan kebutaan.

8.Bacalah paragraf berikut!

Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...

A. Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.

B. Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.

C. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit. D.Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam

9.Bacalah paragraf tersebut!

Perundang-undangan terkait penanganan kesehatan perlu ditinjau kembali agar pengelola kesehatan masyarakat bisa lebih terintegrasi, hal ini diungkapkan ketua lembaga bantuan hukum kesehatan Iskandar Istorus, disela diskusi kesehatan masyarakat Indonesia. Undang-undang yang ada perlu ditinjau lagi .

Ringkasan paragraf tersebut adalah……..

A. Diskusi tentang kesehatan masyarakat Indonesia ditinjau lagi.

B. Perundang-undangan tentang kesehatan perlu di tinjau kembali.

C. Sambutan ketua lembaga bantuan hukum kesehatan ditanggapi. D.Pengelola kesehatan masyarakat harus di intregarasi

10.Bacalah kedua teks berikut!

Teks 1

Kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Alam Permai sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak mampat. Tempat pembuangan sampah pun terorganisasi dengan baik. Setiap rumah memiliki satu tempat sampah yang diletakkan di depan rumah. Tempat sampah berupa tong besar atau drum. Petugas kebersihan mengambil sampah setiap tiga hari sekali. Selain itu, setiap satu bulan sekali warga Perumahan Alam permai melakukan kerja bakti membersihkan selokan dan rumput- rumput liar di sekitar perumahan

Teks 2

Perjalanan kami dari Medan ke Parapat diawali dari iseng aja. Dimulai dari seorang kawan yang ingin meluapkan kegalauannya. Saya sendiri heran, kenapa mesti ke Parapat, itu kan jauh dari Medan. Padahal bisa aja hang out ke cafe di sekitar kota

Medan, toh sama aja rasanya. Temyata melepaskan rasa galau di cafe dengan keindahan alam yang natural beda rasanya. Parapatlah tempat kealamian yang masih ada. Natural dan indah. Parapat merupakan pintu masuk ke Danau Toba, tempat yang indah di Sumatra Utara.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah .... A.Teks 1: kalimat efektif, Teks 2: kalimat tidak efektif.

B. Teks 1: menggunakan kata baku, Teks 2: menggunakan kata tidak baku.

C. Teks 1: bahasa mudah dipahami, Teks 2: bahasa berbelit-belit.

D. Teks 1: bahasa santai, Teks 2: bahasa resmi.

11.Perhatikan paragraf berikut! (1) Sudah banyak telaah ilmiah yang membahas masalah teknologi. (2) Namun, masih jarang yang sudi menelaah masalah yang mungkin timbul sebagai akibat dari teknologi itu. (3) Permasalahan yang ditimbulkan oleh teknologi itu barangkali belum terhayati oleh manusia. (4) Padahal manusialah yang menciptakan, mengalami dan menerima akibat positif atau negatif teknologi itu.

Ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . .

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

12.Bacalah paragraf berikut!

Pemanasan global disebabkan oleh beberapa aspek. Pertama, polusi karbon dioksida akibat penggunaan pembangkit listrik bahan bakar fosil. Kedua, polusi karbon dioksida akibat proses pembakaran bensin pada mesin motor. Ketiga, penggunaan gas metana di bidang pertanian dan peternakan. Keempat, penebangan pohon secara liar tanpa penanaman kembali Kelima, penggunaan pupuk kimia secara berlebihan.

Teks eksplanasi tersebut, isinya dikembangkan dengan pola pengembangan .......

A. kausalitas B.kronologis

C. ilustrasi

D. klasifikasi

13.Cerita ini baik dan mudah ditangkap. Pengarang menyajikan masalah yang aktual dan sering kita jumpai sehari-hari. Semuanya dapat diterima akal sehat serta tidak membosankan. Pengarang menguraikan panjang lebar karakter tokoh-tokohnya. Jadi cerita tidak kabur. Sayang pengarang sering mengulang-ulang kata porno. Dalam satu buku, mungkin lebih dari empat kisah.

Kalimat yang mengungkapkan keunggulan buku adalah...

A. cerita dapat diterima akal sehat dan tidak membosankan

B. karakter tidak tergambar dengan cepat dan membaca berulang-ulang.

C. pengarang menghidupkan cerita dengan cerita porno dan menghalangi D.cerita diungkapkan seperti lazimnya cerita yang lain

14.Bacalah teks fabel berikut.Di tepi hutan hiduplah seekor monyet dan seekor kura- kura. Pada suatu hari, monyet mengajak kura-kura menanam pohon pisang.

"Kura-kura, mari kita menanam pohon pisang," ajak monyet.

"Ayo, kau di sebelah kanan aku di sebelah kiri," jawab kura-kura.

Hari berganti hari. Setiap hari kura-kura merawat pohon pisangnya.

"Tumbuh, tumbuhlah pohon pisangku," kura-kura bernyanyi riang.

Monyet hanya melihat tingkah kura-kura sambil tiduran di rerumputan.

"Apa kabar Monyet? Bagaimana pohon pisangmu?" sapa kura-kura kepada monyet.

"Biarkan saja, besok-besok juga berbuah," jawab monyet sombong.

Kata tercetak miring tersebut mengandung makna....

A. monyet sangat rajin

B. kura-kura sangat pemalas

C. monyet sangat pemalas

D. kura-kura sangat raji

15.Bacalah kutipan cerpen berikut!

Sebuah mobil colt berplat nomor merah berhenti persis di depan kedai kasur Alin. Murni berdebar-debar, kalau-kalau orang yang turun dari mobil itu utusan hotel yang memesan tiga puluh kasur single itu. Ia berusaha tersenyum dan menyembunyikan giginya yang terlalu menonjol ke depan. Orang berpakaian pegawai itu juga tersenyum membalas. "Maaf, Bu. Saya pegawai ketertiban Balaikota. Apakah racun api Ibu masih baik? Boleh saya periksa?"

Kata tercetak miring tersebut mengandung makna....

A. bangunan tempat berjualan

B. bangunan tempat memproduksi barang

C. bangunan tempat menitipkan barang

D. bangunan tempat menumpuk barang

16.Bacalah kutipan cerita berikut!

Seorang pemburu yang tidak terlalu berani, sedang mencari jejak seekor singa. Dia lalu berteman dengan seorang penebang kayu di dalam hutan. Dia pun bertanya kepada penebang itu jika saja ia melihat tanda-tanda jejak singa atau tahu di mana singa itu bersarang.

Kutipan teks tersebut merupakan alur bagian ....

A. pengenalan

B. perumitan

C. peleraian

D. penyelesaian

17.Cermatilah kutipan fabel berikut!

“Hore!”teriak para serangga ketika melihat kodok-kodok itu pergi.Sambil menari-nari mereka mengangkat tubuh Paman Belalang dan melempar-lemparkannya ke udara.Kakek cacing mengucapkan terima kasih kepada paman Belalang yang sudah menyelamatkan desa. Semenjak itu,Paman Belalang tidak menjadi pemurung lagi.Ia menyadari dirinya masih berguna walaupun telah kehilangan kakinya.Setiap malan ia pun bergabung dengan para serangga lainnya untuk berpesta.Pman Belalang selalu bermain gitar dan bernyanyi riang.Para serangga pun sangat menyukainya.Mereka selalu ikut berpetuaklang dengan Paman Belalang dengan perahunya.

Kutipan teks cerita tersebut termasuk ke dalam struktur teks fabel pada bagian…. A .orientasi

B. komplikasi

C. resolusi

D. koda

18.Cermatilah kutipan fabel berikut 1 Saat pertengahan keledai dengan santainya berlari. Sedangkan kuda tengah berusaha berlari cepat. Keledai berusaha membuat rencana agar kuda kalah. Keledai berkali-kali membuat jebakan, tetapi jebakan itu menimpanya sendiri. Saat menuju garis finis keledai membuat rencana lagi. Yaitu keledai memberikan air minum untuk kuda yang berisikan obat tidur. Kuda pun menolaknya dan keledai disuruh meminumnya sendiri. Namun keledai tidak mau meminumnya. "Kenapa kamu tidak mau meminum air ini saja?" kata kuda.

"Aku tidak haus," jawab keledai.

Kuda memaksa keledai untuk meminum air itu. Saat keledai meminum air itu keledai pun jatuh tertidur. "Hmmm .. benar apa yang telah kuduga. Dia mau menipuku," batin Kuda.

Simpulan makna simbol dalam fabel di atas adalah ....

A. Jangan mudah percaya terhadap orang lain

B. Jangan menganggap siapa pun lemah

C. Berhati-hatilah terhadap orang yang baru dikenal

D. Berbuat baik atau buruk kepada orang lain akan mengenai kepada diri sendiri.

19.Bacalah teks berikut!

“Nis, maafin aku kalau ada salah” ucap Yola kepada Nisa di hadapan teman-temannya. Ia menguatkan diri menemui Nisa dan kawan-kawannya seorang diri.

“Hah? Sejak kapan Yola?” Nisa menatap Yola tidak percaya, begitu juga teman-teman lainnya.

“Yola baru belajar, Nisa. Maafin Yola kalau selama ini telah membuat Nisa sama teman- teman benci Yola,” suara parau Yola mengiang di telinga Nisa, jelas sekali ia menahan air matanya yang sudah menunggu untuk meluncur di pipinya.

Dalam hitungan sepersekian detik, Nisa memeluk Yola. Pelukan sahabat yang sudah lama ia tidak rasakan. Ia peluk sekuat-kuatnya sambil menangis. Mutia, Zsazsa, Tasya, dan Aisyah juga ikut memeluk tubuh Yola. Siapa yang tidak rindu dengan pelukan sahabat yang hangat?

Lia dan Fajar yang memperhatikan mereka dari balik dinding tersenyum bangga. Apalagi Fajar bisa membuat Yola tersenyum lagi. “Misi kita selesai Lia,” desisnya, Lia membalasnya dengan senyum. Hari itu juga, mereka bersahabat dengan baik kembali.

(Fitrah karya Zhilan Zhalila) Simpulan isi kutipan cerpen tersebut adalah ...

A. Memberi maaf merupakan perbuatan mulia.

B. Fitrah dapat memecah belah persahabatan.

C. Setiap orang merindukan persahabatan sejati.

D. Hubungan persahabatan dapat dipulihkan kembal

20. Bacalah kutipan cerpen berikut!

(1)Wulan heran, mengapa lelaki itu begitu baik mau membayarkan ongkos busnya.

Padahal wualn tidak kenal sama sekali. (2). “Astaga , jangan-jangan……” melintas pikiran buruk dibenaknya, (3) jangan-jangan leleki itu amau menculiknya, dia membayariku supaya dia tidak curiga kepadanya.” (4). Jantung wulan kembali berdegup kencang. (5). Baru kemarin , ia membaca tentang penculikkan anak-anak .(6). Seingat wulan lelaki itu juga dari sekolahnya.

Pesan tersirat dari kutiban cerpen tersebut adalah….

A. kita harus mencurigai seseorang yang belum kita kenal

B. kita harus waspada di setiap kesempatan.

C. Kita tidak bisa membedakan orang baik dan orang jahat.

D. Kita harus berbuat kepada siapa saja

Untuk versi yang lebih lengkap dalam format word dari Contoh Soal USBN SMP/MTs Bahasa Indonesia Tahun 2019 Disertai Kunci Jawaban yang ada di atas dapat anda download pada tautan yang disediakan di akhir artikel berikut ini.

Download Soal USBN SMP/MTs Bahasa Indonesia 


Silahkan bapak dan ibu guru atau adik-adik siswa kelas 9 unduh Latihan Soal Ujian Sekolah Berbasis Nasional jenjang SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia pada tautan di bawah ini
soal usbn indo   kunci usbn indo 
Demikian informasi tentang Download Soal USBN SMP/MTs Bahasa Indonesia Tahun 2019 Disertai Kunci Jawaban di atas, jangan lupa bagikan ke teman anda agar bermanfaat. Dapatkan update Soal USBN SMP/MTs langsung ke smartphone anda denngan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar