Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa SMP SMA Terbaru

Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa SMP SMA Terbaru

Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa SMP SMA Terbaru merupakan Contoh Dokumen yang berisi Format Formulir Angket Peminatan SMP dan Angket Peminatan SMA Revisi 2019. Format Angket ini dapat dijadikan sebagai salah satu media rujukan dalam membuat formulir peminatan bagi peserta didik di sekolah bapak dan ibu Guru.
Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa SMP SMA, Angket Peminatan SMP dan Angket Peminatan SMA Revisi 2019, Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013, Angket Peminatan Peserta Didik SMP dan SMA, Formulir Angket Peminatan Siswa Tahun 2019-2020

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwasudah banyak sekolah dengan dukungan pemerintah, dewan guru dan komite sekolah telah dipercaya sebagai Sekolah Induk pelaksana Implementasi Kurikulum 2013. Salah satu point penting dalam Kurikulum 2013 adalah Peminatan.

Peminatan dalam Kurikulum 2013 ini mencakup kelompok mata pelajaran wajib, kelompok mata pelajaran peminatan serta kelompok mata pelajaran pendalaman dan lintas Minat untuk peserta didik SMA/MA yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan terintegrasi dalam program pelayanan bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan, khususnya dalam jenjang pendidikan menengah.

Artinya, program pelayanan bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan harus memuat pelayanan peminatan baik kelompok mata pelajaran maupun lintas minat mata pelajaran. Upaya ini mengacu kepada program pelaksanaan kurikulum tahun 2013, khususnya terkait dengan peminatan akademik, pilihan lintas minat atau pendalaman mata pelajaran, dan peminatan studi lanjutan. Program bimbingan dan konseling dengan peminatan sepenuhnya berada di bawah tanggung jawab Guru Bimbingan dan Konseling (Guru BK) atau Konselor di setiap satuan pendidikan.

Dalam konstruk dan isinya kurikulum tahun 2013 mementingkan terselenggaranya proses pembelajaran secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberi ruang yang cukup bagi prakarsa , kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan peserta didik.

Angket Peminatan Siswa SMP SMA Terbaru


Proses belajar yang dilakukan menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach) dengan penilaian hasil belajar berbasis proses dan produk. Untuk ini, selain memuat isi kurikulum dalam bentuk mata pelajaran dan kegiatan lainnya, Kurikulum Tahun 2013 menyajikan kelompok mata pelajaran wajib, mata pelajaran peminatan, dan mata pelajaran pilihan untuk pendidikan menengah yang diikuti peserta didik sepanjang masa studi mereka.

Kelompok mata pelajaran peminatan meliputi peminatan akademik, lintas mata pelajaran atau pendalaman mata pelajaran dan peminatan studi lanjutan. Untuk SMA peminatan akademik meliputi peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, peminatan Ilmu-Ilmu Sosial dan peminatan Bahasa dan Budaya.

Guru BK/Konselor membantu peserta didik dalam memenuhi Peminatan kelompok mata pelajaran dan mata pelajaran untuk peserta didik sesuai dengan kemampuan dasar umum, bakat, minat dan kecenderungan pilihan masing-masing peserta didik.

Peminatan memberikan kesempatan yang cukup luas bagi peserta didik untuk menempatkan diri pada jalur yang lebih tepat dalam rangka penyelesaian studi secara terarah, sukses, dan jelas dalam arah pendidikan selanjutnya.

Wilayah Peminatan kelompok mata pelajaran dan mata pelajaran bagi peserta didik ini, dalam keseluruhan program pendidikan satuan pendidikan dasar dan menengah merupakan bidang pelayanan BK yang menjadi wilayah manajemen BK dan wilayah tugas pokok Guru BK/Konselor dalam kerangka keseluruhan program pelayanan BK pada satuan pendidikan.

Pendalaman materi mata pelajaran merupakan bidang pelayanan pembelajaran yang menjadi wilayah manajemen pembelajaran dan wilayah tugas pokok Guru Mata Pelajaran dalam kerangka keseluruhan program pembelajaran pada satuan pendidikan.

Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013 ini dapat digunakan sebagai acuan bagi Guru BK/Konselor dalam memberikan pertimbangan kepada pihak-pihak terkait dalam menentukan kebijakan terkait implementasi kurikulum 2013 di tingkat satuan pendidikan. Buku Angket Peminatan Peserta Didik SMP dan SMA ini sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Implementasi Kurikulum 2013.

Formulir Angket Peminatan Siswa Tahun 2019-2020 ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi tentang identitas dan minat anda terhadap Peminatan dan Pendalaman Mata pelajaran yang diinginkan. Informasi/data yang anda sampaikan akan dipergunakan sebagai bahan pertimbangan penerimaan dan penempatan Kelompok Mata Pelajaran Peminatan Akademik anda di sekolah ini.

Untuk itu, isilah secara hati-hati dan benar sesuai dengan diri anda, sebab kekeliruan isian ini akan berpengaruh terhadap karir dan masa depan anda. Semoga anda jadi orang yang berhasil di masa depan dan cita-citanya dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Download Angket Peminatan Siswa SMP SMA Terbaru


PETUNJUK PENGISIAN Angket Peminatan Siswa SMP SMA Revisi Tahun 2019-2020

1. Siswa diharapkan berdoa sebelum menjawab pertanyaan yang ada pada angket

2. Siswa harus membaca teliti pertanyaan angket

3. Siswa wajib menjawab semua pertanyaan secara jujur sesuai dengan dirinya.

Silahkan bapak atau ibu Guru Download Angket Peminatan SMP dan Angket Peminatan SMA Revisi 2019 pada tautan yang telah disediakan di bawah ini
angket peminatan terbaru   update angket 
Jangan lupa bagikan informasi tentang Download Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa SMP SMA Terbaru ini ke rekan guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update Angket Peminatan langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow

Baca juga:

Buka Komentar