Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Lengkap Buku Guru dan Siswa

Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Lengkap Buku Guru dan Siswa

Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Lengkap Buku Guru dan Siswa ialah buku untuk guru dan siswa yang merupakan media panduan dalam rangka terciptanya visualisasi terperinci dan jelas dalam proses belajar mengajar yang pada gilirannya diharapkan untuk menciptakan karakter dengan cerminan kemampuan dalam menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas tinggi, pribadi yang reflektif, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi dan penguasaan konsep yang matang serta perilaku yang positif.
Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Lengkap Buku Guru dan Siswa, Buku Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018/2019, Buku Guru dan Siswa Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018-2019, Buku Matematika Kelas V Sekolah Dasar K13 Revisi 2019, Buku Matematika SD/MI Kurtilas Revisi 2019

Dalam rangka pendidikan yang lebih baik maka Kemendikbud menyediakan media berupa Buku Matematika Guru dan Siswa Kurikulum 2013 yang mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang berlandaskan pada masa dan kemajuan saat ini. Untuk itu Buku Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018/2019 mengalami proses revisi setiap perubahan tahun ajaran baru dengan maksud agar semakin sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Agar pendidik dapat dengan leluasa menggunakan Buku Kurikulum 2013 untuk kelas 5 jenjang Sekolah Dasar (SD) dan sederajat maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyediakan dalam bentuk e-book dan bisa didownload secara gratis.

Buku Guru dan Siswa Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018-2019 merupakan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kurikulum 2013 yang dapat diakses gratis melalui laman website buku.kemdikbud.go.id dan buku tersebut disediakan lengkap karena terdiri dari buku pegangan guru dan buku pelajaran bagi siswa dengan format tematik.

Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013


Buku Matematika Guru dan Siswa Kelas V Sekolah Dasar K13 Revisi 2019 adalah salah satu media bagi pendidik dan peserta didik yang telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan memberikan catatan serta perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud tentunya.

Buku Panduan Guru Matematika SD/MI Kurtilas Revisi 2019 disusun dalam rangka memberi kemudahan kepada pendidik dalam menunaikan proses belajar mengajar secara lebih koperatif dimana Buku Matematika SD/MI Kelas 5 Kurtilas Revisi 2019 tersebut telah dibekali dengan pengembangan konsep jaringan tema, ruang lingkup pembelajaran, tujuan pembelajaran, media dan alat pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, serta pengalaman belajar, dan teknik penilaian.

Buku Guru Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 berikut ini dapat bapak dan ibu Guru gunakan dengan 2 tujuan sekaligus yakni disamping sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa, juga dapat digunakan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas

Sedangkan Buku Siswa Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018/2019 merupakan buku yang disusun dengan pola yang mengacu pada basis aktivitas peserta didik dengan sangat mengedepankan pencapaian kompetensi bidang matematika peserta didik.

Disamping itu Buku Guru dan Siswa Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018-2019 berikut ini dapat rekan Guru sekalian gunakan sebagai panduan dan juga buku aktivitas dengan harapan supaya memberi kemudahan kepada peserta didik untuk mau terlibat aktif dalam proses pembelajaran demi tercapainya kompetensi yang sesuai dengan tujuan pendidikan.

Matematika adalah induk dari semua ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi dan informasi tidak terlepas dari perkembangan matematika. Penguasaan matematika hendaknya dimulai dari jenjang dasar. Oleh karena itu, diperlukan metode dan sarana yang menarik siswa dalam mempelajari matematika. Salah satu bentuk nyatanya adalah buku teks pelajaran yang memiliki muatan bagus dan disajikan secara menarik.

Isi buku Senang Belajar Matematika Kelas V ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013 yang mengacu pada Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Proses pembelajaran dalam buku ini memuat pendekatan Saintifik, Discovery Learning, Problem Base Instruction, Project Base, Activity Base, Real Life, High Order Thiking Skills (HOTS), penilaian autentik, dan kecakapan Abad 21 (Komunikasi, Kolaborasi, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Kreativitas, dan Inovasi).

Muatan-muatan tersebut dikemas dalam kegiatan-kegiatan diantaranya mengamati, aktivitas dengan kerja bersama, kegiatan latihan, kegiatan eksplorasi, pertanyaan kritis, ayo berlatih, tugas proyek, dan uji kompetensi. Buku ini juga disempurnakan dengan adanya berbagai literasi guna mendukung pencapaian maksimal siswa.

Penilaian mengacu pada penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Pada buku ini diberikan alternatif rubrik dan contoh penilaian sebagai sumber guru dalam mengembangkan penilaian sesuai dengan karakteristik siswa masing-masing.

Terbitnya buku ini diharapkan guru dapat menerapkan penilaian yang mencakup domain Kompetensi Inti I dan II (sikap), Kompetensi Inti III (pengetahuan), dan Kompetensi Inti IV (keterampilan). Kami menyadari karena terbatasnya waktu dalam penyusunan buku ini, sehingga hasilnya jauh dari sempurna.

Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun guna penyempurnaan buku ini kami harapkan. Semoga putraputri bangsa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan matematikanya sejak dini, sehingga Indonesia semakin maju dan jaya.

Buku teks pelajaran yang baik adalah buku yang dapat mencakup kurikulum yang berlaku. Kompetensi Dasar harus tersampaikan melalui kegiatankegiatan yang dikemas dalam buku tersebut. Tantangan berikutnya adalah bagaimana sebuah buku dapat memuat kecakapan abad 21 yang dikenal dengan 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, Collaboration).

Hakikat matematika merupakan ilmu yang bersifat abstrak. Bagi kebanyakan siswa matematika masih merupakan sesuatu hal yang sangat sulit dan menjadi momok. Bagi para guru tidak mudah untuk memilih strategi, model, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang tepat. Dengan demikian materi matematika mudah dipahami siswa, siswa dapat terampil serta siswa tertarik untuk mempelajarinya.

Strategi pembelajaran merupakan taktik yang digunakan guru agar pembelajaran terlaksana dan tepat sasaran. Strategi pembelajaran secara aplikatif dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu strategi langsung dan strategi tidak langsung. Strategi mana yang digunakan sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat tepat sasaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai sangat tergantung pada keahlian guru.

Oleh karena itu, agar siswa lebih cepat memahami materi biasanya digunakan strategi langsung. Jika strateginya tidak langsung, maka jenis kegiatannya juga tidak langsung menyentuh materi pembelajaran. Rencana pembelajaran pada hakikatnya merupakan perencanaan jangka pendek yang dilakukan oleh guru untuk dapat memperkirakan berbagai tindakan yang akan dilakukan di kelas.

Perencanaan pembelajaran tersebut perlu dilakukan agar guru dapat mengkoordinasikan berbagai komponen pembelajaran yang berorientasi (berbasis) pada pembentukan kompetensi siswa, seperti kompetensi dasar, materi standar, indikator hasil belajar, dan penilaian berbasis kelas. Kompetensi dasar berfungsi untuk memberikan makna terhadap materi standar.

Indiaktor hasil belajar berfungsi sebagai alat untuk mengukur ketercapaian kompetensi. Adapun penilaian berbasis kelas berfungsi sebagai alat untuk mengukur pembentukan kompetensi serta dapat menentukan tindakan yang harus dilakukan jika kompetensi standar belum tercapai. Buku guru ini memuat kebutuhan guru dalam menerapkan pembelajaran di kelas.

Hal ini berdasarkan buku siswa berjudul “Senang Belajar Matematika untuk SD/MI Kelas V”. Caranya guru terlebih dahulu mempelajari buku ini sebelum mengajar di kelas sehingga mengetahui hal-hal yang perlu disiapkan atau dilakukan dalam menyiapkan pembelajaran.

Buku Panduan Guru Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 ini disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.

a. Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan indikator dari Mata Pelajaran Matematika Kelas V sesuai Permendikbud, Nomor 24 Tahun 2016.

b. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap Kompetensi Dasar.

c. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.

d. Pembelajaran yang memuat kecapakan abad 21, yaitu komunikasi, kolaborasi, berfikir kritis dan pemecahan masalah, serta kreativitas dan inovasi.

e. Berbagai teknik penilaian siswa.

f. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.

g. Kegiatan interaksi guru dan orang tua yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.

h. Petunjuk penggunaan buku siswa. Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut,

a. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti mengamati gambar dan teks.

b. Menginformasikan tujuan pembelajaran, sehingga siswa dapat mengelola informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).

c. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa dapat mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.

d. Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.

e. Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

f. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.

g. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

Cara Penggunaan Buku Guru Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018/2019

Buku Panduan Guru Matematika Kelas V Sekolah Dasar K13 Revisi 2019 ini memiliki dua kegunaan, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

a. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.

b. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator setiap pelajaran atau bab.

c. Upayakan untuk mencakup Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.

d. Dukunglah ketercapaian Kompetensi Inti (KI) I dan (KI) II dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.

e. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.

f. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan pengantar sesuai materi pembelajaran. Menjadi lebih baik lagi bila dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya, bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang, menunjukkan gambar, dan sebagainya.

g. Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih model pembelajaran. Termasuk di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan.

h. Pilihlah beragam model pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya diskoveri/inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kooperatif, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penggunaan beragam model tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan juga dapat melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.

i. Kembangkanlah keterampilan seperti, 1) pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM); 2) keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi; 3) keterampilan membuka dan menutup pembelajaran; dan 4) keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.

j. Maksimalkanlah penggunaan media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.

k. Buatlah alat peraga guna memudahkan siswa memahami materi.

l. Seluruh KD Matematika Kelas V terbagi menjadi lima pelajaran. Buatlah program tahunan dan program semester untuk menentukan pembagian materi dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

m. Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah sebagai petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah.

n. Pada akhir pelajaran buku siswa, dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi. Meskipun demikian, guru dianjurkan untuk menambah bahan-bahan latihan bagi siswa dari sumbersumber yang lain.

o. Hasil unjuk kerja siswa yang berupa karya dan bukti penilaian dapat berfungsi sebagai portofolio siswa.

p. Buatlah catatan refleksi setelah satu pelajaran selesai, sebagai bahan untuk melakukan perbaikan pada proses pembelajaran selanjutnya. Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.

q. Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas dengan keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya belajar siswa serta beragam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan belajar siswa sangat dibutuhkan.

Pada guru juga dijelaskan bagaimana kegiatan-kegiatan di Buku Siswa Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 dapat dilaksanakan dengan baik. Ada beberapa ikon yang terdapat pada buku siswa, yaitu sebagai berikut.

a. Amati Kegiatan Ayo Amati berisi gambaran materi berupa gambar dan teks di awal pembahasan materi. Siswa diminta mengamati gambar dan teks untuk masuk kepada materi yang akan dipelajari.

b. Aktivitas Aktivitas adalah kegiatan yang dirancang secara kelompok. Kegiatan ini menanamkan siswa untuk berkolaborasi bersama teman-temannya melalui aktivitas kelompok.

c. Asyik Mencoba Setelah mendapatkan konsep dari pengamatan dan kegiatan pembelajaran siswa diuji mengerjakan latihan. Kegiatan “Ayo Mencoba” dirancang untuk menjawab kompetensi dasar pada KI-3 atau ranah pengetahuan. Namun demikian tidak dipungkiri kegiatan ini juga mencakup keterampilan siswa.

d. Asyik Berlatih Kegiatan “Asyik Berlatih” ditujukan menyelesaikan permasalahan seharihari atau menguji kemampuan siswa pada ranah keterampilan (KI-4).

e. Asyik Berkreasi Kegiatan “Asyik Berkreasi’ ditujukan untuk menguji kemampuan siswa yang berkaitan dengan keterampilan yang menghasilkan produk. Ada beberapa keterampilan yang menuntut siswa membuat produk, seperti menggambar, membuat bangun datar, bangun ruang, dan sebagainya.

f. Asyik Bereksplorasi Kegiatan “Asyik Bereksplorasi” bertujuan membiasakan siswa untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang memiliki beberapa cara penyelesaian.

g. Berpikir Kritis Berpikir kritis bertujuan melatih siswa untuk mengajukan pertanyaanpertanyaan sekitar materi yang dipelajari. Pada kegiatan ini, siswa diberi pertanyaan atau siswa diminta mengajukan pertanyaan.

h. Tugas Proyek Tugas proyek diberikan di akhir pembahasan materi. Tugas ini dapat mencakup beberapa materi dan dikerjakan secara berkelompok. Tugas proyek juga dapat dikerjakan dengan melibatkan orangtua.

i. Rangkuman Materi Rangkuman materi berisi inti dari materi yang telah dipelajari.

j. Uji Kompetensi Uji kompetensi berisi soal-soal latihan yang berkaitan dengan kompetensi dasar yang dipelajari. Uji kompetensi terdiri atas soal pilihan ganda dan soal essay.

Download Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013


Buku Matematika Guru dan Siswa Kelas V Sekolah Dasar K13 Revisi 2019 berikut ini dapat bapak dan ibu Guru download gratis berdasarkan kode download dalam kurung dengan perincian sebagai berikut :

Buku Matematika Guru Kelas V K13 Revisi 2019 ( buku guru v )

Buku Matematika Siswa Kelas V K13 Revisi 2019 ( buku siswa v )

Silahkan Download Buku Matematika SD/MI Kurtilas Revisi 2019 Kelas 5 pada tautan di bawah ini
buku guru v   buku siswa v   update 
Jangan lupa bagikan informasi tentang Download Buku Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Lengkap Buku Guru dan Siswa ini ke rekan guru yang lain agar bermanfaat. Dapatkan update Buku SD/MI langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar