Skip to main content

RKM dan RKS Rencana Kerja Madrasah/Sekolah

RKM dan RKS Rencana Kerja Madrasah/Sekolah merupakan Format Rencana Kerja yang diperuntukkan untuk Madrasah meliputi RA MI MTs MA MAK maupun Sekolah seperti SD SMP SMA SMK yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam membuat Rencana Kerja Sekolah/Madrasah.
RKM dan RKS Rencana Kerja Madrasah/Sekolah, Rencana Kerja Madrasah dan Sekolah, Rencana Kerja Sekolah/Madrasah

Alhamdulilllah kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan ni’mat dan rahmatNya, sehingga kami Tim Pengembang Madrasah dapat menyelesaikan Rencana Kerja Madrasah dan Sekolah (RKM dan RKS) untuk jangka waktu 4 tahun sebagaimana diamanatkan dalam aturan perundangan.

Rencana Kerja Sekolah/Madrasah ini tersusun atas kerjasama yang kompak dari semua anggota tim pengembang Madrasah yang terdiri dari Kepala Sekolah/Madrasah, Guru Senior, Perwakilan orang tua, Ketua Komite Madrasah, Pengawas Pendidikan Agama Islam, Tata Usaha dan Pengurus Yayasan. Kerjasama yang baik dan tidak kenal lelah ini membuahkan hasil yang bagus, yaitu Rencana Kerja Madrasah untuk jangka waktu 4 tahun kedepan.

Diharapkan tersusunnya RKM dan RKS Rencana Kerja Madrasah/Sekolah ini, akan menjadi acuan bagi pelaksana Pendidikan di Madrasah/Sekolah-mulai Kepala Madrasah/Sekolah, para pendidik, tenaga kependidikan dan bahkan orang tua dan bahkan Pengurus Yayasan, sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing.

RKM dan RKS Rencana Kerja Madrasah/Sekolah


Pada kesempatan ini kami ucapkan terimakasih kepada (1) Ketua Komite Sekolah/Madrasah yang dengan sabar dan telaten berperan serta tanpa lelah dalam memberikan masukan dan saran guna terselesaikannya RKM ini, (2) Pengawas Pendidikan Agama Islam, yaitu ........ yang sangat banyak memberikan arahan, (3) Ketua Yayasan yang telah memerikan supporting dana dan lainnya, (4) semua pihak yang telah membantu secara langsung maupun tidak langsung sehingga Rencana Kerja Madrasah ini dapat terselesaikan. Semoga semua bantuannya mendapat balasan dari Allah SWT.

Dokumen Rencana Kerja Madrasah dan Sekolah ini, merupakan dokumen hidup, yang berarti bahwa segala yang tercantum dalam perencanaan ini memungkinkan dilakukan perubahan selama perubahan ini lebih baik dan memungkinkan untuk dilaksanakan, baik dari segi dana maupun lainnya.

Salah satu kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan mengembangkan otonomi MadrasahManajemen Berbasis Sekolah/Madrasah (MBS/M) merupakan salah satu cara untuk mewujudkan kebijakan tersebut. Perencanaan Madrasah merupakan aspek kunci MBS/M. Hanya melalui perencanaan yang efektif, mutu peserta didik akan dapat ditingkatkan dan kewajiban untuk menuntaskan wajib belajar 9 tahun dapat tercapai , terutama untuk anak didik yang kurang mampu secara ekonomis. Sedangkan wahana untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut adalah pendidikan yang berkualitas.

Salah satu, manajemen yang harus tepat adalah manajemen keuangan yang menyangkut perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan. Perencanaan dituangkan dalam bentuk Program Kerja Madrasah/Sekolah yang di dalamnya memuat Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah/Sekolah, dan Rencana Kerja tahunan.

Rencana Kerja Sekolah/Madrasah ini disusun untuk berdasar pada hasil Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah dan dibandingkan dengan pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP) hasil perbandingan ini dilakukan dengan Analisis Kesenjangan sehingga memunculkan program prioritas.

Program prioritas dirancang untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan di tahun ke 1. Program-program yang mencakup pengembangan kompetensi lulusan, pengembangan kurikulum, pengembangan pembelajaran, pengembangan penilaian, pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan, pengembangan sarana dan prasarana pendidikan, pengembangan budaya dan lingkungan, pengembangan karakter dan budi pekerti yang masing-masing dijadwalkan kegiatan-kegiatan yang menunjang visi, misi, dan tujuan Madrasah.

RKM dan RKS Rencana Kerja Madrasah/Sekolah ini disusun sebagai salah satu upaya agar secara berkelanjutan Madrasah/Sekolah ........... berusaha menjadi Madrasah yang memenuhi Standar Nasional. Usaha yang dimaksud meliputi perencanaan dalam kurun waktu 4 tahun ke depan dalam bentuk Rencana Kerja Sekolah/Madrasah (RKS/M). Selanjutnya perencanaan tersebut di pecah menjadi perencanaan atau sasaran yang akan dicapai setiap tahun dan pada akhirnya disusun kegiatan dalam kurun waktu satu tahun yaitu Rencana Kerja Tahunan.

Agar program kerja dalam 4 tahunan dapat diterapkan dengan baik, diawali dengan evaluasi diri secara detail yaitu Evaluasi diri Madrasah (EDM), Hasil EDM menjadi masukan penting pada penyusunan RKM/RKS ini karena berbentuk data empiris, sehingga diharapkan RKS/RKM bisa diterapkan dengan baik dengan sesedikit mungkin adanya suatu hambatan. Terakhir yang tidak boleh diabaikan dalam penyusunan RKT yang merupakan pelaksanaan RKM/RKS dalam tahun tertentu adalah memperhatikan kemampuan keuangan. Karena keuangan terbatas, perlu diatur sehingga keuangan mencukupi dan rencana kerja dapat terlaksana sesuai kemampuan dana yang ada.

Tujuan Penyusunan Rencana Kerja Madrasah dan Sekolah

Tujuan disusunnya Rencana Kerja Sekolah/Madrasah ..... adalah:

1. Membantu Sekolah/Madrasah dalam membelanjakan anggaran untuk program kerja

2. Madrasah/Sekolah secara efektif dan efesien dalam pengelolaan program Madrasah.

3. Membantu Sekolah/Madrasah dalam merespon tututan partisipasi masyarakat dan membantu Madrasah dalam meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas

Sasaran Rencana Kerja Sekolah/Madrasah

1. Kepala Madrasah/Sekolah, sebagai acuan untuk melaksanakan program selama kurun waktu 4 tahun beserta jabarannya yaitu rencana kerja tahunan

2. Para Pendidik dan Tenaga Kependidikan, agar mempunyai gambaran yang labih detail dalam melaksanakan tugas mengajar dan merealisasikan program yang ditugaskan kepadanya.

3. Pengurus Komite Sekolah/Madrasah sebagai acuan untuk melakukan evaluasi kinerja Madrasah secara berkesinambungan

Manfaat Penyusunan RKM dan RKS Rencana Kerja Madrasah/Sekolah

1. Sebagai acuan bagi sekolah/madrasah untuk untuk mencapai target-target peningkatan kualitas pendidikan dalam kurun waktu tertentu.

2. Dapat digunakan sebagai panduan bagi madrasah/sekolah dalam memanfaatkan subsidi pendidikan baik yang berasal dari pemerintah maupun dari non pemerintah.

3. Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga sekolah/madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran.

4. Sebagai tolak ukur bagi keberhasilan implementasi berbagai program peningkatan mutu pendidikan di madrasah/sekolah

Proses / Tahapan Penyusunan RKM/RKS

Proses /Tahapan penyusunan Rancana Kerja Madrasah (RKM dan RKS) yang dijabarkan dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT) adalah sebagai berikut:

1. Membentuk Tim Pengembang Sekolah/Madrasah yang setidaknya terdiri dari Kepala Madrasah (sebagai Ketua Tim), ketua Komite Madrasah, Pengurus Yayasan, Pengawas, perwakilan guru dan tokoh masyarakat yang peduli dengan Pendidikan.

2. Melakukan evaluasi diri Madrasah/Sekolah dengan mengisi instrument EDM

3. Menentukan peta mutu madrasah dengan merangkum hasil capaian Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah pada tiap standar

4. Mengembangkan kondisi Madrasah yang diinginkan empat tahun yang akan dating dalam bentuk visi, misi dan tujuan Madrasah/Sekolah

5. Melakukan analisis kesenjangan antara kondisi Madrasah saat ini dengan kondisi Sekolah/Madrasah yang diinginkan empat tahun akan datang.

6. Menentukan sasaran Madrasah/Sekolah, yaitu pentahapan capaian yang diinginkan selama 4 tahun kedepan, sehingga kesenjangan pada langkah 5 dapat “tertutupi” setelah 4 tahun kedepan.

7. Mengembangkan program, indikator kinerja, rencana kegiatan dan penanggung jawab program

8. Mengembangkan rencana kerja tahunan Sekolah/Madrasah dan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah.

Untuk versi lengkap dalam bentuk word silahkan unduh gratis Rencana Kerja Madrasah dan Sekolah pada tautan yang telah disediakan di bawah

Download RKM dan RKS Rencana Kerja Madrasah/Sekolah


Rencana Kerja Sekolah/Madrasah berikut ini hanyalah sebagai Contoh RKM dan RKS Rencana Kerja Madrasah/Sekolah saja untuk itu sanagt disarankan untuk mengeditnya sebelum digunakan lebih lanjut di lingkungan/instansi masing-masing.

Silahkan Download Contoh Rencana Kerja Madrasah dan Sekolah pada tautan yang telah kami sediakan di bawah ini
rkm dan rks   update rkm rks 
Jangan lupa bagikan RKM dan RKS Rencana Kerja Madrasah/Sekolah ini ke teman guru anda agar bermanfaat. Dapatkan update RKM/RKS langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar