--> Skip to main content

RKTM dan RKTS Rencana Kerja Tahunan Madrasah/Sekolah

RKTM dan RKTS Rencana Kerja Tahunan Madrasah/Sekolah merupakan Format Rencana Kerja Tahunan yang diperuntukkan untuk Madrasah meliputi RA MI MTs MA MAK maupun Sekolah seperti SD SMP SMA SMK yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam membuat Rencana Kerja Tahunan Sekolah/Madrasah.
RKTM dan RKTS Rencana Kerja Tahunan Madrasah/Sekolah, Rencana Kerja Tahunan Madrasah dan Sekolah, Rencana Kerja Tahunan Sekolah/Madrasah

Puji syukur kita panjatkan kehidhirat Allah AWT yang telah memberikan rahmat hidayah-Nya, sehingga buku Rencana Kerja Tahunan Madrasah dan Sekolah ( RKTM dan RKTS ) .... NAMA LEMBAGA..... Tahun Pelajaran 20../20.. dapat terselesaikan tanpa halangan yang berarti.

Tujuan penyusunan Rencana Kerja Tahunan Sekolah/Madrasah ini adalah sebagai acuan dalam rangka pelaksanaan didasarkan pada keefektifan dan keefesienan pemanfaatan sarana prasarana, pendanaan, dan sumber daya yang ada.

Dapat dipahami bahwa keberhasilan pelaksanaan RKTM dan RKTS Rencana Kerja Tahunan Madrasah/Sekolah ini sepenuhnya tergantung dari kepala Sekolah/Madrasah,guru, karyawan, orang tua/wali murid dan masyarakat.

RKTM dan RKTS Rencana Kerja Tahunan Madrasah/Sekolah


Penyusun menyadari penuh bahwa apa yang tersaji dalam buku Rencana Kerja Tahunan Madrasah dan Sekolah ini masih banyak kekurangan-kekurangannya seperti kata pepatah ”Tiada gading yang tak retak” Oleh karena itu, kritik dan saran dari pembaca selalu diharapkan demi kesempurnaan buku ini.

Akhir kata, penyusun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mewujudkan buku Rencana Kerja Tahunan Sekolah/Madrasah ( RKTS/RKTM ) ini, khususnya kepada stakeholder yang terlibat dan TIM Pengawas yang bersangkutan yang telah membantu Madrasah/Sekolah kami dalam hal pelatihan, bimbingan, pembinaan, dan pemdanaan sepanjang penyusunan RKTM/RKTS ini berlangsung. Semoga Allah SWT membalas budi baik kita semua, Amin.

Peningkatan kualitas sumber daya menusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut adalah pendidikan sehingga kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan termasuk peningkatan kualitas pendidikan di ...

Sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan anaknya, Sekolah/Madrasah ini memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasaran, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan Madrasah, peran serta masyarakat dan kemitraan, dalam pendidikan, serta lain-lain.Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu kiranya dilakukan upaya penyusunan Rencana Kerja Tahunan Sekolah/Madrasah ( RKTS/RKTM ) agar Sekolah/Madrasah memiliki rambu-rambu yang bisa dijadikan landasan dalam pengelolaan program, implementasi, memonitoring dan evaluasi yang baik, terstruktur dan terukur.

Rencana Kerja Tahunan ......... tahun 20../20.. ini disusun bardasarkan :

1. Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan RAPBM tahun 20../20...

2. Pelaksanaan rencana program dan kegiatan RKM tahun 20.. – 20...

3. disesuaikan dengan Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang Rencan Kerja Tahunan Sekolah/Madrasah ( RKTM ) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah/Sekolah (RKAM/RKAS). Berkaitan dengan uraian di atas, maka RKTM/RKTS ini memuat pendahuluan, profil, harapan program kerja tahunan Sekolah/Madrasah, rencana anggaran Sekolah/Madrasah, dan penutup.

Tujuan Penyusunan RKTM dan RKTS Rencana Kerja Tahunan Madrasah/Sekolah

Pada dasarnya tujuan penyusunan RKTM/RKTS ini adalah :

1. Membantu Sekolah/Madrasah dalam membelanjakan anggaran secara bijaksana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam satu tahun.

2. Membantu Sekolah/Madrasah dalam merespon tuntutan partisipasi masyarakat, dan

3. Membantu Madrasah/Sekolah dalam meningkatkan ketrbukaan dan akuntabilitas.

Manfaat Rencana Kerja Tahunan Madrasah dan Sekolah

Manfaat RKTS atau RKTM ini dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Sebagai acuan bagi Sekolah/Madrasah untuk mencapai terget-target peningkatan kualitan pendidikan yang akan dicapai dalam jangka pendek.

2. Dapat digunakan sebagai panduan bagi Madrasah/Sekolah dalam memanfaatkan subsidi baik subsidi dari pemerintah maupun dari nonpemerintah.

3. Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga Sekolah/Madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, dan

4. Sebagai tolak ukur bagi keberhasilan implementasi berbagai program peningkatan mutu pendidikan di Madrasah/Sekolah.

Dalam menyusun program kerja Rencana Kerja Tahunan Sekolah/Madrasah ini meliputi dua kegitan, yaitu :

1. Merumuskan program Sekolah/Madrasah yang dilakukan melalui empat langkah :

a menetapkan sasaran,

b merumuskan program dan menetapkan penanggung jawab program,

c menentukan indikator keberhasilan, dan

d menentukan kegiatan, dan

2. menyusun jadwal kegiatan.

Berdasakan uraian di atas maka di bawah ini akan diuraikan tentang :

1. Program Kerja Tahunan Sekolah/Madrasah ( RKTS/RKTM ) ..... Tahun Pelajaran 20..– 20.. yang terdiri dari sasaran, program, indikator, kegiatan dan penanggung jawab.

2. Jadwa Kegiatan Rencana Kerja Tahunan Madrasah/Sekolah Tahun Pelajaran 20../20..

Dalam menyusun Rencana Anggaran Madrasah/Sekolah Telah dilakukan kegiatan-kegiatan yaitu :

(1) menyusun Rencana Biaya

(2) menghitung rencana biaya dan pendanaan

(3) menyesuaikan Rencana Biaya dengan sumber Pendanaan dan

(4) menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah ( RKAM )

Berkaitan dengan hal diatas, maka dalam Rencana Anggaran Madrasah/Sekolah ini akan diuraikan :

1. Rencana biaya dan Sumber Pendanaan .....NAMA LEMBAGA.....tahun pelajaran 20../20..

2. Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah Tahun 20../20..

Rencana Kerja Tahunan Madrasah dan Sekolah ( RKTM/RKTS ......... ini merupakan dokumen perencanaan jangka pendek yang disusun berdasarkan dokumen perencanaan jangka menengah 4 tahun untuk meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah. Rencana Kerja Tahunan Madrasah ini memuat semua program/ kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 20../20.., baik yang bersifat strategis maupun yang bersifat rutin.

Dari hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan tahun 20../20.. dan hasil kesepakatan para pemangku kepentingan di .....NAMA LEMBAGA....., maka perencanaan program/kegiatan strategis yang akan dikembangkan pada tahun 20../20.. adalah :

1. Kesiswaan

2. Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran

3. Sarana dan Prasarana

4. Keuangan dan Pembiayaan

5. Pendidik dan Tenaga Kependidikan

6. Budaya dan Lingkungan

7. Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan.

Dengan adanya RKTM/S ini Madrasah/Sekolah akan lebih mudah melaksanakan pengelolaan program/kegiatan,Implementasi, Monitoring, dan Evaluasi yang baik,terstruktur dan terukur dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di ....... Namun demikian, keberhasilan pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan ini tergantung dari partisipasi semua takeholder di .......

Untuk versi word dan lebih lengkap dari contoh isi Rencana Kerja Tahunan Sekolah/Madrasah yang ada di atas maka silahkan bapak/ibu guru download gratis pada tuatan yang tersedia di bawah

Download RKTM dan RKTS Rencana Kerja Tahunan Madrasah/Sekolah


Rencana Kerja Tahunan Madrasah dan Sekolah berikut ini hanyalah sebagai Contoh Rencana Kerja Tahunan Sekolah/Madrasah saja sehingga diperlukan pengeditan dan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan sekolah/madrasah masing-masing.

Silahkan rekan guru sekalian Download Rencana Kerja Tahunan Madrasah dan Sekolah pada tautan yang telah kami sediakan di bawah ini
rktm dan rkts   update rkts rktm 
Jangan lupa share informasi tentang Download RKTM dan RKTS Rencana Kerja Tahunan Madrasah/Sekolah ini ke teman Guru anda agar bermanfaat. Dapatkan update RKTM/RKTS langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar