--> Skip to main content

RPP PJOK SD MI Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

RPP PJOK SD MI Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru adalah RPP PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yang penggunaannya pada kurun waktu semester ganjil dan diharapkan RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 RevisiTerbaru ini dapat membantu bagi rekan guru yang sedang mencari referensi untuk membuat perangkat pembelajarannya.
RPP PJOK SD MI Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru, RPP PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru, RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 Terbaru, RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Semester 1 K13 Revisi 2019 Lengkap

Tahun ajaran baru telah dimulai yang menandakan semua guru harus memperbaharui perangkat Pembelajaran mereka utamanya Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP). Untuk Memudahkan dalam membuat RPP K13 berikut kami sediakan RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Semester 1 K13 Revisi 2019 Lengkap

Pada RPP PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru terkandung sistem Pembelajaran dalam bentuk tema-tema yang mengintegrasikan seluruh muatan mata pelajaran dimana Kompetensi dari berbagai mata pelajaran tersebut diintegrasikan ke dalam berbagai tema dikenal sebagai metode pembelajaran tematik integratif. Metode ini merupakan metode yang ada pada Kurikulum 2013 (K-13) yang diajarkan pada jenjang SD/MI atau sederajat.

Dengan penekanan model tematik integratif maka Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru) Kurikulum 2013 tidak sama dengan kurikulum sebelumnya dimana Tema pada pembelajaran untuk kelas 1 SD/MI semester Ganjil terdiri dari beberapa tema dan subtema.

Selain perubahan yang tersebut di atas kompetensi dasar juga mengalami revisi termasuk buku guru dan buku siswa sampai pada pemetaan Kompetensi Inti (KI) dan kompetensi Dasar (KD) pada pembelajaran pun ikut berubah. Tentu hal tersebut juga mengakibatkan pembuatan RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Semester 1 K13 Revisi Lengkap juga mengalami adanya perubahan.

RPP PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru kali ini wajib memunculkan adanya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Literasi, keterampilan abad 21, dan Higher Order of Thinking Skill atau yang dikenal dengan istilah HOTS.

RPP PJOK SD/MI Kelas 1 Semester 1


Tentu Pembuatan RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 Terbaru ini membutuhkan keterampilan dan kreatifitas lebih bagi rekan Guru dalam membuatnya. Untuk itu agar sedikit memudahkan beban rekan guru berikut kami sediakan Contoh RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Semester 1 K13 Revisi Lengkap yang dapat rekan guru sekalian download gratis.

Contoh RPP PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru berikut ini hanya sebagai referensi dalam pembuatan perangkat Pembelajaran maka dari itu disarankan untuk melakukan pengeditan sesuai dengan kebutuhan masing masing.

Berikut gambaran isi tentang Contoh RPP PJOK SD/MI Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru dapat dilihat seperti berikut :

Kompetensi Inti (KI) RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

4. Menyajikan pengetahuan fak tual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar dan Indikator RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Semester 1 K13 Revisi Lengkap

PJOK

Kompetensi Dasar:

3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

Indikator:

Mengidentifikasi gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif

Melakukan gerakan melempar bola

Melakukan gerakan menangkap bola

Tujuan Pembelajaran RPP PJOK SD/MI Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

1. Melalui permainan lempar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.

2. Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar..

D. Materi Pembelajaran

1. Lempar bola

Metode dan Pendekatan Pembelajaran RPP PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Metode : Demontrasi, tanya jawab dan diskusi

Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/mengolah informasi, dan mengkomunikasikan).

Model : Problem Based Learning (PBL)

Media, Alat, dan Sumber Belajar RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Media dan Alat :

Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.

Sumber:

Afriki dkk. 2013. Buku Siswa Tema 1 “Diriku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Langkah-langkah Pembelajaran RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Semester 1 K13 Revisi Lengkap

Pendahuluan

Guru membuka menyapa siswa dan menanyakan keadaan mereka.

Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa

Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.

Kegiatan Inti

Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta melingkar, boleh duduk atau berdiri, dan guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).

Permainan dimulai dari guru dengan mem perkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak....nama panjang....biasa dipanggil Ibu/Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)

Siswa yang menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggil annya. Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.

Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.

Penutup

Siswa barsama-sama guru membuat rangkuman/ simpulan dari kegiatan hari itu.

Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.

Versi lengkap dalambentuk word dari Contoh RPP PJOK SD/MI Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yang ada di atas dapat sobat guru unduh gratis pada tautan yang telsah tersedia di bawah

Download RPP PJOK SD/MI Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru


RPP PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru berikut dapat di download berdasarkan kode download dalam kurung yang perinciannya sebagai berikut :

RPP PJOK K1 Tema 1 Diriku Subtema 1 Aku dan Teman Baruku

RPP PJOK K1 Tema 1 Diriku Subtema 3 Aku Merawat Tubuhku

RPP PJOK K1 Tema 1 Diriku Subtema 4 Aku Istimewa

RPP PJOK K1 Tema 2 Kegemaranku Subtema 1 Gemar Berolahraga

RPP PJOK K1 Tema 2 Kegemaranku Subtema 3 Gemar Menggambar

RPP PJOK K1 Tema 2 Kegemaranku Subtema 4 Gemar Membaca

Silahkan bapak atau ibu Guru download RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru berdasarkan kode dalam kurung di atas pada tautan yang telah kami sediakan di bawah ini
RPP PJOK Kelas 1 Semester 1 disini 
Jangan lupa bagikan informasi tentang Download RPP PJOK Kelas 1 SD/MI Semester 1 K13 Revisi Terbaru Lengkap ini ke teman guru anda agar bermanfaat. Dapatkan Gratis Perangkat pembelajaran SD/MI lainnya langsung ke smarthpone anda dengan bergabung bersama guru lainnya dari berbagai daerah disini 👉 Bergabung Grup Dapodik
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar