Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam)

Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam)

Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) merupakan Modul PPG Sejarah Kebudayaan Islam dalam rangka Sertifikasi Guru (Sergur) Kemenag yang diterbitkan sebagai Modul PPG Khusus Guru Madrasah Kemenag Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan diharapkan dapat menjadi salah satu media belajar dalam bentuk Modul Persiapan PPG Kemenag Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Modul PPG Sejarah Kebudayaan Islam Sertifikasi Guru (Sergur) Kemenag, Modul PPG Khusus Guru Madrasah Kemenag Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Modul Persiapan PPG Kemenag Mapel Sejarah Kebudayaan Islam

Berikut ini sedikit gambaran tentang Materi yang ada di dalam Modul PPG KEMENAG Pelajaran SKI atau Sejarah Kebudayaan Islam dapat anda lihat sebagai berikut :Salah satu tujuan diadakannya Pendidikan Profesi Profesi Guru (PPG) untuk guru-guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) adalah agar para guru SKI memiliki 4 kompetensi (profesional, pedagogis, sosial, dan kepribadian) sehingga mereka mampu menjalankan tugas-tugas pokoknya sebagai guru SKI secara profesional.

Salah satu bentuk kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru SKI adalah penguasaan terhadap materi pembelajaran yang tercantum dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD) SKI di MTs sesuai dengan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 165 Tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Akan tetapi Penguasaan Materi harus disertai dengan penguasaan atas Standar Isi dan Pengembangnya. Oleh sebab itu dalam Modul ini lebih mengarah kepada Proses Pemahaman Dasar Pengembangan. Sementara Pemahaman Materi ada pada Modul 3-6.

Rasional dan Deskripsi Singkat Modul 2 ini terdiri atas 4 Kegiatan Belajar. Keempat Kegiatan Belajar itu terdiri atas Pertama, Pengenalan Posisi Mata Pelajaran SKI dalam Kurikulum Madrasah, Kedua, Unsur unsur Kebudayaan dalam Materi Sejarah Kebudayaan Islam, Ketiga, Nilai-nilai Pembelajarn Materi Sejarah Kebudayaan Islam dan keempat, Pengembangan Materi Sejarah Kebudayaan Islam pada Kurikulum 2013.

Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Modul PPG Sejarah Kebudayaan Islam Sertifikasi Guru (Sergur) Kemenag, Modul PPG Khusus Guru Madrasah Kemenag Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Modul Persiapan PPG Kemenag Mapel Sejarah Kebudayaan Islam dapat bapak ibu Guru Download pada tautan di bagian bawah

Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran SKI


Keempat materi dalam empat kegiatan belajar itu memiliki urgensi bagi pemahaman guru mata pelajaean Sejarah Kebudayaan Islam di madrasah agar guru memiliki pemahaman tentang kesejarahan Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Unsur Kebudayaan, Nilai dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Pengembangan Materinya dalam Kurikulum terbaru.

Relevansi Secara substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik.

Petunjuk Belajar Setiap bahan pada Modul 1 ini memiliki bagian-bagian tertentu. Oleh sebab itu, peserta program harus membaca semua bagian dari Uraian materi sehingga mampu melngerjakan tugas dan pada akhirnya mampu mengerjakan Ujian Formatifnya. Dan semua soal pada Ujian Formatif diselaraskan dengan subcapaian Pembelajaran mata kegiatan.

a. Kelas VII Bab pertama, materi Sejarah Kebudayaan Islam. Pada subbab C, diterangkan bahwa “Pada masa awal perkembangan Islam, ilmu pengetahuan kurang mendapat perhatian. Ilmu pengetahuan baru mendapatkan perhatian pada masa Dinasti Abbasiyah. Pada saat itu, banyak buku-buku dari berbagai disiplin ilmu dan kebudayaan lain diterjemahkan kedalam bahasa Arab.”(Hal. 9) Bab keempat, materi Khulafaur Rasyidin.

Pada subbab A, diterangkan bahwa “Untuk menghindari kesalahan fatal dalam bacaan Al-Qur’an dan hadis, Khalifah Ali bin Abi Talib memerintahkan Abu Aswad ad-Duali untuk mengembangkan pokok-pokok ilmu nahwu, yaitu ilmu yang mempelajari tata bahasa Arab.”(hal. 55) Bab kelima, materi Dinasti Umayyah. Pada subbab C, diterangkan bahwa “Pusat ilmiah pada Dinasti Umayyah adalah Kota Basrah dan Kufah di Irak. Perkembangan ilmu pengetahuan itu ditandai dengan munculnya ilmuan-ilmuan muslim dalam berbagai bidang.”(Hal. 59) Kemudian pada subbab E, diterangkan bahwa “Usaha Khalifah Umar bin Abdul Aziz dibidang ilmu pengetahuan adalah memindahkan sekolah kedokteran yang ada di Iskandariah (Mesir) ke Antiokia dan Harran (Turki).”(Hal. 72)

b. Kelas VIII Bab ketiga, materi Ilmu Pengetahuan Masa Dinasti Abbasiyah. Pada subbab A, diterangkan bahwa “Masa kekuasaan Dinasti Abbasiyah merupakan masa keemasan bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Bahasan tentang ilmu pengetahuan umum meliputi ilmu filsafat, kedokteran, astronomi, tokoh-tokoh ilmuan, dan Baitul Hikmah.” (Hal. 39).

Pada subbab B, diterangkan bahwa “Disamping dalam bidang ilmu pengetahuan, pada dinasti ini ilmu agama Islam juga mengalami perkembangan yang penting. Ilmu agama Islam yang berkembang meliputi ilmu hadis, ilmu tafsir, ilmu fikih, ilmu tasawuf.”(Hal. 49). Bab keempat, materi Sejarah Dinasti Ayyubiyah. Pada subbab D, diterangkan bahwa “perkembangan ilmu pengetahuan pada Masa Dinasti Ayyubiyah ditandai dengan datangnya ulama-ulama masyhur untuk mengajar di Al-Azhar.”(Hal. 86) c. Kelas IX Bab pertama, materi Masuknya Islam ke Indonesia.

Pada subbab B, diterangkan bahwa “Islam masuk ke Indonesia melalui berbagai cara, salah satunya adalah pendidikan. Penyebaran Islam melalui pendidikan, dilakukan melalui pesantren-pesantren, khususnya oleh para kiai. Semakin terkenal kiai yang mengajar di sebuah pesantren itu, semakin besar pula pengaruh pesantren tersebut di tengah masyarakat.”(Hal. 6)

Untuk Mendownload Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Modul PPG Sejarah Kebudayaan Islam Sertifikasi Guru (Sergur) Kemenag, Modul PPG Khusus Guru Madrasah Kemenag Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Modul Persiapan PPG Kemenag Mapel Sejarah Kebudayaan Islam silahkan menuju tautan di akhir artikel

2. Kepercayaan a. Kelas VII Bab pertama, materi Sejarah Kebudayaan Islam. Pada subbab A, diterangkan bahwa “Perpindahan agama merupakan salah satu faktor penting yang mendukung munculnya kebudayaan Islam. Perpindahan agama secara besar-besaran saat itu tidak hanya disebabkan oleh peperangan.

Akan tetapi, daerah taklukan yang sudah berbudaya tinggi itu memang sudah menunggu datangnya agama baru.”(Hal. 4) Bab kedua, materi Dakwah Nabi Muhammad Saw. Di Mekah. Pada subbab A, diterangkan bahwa “Islam lahir di Jazirah Arab. Pada saat itu, Jazirah Arab diapit oleh dua kekaisaran, yaitu Kekaisaran Persia dan Kekaisaran Bizantium. Kekaisaran Persia menetapkan agama Majusi sebagai agama resmi di seluruh wilayah mereka.

Pemeluk agama Majusi menyembah api dan mempunyai kitab suci yang bernama Zend Avesta. Adapun Kekaisaran Romawi menetapkan agama Nasrani sebagai agama resmi dengan injil sebagai kitab sucinya. Kedua kitab suci itu sudah banyak dicampuri oleh tokoh-tokoh agama saat itu sehingga kemurniannya tidak terjamin.”(Hal. 15) Kemudian pada subbab B, diterangkan bahwa “Misi dakwah Nabi Muhammad Saw. mengubah keadaan masyarakat jahiliah menjadi masyarakat yang sejahtera berdasarkan agama tauhid.”(Hal. 19) Bab ketiga, materi Dakwah Nabi Muhammad Saw.

Di Madinah. Pada subbab A, diterangkan bahwa “Sebelum kedatangan Islam, masyarakat Yastrib menganut agama Yahudi dan Nasrani. Selain itu, sebagian masyarakat Yastrib menganut agama Pagan, yaitu kepercayaan kepada benda dan kekuatan alam seperti matahari, bintang, dan bulan. Para penganut agama ini berkeyakinan bahwa mereka adalah manusia pilihan dan agama yang dianutnya adalah yang paling benar.

Keadaan ini memicu perselisihan antaragama yang berlangsung cukup lama sampai masuknya Islam di kota ini.”(Hal. 28) Bab keempat, materi Khulafaur Rasyidin. Pada subbab A, diterangkan bahwa “setelah Nabi Muhammad Saw. wafat, mereka menjadi contoh utama dalam menghayati dan mengamalkan ajaran Islam. Mereka melaksanakan prinsip-prinsip pemerintahan Islam dengan baik.

Masa pemerintahan mereka merupakan gambaran yang paling tepat bagi pelaksanaan hukum dan pemerintahan Islam.”(Hal. 44) Bab kelima, materi Dinasti Umayyah. Pada subbab B, diterangkan bahwa “Dalam perkembangan kebudayaan/Peradaban Islam pada masa Dinasti Umayyah, Mu’awiyah bin Abu Sufyan berhasil menduduki jabatan khalifah. Pada waktu itu, umat Islam terpecah menjadi tiga golongan besar, yaitu golongan pendukung Dinasti Umayyah, golongan pendukung Ali bin Abi Talib, dan golongan Khawarij.”(Hal. 67)

b. Kelas VIII Bab ketiga, materi Ilmu Pengetahuan Masa Dinasti Abbasiyah. Pada subbab B, diterangkan bahwa “Pada masa Dinasti Abbasiyah ilmu agama Islam mengalami perkembangan yang penting. Ulama-ulama besar pun muncul pada Dinasti ini. Perkembangan pada periode ini juga menjadi landasan pokok bagi perkembangan llmu agama Islam pada periode berikutnya.”(Hal. 50). Bab keempat, materi Sejarah Dinasti Ayyubiyah.

Pada subbab A, diterangkan bahwa “Kehidupan Salahuddin Yusuf al-Ayyubi penuh dengan perjuangan dan peperangan. Peperangan hanya dilakukan untuk mempertahankan dan membela agama. Selain itu, Salahuddin Yusuf al-Ayyubi memiliki toleransi yang tinggi terhadap umat agama lain. Ketika menguasai Iskandariyah, ia mengunjungi orang-orang Kristen. Ketika perdamaian tercapai dengan tentara Salib, ia mengizinkan mereka untuk berziarah ke Baitulmakdis.”(Hal. 77-78)

Untuk materi yang lebih lengkap dari kutipan Materi PPG KEMENAG SKI di atas maka silahkan Download Modul Persiapan PPG Kemenag Mapel Sejarah Kebudayaan Islam pada tautan yang telah disediakan di akhir artikel.

Download Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran SKI


Silahkan Download Modul PPG Kemenag Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
materi ppg kemenag ski 
Jangan lupa share informasi tentang Materi PPG Kemenag Mata Pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) ini ke teman anda yang juga ikut PPG tahun ini. Dapatkan update Materi PPG langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
Loading...

Baca juga:

Loading...
Buka Komentar