--> Skip to main content

Pedoman Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional SMK Tahun 2019

Pedoman Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional SMK Tahun 2019 merupakan sebuah buku panduan resmi yang kemudian diterbitkan dengan sebutan Pedoman Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional bagi Siswa SMK Tahun 2019.
Pedoman Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional bagi Siswa SMK Tahun 2019, Juknis Lomba Pidato Bahasa Jepang SMK

Peningkatan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Jepang bagi siswa SMK di era revolusi industri 4.0. sudah merupakan suatu kebutuhan penting. Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Jepang merupakan modal bagi para lulusan SMK agar dapat bersaing, berkarya, dan berkolaborasi di tingkat nasional, regional, maupun internasional.

Di samping itu, kemampuan mengkomunikasikan gagasan atau pendapat maupun kemampuan menanggapi isu-isu terkini dalam bahasa Jepang merupakan hal penting dalam proses peningkatan karir dan telah menjadi bagian dari proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, Direktorat Pembinaan SMK terus berupaya memotivasi guru dan siswa SMK untuk terus meningkatkan keterampilan berbahasa Jepang.

Lomba pidato bahasa Jepang tingkat nasional bagi siswa SMK tahun 2019 didesain dan dilaksanakan untuk menjadi salah satu forum bagi siswa SMK melaksanakan unjuk keterampilan berbahasa Jepang, yang di dalamnya terintegrasi keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagaimana tuntutan di kecakapan abad ke 21.

Pedoman Lomba Pidato Bahasa Jepang SMK


Agar pelaksanaan lomba pidato bahasa Jepang tingkat nasional bagi siswa SMK tahun 2019 ini berjalan baik, dukungan dari semua pemangku kepentingan sangat dibutuhkan, seperti dari Dinas Pendidikan, Kepala SMK, Guru, dan siswa SMK serta dunia usaha/industri. Semoga lomba pidato bahasa Jepang tingkat nasional bagi siswa SMK tahun 2019 ini berjalan dengan baik dan membawa manfaat. Selamat berlomba. Selamat berprestasi.

“Bahasa adalah jendela dunia”. Pepatah ini menunjukkan pentingnya penguasaan bahasa asing selain Bahasa Ibu.

Lomba Pidato Bahasa Jepang bagi siswa SMK tingkat nasional tahun 2019 diselenggarakan untuk meningkatkan dan menyegarkan kemampuan berbahasa asing bagi siswa SMK pada umumnya, dan bahasa Jepang pada khususnya.

Tuntutan peningkatan kemampuan berbahasa asing ini sesuai dengan tuntutan kompetensi abad 21, yaitu kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Hal ini mengindikasikan bahwa, untuk mampu berkarya dan berkompetisi pada tingkat nasional maupun internasional, siswa SMK dari berbagai program keahlian harus memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing. Mengingat adanya keterbatasan, maka pada tahun 2019 lomba dilaksanakan secara daring (online).

Agar siswa SMK di Indonesia dapat mempersiapkan diri sebagai tenaga kerja terampil tingkat menengah dalam dunia kerja ditingkat nasional maupun internasional, siswa SMK perlu diberi motivasi belajar bahasa asing melalui pelaksanaan lomba pidato bahasa Jepang ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa SMK untuk mempelajari dan menguasai bahasa asing yaitu bahasa jepang.

Untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan lomba, perlu dirancang mekanisme lomba sebagaimana diatur dalam pedoman lomba ini.

Sebagaimana yang terdapat dalam Juknis Lomba Pidato Bahasa Jepang SMK maka Tujuan Lomba sebagai berikut ;

Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional Tahun 2019 bagi Siswa SMK ini bertujuan untuk:

1. Meningkatkan motivasi siswa SMK belajar bahasa asing, khususnya bahasa Jepang;

2. Menciptakan forum bagi siswa SMK untuk unjuk kemampuan berkomunikasi bahasa Jepang di tingkat nasional;

3. Memberikan penghargaan bagi siswa SMK yang berprestasi dalam bahasa Jepang;

4. Memberikan inspirasi bagi guru Bahasa Jepang dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas maupun diliar kelas.

Sesuai dengan apa yang tertera pada Pedoman Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional bagi Siswa SMK Tahun 2019 maka WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN diuraikan sebagai berikut ;

Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional Tahun 2019 bagi Siswa SMK ini dilaksanakan secara bertahap, mulai dari pra-registrasi, registrasi, babak penyisihan, babak semi final, dan babak final, dengan rincian sebagai berikut:

1) Pra-Registrasi: Video Conference (Vicon) pada hari Kamis, 9 Mei 2019 jam 10.00 WIB

2) Registrasi secara daring: pada tanggal 13-17 Mei 2019. Calon Peserta mengirimkan dokumen persyaratan lomba

3) Penyisihan: tgl 17-31 Mei 2019 (oleh dewan juri) untuk menyeleksi 20 semi finalis.

4) Pengumuman semi finalis: tgl 1 Juni 2019

5) Unggah video paling lambat tanggal 15 Juni 2019

6) Penilaian pada tanggal 15-24 Juni 2019, dewan juri mempelajari dan menilai video

7) Video Conference: 1-2 Juli 2019 (diinformasikan di laman PSMK tanggal 25 Juni 2019)

8) Pengumuman finalis: Jumat, 5 Juli 2019

9) Grand Final: 25-29 Juli 2019 di Jakarta

PERSYARATAN PESERTA LOMBA berdasarkan Pedoman Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional bagi Siswa SMK Tahun 2019 antara lain sebagai berikut ;

1. Siswa SMK kelas 10 atau 11 di tahun pelajaran 2018-2019 yang dibuktikan dengan surat keterangan/fotocopy rapor terakhir yang dilegalisir.

2. Peserta lomba adalah individu atau per orang, dan tidak ada batasan jumlah peserta per propinsi.

3. Peserta yang masuk ke babak final, menyerahkan pas photo berwarna ukuran 3X4 sebanyak 2 lembar dan Surat Tugas dari Dinas Pendidikan Propinsi pada saat tatap muka dengan Juri.

4. Siswa penutur jati (native speaker) atau generasi pertama dari penutur jati tidak diperkenankan mengikuti lomba.

5. Peserta tidak pernah tinggal di Jepang lebih dari 6 bulan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai.

Jika melirik pada apa yang tertulis pada Pedoman Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional bagi Siswa SMK Tahun 2019 maka MATERI LOMBA diantaranya ;

Setiap peserta lomba menyiapkan bahan pidato dengan memilih judul atau tema pidatonya dari pilihan yang tersedia yakni : Isu sosial, Kehidupan sehari-hari, Keluarga dan Sekolah

Isi naskah pidato:

1. mengangkat isu terkini terkait tema yang dipilih.

2. mengintegrasikan 5W1H, yang artinya menyatakan secara jelas topik/isu yang dibahas, faktor penyebab, mengkritisi isu yang diangkat, dan alternatif apa yang bisa diajukan sebagai solusi atau memberikan inspirasi.

3. Tidak mengandung ujaran kebencian, berita bohong, SARA.

4. Naskah yang disajikan belum pernah diikutsertakan dalam lomba, dan merupakan karya orisinil peserta lomba.

Sedangkan untuk MEKANISME LOMBA nya jika didasarkan pada ulasan di dalam Pedoman Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional bagi Siswa SMK Tahun 2019 maka alurnya sebagai berikut ;

1. Pra-registrasi

Video conference antara panitia lomba Dit. PSMK, dewan juri, dan warga sekolah akan dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 9 Mei 2019 pukul 10.00 WIB sampai selesai, untuk mendiskusikan dan menyamakan persepsi tentang kegiatan lomba pidato.

Untuk berpartisipasi dalam video conference ini, dapat membuka Link: https://tinyurl.com/lombasmk2019

2. Registrasi

Siswa SMK melakukan registrasi secara daring (online) pada tanggal 13-17 Mei 2019 di laman berikut: http://psmk.kemdikbud.go.id/pendaftaranlomba-bahasa

Registrasi dan pengiriman dokumen setelah tanggal 17 Mei 2019 tidak akan diproses. Untuk registrasi, peserta melampirkan:

a. Formulir pendaftaran yang sudah diisi.

b. Surat pernyataan bermaterai tentang keaslian naskah pidato dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba.

c. Surat pernyataan bermaterai bahwa tidak pernah tinggal di Jepang selama lebih dari 6 (enam) bulan dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir.

d. Fotokopi rapor terakhir yang dilegalisir.

e. Naskah pidato, dengan ketentuan sebagai berikut:

Untuk informasi yang lebih lengkap dan rinci silahkan anda Download Pedoman Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional bagi Siswa SMK Tahun 2019 pada tautan yang telah disediakan di akhir artikel.

Download Pedoman Lomba Pidato Bahasa Jepang SMK


Silahkan bapak dan ibu Guru atau adik pelajar sekalian untuk Unduh Juknis Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional bagi Siswa SMK Tahun 2019 pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
pedoman lomba pidato bhs jepang smk   update pedoman lainnya 
Jangan lupa bagikan informasi tentang Unduh Pedoman Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional bagi Siswa SMK Tahun 2019 ini ke teman anda yang lain agar bermanfaat. Dapatkan update Pedoman lomba lainnya langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar