--> Skip to main content

RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru merupakan RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 1 Edisi Revisi dimana dengan adanya RPP IPS Semester 1 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi ini diharapkan dapat membantu rekan Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Sosial yang akan membuat kelengkapan perangkat mengajarnya.
RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 2 Edisi Revisi 2019-2020, RPP IPS Semester 2 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020, RPP IPS Kelas IX Semester 2 SMP Kurikulum 2013 Tahun 2019-2020, RPP SMP IPS Kelas IX Semester 2 Tahun 2019-2020

RPP IPS Kelas IX Semester 2 SMP Kurikulum 2013 adalah salah satu perangkat untuk Guru ilmu pengetahuan sosial yang bisa di unduh gratis oleh para rekan guru SMP ataupun MTs sekalian terkhusus untuk Guru mapel IPS.

RPP SMP IPS Kelas IX Semester 2 merupakan salah satu kelengkapan perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh Guru Mapel IPS di awal semester berjalan. Perangkat Pembelajaran SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi ini akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran.

RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru, RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 2 Edisi Revisi, RPP IPS Semester 2 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi, RPP IPS Kelas IX Semester 2 SMP Kurikulum 2013 Tahun 2019-2020, RPP SMP IPS Kelas IX Semester 2 Tahun dapat anda download pada tautan yang ada di bawah

RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013


Hal yang harus bapak dan ibu guru perhatikan adalah bahwa RPP IPS SMP/MTs Kurtilas ini hanya sebagai Contoh RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 yang nantinya dapat bapak dan ibu guru edit dan sesuaikan dengan kebutuhan serta kebijkan sekolah para rekan Guru sekalian.

Inilah Ciri-ciri RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 yang Baik dan Benar yaitu Pada dasarnya, adanya RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 adalah untuk merencanakan kegiatan belajar siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Namun, banyak kita temui RPP dan silabus hanya dibuat sebagai penggugur kewajiban saja. Beberapa RPP maupun silabus yang dibuat masih jauh dari kategori sempurna. Karena itu, penulis akan memaparkan ciri-ciri RPP dan silabus yang baik dan benar :

1. Di dalamnya terdapat proses belajar mengajar yang akan dilakukan oleh guru kepada siswanya. Jadi sangat tidak dibenarkan apabila RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 2 Edisi Revisi maupun silabus dibuat dari mencontoh hasil orang lain. Karena yang mengetahui keadaan kelas dan siswa sendiri adalah guru yang mengampu mereka, bukan guru yang lain.

Karenanya, Sangatlah penting kita berpandangan bawah RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 maupun silabus merupakan sesuatu yang diperlukan substansinya. Tidak hanya digunakan sebagai formailitas semata.

2. Dalam penyusunan RPP maupun silabus dilakukan secara sistematis. Karena RPP IPS Semester 2 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi maupun silabus berisi perencanaan yang memuat langkah-langkah pembelajaran. Hal ini penting agar perencanaan pembelajaran yang disusun dalam RPP dan Silabus dapat diimplimentasikan secara tertib dan keseluruhan.

RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 yang sistematis terdiri dari berbagai hal berikut ini ; a. Identitas RPP / Silabus, b. Tujuan Pembelajaran, c. Materi Pembelajaran, d. Metode Pembelajaran, e. Langkah-langkah Pembelajaran, f. Sumber Belajar, g. Penilaian.

3. RPP dan Silabus disusun secara rinci dan spesifik. Perincian satu ini termasuk ciri-ciri RPP dan silabus yang baik dan benar kerena bahan ini tidak selalu dipakai oleh satu guru. Seringkali RPP IPS Kelas IX Semester 2 SMP Kurikulum 2013 dipakai oleh guru lain karena posisinya sebagai guru ganti. Maka dari itu, penyusunannya haruslah rinci dan dapat dimengerti oleh orang lain dalam penerapannya.

Karena RPP SMP IPS Kelas IX Semester 2 berbeda, maka perinciannya pun berbeda. RPP merinci mengenai kegiatan keseharian belajar mengajar. Sedangkan silabus hanya dibuat untuk masa jenjang 2 semester Buku yang menjadi pegangan oleh siswa bukanlah merupakan hasil dari guru pengampu mereka sendiri.

Sehingga seringkali apa yang dipaparkan oleh buku pegangan tidaklah sesuai dengan pembelajaran oleh guru di kelas. Gunanya RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 2 Edisi Revisi dan Silabus akan menimbulkan dorongan dari guru untuk senantiasa menyiapkan fasilitas pembelajaran yang sesuai dengan keadaan murid mereka.

RPP IPS Semester 2 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi yang baik dan benar pastilah sesuai dengan keadaan siswa di kelas. Karenanya, adanya RPP maupun silabus akan menimbulkan peningkatan efektifitas pembelajaran jikalau tidak dibuat karena formalitas semata.

Jika berdasarkan penjelasan di atas maka gambaran tentang file RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 yang bisa rekan guru download seperti di bawah ini

Kompetensi Inti yang terdapat di dalam RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yaitu ; (1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. (2) Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. (3) Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. (4) Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Sedangkan Kompetensi Dasar yang terdapat di dalam RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 2 Edisi Revisi yakni ; (3.3) Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. (4.3) Menyajikan hasil analisis tentang ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

RPP IPS Semester 2 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi mengandung Indikator Pencapaian Kompetensi antara lain ; (3.3.1) Menyebutkan pengertian perdagangan internasional. (3.3.2) Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya perdagangan internasional. (3.3.3) Menjelaskan manfaat perdagangan internasional. (3.3.4) Menjelaskan hambatan perdagangan internasional. (3.3.5) Menjelaskan pengertian ekonomi kreatif. (3.3.6) Menjelaskan subsektor ekonomi kreatif.

Selain indikator tersebut di atas juga dalam RPP IPS Kelas IX Semester 2 SMP Kurikulum 2013 ada indikator lainnya berupa ; (3.3.7) Menganalisis upaya meningkatkan ekonomi kreatif di Indonesia. (3.3.8) Mengaitkan persaingan ekonomi dengan peluang untuk meraih keunggulan ekonomi bangsa. (3.3.9) Menginventarisasi pusat-pusat keunggulan ekonomi Indonesia. (3.3.10) Menjelaskan pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi. (2.3.11) Menyebutkan pengertian pasar bebas. (2.3.12) Menjelaskan secara singkat organisasi-organisasi berkaitan dengan pasar bebas (MEA, AFTA, APEC, Uni Eropa, WTO). (4.3.1) Menyajikan esai tentang permasalahan migrasi penduduk berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat. (4.3.2) Membuat laporan kegiatan proyek tentang ekonomi kreatif di daerah setempat dalam upaya memajukan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan Pembelajaran dari RPP SMP IPS Kelas IX Semester 2 dijelaskan sebagai berikut ; Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat melakukan hal-hal sebagai berikut. (1) Menyebutkan pengertian perdagangan internasional. (2) Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya perdagangan internasional. (3) Menjelaskan manfaat perdagangan internasional. (4) Menjelaskan hambatan perdagangan internasional. (5) Menjelaskan pengertian ekonomi kreatif.

Disamping tujuan di atas juga dalam RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru dipaparkan tujuam pembelajaran lainnya yakni ; (6) Menjelaskan subsektor ekonomi kreatif. (7) Menganalisis upaya meningkatkan ekonomi kreatif di Indonesia. (8) Mengaitkan persaingan ekonomi dengan peluang untuk meraih keunggulan ekonomi bangsa. (9) Menginventarisasi pusat-pusat keunggulan ekonomi Indonesia. (10) Menjelaskan pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi. (11) Menyebutkan pengertian pasar bebas. (12) Menjelaskan secara singkat organisasi-organisasi berkaitan dengan pasar bebas (MEA, AFTA, APEC, Uni Eropa, WTO).

Ada juga tujuan lainnya dalam RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 2 Edisi Revisi seperti ; (13) Menyajikan esai tentang permasalahan migrasi penduduk berkaitan dengan kesejahteraan (14) masyarakat. (15) Membuat laporan kegiatan proyek tentang ekonomi kreatif di daerah setempat dalam upaya memajukan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. (16) Bersikap religius, kreatif, kerja sama, kerja keras, tanggung jawab, dan cinta tanah air.

RPP IPS Semester 2 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi memuat Materi pembelajaran reguler yaitu ; (1) Pengertian perdagangan internasional. (2) Faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya perdagangan internasional. (3) Manfaat perdagangan internasional. (4) Hambatan perdagangan internasional. (5) Pengertian ekonomi kreatif. (6) Subsektor ekonomi kreatif.

Selain yang tersebut di atas RPP IPS Kelas IX Semester 2 SMP Kurikulum 2013 juga memuat materi pembelajaran reguler lainnya berupa ; (7) Upaya meningkatkan ekonomi kreatif di Indonesia. (8) Persaingan ekonomi dan peluang untuk meraih keunggulan ekonomi bangsa. (9) Pusat-pusat keunggulan ekonomi Indonesia. (10) Pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi. (11) Pengertian pasar bebas. (12) Organisasi-organisasi berkaitan dengan pasar bebas (MEA, AFTA, APEC, Uni Eropa, WTO).

RPP SMP IPS Kelas IX Semester 2 juga menegaskan Materi pembelajaran pengayaan antara lain ; (a) Pengaruh migrasi penduduk di Indonesia (b) Peranan transportasi untuk distribusi barang dan jasa

Dalam RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru juga terdapat Materi pembelajaran remedial diantaranya ; (a) Pusat-pusat keunggulan ekonomi Indonesia. (b) Organisasi-organisasi berkaitan dengan pasar bebas (MEA, AFTA, APEC, Uni Eropa, WTO).

RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 2 Edisi Revisi menggunakan Metode/Model Pembelajaran seperti berikut ; Pembelajaran menggunakan metode/model: saintifik, jigsaw, make a match, proyek, numbered heads together (NHT), pembelajaran diskoveri (DL), pembelajaran berbasis masalah (PBL).

Media dan Bahan yang digunakan dalam RPP IPS Semester 2 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi tertulis antara lain : (1) Media ; (a) Gambar/foto ekonomi kreatif, pusat-pusat keunggulan ekonomi, pasar bebas (b) Video/film pembelajaran perdagangan internasional. (2) Bahan ; Laptop/desktop, Infocus projector, Alat Tulis Kantor (ATK), Lembar kegiatan (LK)

RPP IPS Kelas IX Semester 2 SMP Kurikulum 2013 memiliki Sumber Belajar atau rujukan dari ; (1) Iwan Setiawan dkk. 2018. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (halaman 154-192). (2) Anwar Kurnia. 2017. IPS Terpadu SMP Kelas IX. Jakarta: Yudhistira. Dan (3) Internet, perpustakaan, dan lingkungan sekitar.

RPP SMP IPS Kelas IX Semester 2 menguraikan Langkah-langkah Pembelajaran yang antara lain terdiri dari : Kegiatan Pendahuluan (5 menit) ; (1) Peserta didik dan guru mengucapkan salam dan berdoa. (2) Guru memeriksa kehadiran peserta didik. (3) Sebagai pretes, guru memberikan pertanyaan, misalnya bagaimana jika suatu negara tidak mampu memenuhi kebutuhan barang atau jasanya sendiri? faktor apa sajakah yang memengaruhi setiap negara tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri? bagaimana upaya setiap negara memenuhi kebutuhan? kemudian mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari. (4) Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran.

RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru mempunyai Kegiatan Inti (65 menit) ; (1) Guru memperlihatkan gambar/foto kegiatan perdagangan, kemudian mengadakan tanya jawab, misalnya mengapa manusia melakukan perdagangan?, dilanjutkan dengan memberi penjelasan singkat tentang pengertian perdagangan internasional. (2) Membagi kelas ke dalam kelompok kecil beranggotakan 4 orang.

Selain yang dijelaskan di atas kegiatan inti lainnya yang ada di dalam RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 2 Edisi Revisi yakni ; (3) Membagikan wacana dan tugasnya (masing-masing siswa memilih tugas yang sesuai dengan keinginan atau kemampuannya) yang berisi materi tentang faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya perdagangan internasional, yaitu berikut ini ; (a) Perbedaan sumber daya alam (SDA). (b) Perbedaan sumber daya manusia (SDM). (c) Perbedaan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. (d) Perbedaan budaya suatu bangsa.

Tak lupa juga kegiatan ini dirangkum dalam RPP IPS Semester 2 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi yaitu ; (4) Setiap peserta didik dalam kelompok induk berusaha menyusun penjelasan dari wacana yang ditugaskannya. (5) Setiap peserta didik kemudian diperintahkan berkumpul dengan peserta didik lain yang memiliki tugas sama untuk membahas wacana dalam kelompok ahli. (6) Peserta didik kembali pada kelompok induknya dan menginformasikan hasil diskusi dari kelompok ahli. (7) Beberapa orang peserta didik ditugaskan mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. (8) Guru mengevaluasi hasil diskusi kelompok, meluruskan kesalahan pemahaman konsep, dan memberikan penguatan.

RPP IPS Kelas IX Semester 2 SMP Kurikulum 2013 memiliki Kegiatan Penutup (10 menit) berupa ; (1) Di bawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran. (2) Sebagai postes, guru memberikan tes lisan dalam bentuk pertanyaan uraian. (3) Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran. (4) Peserta didik diberi pesan moral (religius). (5) Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pembelajaran pada subtema berikutnya. (6) Peserta didik dan guru mengucapkan salam dan berdoa.

Untuk bahan rujukan pembuatan RPP Kelas 9 IPS yang lebih lengkap dari penjelasan yang ada di atas maka sebaiknya bapak dan ibu guru Download RPP SMP IPS Kelas IX Semester 2 Tahun pada tautan yang telah disediakan di akhir artikel.

Download RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013


RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru berikut dapat rekan guru sekalian download dan dijadikan sebagai referensi dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran anda berdasarkan kode download dalam kurung dengan perincian seperti di bawah

RPP 06 IPS 9 K13 Semester 2 (rpp vi)

RPP 07 IPS 9 K13 Semester 2 (rpp vii)

RPP 08 IPS 9 K13 Semester 2 (rpp viii)

Untuk RPP IPS Semester 1 Kelas 9 anda bisa kesini >> RPP IPS SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 

Silahkan sobat guru Unduh RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 2 Edisi Revisi berdasarkan kode download dalam kurung seperti yang tertera di atas pada tautan yang telah tersedia di bawah ini
rpp vi    rpp vii    rpp viii 
Jangan lupa bagikan informasi tentang RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update RPP SMP/MTs langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar