--> Skip to main content

RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru merupakan RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 1 Edisi Revisi dimana dengan adanya RPP IPS Semester 1 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi ini diharapkan dapat membantu rekan Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Sosial yang akan membuat kelengkapan perangkat mengajarnya.
RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2019-2020, RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 1 Edisi Revisi 2019-2020, RPP IPS Semester 1 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020, RPP IPS Kelas IX Semester 1 SMP Kurikulum 2013 Tahun 2019-2020, RPP SMP IPS Kelas IX Semester 1 Tahun 2019-2020

RPP IPS Kelas IX Semester 1 SMP Kurikulum 2013 adalah salah satu perangkat untuk Guru ilmu pengetahuan sosial yang bisa di unduh gratis oleh para rekan guru SMP ataupun MTs sekalian terkhusus untuk Guru mapel IPS.

RPP SMP IPS Kelas IX Semester 1 Tahun merupakan salah satu kelengkapan perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh Guru Mapel IPS di awal semester berjalan. Perangkat Pembelajaran SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi ini akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran.

RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013


Hal yang harus bapak dan ibu guru perhatikan adalah bahwa RPP IPS SMP/MTs Kurtilas ini hanya sebagai Contoh RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 yang nantinya dapat bapak dan ibu guru edit dan sesuaikan dengan kebutuhan serta kebijkan sekolah para rekan Guru sekalian.

Inilah Ciri-ciri RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 yang Baik dan Benar

Pada dasarnya, adanya RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 adalah untuk merencanakan kegiatan belajar siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Namun, banyak kita temui RPP dan silabus hanya dibuat sebagai penggugur kewajiban saja. Beberapa RPP maupun silabus yang dibuat masih jauh dari kategori sempurna. Karena itu, penulis akan memaparkan ciri-ciri RPP dan silabus yang baik dan benar :

1. Di dalamnya terdapat proses belajar mengajar yang akan dilakukan oleh guru kepada siswanya. Jadi sangat tidak dibenarkan apabila RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 1 Edisi Revisi maupun silabus dibuat dari mencontoh hasil orang lain. Karena yang mengetahui keadaan kelas dan siswa sendiri adalah guru yang mengampu mereka, bukan guru yang lain.

Karenanya, Sangatlah penting kita berpandangan bawah RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 maupun silabus merupakan sesuatu yang diperlukan substansinya. Tidak hanya digunakan sebagai formailitas semata.

2. Dalam penyusunan RPP maupun silabus dilakukan secara sistematis. Karena RPP IPS Semester 1 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi maupun silabus berisi perencanaan yang memuat langkah-langkah pembelajaran. Hal ini penting agar perencanaan pembelajaran yang disusun dalam RPP dan Silabus dapat diimplimentasikan secara tertib dan keseluruhan.

RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 yang sistematis terdiri dari berbagai hal berikut ini

a. Identitas RPP / Silabus

b. Tujuan Pembelajaran

c. Materi Pembelajaran

d. Metode Pembelajaran

e. Langkah-langkah Pembelajaran

f. Sumber Belajar

g. Penilaian.

3. RPP dan Silabus disusun secara rinci dan spesifik. Perincian satu ini termasuk ciri-ciri RPP dan silabus yang baik dan benar kerena bahan ini tidak selalu dipakai oleh satu guru. Seringkali RPP IPS Kelas IX Semester 1 SMP Kurikulum 2013 dipakai oleh guru lain karena posisinya sebagai guru ganti. Maka dari itu, penyusunannya haruslah rinci dan dapat dimengerti oleh orang lain dalam penerapannya.

Karena RPP SMP IPS Kelas IX Semester 1 berbeda, maka perinciannya pun berbeda. RPP merinci mengenai kegiatan keseharian belajar mengajar. Sedangkan silabus hanya dibuat untuk masa enjang 1 semester Buku yang menjadi pegangan oleh siswa bukanlah merupakan hasil dari guru pengampu mereka sendiri.

Sehingga seringkali apa yang dipaparkan oleh buku pegangan tidaklah sesuai dengan pembelajaran oleh guru di kelas. Gunanya RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 1 Edisi Revisi dan Silabus akan menimbulkan dorongan dari guru untuk senantiasa menyiapkan fasilitas pembelajaran yang sesuai dengan keadaan murid mereka.

RPP IPS Semester 1 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi yang baik dan benar pastilah sesuai dengan keadaan siswa di kelas. Karenanya, adanya RPP maupun silabus akan menimbulkan peningkatan efektifitas pembelajaran jikalau tidak dibuat karena formalitas semata.

Jika berdasarkan penjelasan di atas maka gambaran tentang file RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 yang bisa rekan guru download seperti di bawah ini

RPP IPS Kelas IX Semester 1 SMP Kurikulum 2013 mengandung Kompetensi Inti sebagai berikut ; (1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. (2) Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

(3) Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. (4) Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar yang terdapat dalam RPP SMP IPS Kelas IX Semester 1 yakni ; (3.1) Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik. (4.1) Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

Sedangkan Indikator Pencapaian Kompetensi yang terdapat di dalam RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yaitu ; (3.1.1) Menjelaskan keadaan alam negara Jepang. (3.1.2) Menjelaskan keadaan penduduk Jepang. (3.1.3) Menjelaskan keadaan alam Amerika Serikat. (3.1.4) Menjelaskan keadaan penduduk Amerika Serikat. (3.1.5) Menjelaskan keadaan alam Inggris.

Selain Indikator di atas, dalam RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 1 Edisi Revisi juga terdapat indikatotr ; (3.1.6) Menjelaskan keadaan penduduk Inggris. (3.1.7) Menjelaskan keadaan alam negara Australia (3.1.8) Menjelaskan keadaan penduduk negara Australia. (3.1.9) Menjelaskan keadaan alam Mesir. (3.1.10) Menjelaskan keadaan penduduk Mesir. (4.1.1) Menyajikan tabel perbandingan pertumbuhan penduduk Jepang, Amerika Serikat, Inggris, dan Australia pada tahun 2015. (4.1.2) Membuat kliping negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, Mesir.

RPP IPS Semester 1 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi memiliki Tujuan Pembelajaran yang dipaparkan diantaranya; Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat melakukan hal-hal sebagai berikut. (1) Menjelaskan keadaan alam Jepang. (2) Menjelaskan keadaan penduduk Jepang. (3) Menjelaskan keadaan alam Amerika Serikat. (4) Menjelaskan keadaan penduduk Amerika Serikat.

Disamping tujuan di atas dalam RPP IPS Kelas IX Semester 1 SMP Kurikulum 2013 Tahun juga terdpaat tujuan pembelajaran lainnya yakni ; (5) Menjelaskan keadaan alam Inggris. (6) Menjelaskan keadaan penduduk Inggris. (7) Menjelaskan keadaan alam negara Australia. (8) Menjelaskan keadaan penduduk negara Australia. (9) Menjelaskan keadaan alam Mesir. (10) Menjelaskan keadaan penduduk negara Mesir. (11) Menyajikan tabel perbandingan pertumbuhan penduduk Jepang, Amerika Serikat, Inggris, dan Australia pada tahun 2015. (12) Membuat kliping negara Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Australia, Mesir. (13) Bersikap religius, cinta tanah air, dan kerja sama.

Materi Pembelajaran yang terdapat di dalam RPP SMP IPS Kelas IX Semester 1 antara lain ; 1. Materi pembelajaran reguler ; (a) Keadaan alam dan penduduk Jepang (b) Keadaan alam dan penduduk Amerika Serikat (c) Keadaan alam dan penduduk Inggris (d) Keadaan alam dan penduduk negara Australia (e) Keadaan alam dan penduduk Mesir ; 2. Materi pembelajaran pengayaan ; Keadaan alam dan penduduk Jerman dan ; 3. Materi pembelajaran remedial ; (a) Keadaan alam dan penduduk Amerika Serikat (b) Keadaan alam dan penduduk Inggris

RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru menerapkan Metode/Model Pembelajaran ; Pembelajaran menggunakan metode/model: saintifik, pembelajaran berbasis masalah, Numbered Heads Together (NHT), Snowball Throwing, Student Teams-Achievement Divisions (STAD)

Media dan Bahan yang digunakan dalam RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 1 Edisi Revisi yakni ; (1) Media ; (a) Peta dunia (b) Atlas Indonesia dan Dunia (c) Video tentang kondisi alam negara Inggris. Lalu ; 2. Bahan ; (a) Laptop/desktop, (b) Infocus projector (c) Alat Tulis Kantor (ATK)

Sumber Belajar atau rujukan dari penyusunan RPP IPS Semester 1 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi berasal dari ; (1) Iwan Setiawan dkk. 2018. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (halaman 22-54). (2) Anwar Kurnia. 2017. IPS Terpadu SMP Kelas IX. Jakarta: Yudhistira. (3) Internet, perpustakaan, dan lingkungan sekitar.

RPP IPS Kelas IX Semester 1 SMP Kurikulum 2013 menguraikan Langkah-langkah Pembelajaran yang dibagi ke dalam : Kegiatan Pendahuluan (5 menit) ;

1. Peserta didik dan guru mengucapkan salam dan berdoa.

2. Guru memeriksa kehadiran peserta didik.

3. Sebagai pretes, guru memperlihatkan peta dunia dan memberi pertanyaan, misalnya apakah kalian pernah mendengar negara Jepang? Apa kaitannya dengan Indonesia? Di manakah letak negara Jepang?, kemudian mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari.

4. Peserta didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti (65 menit) dari RPP SMP IPS Kelas IX Semester 1 dijelaskan dengan alur seperti berikut ; 1. Orientasi terhadap masalah, Guru menyampaikan penjelasan singkat tentang keadaan alam dan penduduk Jepang. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya dari hal-hal yang kurang dipahaminya. Selanjutnya, guru memperlihatkan gambar kendaraan bermotor buatan Jepang. Guru menyampaikan sejumlah permasalahan untuk dibahas peserta didik:

a. Berikan beberapa bukti bahwa Jepang dapat dikategorikan sebagai negara industri!

b. Apa faktor pendukung Jepang tampil sebagai negara industri?

c. Apakah sumber daya alam di Jepang mampu memasok kebutuhan bahan industrinya?

d. Bagaimana cara Jepang memenuhi kebutuhan bahan industrinya?

2. Organisasi belajar, Guru membimbing peserta didik untuk memahami masalah yang telah disajikan, yaitu mengidentifikasi apa yang mereka telah diketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik berbagi peran/tugas untuk menyelesaikan masalah tersebut. Karena itu, kelas dibagi dalam beberapa kelompok kecil (3-5 orang per kelompok).

3. Penyelidikan individual maupun kelompok, Guru membimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi melalui berbagai macam cara untuk menemukan berbagai alternatif penyelesaian masalah. Informasi/data yang relevan dapat diambil dari sumber, seperti: membaca buku siswa dan buku penunjang, mencari informasi dari berbagai situs di internet, dan wawancara dengan narasumber/pakar.

4. Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah, Guru membimbing peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang paling tepat dari berbagai alternatif pemecahan masalah yang peserta didik temukan. Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah. Selanjutnya, setiap ketua kelompok mengomunikasikan hasil kerjanya.

5. Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah, Guru membimbing peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah yang dilakukan.

Kegiatan Penutup (10 menit) yang ada di dalam RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru ditegaskan ke dlaam beberapa langkah yakni ; 1. Di bawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.

2. Sebagai postes, guru memberikan tes lisan dalam bentuk pertanyaan uraian.

3. Peserta didik diberi pesan moral (religius).

4. Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pembelajaran pada subtema berikutnya.

5. Peserta didik dan guru mengucapkan salam dan berdoa.

Untuk lebih jelasnya dan sebagai bahan referensi dalam pembuatan perangkat mengajar maka sebaiknya bapak dan ibu guru Download RPP IPS Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 1 Edisi Revisi pada tautan yang telah tersedia di akhir artikel.

Download RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 


RPP IPS Semester 1 SMP MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi berikut ini dapat sobat guru unduh gratis berdasarkan kode download dalam kurung dengan perincian seperti di bawah

RPP 02 IPS 9 K13 Semester 1 (rpp ii)

RPP 03 IPS 9 K13 Semester 1 (rpp iii)

RPP 04 IPS 9 K13 Semester 1 (rpp iv)

RPP 05 IPS 9 K13 Semester 1 (rpp v)

Untuk RPP IPS Semester 2 Kelas 9 anda bisa kesini >> RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Silahkan ibu bapak guru Download RPP IPS Kelas IX Semester 1 SMP Kurikulum 2013 berdasarkan kode download dalam kurung yang tertulis di atas pada tautan yang ada di bawah ini
rpp ii    rpp iii    rpp iv    rpp v 
Jangan lupa bagikan informasi tentang RPP IPS SMP MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru ini ke rekan Guru lainnya agar bermanfaat. Dapatkan update RPP SMP/MTs langsung ke smartphone anda dengan mengikuti dapodikdasmen disini >> Follow
BAGIKAN KE
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar